Novoland

Bagi kalian para penggemar drama China, mungkin kalian sering mendengar serial drama atau film yang menggunakan judul Novoland, dan bukan hanya satu dua, tetapi ada beberapa judul drama menggunakannya. Penasaran kenapa banyak yang menggunakan judul Novoland ataupun berkaitan dengan itu?

Wuxia Indonesia akan menjelaskan sedikit tentang dunia fantasi Novoland, yang awalnya terkenal dari novel, kemudian diadaptasi ke berbagai bentuk. 

Apa Itu Novoland?

 Novoland (bahasa mandarin: 九州; hokkien: Jiuzhou, Indonesia: 9 Provinsi) adalah sebuah cerita fiksi yang berasal dari novel China, berkisah tentang politik kerajaan yang menggunakan konsep 'Dunia Fantasi Besar' seperti Lord of The Ring (ataupun kalau zaman sekarang yang terkenal seperti Game of Thrones). 

The Lord of the Ring sempat terkenal tahun 2000-an awal di Tiongkok, kemudian orang tiongkok berpikir, kenapa tidak kita buat yang seperti Lord of The Ring ataupun Game of Thrones tetapi lebih ke gaya orang timur ataupun wuxia, jadi di gunakan konsep itu tetapi dengan gaya cersil Wuxia. 

Tujuh orang pengarang awal mengikat janji untuk menciptakan suatu Dunia Fantasi baru tetapi berlatar belakang wuxia. Dunia Fantasi maksudnya cerita itu tidak berada di planet bumi seperti kehidupan nyata, tetapi di sebuah dunia fiktif, jadi jangan harap ada yang namanya Tiongkok, Amerika, Eropa, atau lainnya. 

Jadi dunia Novoland ini memiliki dunia yang dibagi atas tiga Benua (utara, timur, barat), sembilan Propinsi, enam ras makhluk berbeda, dan terbagi menjadi Daerah Timur dan delapan Suku Nomaden. Memiliki rentang waktu 10 ribu tahun yang terbagi menjadi 10 era dan 16-20 Dinasti (yang umum digunakan dalam cerita hanya 8 dinasti). Ditulis oleh tujuh orang pengarang berbeda dan memiliki lebih dari 30 novel (di wiki tiongkok nampaknya ada lebih dari 7 penulis dan lbh dr 30 novel). TV Dramanya sendiri ada sekitar tiga biji yang original script, bukan dari cerita novel , tetapi berdiri sendiri. 

Selain tujuh orang pengarang original, di beberapa tahun berikutnya, ada beberapa pengarang tambahan tetapi karya mereka biasanya sedikit, kadang cuma 1 buku. Jadi pada awalnya tujuh orang pengarang itu mendiskusikan dan men-set parameter dari cerita dan batas-batas serta guideline (petunjuk) yang disetujui bersama, kemudian mereka masing-masing menciptakan cerita mereka sendiri , merilis novel mereka sendiri. 

Jadi semua cerita Novoland yang pengarangnya berbeda-beda itu, semuanya tidak saling terkait ceritanya, berdiri sendiri gitu, jadi paling memiliki kesamaan dalam beberapa hal, seperti dunia yang memiliki enam ras makhluk (manusia, kerdil, bersayap, ikan, raksasa, dan roh), dan cerita yang dihubungkan bersama oleh pengaturan setting yang sama.

Cerita Novoland ini menjadi terkenal, tetapi pada tahun 2009, terjadi pertengkaran antara dua pengarangnya, yaitu Jiang Nan dan Jin Hezai , karena perbedaan pendapat, kemudian mereka mendirikan perusahaan sendiri masing-masing. Jin Hezai terkenal akan karya novel berjudul Tribes and Empire, yang sudah ada adaptasi drama TV nya juga. Sedangkan Jiang Nan terkenal akan novel berjudul Novoland: The Eagle Flag yang berjumlah 6 buku, dan juga telah diadaptasi ke serial drama TV.

Sedangkan adaptasi drama TV terkenal lainnya, yaitu Novoland: The Castle in th Sky , tidak diadaptasi dari novel siapapun, melainkan cerita sendiri buatan Zhang Ruoyun dan Guan Xiaotong, bercerita tentang ras manusia dan ras bersayap. Cerita Novoland kebanyakan seputar peperangan, politik, kekuasaan, bertahan hidup, dan sekitarnya.

Novoland ada diadaptasi dalam bentuk TV drama dan juga Games. Ada berbagai adaptasi TV yang sudah dirilis, dan dua lagi sedang dalam tahap akan dikerjakan.

Update November 2021: 
Total judul adaptasi TV serial drama Novoland yang sudah dirilis adalah berikut:
  1. Novoland the Castle in the Sky
  2. The Castle in the Sky 2
  3. The Castle in the Sky - Time Reversal
  4. Novoland: Suffering of Love
  5. The Lure of the Hua Xun Song
  6. Novoland: Pearl Eclipse
  7. Novoland Floating Heart (film) 
  8. Shining Just For You (2022), alias Novoland: The Princess From Plateau 
  9. Novoland: Legend of the Naga Pearls 
  10. Novoland: Eagle Flag
  11. Tribes and Empires: Storm of Prophecy
Yang nomor 1 sampai 8 itu fokus di cerita cinta (romance), pada nomor 5 judul lainnya adalah 'Hua Xu Yin: City of Desperate Love', sedangkan nomor 10 dan 11 ceritanya tentang politik kerajaan. Untuk judul yang dirumorkan akan diadaptasi ke serial drama TV di masa mendatang, total ada sekitar delapan judul, tapi tidak tahu berapa banyak yang nantinya akan benar-benar terealisasi.

Secara total jumlah pengarang cerita Novoland sampai tahun 2018 sudah mencapai ratusan orang (sekitaran 150 orang), dan sampai sekarang sudah tidak ketahuan berapa banyak jumlah pengarang yang menggunakan setting ini. Tetapi tentunya yang terkenal adalah masih cerita yang berasal dari tujuh pengarang original.

Sebagai catatan tambahan, serial drama TV terbaru seri Novoland adalah Novoland Pearl Eclipse yang novelnya ditulis oleh pengarang cantik novelis wanita bernama Xiao Ruse.

Peta Novoland ada dua , yang satu versi awal, satu lagi versi revisi, di bawah ini saya upload keduanya, tidak tahu mana yang versi awal dan revisi.

Novoland
Peta Menunjukkan Dunia Novoland yang Terbagi menjadi 9 Provinsi

Novoland Map


Sumber Referensi:
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url