15 Drama Wuxia & Film Cerita Silat China Terbaik


contoh cover salah satu drama wuxia terbaik sepanjang masa

Penasaran apa saja judul Drama Wuxia Terbaik China sepanjang sejarah? - Ada begitu banyak rekomendasi serial drama wuxia dan film cerita silat baru setiap tahunnya. Pada era dulu, perusahaan produksi drama yang populer dan rating tinggi adalah yang berasal dari wilayah Hong Kong, semua penggemar wuxia pasti tahu era TVB yang terkenal, perusahaan saluran TV yang menghasilkan banyak serial drama cerita silat (wuxia) pada tahun 1970-an sampai tahun 1998, dengan masa puncak jaya di sekitaran tahun 1980-an. 

Saat era tahun sekarang, mayoritas produser serial drama silat sudah berpindah ke China, semua perusahaan Hong Kong seperti contoh TVB sudah tidak bisa lagi bersaing, karena kurangnya kreativitas dan tentu saja anggaran.

Drama China bergenre Wuxia sudah sangat menurun, tidak popular lagi. Film dan serial drama China terbaru umumnya sudah bukan lagi tentang pertarungan pedang, tetapi kebanyakan fokus di cerita cinta (romance). Serial kungfu terbaru pun jika ada, maka jumlah penontonnya sangat sedikit jumlahnya.

drama wuxia The Untamed, dengan aktor Xiao Zhan & Wang Yibo


Film Silat dan Drama China Genre Wuxia Terbaik

Di bawah ada daftar 15 judul drama China bergenre Wuxia yang dianggap terbaik sepanjang masa dengan cerita menarik. Apa saja? berikut rekomendasi film silat dan serial drama Wuxia China terpopuler:

  1. Heavenly Sword And Dragon Sabre
  2. Return of the Condor Heroes
  3. Smiling Proud Wanderer
  4. Pendekar Ulat Sutra
  5. The Legend of the Condor Heroes
  6. Legendary Siblings
  7. Duke of Mount Deer
  8. Nirvana in Fire
  9. Demi Gods and Semi Devils
  10. Grand Canal
  11. Pendekar Harum
  12. Judge Bao
  13. Great Consiperacy
  14. Flying Dagger Li (pisau terbang)
  15. The Four

1 Heavenly Sword And Dragon Slaying Sabre

Judul Indonesia: Pedang Langit & Golok Naga


Heavenly Sword And Dragon Sabre
 Heavenly Sword & Dragon Sabre (to liong to) tahun 2019 

Di peringkat satu alias 'the best', Drama wuxia terbaik jatuh pada judul 'Heavenly Sword And Dragon Slaying Sabre' (Pedang Langit & Golok Naga / Kisah Membunuh Naga).

Mungkin semua setuju, cerita silat 'Heavenly Sword And Dragon Sabre' ini boleh dibilang yang paling baik dalam sejarah Wuxia, siapa sih yang tidak kenal dengan cerita dari Jin Yong (chin yung) ini? pada era zaman dahulu kala tahun 80an, lebih dikenal dengan judul hokkien "To Liong To". 

Bercerita tentang seorang tokoh utama bernama Zhang Wuji (hokkien: Tio Buki) yang bersama kedua orang tuanya tinggal disebuah pulau di utara berangkat ke daratan tengah (tiongkok), tapi sayangnya tidak lama setelah tiba, kedua orang tuanya meninggal bunuh diri karena dipaksa oleh dunia persilatan untuk mengatakan keberadaan dari seseorang bernama Xie Xun (berjuluk singa berbulu emas), yang merupakan ayah angkat Zhang Wuji.

Xie Xun dipercaya memegang sebuah golok pusaka yang dikatakan memiliki rahasia dimana pemiliknya akan menjadi penguasa dunia. Masalah menjadi semakin rumit setelah Zhang Wuji terkena tapak bayangan yang beracun hawa "Yin", dan sulit disembuhkan. 

Perjalanan Zhang Wuji menyembuhkan racun ditubuhnya, menengahi perselisihan antara sekte Ming dan dunia persilatan, serta konflik dengan pemerintahan dinasti Yuan (etnis Mongol) menjadi cerita utama dalam serial HSDS. Sepanjang cerita Zhang Wuji akan bertemu dengan Empat wanita yang mencintainya, dan dia harus memilih satu diantaranya; Apakah Zhao Min (tio beng), Zhou Zhiruo, Xiao Zhao, atau Yin Li.

Adaptasi Drama serial TV yang paling populer adalah Heaven Sword & Dragon Sabre 1988 yang diperankan oleh Tony Leung sebagai Zhang Wuji, dan juga tahun 2019 yang diperankan oleh Yukee Chen Yuqi sebagai Zhao Min.

2 The Return of the Condor Heroes

Judul Indonesia: Kembalinya Pendekar Rajawali


Return of the Condor Heroes
Yang Guo dan Xiao Long Nu (bibi lung) versi 2006 

Drama wuxia terbaik nomor dua jatuh pada judul 'The Return of the Condor Heroes'Semua tentu mengenal sosok Yo Ko dan bibi Lung dalam cerita Kembalinya Pendekar Rajawali. Judul dari drama wuxia ini pertama kali dipopulerkan oleh TVB, sehingga terkesan tidak nyambung judulnya. Tapi karena sudah terlanjur populer, sehingga judul ini menjadi umum dan digunakan semua orang. 

Kisah cinta terlarang antara Yoko dan gurunya, yang dia panggil bibi lung, menjadi tema utama dalam serial cerita silat ini. Kisah cinta mereka yang mampu membuat kita terharu, membuat 'The Return of the Condor Heroes' menempati urutan ke-2 dalam daftar Cerita Silat terbaik sepanjang masa.

Cerita The Return of the Condor Heroes ini menjadi kegemaran terutama di kalangan wanita yang terkagum dengan kesetiaan Yang Guo (Yoko) dalam penantian enam belas tahun menunggu Xiao Long Nu (bibi lung) yang keadaan dan kondisinya tidak jelas. 

Selain itu juga terdapat cerita tentang usaha penyerangan bangsa Mongol sebagai upaya awal untuk menguasai dinasti Song (tiongkok), dengan membuat kacau dunia persilatan. Tokoh antagonis utama adalah utusan mongol yang disebut Jinlun Guoshi (orang indonesia menyebutnya Hakim Roda Emas), dia adalah Guru Besar Mongol dengan ilmu silat yang tinggi dan tenaga dalam sekelas gajah.

Adaptasi Drama serial TV yang paling populer adalah The Return of The Condor Heroes 1983 yang diperankan oleh Andy Lau.

3 Smiling Proud Wanderer

Judul Indonesia: Pendekar Hina Kelana


Smiling Proud Wanderer
Linghu Chong pada drama the Swordsman tahun 2013

Serial silat Pendekar Hina Kelana ini juga sangat sering diremake (dibuat ulang), yang lucunya judul remake-nya sering berubah-ubah dan sering diganti sehingga memiliki banyak judul alternatif. Salah satu contohnya, masih banyak yang tidak tahu bahwa sebuah serial drama silat berjudul "State of Divinity" yang diperanin oleh Richie Ren merupakan adaptasi dari Smiling Proud Wanderer

Cerita silat Smiling Proud Wanderer ini menceritakan seorang pemuda bernama Linghu Chong yang memiliki sifat bebas dan tidak suka diikat atau dikekang oleh aturan dunia persilatan. Karena sifatnya yang bebas, sehingga dia terkadang berteman dan berkenalan dengan tokoh yang dianggap sesat dalam dunia persilatan, yang nantinya akan membawa satu per satu masalah silih berganti datang. 

Orang-orang dunia persilatan akan melemparkan berbagai tuduhan terhadap dirinya, termasuk hilangnya sebuah kitab ilmu pedang yang menjadi perebutan dunia persilatan. Peningkatan ilmu pedang yang drastis dalam waktu singkat membuat orang-orang semakin curiga terhadap dirinya termasuk oleh gurunya sendiri (Yue Buqun) yang sudah dianggap seperti orang tua kandung. Puncaknya Linghu Chong diusir keluar dari perguruan Huashan.

Sebagian cerita Smiling Proud Wanderer ini, sang tokoh utama Linghu Chong sering diceritakan dalam keadaan terluka berat, banyak orang yang berusaha menyembuhkannya, tetapi bukannya lebih baik, malahan tambah lebih parah, sampai puncaknya semua tenaga dalam yang dilatihnya sejak kecil di perguruan Huashan pun ikut musnah total. Untung saja pada akhirnya hal ini malah akan membawa dia mempelajari beberapa ilmu sakti kelas atas.

4 Pendekar Ulat Sutera

Pendekar Ulat Sutra
Norman di drama 'Reincarnated'

Serial silat Pendekar Ulat Sutera ini memiliki judul inggris "Reincarnated". Dalam Perguruan Wudang, terdapat seorang murid yang selalu dijadikan sasaran latihan, ialah Yun Fei Yang (Wan Fei Yang) yang selalu dihina dan dipandang rendah oleh murid-murid perguruan tersebut. 

Suatu ketika Ketua perguruan Wudang terbunuh dan Wan Fei Yang yang jadi sasaran fitnah orang sebagai pembunuhnya bersamaan dengan itu organisasi Batu Giok Berjatuhan yang sudah lama menghilang memunculkan diri dalam dunia Persilatan. Peristiwa tentang terlepasnya tahanan perguruan  Wudang yang dikurung selama 20 membuat suasana menjadi kacau.

Konon terlepasnya tahanan tersebut didalangi oleh organisasi Batu Giok Berjatuhan ini yang berambisi untuk menguasai dunia persilatan. Perselisihan antara Wudang, Batu Giok Berjatuhan, Emei, dan Pik Lok Sit ini membuat banyak terjadinya pembunuhan dimana-mana. 

Akhirnya ilmu perubahan "Ulat Sutra" yang merupakan pusaka perguruan Wudang dan merupakan ilmu silat tingkat tinggi, bisa didapati oleh Wan Fei Yang (itu sebabnya berjudul Pendekar Ulat Sutra) ,dikarenakan Ia terluka parah dan semua ilmu silatnya musnah yang merupakan kunci untuk melatih ilmu sakti "Ulat Sutra" ini. 

Pada akhir cerita ini muncul pula sebuah Organisasi Pembunuh Bayaran yang sangat menakutkan "Tian Sat" yang bahkan dapat membunuh Yan Cong Tian seorang tokoh sakti yang ilmunya paling tinggi di Wudang.

Adaptasi Drama Pendekar Ulat Sutera yang paling populer adalah tahun 1979 yang diperankan oleh Norman Chu (kadang juga disebut Norman Tsui / Chu).

5 The Legend of the Condor Heroes

The Legend of the Condor Heroes
Drama Wuxia Terbaik ke-5: Legend of the Condor Heroes

The Legend of the Condor Heroes memiliki judul Indonesia Pendekar Pemanah Rajawali. Cerita berkisar selama era perang antara Kekaisaran Jin yang dipimpin oleh suku Jurchen dan dinasti Song yang didominasi etnis Han. 

Suatu hari dikampung yang bernama desa Niujia, Yang Tiexin dan Guo Xiaotian, sepasang saudara angkat, berjanji bahwa anak-anak mereka yang belum lahir akan menjadi saudara angkat (jika keduanya berjenis kelamin sama) atau dijodohkan untuk menikah (jika mereka berbeda jenis kelamin). 

Suatu hari, istri Yang Tiexin, Bao Xiruo, menyelamatkan seorang prajurit Jurchen yang terluka, yang ternyata adalah Wanyan Honglie, pangeran keenam Kekaisaran Jin. Wanyan Honglie kemudian mengirim pasukannya untuk menyerang desa Yang Tiexin dan Guo Xiaotian. Guo Xiaotian terbunuh sementara Yang Tiexin hilang jejaknya.

Istri hamil Guo Xiaotian, Li Ping, mengembara ke Mongolia, di mana dia melahirkan putra mereka, Guo Jing (kwee ceng), yang tumbuh di Mongolia di bawah asuhan Jenghis Khan. Guo Jing berlatih ilmu silat dari guru-guru yang dikenal sebagai Tujuh Orang Aneh Jiangnan. 

Kemudian setelah besar, dia diminta untuk ke daratan tengah untuk mencari pengalaman baru. Disitu dia berkenalan dengan seorang gadis cantik yang berpakaian pria seperti pengemis bernama Huang Rong. Perkenalan itu membuat hubungan asmara mereka tumbuh seiring waktu. Para guru Guo Jing juga mempunyai agenda lain, yaitu janji bertarung antar murid dengan seorang pendeta ternama dari sekte Quanzhen, Qiu Chuji. Selain masalah pribadi, Konflik antara tiga negeri menghiasi alur cerita politik. 

6 Legendary Siblings

Legendary Siblings
Adaptasi Handsome Siblings (2020) 

Legendary Siblings yang di Indonesia lebih dikenal dengan judul Pendekar Binal, menceritakan tentang petualangan dua orang tokoh yang ternyata kembar, bernama Xiao Yu er dan Hua Wuque, tapi terpisah sejak bayi. Keduanya tidak tahu bahwa mereka memiliki saudara kembar.

Delapan belas tahun lalu, seorang pemuda tampan bernama Jiang Feng terluka parah, dia diselamatkan oleh kakak-adik Yaoyue dan Lianxing dari Istana Bunga. Yaoyue jatuh cinta kepada Jiang Feng, tapi Jiang Feng malah mencintai salah satu dayang di istana bunga bernama Hua Yuenu. Karena takut akan kemarahan Yaoyue, Jiang Feng kabur dengan Hua Yuenu. Saat pelarian itu, Hua Yuenu yang sedang hamil, melahirkan bayi kembar.

Salah satu bawahan Jiang Feng, berkhianat dengan alasan cemburu akan kesuksesan hidup Jiang Feng. Membunuh pasangan itu melalui perantara suatu kelompok bandit 12 Shio, dan melemparkan kesalahan ke istana bunga. 

Kedua bayi kembar itu selamat dari pembunuhan, tetapi Yaoyue berusaha untuk membalas dendam, dengan mengambil dan melatih ilmu silat ke satu bayi, sedangkan bayi lainnya sengaja dibiarkan ditemuin oleh Yan Nantian, saudara angkat Jiang Feng yang konon ilmu pedangnya nomor satu didunia persilatan. Yaoyue memiliki agenda agar kedua saudara kembar itu saling membunuh kelak.

7 Duke of Mount Deer

Duke of Mount Deer
drama berjudul Pangeran Menjangan

The Deer and The Cauldron atau Duke of Mount Deer yang memiliki judul Indonesia-nya adalah Kaki Tiga Menjangan, merupakan karya fenomenal Jin Yong lainnya yang bersetting di era dinasti Qing. 

Sebagian besar mungkin menganggap ini bukan benar-benar cerita silat, karena sang tokoh utamanya tidak menyukai ilmu silat, bahkan tidak beda jauh dengan orang yang tidak melatih ilmu silat. Wei Xiaobao, sang tokoh utama, banyak mengandalkan kelicikan otak dan ketajaman mulutnya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. Nama hokkien Wei Xiaobao adalah Wi Siau Po.

Wei Xiaobao adalah anak seorang wanita prostitusi yang ayahnya siapa pun dia tidak tahu. Wei kecil hidup berkeliaran di sebuah rumah bordil di kota Yangzhou, yang membuatnya tidak mengerti huruf atau menulis (buta huruf). 

Suatu ketika, dia menolong seorang pendekar bernama Mao Shiba, yang nantinya akan membawanya ke ibukota. Disana, karena takdir dan keberuntungan, Wei Xiaobao akan bertemu dengan Kaisar dan menjadi teman kaisar, yang membuat karirnya melejit di kemudian hari. Dalam cerita Pangeran Menjangan ini, Wei Xiaobao akan berakhir memiliki tujuh istri.

8 Nirvana in Fire

Nirvana in Fire
Tokoh Nirvana in Fire

Di China pada abad ke-6, terjadi perang antara negeri Yu (di wikipedia dan lainnya sebut negeri Wei Utara tidak tahu kenapa) dan Dinasti Liang Selatan yang feodal. Komandan Jenderal Liang, Lin Xie, beserta putranya yang berusia sembilan belas tahun, Lin Shu, dan Tentara Chiyan mengalahkan pasukan negeri Yu yang merupakan musuh bebuyutan. 

Namun, ketika tentara Chiyan sempat melemah dari pertempuran, mereka dibantai di bawah perintah Kaisar. Tanpa diketahui sang Kaisar, tentara Chiyan dijebak oleh saingan politik, yang mengklaim bahwa mereka bersekongkol untuk melakukan pemberontakan bersama dengan putra mahkota saat itu, Pangeran Qi. Akibatnya, Pangeran Qi dan anggota wisma Lin juga dieksekusi secara tidak adil. Ibu Qi, Permaisuri Chen, dan ibu Lin Shu, saudara perempuan raja, bunuh diri.

Lin Shu selamat, tetapi terkena Racun Api Pahit. Untuk menyelamatkan hidupnya, penguasa Balai Langya, Lin Chen, memberinya perawatan yang pada akhirnya menyebabkan penampilan Lin Shu berubah total dan keadaan fisik melemah. 

Selama dua belas tahun berikutnya, ia mendirikan Aliansi Jiang Zuo dan menjadi kepala dunia petarung dengan nama Mei Changsu. Lin Shu kemudian kembali balik ke ibukota Jinling selama perebutan takhta antara Pangeran Yu dan Pangeran Xian. Dia menggunakan kesempatan ini untuk mengembalikan dan membersihkan nama keluarganya serta diam-diam membantu sahabat dan sepupunya, Pangeran Jing, yang tidak disukai dan tidak masuk hitungan dalam perebutan takhta, untuk menjadi Kaisar.

Nirvana in Fire memiliki sekuelnya dengan judul: 'Nirvana in Fire 2: The Wind Blows in Chang Lin', yang bersetting cerita sekitar dua generasi setelah cerita yang pertama, beberapa tokoh NIF1 muncul kembali ataupun terkait di NIF2. Sedangkan Nirvana in Fire 3 masih sedang dalam proses produksi dan diperkirakan hadir tahun 2023.

9 Demi Gods and Semi Devils

Demi Gods and Semi Devils
Pendekar Negeri Tayli tahun 2003 

Dalam cerita Pendekar Negeri Tayli atau Demi Gods and Semi Devils terdapat tiga tokoh utama, yaitu Duan Yu, Xiao Feng, dan Xuzhu. Mereka memiliki jalan cerita masing-masing. Nantinya mereka akan saling bertemu dan kemudian menjadi saudara angkat.

Tokoh utama yang pertama, Duan Yu (toan ki), yang merupakan pangeran dari negara Dali. Duan Yu memiliki cerita seputar perebutan kekuasaan dengan seorang tokoh bermarga Duan lainnya yang mengaku berhak atas takhta kerajaan Dali.


Liu Yifei pada drama wuxia demi gods and semi devils
Liu Yifei pada drama Demi Gods and Semi Devils 2003 

Tokoh utama kedua, Qiao Feng (Xiao Feng), merupakan bangzhu (kepala) dari partai pengemis. Nantinya dia dituduh merupakan keturunan dari bangsa khitan, yang merupakan musuh bebuyutan dari negeri Song, dan dikeluarkan dari partai pengemis oleh para bawahannya. 

Tokoh ketiga, Xuzhu, merupakan seorang biksu dari kuil Shaolin, yang melakukan dosa bertubi-tubi sehingga tidak bisa lagi menjadi anggota murid Shaolin, nantinya berakhir menjadi ketua dari salah satu perguruan. Konflik yang terjadi dari masing-masing tokoh utama nantinya akan saling mengaitkan dan menghubungkan ketiganya.

Adaptasi serial TV terbaru adalah Demi Gods and Semi Devils 2021

10 Grand Canal

Grand Canal
drama 'The Grand Canal'

Grand Canal menggunakan latar belakang Dinasti Sui dan Tang, didasarkan pada novel sejarah "Said Tang" dan cerita rakyat "The Three Heroes of the Wind and Dust", menggabungkan keduanya menjadi satu. Cerita utamanya adalah tentang era Kaisar Wen (atau Yang) dari periode dinasti Sui hingga berdirinya Dinasti Tang. 

Dinasti Sui dan Tang adalah era kekacauan dan para orang berbakat. Qin Qiong dan Cheng Yaojin, Li Mi, Li Shimin, Li Jing, dll. semuanya memiliki legenda indah mereka sendiri.

Grand Canal Ini adalah drama pertama TVB yang difilmkan di lokasi syuting di provinsi luar China. Drama ini adalah kisah yang merinci kejatuhan Dinasti Sui, dan apa saja yang dilakukan pada kebangkitan Dinasti Tang. Dengan Kaisar Yang dari dinasti Sui yang diperanin oleh Lawrence Ng sebagai penjahat dalam karya bagus serial drama wuxia ini. 

Di dalam cerita drama silat ini juga berbicara tentang pembuatan Grand Canal. Ceritanya berasal dari tokoh-tokoh sejarah terkenal di Tiongkok selama Dinasti Sui. Drama TV mencakup berbagai peristiwa sejarah seperti pemberontakan petani yang menyebabkan jatuhnya Dinasti Sui, kebangkitan Dinasti Tang dan kisruh politik yang terlibat di dalamnya.

11 Pendekar Harum

Pendekar Harum
Chu Liuxiang, si Maling Romantis

Pendekar Harum, yang judul inggris dan mandarinnya menggunakan nama tokoh utamanya sebagai judul yaitu Chu Liuxiang, cukup terkenal di Indonesia saat era drama ini diperanin oleh Adam Cheng sekitar tahun 80-90an. Gara-gara sosok Adam Cheng yang populer ini, dia sampai memerankan karakter Chu Liuxiang di empat adaptasi.

Chu Liuxiang tinggal di sebuah rumah perahu, yang disebut "Paviliun Xiang" dengan tiga gadis cantik muda. Mereka adalah orang-orang terdekatnya selain sahabatnya,  Tiehua. Mereka berasal dari latar belakang yang menyedihkan dan telah mengikuti Chu Liuxiang dalam petualangannya sejak mereka berusia 11 atau 12 tahun.

Chu Liuxiang memiliki ilmu silat yang tinggi, terkenal ahli akan jurus menjentik jarinya, dan menggunakan sebuah kipas besi sebagai senjatanya. Dengan wajah rupawan, otak cerdas, aura berwibawa, dan ilmu silat tinggi, membuatnya dikelilingi para wanita cantik dan idola kamu wanita.

Cerita seputar investigasi kasus aneh didalam dunia persilatan, bagaimana Chu Liuxiang memecahkan kasus-kasus dan misteri tersebut. Dan tentunya Chu Liuxiang sendiri sering dijadikan target utama berbagai pihak. Total ada delapan novel Chu Liuxiang yang ditulis oleh pengarang Gu Long, semuanya pernah diadaptasi.

12 Judge Bao

Judge Bao

Judge Bao atau dikenal juga dengan nama Justice Bao, merupakan sebuah judul yang sangat populer, sang Hakim Bao pernah tayang di dua stasiun TV sekaligus pada saat dulu. 

Sosok Hakim Bao yang adil, tegas, kesetiaannya terhadap kerajaan dan cintanya pada negara dan rakyat, membuatnya banyak membantu rakyat kecil dan berani membela kebenaran dari tindakan penguasa atas yang semena-mena. Hakim Bao juga berbakti kepada orang tua. Nama asli-nya adalah Bao Qing Tian (包青天).

Hakim Bao atau Jaksa Bao tidak bisa lepas juga dari sosok pengawalnya yang terkenal gara-gara drama adaptasi, yaitu Zhan Zhao. Dalam tugasnya, Bao Zheng dibantu oleh 6 pembantunya, yaitu kepala pengawal yang ahli beladiri Zhan Zhao (展昭), sekretaris penasehat yang pandai Gongsun Ce (公孙策), serta 4 pengawal lainnya Wang Chao (王朝), Ma Han (馬漢), Zhang Long (張龍), dan Zhao Hu (趙虎).

13 Great Consiperacy

Great Consiperacy
adaptasi drama Meteor, Butterly, Sword

Cerita utama ini diambil dari novel Meteor, Kupu-Kupu, Pedang karya Gu Long (sehingga keduanya kita masukin sebagai judul karya yang sama). 

Kemudian dicampurin dengan berbagai unsur dan element dari adaptasi TV karya lain seperti Swordsman trilogy ,The Swordsman versi ATV, Dragon Inn, dan lainnya. Jadi merupakan karya campur aduk, bukan karya original, sehingga jangan harap ada remakenya. Plot berpusat di sekitar persaingan antara keluarga Nangong dan Klan Elang, yang kemudian melibatkan klan Komet.

Nama tokoh-tokoh semuanya diubah total dari Meteor, Butterfly, Sword. Tapi cerita utama masih sama seputar sebuah kelompok pembunuh bayaran, Klan Komet, terdiri dari tiga pembunuh -- Shen Chong, Gao Xiang, dan Ye Qun, dan satu bos, kakak Qiu Ruo Lan. Ironisnya adalah bahwa Gao dan Ye sama-sama menyukai bos perempuan mereka, tetapi dia hanya menyukai Shen Chong, yang dimana memiliki minat romantis lainnya. 

Qiu dan Gao akhirnya move-on dari perasaan itu, tetapi banyak yang telah berubah saat itu, dan hidup mereka tidak akan pernah sama. Cerita ini sangat banyak mengisahkan intrik dan tipu muslihat dalam memperebutkan kekuasaan dan kedudukan.

14 Flying Dagger Li (si pisau terbang)

Flying Dagger Li (pisau terbang)
Li Xunhuan pada Xiao Li Fei Dao

Siapa sih yang tidak kenal dengan cerita Si Pisau Terbang Li? atau xiao li fei dao? . Tokoh utamanya, Li Xunhuan, secara umum kurang dikenal masyarakat Indonesia namanya, jadi orang lebih mengenal judul ceritanya yaitu si pisau terbang. Ceritanya seputar tokoh utamanya itu sendiri, yang sebelumnya menghilang dari dunia persilatan, kemudian kembali ke tempat tinggal dan kampung halamannya yang dulu, tetapi ternyata permasalahan lampau muncul mengaitkan dirinya.

Li Xunhuan, yang disebut tidak pernah gagal mengenai target jika melempar pisau atau belati kecilnya, harus menghadapi berbagai permasalahan yang menimpa dirinya, dia juga diburu oleh beberapa pihak tertentu. Dia akan bertemu dengan seorang pendekar pedang, Ah Fei, dan berteman dengannya, serta menjadi sahabatnya. Dia juga nantinya bertemu dengan seorang gadis manis, Sun Xiaohong, yang pada akhirnya dia nikahi. 

Cerita Seputar sekitar waktu kemunculan Li Xunhuan itu, "Bandit Bunga Plum" misterius telah melakukan beberapa perampokan dan pemerkosaan, dan desas-desus di jianghu menunjukkan bahwa bandit itu adalah Li Xunhuan, apalagi waktunya bertepatan dengan kemunculan kembali Li ke dalam dunia persilatan. 

Dengan bantuan Afei, Li berusaha membersihkan namanya dan mengungkap identitas asli bandit itu. Pada saat yang sama, Li Xunhuan ditarik ke dalam perseteruan kompleks yang melibatkan tiga tokoh kunci: saudara angkatnya Long Xiaoyun; Shangguan Jinhong, kepala jahat Sekte Emas dan Uang; dan kekasih Shangguan Jinhong, Lín Xian-er, yang terkenal akan kecantikan tiada duanya.

15 The Four

The Four
Serial 4 Opas karangan Wen Rui An 

Selama Dinasti Ming, ada empat penjaga detektif (atau polisi) yang dikenal karena seni bela diri tinggi mereka dan wawasan mereka yang tajam dalam memecahkan misteri pembunuhan yang menantang. Leng Xie menyelamatkan seorang gadis muda bernama Chu Limo, yang melarikan diri dari istana kekaisaran. Zhuge Zhengwo mengetahui bahwa Chu LiMo adalah putri Xia Hongyao, dan membawanya di bawah asuhannya. 

Leng Xie dan Li Mo awalnya tidak akur, tetapi hubungan mereka perlahan tumbuh karena mengalami masa-masa sulit yang berarti. An Shi Geng ingin menyingkirkan empat penjaga detektif, yang telah mengungkap banyak kejahatan dan perbuatan jahatnya. 

Dia menggunakan kecemburuan Yao Jihua terhadap hubungan Leng Xie dan Li Mo, untuk menyakiti dan menghancurkan mereka. Bersama-sama, keempat penjaga detektif bekerja sama untuk menjatuhkan An Shi Geng. Pada saat yang sama, mereka masing-masing menemukan kebahagiaan mereka sendiri.

The Four Constables (mandarin: Si Da Ming Bu) diadaptasi dari novel karangan Wen Rui An dan telah lebih dari 10x diadaptasi ke dalam bentuk serial drama dan film.


(Wuxia indonesia, last update 3 Maret 2024)

Next Post Previous Post
34 Comments
  • hakiki
    hakiki 10 Agustus 2021 pukul 10.14

    nice blog bang

    • Wuxia Indonesia
      Wuxia Indonesia 10 Agustus 2021 pukul 12.08

      halo gan, haha hanya utk hobby semata, terimakasih suda mampir ke blog ini.

  • divel213
    divel213 1 September 2021 pukul 20.10

    thankyou bang, akhirnya ada referensi buat nonton

    • Wuxia Indonesia
      Wuxia Indonesia 13 September 2021 pukul 11.53

      sama-sama, selamat menikmati.

  • Unknown
    Unknown 15 September 2021 pukul 18.00

    Bangg, ada rekomendasi serial terbaru yg baguss ????? Kmren bru slsai nnto handsome sibling 2021

    • Wuxia Indonesia
      Wuxia Indonesia 18 September 2021 pukul 11.20

      tertariknya yang genre apa? wuxia classic, xinxia, wuxia romance, kerajaan, atau lainnya?

    • Wuxia Indonesia
      Wuxia Indonesia 18 September 2021 pukul 11.34

      Mungkin bisa coba Joy of Life

    • Unknown
      Unknown 14 Februari 2022 pukul 18.29

      Joy of Life bagus, hanya akhir cerita agak nggantung, jadi kita sedang menunggu Joy of Life season 2

  • Unknown
    Unknown 18 September 2021 pukul 05.16

    gan, kalo novel lanjutan to liong to yang judulnya "anak naga" judul filmnya apa ya?

    • Wuxia Indonesia
      Wuxia Indonesia 18 September 2021 pukul 11.21

      tidak ada, karena itu karya palsu, bukan dibuat oleh Jin Yong (chin yung), lebih ke semacam fanfiction, sehingga ga bakal ada filmnya.

  • Unknown
    Unknown 20 September 2021 pukul 12.30

    saya lagi menggemari kwee ceng. kalo menurut agan, dari semua serial tv kwee ceng yg pernah agan liat, versi mana yg paling presisi ama novelnya?

    • Wuxia Indonesia
      Wuxia Indonesia 20 September 2021 pukul 13.50

      saya cuma pernah menonton sedikit adaptasi legend of the condor heroes, yang tahun 2017 boleh dibilang cukup akurat dengan isi novel, bahkan tapak penakluk naga yang tidak ada efek keluar naga ganas sebenarnya lebih tepat. Saya pernah dengar yang paling akurat adalah LOCH tahun 1994, sedikit lebih akurat dibanding tahun 2017. yang paling melenceng adalah yg tahun 2008 yang ada si Hu Ge.

    • Unknown
      Unknown 20 September 2021 pukul 15.38

      emangnya kalau di novel, jurus telapak naga digambarkan seperti apa? apakah telapak dari jauh terus keluar kaya angin (spt versi 2017) atau telapak yg menghantam tubuh atau gmn? penasaran soale

    • Wuxia Indonesia
      Wuxia Indonesia 20 September 2021 pukul 17.04

      untuk Guo Jing, tapaknya lebih ke sentuhan fisik

    • Unknown
      Unknown 21 September 2021 pukul 09.21

      masih sambung lagi, kalau adegan kwee ceng memanah 2 ekor rajawali, penggambarannya di novel spt apa? apakah kwee ceng berada di atas bukit terus memanah atau naik kuda sambil memanah atau naik kuda sambil terbang sambil memanah spt versi 2017?

    • Wuxia Indonesia
      Wuxia Indonesia 21 September 2021 pukul 11.52

      tidak pake kuda. Busur panah yang digunakannya adalah milik Jebe, yang ukurannya lebih besar dan jauh lebih berat dibandingkan busur normal. Sehingga Guo Jing menekuk satu kaki ke tanah dengan tujuan meminjam tanah agar pegangan busur dan penarikan-pelepasan panah lebih stabil dan tidak goyah

    • Unknown
      Unknown 21 September 2021 pukul 11.59

      top bgt dah... terima kasih bnyk suhu... ntar kalo mau tny2 ke sini lagi. pertahankan blog nya, sangat informatif, infografis nya sangat membantu.

    • Unknown
      Unknown 22 September 2021 pukul 13.11

      mau tanya lagi suhu, masih seputar kwee ceng.
      1. knp dari awal pendeta ciu tdk memberitahu yo kang siapa dia sebenarnya? pdhal dia gurunya yo kang dari awal.
      2. saat awal kwee ceng di mongol, mao cefeng juga berada di mongol. saat kwee ceng di kediaman wanyan honglieh utk cari obat utk pendeta yg terkena racun, mao cefeng tiba2 juga ada di situ, bahkan jadi gurunya yo kang. ini terasa spt ada bagian yg tdk diceritakan di film nya. mohon pencerahannya.
      3. kitab 9 yin punya oey yoksu dicuri ama mao cefeng. terus saat kwee ceng akan melamar oey yong, tiba2 kitab itu sdh ada di rumahnya oey yoksu dan kwee ceng disuruh menghafal (semacam pertandingan melawan ou yangke). ini juga mohon dijelaskan.
      sebelumnya terima kasih bnyk.

    • Wuxia Indonesia
      Wuxia Indonesia 23 September 2021 pukul 11.19

      1. maksudnya Qiu Chuji memberitahu Yang Kang bahwa dia adalah orang Quanzhen? atau siapa ayah kandung Yang Kang yang sebenarnya?
      Yang Kang tahu sejak awal bahwa gurunya adalah orang Quanzhen dan ilmu yg dilatihnya adalah ilmu Quanzhen.
      sedangkan untuk ayah kandung, rasanya Qiu Chuji ga minat untuk mencampuri urusan orang lain, orang ibunya Yang Kang sendiri aja ga mengungkapkan rahasia itu,
      jadi ngapain bikin masalah buka aib orang lain, lagipula qiu chuji melatih Yang Kang hanya untuk janji 18 tahun lalu melawan 7 orang aneh jiangnan, bukan secara hati nurani ingin melatihnya.

      2. setelah mata buta dan terluka, Mei Chaofeng berusaha bersembunyi. Setelah sembunyi cukup lama, suatu waktu kelaparan krn ga ada stock makanan, saat mendengar suara banyak orang berkuda, MCF keluar dari persembunyian meminta makanan krn sudah tdk tahan lapar, ternyata kelompok org berkuda itu adalah Wanyan Honglie yg sedang berkunjung ke mongolia dalam rangka diplomatik, kemudian Wanyan Honglie yg merasa kasihan,…

    • Unknown
      Unknown 14 Februari 2022 pukul 18.33

      Mau bantu jawab no 3. Kitab 9 yin itu setelah dicuri, si sesat timur menyuruh istrinya untuk menuliskan kembali kitabnya, itulah penyeban kematian istrinya (karena kelelahan).

  • Reza Perdana Sianturi
    Reza Perdana Sianturi 2 Oktober 2021 pukul 01.10

    Pendekar awan dan angin jg bagus bos...hahaaa....
    Mau tanya dong bos klo inget aj, seinget saya dulu ada serial wuxia thn 90an di indosiar yg protagonisny cm bisa satu jurus langkah bayangan kira2 ap ya?penasaran banget ga tuntaa nonton gr2 ujian cawu...lolll....trims

    • Wuxia Indonesia
      Wuxia Indonesia 4 Oktober 2021 pukul 11.22

      kayaknya Demi Gods and Semi Devils (pendekar negeri tayli), pengarangnya sama dengan trilogy condor heroes, Jin Yong.
      yang difavoritkan orang indo adalah versi tahun 2003, orang luar negeri sukanya versi tahun 1997. versi terbaru adalah tahun 2021, itu mendapat review mix (fifty fifty)

  • MLK
    MLK 5 November 2021 pukul 15.54

    Nice blog banget, nanya dong, salah satu favorit serial silat waktu kecil yaitu: Pendekar Ulat Sutera, apa hanya ada 1 versi saja sampai sekarang? Terima kasih.

    • Wuxia Indonesia
      Wuxia Indonesia 15 November 2021 pukul 15.30

      Halo, ini sudah saya kompilasi semua seri pendekar ulat sutera ya di : https://www.cerita-silat.net/2019/07/pendekar-ulat-sutera.html

  • Ottoman Empire
    Ottoman Empire 17 Maret 2022 pukul 21.59

    Drunken Fist gan? Wong mogei alias Wang buki alias Huang wuji. Sang... lae tek te...

  • Eky
    Eky 23 Oktober 2022 pukul 16.25

    Sore Kak, Selain judul Heavenly Sword And Dragon Slaying Sabre, "To Liong To".
    Yang kisah Pemeran Utamanya sama seperti Zhang Wuji (hokkien: Tio Buki).

    Apakah ada rekomendasi Kak.

    Terima kasih

    • Wuxia Indonesia
      Wuxia Indonesia 23 Oktober 2022 pukul 20.44

      Mungkin main aman yang dari pengarang cerita yang sama saja. Apakah sudah pernah menonton The Legend of the Condor Heros 2017?

    • Eky
      Eky 24 Oktober 2022 pukul 22.59

      Sudah pernah kak..
      Rekomendasi yang alur cerita dari zero to hero, maksudnya seperti wuji yang dari kecil dan tidak mempunyai beladiri, hingga menjadi pahlawan.

      Apa ya kak, selain The legend of the condor heros, Sekiranya kaka ada rekomendasi, boleh kak.

      Terima kasih

    • Wuxia Indonesia
      Wuxia Indonesia 25 Oktober 2022 pukul 21.24

      drama wuxia sekarang sudah sangat jarang, mayoritas uda ke xianxia, tiap tahun bisa hitungan jari.
      Untuk xianxia ada: Fight Breap Shere, Legend of chusen, EverNight, Douluo Continent, Taoism Grandmaster, Fighter of Destiny.
      Untuk wuxia ada Joy of Life, ini cerita sangat bagus, sampai sekarang saya belum pernah dengar orang bilang biasa2 aja utk judul ini, tapi JoL ini bukan pure murni wuxia, tetapi lebih ke wuxia kerajaan. Tokoh utamanya pun jadi hero atau orang hebat bukan karena ilmu silatnya, tetapi otaknya dan bagaimana dia membaca situasi dan psikologis orang. Ada juga judul Sword Snow Stride, biarpun ada tambah bumbu fantasy sedikit.
      Untuk wuxia murni selain trilogy condor heroes, biasanya yang karangan Jin Yong cukup banyak cerita gitu dibandingkan karangan Gu Long, Liang YuSheng atau lainnya. Mungkin karangan Jin Yong ada Swordsman 2013 , atau Demi Gods and Semi Devils 2003 atau 2021, juga ada a deadly secret 2006.
      Sedangkan Wuxia selain karangan Jin Yong, harus yang agak tahun j…

    • Wuxia Indonesia
      Wuxia Indonesia 25 Oktober 2022 pukul 21.25

      Sedangkan Wuxia selain karangan Jin Yong, harus yang agak tahun jadul, karena seperti yang saya katakan di atas, wuxia uda turun drastis popularitasnya. Yang jadul mungkin bisa the Tearful Sword atau Taiji Prodigy.
      kalo tidak mau jadul, mungkin ada First Sword of Wudang atau the legend of flying dagger 2016, tapi cerita ga sebagus gimana ya.
      Judul lain yang bisa jadi pertimbangan adalah Handsome Siblings, dan The Deer and the Cauldron. Sedangkan yang xianxia/xuanhuan ada Chinese Paladin.

  • siapa aja
    siapa aja 15 Februari 2023 pukul 11.59

    saya penggemar zhang wuji, serial tv mana, yang paling sesuai denan novel nya

    • Wuxia Indonesia
      Wuxia Indonesia 16 Februari 2023 pukul 00.00

      saya tidak menonton semua adaptasi HSDS , tapi rasanya yang versi heavenly sword and dragon slaying sabre tahun 2009 termasuk paling sesuai dengan novel dibandingkan versi 2019 ataupun 2000 an awal

  • Tjerita Silat
    Tjerita Silat 30 Juli 2023 pukul 01.26

    Versi 2009 sesuai dengan revisi novel tahun berapa?

    • Wuxia Indonesia
      Wuxia Indonesia 16 September 2023 pukul 21.11

      to liong to / Heavenly Sword & Dragon Slaying Sabre 2009? seingatku menggunakan novel edisi kedua.

Add Comment
comment url