Duan Yu and the wives

Sebenarnya ending novel cersil Pendekar Negeri Tayli (Demi Gods and Semi Devils) itu, Duan Yu dengan wanita yang mana? ini adalah jawaban pasti nya di novel.
 
di novel edisi 1 dan 2:
Tidak dibilang Duan Yu menikahi Wang Yuyan, Mu Wanqing, ataupun Zhong Ling, tidak ada peristiwa Duan Yu menikah didalam cerita. Tetapi kita dapat melihat bahwa Duan Yu berakhir dengan Wang Yuyan di endingnya. Bagaimana dengan Mu Wanqing dan Zhong Ling? berbeda dengan Wang Yuyan, status mereka berdua memang tidak dijelaskan, novel edisi 1 cuma dibilang Wang Yuyan calon permaisuri, edisi 2 bahkan sudah dihapus kalimat itu. Jadi kasus MWQ dan ZL memang lebih kabur dari WYY. Tetapi dapat kita perkirakan sendiri dari cerita, sewaktu peristiwa kematian Duan Zhengchun, mereka ikut DY balik ke Dali dan menetap di istana, kemudian MWQ dan ZL ikut berangkat dalam misi penyelamatan Xiao Feng, setelah itu ikut balik lagi ke Dali bersama Duan Yu, para menteri, dan pengawal Dali yang masih hidup. Ibu Duan Yu pernah bilang sesaat sebelum kematiannya, mengatakan bahwa DY bukan anak kandung Duan Zhengchun, sehingga dia boleh menikahi semua "adik-adik"-nya, dan aturan Dali lebih bebas daripada orang Song.
jadi dapat disimpulkan berakhir dengan 3 wanita (biarpun ga dijelasin gimana cara Duan Yu nanti menjelaskan kepada para menteri dan pengawal pribadi negeri Dali soal hubungan asli dia dan "adik-adiknya", karena menyangkut aib ibu-nya) :
  • Wang Yuyan
  • Mu Wanqing
  • Zhong Ling

di novel edisi 3 :
ada dijelasin kalau Duan Yu menikahi 3 wanita; Mu Wanqing, Zhong Ling, dan Xiao Lei, tetapi tidak berakhir dengan Wang Yuyan lagi, Wang Yuyan balik ke sepupunya Murong Fu yang sudah tidak waras(alias gila), Wang Yuyan kasihan dan ga tega ninggalinnya , akhirnya meminta maaf ke Duan Yu dan memilih untuk menjaga Murong Fu (seperti A'bi), dan ternyata terakhir Duan Yu menyadari dia tidak benar-benar mencintai WYY, tetapi mencintai patung kakak dewi terus diprojeksi-kan kedalam diri WYY, mirip2 dengan Wuyazi yang jatuh cinta dengan patung. TV series tahun 2013 mengikuti edisi terakhir yang soal cerita Duan Yu sudah tidak bersama dengan Wang Yuyan lagi.
Mu Wanqing menjadi 为贵妃 (wei guifei, satu tingkat dibawah permaisuri, tapi diatas tingkatan Zhong Ling dan Xiao Lei), Zhong Ling menjadi 为贤妃 ( wei xianfei) , dan Xiao Lei menjadi 为淑妃 (wei shufei). Biksu Yi Deng di LOCH yang merupakan cucu Duan Yu, tidak dibilang dari hasil wanita yang mana diantara ketiganya (atau mungkin selir yang lain).

Jadi dapat disimpulkan Duan Yu berakhir juga dengan 3 wanita (kurang satu, tambah satu). Ketiga Wanita Duan Yu yang kelak menjadi istri adalah:
  • Mu Wanqing
  • Zhong Ling
  • Xiao Lei
Revisi terakhir oleh JY ini cukup membuat banyak kritikan, terutama yang bagian Duan Yu tidak berakhir dgn WYY, apalagi Duan Yu sepanjang cerita paling berusaha keras memperjuangkan cintanya dengan WYY (stalking, ekorin terus, berkorban, dll) , seolah2 jadi sia2 gitu.


TV series tahun 2013:
- tidak berakhir dengan Wang Yuyan , endingnya cuma sampai A Zi lompat ke jurang sambil mengangkat jasad xiao feng, harusnya berakhir dengan Mu Wanqing dan Zhong Ling karena mereka tinggal di istana di Dali sebelum berangkat menyelamatkan Xiao feng.
TV series tahun 2003:
- berakhir dengan Wang Yuyan, endingnya sama sampai azi lompat, harusnya berakhir dengan WYY, MWQ, ZL , karena ada adegan mereka ikut Duan Yu balik ke Dali bersama menteri-menteri dan pengawal Dali

Pada adaptasi TV series drama juga saat mendekati ending, kelihatan Mu Wanqing rambutnya diikat keatas, itu menandakan seorang wanita yang sudah menikah.

kesimpulan akhir:
selain novel edisi terakhir (edisi ke-3) yang jelas-jelas menyebut DY menikahi MWQ, ZL dan XL, di-edisi lainnya yaitu edisi 1, edisi 2, dan adaptasi TV tahun 2003, serta 2013, memang ga dibilang secara langsung, kita cuma bisa imajinasi sendiri dan kesimpulan sendiri berdasarkan beberapa hal.


wanita duan yu


Tambahan pada edisi 3:
Selain memberi kejelasan bahwa DY menikahi MWQ dan ZL, juga ada tambahan info lainnya;
- bahwa sebelumnya para pengawal pribadi dan menteri Dali mengetahui persoalan MWQ dan ZL adalah adik-adiknya DY , tapi mereka tidak tahu rahasia Duan Yu adalah anak Duan Yanqing , yg mengetahui rahasia itu cuma 3 orang (DY, DYQ, dan Duan Zhengming), jadi bagaimana bisa menikahi mereka? , jadi disini ada dibilang bahwa Duan Yu akhirnya menjelaskan kepada mereka para pengawal pribadi dan menteri Dali soal rahasia itu. Tetapi untuk rakyat Dali tentunya tidak usah tahu, toh rakyat Dali juga sebelumnya juga tidak tau masalah "adik-adik" itu juga.

Update September 2021:
adaptasi TV serial drama Demi Gods and Semi Devils 2021 , kaisar Duan Yu cuma berakhir dengan Wang Yuyan seorang sebagai istri. tidak ada lagi harem.
Next Post Previous Post
12 Comments
  • ROCH
    ROCH 4 Februari 2020 pukul 22.49

    Bang xiao kek itu yg mana?

    • Wuxia Indonesia
      Wuxia Indonesia 5 Februari 2020 pukul 10.55

      xiao kek? di artikel atas tidak saya muat nama "xiao kek" deh

    • ROCH
      ROCH 6 Februari 2020 pukul 07.34

      Ralat xiao lei, saya cari karakternya di dgsd 2013 atau 2003 tidak ditemukan

    • Wuxia Indonesia
      Wuxia Indonesia 6 Februari 2020 pukul 10.26

      Xiao Lei adalah maid (pembantu/dayang) dari putri negeri xi xia (xia barat). ingat ga yang cerita duan yu dan teman2 pergi ke negeri xi xia untuk ikut kompetisi mencari suami-nya putri negeri xi xia?
      disitu ada 2 maid yang muncul, yang pertama agak polos, kalem, sopan, tidak pernah bertemu pria karena sejak kecil uda berada di istana putri , suara lembut. yang pertama ini yang mengajak para peserta untuk melihat perpustakaan putri yang ada lukisan2. Yang kedua, adalah yang berada disamping putri, yang mengumumkan kedatangan putri xi xia dan mengajukan 3 pertanyaan, yang kedua ini sifatnya agak beda dengan yg pertama, kelihatan agak profesional , lebih berani, lebih tegas. dia awalnya disangka tuan putri oleh para peserta karena memiliki wajah yang cantik. dia adalah pengagum Xiao Feng karena sering mendengar cerita heroik nya, dan sempat membuat Murong Fu jengkel karena terus tanya soal Xiao Feng ke Murong Fu. Yang kedua ini lah yang bernama Xiao Lei.
      Dia diberikan oleh putri negeri xi …

    • ROCH 2020
      ROCH 2020 12 Februari 2020 pukul 15.27

      Moga aja DGSD 2020 Duan Yu bersama Wang Yuyan,jika tidak seperti percuma dong pengorbanan dan pengejaran cinta Duan yu untuk Wang yuyan

    • Wuxia Indonesia
      Wuxia Indonesia 13 Februari 2020 pukul 13.35

      berharap sih boleh, tapi jangan sampai terlalu berharap ya, soalnya biasa adaptasi baru itu selalu ikut novel edisi baru , yang berarti tidak dengan wang yuyan, jadi peluangnya kecil untuk ikut edisi 1 atau 2. jadi biar ga kecewa ntar, haha.

    • ROCH 2020
      ROCH 2020 13 Februari 2020 pukul 23.27

      Ya kali adaptasi nya melihat keinginan penonton Jadi wyy ama dy

    • Unknown
      Unknown 4 November 2021 pukul 14.32

      Tenang sodara2, duanyu 2021 jadian ama wangyuyan, cuman sedihnya muwanqing, zhongling gak diceritain lagi gimana kelanjutannya... Gak jadi poligami dech

    • Wuxia Indonesia
      Wuxia Indonesia 15 November 2021 pukul 19.44

      @Unknown: yang tahun 2021 itu... ga ada poligami, karena ada kebijakan lembaga penyiaran tiongkok, tidak boleh ada cerita poligami lagi, itu sebabnya drama2 wuxia terbaru, seperti DGSD2021 dibuat cuma dengan satu istri, The deer and the cauldron 2020 pun dari yg harusnya cerita punya 7 istri, cerita cintanya pun jadi seolah kelihatan cuma fokus sama satu, lainnya disensor.
      Mungkin kedepannya akan gitu juga.

  • Dee
    Dee 8 Juni 2020 pukul 01.51

    Ya udahlah Wang Yu Yuan ga jadi punya Duan Yu,tapi yang penting cinta MWQ n ZL tulus sama dia..tak ada yg namanya bertepuk sebelah tangan.. Itulah poin kebahagiaan nya yang terutama

  • AdhiGold
    AdhiGold 2 September 2021 pukul 12.37

    versi2 baru pada alay sih..apalagi versi yg ada orang korea nya....skr2 titik beratny d efek sama modal tampang jaman dulu karakter,akting dan pendalaman cerita lebi enak..apalagi 2021 pengawal tibet pake topi mangkok kebalik...punggawa dali yg gali k penjara malah kostum wayang...kwkwkwkwwk

    • Wuxia Indonesia
      Wuxia Indonesia 15 November 2021 pukul 19.41

      iya, yang 2021 itu topinya sangat beragam, Pendekar Negeri Tayli versi topi gitu deh.
      Kayaknya mereka hire designer topi gitu, haha.

Add Comment
comment url