Seri Pendekar Ulat Sutera

Pendekar Ulat Sutera
Reincarnated | sumber: imdb


Pendekar Ulat Sutera adalah sebuah cerita silat terkenal karangan Huang Ying yang memiliki judul inggris Reincarnated atau judul asli Tian Can Bian (天蠶變). Tokoh utama cerita adalah Yun Fei Yang (Wan fei-yeung / 雲飛揚).

Pendekar Ulat Sutera ini agak beda dengan cerita silat lainnya, dimana jika cerita silat yang lain dibuat novel duluan, baru kemudian digarap versi film/serial TV nya, maka Pendekar Ulat Sutera kebalik, setelah terkenal versi drama TV nya, baru dibuat versi novelnya.

Untuk serial TV nya, terdapat pertengkaran antara sutradara cerita dengan sang aktor Norman, sehingga membuat Norman berhenti syuting saat setengah jalan, yang membuat aktor untuk peran tokoh utama Wan Fei Yeung diganti ke aktor lain, itu sebabnya cerita diubah menjadi bahwa ilmu ulat sutera dapat merubah wajah. Norman Tsui kembali berperan sebagai sang tokoh utama di versi film tahun 1983 yang digarap oleh perusahaan Shaw Brothers Studio. Norman juga kembali mendapat peran di salah satu versi serial TV kelanjutan pendekar ulat sutera (tahun 1993, saat ini RTV sudah ganti nama jadi ATV)

Apakah Pendekar Ulat Sutera cuma ada 1 Versi?

Reincarnated
Reincarnated II


Karena ada yang bertanya tentang Pendekar Ulat Sutera, apakah hanya ada satu versi saja?

jawabannya adalah 'Tidak', sebenarnya ada beberapa versi, tapi memang yang umum di kenal adalah satu versi yang dibintangi oleh Norman Tsui (atau norman chu), yang pernah tayang disalah satu tv swasta pada jaman dahulu kala, dan kemudian menjadi legenda.

Dari hasil penelusuran berbagai sumber seperti Wikipedia, forum wuxia, dan lainnya, didapat sebagai berikut:


Serial TV Pendekar Ulat Sutera

1. Reincarnated (天蠶變)
keterangan: Tahun 1978, 60 episode, RTV.
Cerita tentang perjalanan pahlawan protagonis bernama Wan Fei Yeung (雲飛揚), dari seorang pelayan rendahan di sekolah bela diri Wudang menjadi ahli bela diri terkemuka di dunia persilatan.

2. Dragon Strikes (天龍訣)
keterangan: Tahun 1979, 60 episode (versi cut 40 episode), RTV.
Bersetting di dinasti Ming, salah satu temannya Wan membantu Kaisar Zhengde untuk melawan musuh-musuhnya dari sekte Teratai Putih. Takut akan kemampuannya, kaisar membunuhnya. Dalam seri ini, Wan dibunuh pada pertengahan seri oleh Phoenix, kekasih dan saudara angkat perempuannya.

3. Reincarnated II (天蠶再變)
keterangan: tahun 1984 , Taiwanese (CTS) television series .
ini adalah reboot (pembuatan ulang) dari tahun original 1978 buatan Hongkong, salah satu teman Wen bertarung dengan seseorang yang memiliki ilmu silat kuat dan ingin menjadi kaisar, akhirnya dia menang bertarung.

4. Reincarnated II (天蠶變之再與天比高)
keterangan: tahun 1993, total 30 episode, ATV television series, 
merupakan reboot seri tahun 1978 lainnya, Wan disini ternyata masih hidup dan mendapat kembali rupa mukanya yang dulu (tapi nantinya mukanya kembali berubah setelah fase "reinkarnasi"). Wan mengajari ilmu reinkarnasi kepada penerusnya dan mati setelah sebuah pertarungan.

5. Hegemony of the Lake (湖海爭霸錄)
keterangan: tahun 1980, jumlah 60 episode, RTV series , 
ini adalah seri spin-off yang sedikit terkait. Wan diawal cerita dibunuh oleh Sekte Lotus Putih (white lotus sect).

6. New Reincarnated (新天蚕变/金蚕丝雨)
keterangan: tahun 2001, total 30 episode, versi tiongkok.
ini adalah remake pendekar ulat sutera yang dibuat tahun 2001. Sayang hasilnya kurang sukses. Terdapat perbedaan ending antara versi Tiongkok dan Taiwan.


pedekar ulat sutra

Pendekar Ulat Sutera versi Movie (film)

1. Bastard Swordsman (天蠶變).
Dibuat tahun 1983 oleh perusahan Shaw Brothers Studio film yang langganan film cerita silat.

2. Return of the Bastard Swordsman (布衣神相)
Diproduksi tahun 1984, merupakan sekuel dari yang atas tahun 1983, Wan harus bertarung dengan ninja jepang. Script cerita merupakan gabungan dari cerita Reincarnated dan Face to Fate karangan Wen Rui An.



Surat Kabar (Majalah)

Huang Ying (黃鷹) menulis prekuel dari "Pendekar Ulat Sutera" pada majalah Knightly (武侠世界) tentang asal mula dari ilmu UIat Sutera Wudang level delapan.
 
 

Novel Pendekar Ulat Sutera 

1. Heavenly Chrysalis (天蠶變)
Total 3 jilid. Menceritakan latar belakang protagonis Yun Feiyang dan bagaimana dia berlatih ilmu Ulat Sutera Surgawi.

2. Tian Can Zai Bian (天蠶再變)
Total 3 jilid. Melengkapi cerita asal-usul ilmu Ulat Sutera Surgawi (Tianmogong), dan menceritakan pengalaman Yun Feiyang yang berubah pasca sesudah event fase tahap akhir ilmu ini.

3. Side Story of Yun Feiyang (雲飛揚外傳)
Total 4 jilid. Merupakan cerita terakhir dari seri Pendekar Ulat Sutera. Bab Final ini menceritakan kematian sang ksatria Yun Feiyang. 

4. Dragon Strikes (天龍訣)
merupakan spin-off dari pendekar ulat sutera.


note: terdapat perbedaan ending antara versi serial TV drama film dan Novel Pendekar Ulat Sutera, dan bahkan beberapa bagian isi ceritanya beda. Perbedaan ending cerita mungkin disebabkan karena flow (aliran) yang dimana pembuatan TV script duluan dibanding novel, sehingga membuat ide Huang Ying akan cerita berubah-ubah.


Sumber Referensi:

---


Komentar

  1. Ko Anthony... Sy Agnes.. Td ada messenger.. Minta tolong dilihat. Thanks..

    BalasHapus

Posting Komentar