HSDS2019

HSDS2019

Selasa, 27 April 2021

Kenapa Xie Xun (Cia Sun) berambut pirang?

Xie Xun
Cia Sun dalam salah satu adaptasi


Xie Xun (atau hokkien: Cia Sun) adalah salah satu tokoh dalam cerita pedang langit dan golok naga (HSDS). Dia adalah ayah angkat dari sang tokoh utama Zhang Wuji. Xie Xun terkenal karena rambut-nya yang pirang, sehingga dia dijuluki "Raja Singa Berambut Emas" atau "Singa Berbulu Emas". Sebenarnya kenapa dia bisa berambut pirang begitu?

Saat Zhang Wuji (tio buki) kecil berada di villa keluarga Wu, mereka mencurigai latar belakang Wuji, kemudian memasang perangkap dengan memperagakan adegan berpura-pura yang melibatkan Xie Xun palsu. Karena Wuji tahu gimana rupa ayah angkatnya, kemudian memberitahu keluarga Wu bahwa orang itu palsu, yang artinya saat itu Wuji telah masuk perangkap mereka. Wuji mengatakan bahwa ayah angkatnya itu berambut pirang, bukan hitam seperti Xie Xun palsu itu, lagipula ayah angkatnya sudah buta.

Terdapat perbedaan antara edisi satu/dua dan edisi tiga novel HSDS dalam penjelasan kenapa rambut Xie Xun (cia sun) bisa berambut warna emas gitu.


Edisi 1 terjemahan OKT/BBT (saya tidak punya terjemahan Gan KL, jika ada yang punya bisa sharing di kolom komentar, karena kadang terjemahan bisa berbeda)

Penyebab rambut pirang Xie Xun di edisi satu adalah karena latihan tenaga dalam, jadi karena cuma satu hal itu doank penyebabnya. Berikut kutipannya:

"Benda itu adalah rambut manusia yang berwarna kuning emas. Begitu melihatnya Bu Kie segera mengenali bahwa rambut itu adalah rambut ayah angkatnya. Warna kuning rambut itu berbeda dengan warna kuning pada rambut orang asing. Ini adalah akibat dari latihan Lweekang yang luar biasa. "

Edit: Update yang terjemahan atau saduran dari Gan KL

"Kiranya benda di tangan Tio Beng yang diperlihatkan kepada Bu-ki itu adalah secomot rambut berwarna kuning emas alias pirang. Seketika Bu-ki dapat mengenali sebagai rambut sang Gihu yang warnanya istimewa itu. Ia pikir kalau rambutnya Cia Sun kena dipotong sebagian oleh Tio Beng, tentunya orangnyapun jatuh di tangan gadis itu, paling tidak gadis itu pasti tahu jejaknya Cia Sun."

Edisi 2 terjemahan inggris oleh Fox

Disini, Jin Yong menambahkan satu alasan lain penyebab rambut pirang selain latihan tenaga dalam khusus, yaitu karakteristik genetik bawaan sejak lahir, tetapi bagian "tidak terkait dengan orang asing atau wilayah berat" tetap dicantumkan. Berikut kutipannya (ch. 34):

"Sebenarnya, objek yang Zhao Min genggam di tangannya adalah seikat rambut kuning. Setelah melihatnya, Wuji segera mengenalnya sebagai rambut milik ayah angkatnya. Xie Xun berlatih tenaga dalam aneh, dan juga dia memiliki karakteristik bawaan yang berbeda, jadi setelah dia sudah berumur paruh baya, rambut panjangnya berubah menjadi kuning muda, tapi bagaimanapun, warna-nya berbeda dengan rambut pirang orang wilayah barat."


Edisi 3 terjemahan Robi Wijaya

kali ini Jin Yong melakukan revisi, dimana Xie Xun memiliki darah keturunan campuran, yang menyebabkan rambutnya berwarna pirang emas/kuning. Jika sebelumnya disebut kuning emas, disini disebut kuning pucat. Bagian "hasil latihan tenaga dalam" pun telah dihapus. Berikut kutipannya:

"Ternyata yang digenggam Zhao Min dan diperlihatkan kepada Zhang Wuji adalah sejumput rambut kuning. Begitu melihatnya, Zhang Wuji mengenali itu adalah rambut ayah angkatnya. Leluhur Xie Xun berdarah campuran, wajahnya berbeda dengan orang Han dan rambutnya kuning pucat."


Kenapa bisa terjadi revisi?

Saya tidak tahu alasannya, dan belum menemukan komentar dari Jin Yong sendiri mengenai hal ini, jika boleh menebak, mungkin karena pelatihan tenaga dalam aneh yang membuatnya berambut kuning, bertolak belakang dengan fakta bahwa gurunya Cheng Kun tidak berambut demikian (sebelum botak karena jadi biksu Shaolin). 

Ilmu Xie Xun mayoritas berasal dari ajaran gurunya Cheng Kun termasuk pelatihan tenaga dalam, jadi jika karena itu, harusnya sang guru juga memiliki rambut pirang juga (sebelum botak). Tentu saja itu hanya pemikiran pribadi saya semata.

 

Xie Xun (cia sun)


1 komentar: