Jin Yong (Chin Yung)

Jin Yong aka louis cha
Jin Yong (chin yung), sang penulis cerita silat legendaris


 Jin Yong (mandarin: 金庸) adalah seorang pengarang Wuxia atau cerita silat china paling terkenal di dunia. Nama aslinya adalah Louis Cha, di Indonesia lebih dikenal dengan nama hokkien Chin Yung. Dia lahir pada tahun 1924 di Haining, Zhejiang, China.

Jin Yong merupakan salah satu penulis yang paling berpengaruh dalam sejarah Hong Kong. Dia mendirikan surat kabar Ming Pao pada tahun 1959, dan kemudian mempopulerkan cerita trilogi pendekar rajawali. 

Bersama dengan Gu Long dan Liang Yusheng, mereka dijuluki sebagai kaki tiga tripod Wuxia. Ketiganya memiliki karakteristik sendiri dalam bercerita.

Total ada lima belas karya beliau tentang cerita silat yang ditulisnya dalam jangka waktu antara tahun 1955 sampai 1972. Selain cerita silat, dia juga ada menulis beberapa novel dan karya dengan topik lain, tetapi Jin Yong terkenal karena karya wuxia-nya.  Dari 15 karya cerita silatnya, ada tiga buah yang berupa cerita pendek. 

Jin Yong juga pernah melakukan revisi kelima-belas karyanya sebanyak dua kali, tujuannya untuk melakukan perbaikan cerita, terutama kesalahan-kesalahan yang terjadi pada edisi pertama, revisi yang pertama dimulai tahun 1979, sedangkan revisi kedua dia lakukan mulai dari tahun 1999 sampai 2006.

Pada awalnya yaitu edisi pertama, Jin Yong masih menulisnya dalam surat kabar harian, setelah itu sempat dijadikan buku novel dengan isi 100% sama dengan surat kabar. Kemudian edisi revisi selanjutnya diterbitkan dalam bentuk buku novel.


jin yong aka chin yung


Novelnya diterbitkan di luar Hong Kong pertama kali terjadi pada tahun 1980 oleh majalah Wulin di Guangzhou, China. Kemudian diterbitkan dalam bahasa Simplified Chinese oleh Beijing’s Joint Publishing pada tahun 1994.

Novel Jin Yong pada awalnya dilarang di Taiwan. Saat itu banyak muncul penerbitan versi edisi tidak sah yang sering merevisi dan mengedit novel secara berlebihan. Pelarangan novel Jin Yong kemudian ditarik kembali oleh pemerintah taiwan, dan versi resmi diterbitkan pertama kali oleh Yuenching Publishing House pada tahun 1979.

Novel-novelnya diterbitkan pada tahun 1995 dalam bahasa Mandarin Sederhana oleh Ming Ho Publications (cabang Singapura-Malaysia) (明河社星马分公司) untuk pembaca di Asia Tenggara.

Jin Yong adalah nama pinyin mandarinnya, sedangkan Chin Yung adalah nama hokkiennya. Di Indonesia, para penyadur cerita silat dominan menggunakan nama hokkien, sehingga di sini lebih dikenal dengan nama Chin Yung, terutama bagi generasi tua. Sedangkan di tempat asalnya yang mayoritas berbahasa kanton, Hong Kong, mereka lebih sering memanggilnya Gum Yoong.

Dia memiliki enam saudara-saudari kandung, Jin Yong adalah anak kedua paling besar, sehingga total mereka ada 7 orang, pantas saja Jin Yong menyukai angka tujuh dalam cerita.

Kehidupan pribadi Jin Yong tidaklah seindah tokoh-tokoh dalam ceritanya, Jin Yong pernah bercerai dua kali, dan kemudian menikah untuk ketiga kalinya. Dan salah satu anaknya yang sekolah di Amerika Serikat bunuh diri setelah putus cinta.

Jin Yong meninggal pada usia 94 tahun di tahun 2018 karena sebab alami, kabar meninggalnya beliau membuat heboh dunia persilatan di dunia nyata.


all jin yong novels
Total ada 36 jilid dari 15 karya Jin Yong


Karya cerita silat Jin Yong

catatan: tidak dalam urutan.

Judul Inggris Judul Indonesia
The Legend of the Condor Heroes Pendekar Pemanah Rajawali
The Return of the Condor Heroes Kembalinya Pendekar Rajawali
The Heaven Sword & Dragon Sabre Pedang langit dan Golok Naga
The Book and the Sword Pedang dan Kitab Suci
Sword Stained with Royal Blood Pedang Ular Emas
Fox Volant of the Snowy Mountain Rase Terbang dari Pegunungan Salju
Young Flying Fox Kisah Si Rase Terbang
White horse neighs in the Western Wind Kuda Putih Menghimbau Angin Barat
Blade-dance of the Two Lovers Sepasang Golok Mustika
A Deadly Secret Pedang Hati Suci
Demi-Gods and Semi-Devils Pendekar Negeri Tayli
Ode To Gallantry Medali Wasiat
The Smiling Proud Wanderer Pendekar Hina Kelana
The Deer and the Cauldron Kaki Tiga Menjangan 
The Sword of Yue Maiden Pedang Gadis Yueh 
No Comment
Add Comment
comment url