Dugu Qiubai vs Sweeper Monk, siapa lebih kuat?

Keduanya adalah tokoh dalam novel karangan Jin Yong (chin yung). Mereka terkenal karena kesaktian dan tingginya ilmu silat yang sudah mencapai tahap susah ditandingi.

Sweeper Monk


Siapakah itu Sweeper Monk?

Sweeper Monk alias biksu penyapu adalah tokoh yang muncul dalam cerita Demi Gods and Semi Devils (pendekar negeri tayli), yang bertugas menjaga bagian perpustakaan Shaolin. Sweeper Monk bukan seorang biksu berpangkat tinggi.


Dugu Qiubai
Dugu Qiubai

Siapakah itu Dugu Qiubai?

sedangkan Dugu Qiubai adalah tokoh yang namanya disebut dalam tiga novel, yaitu: ROCH (kembalinya pendekar pemanah rajawali), SPW (pendekar hina kelana), dan DOMD (pangeran menjangan). Dugu Qiubai disebut sebagai seorang pendekar pedang kesepian karena tanpa tanding.


Lalu siapa yang lebih kuat dari keduanya? Banyak orang yang suka membandingkan keduanya, padahal sebenarnya mereka tidak bisa dibandingkan . Yang satu adalah tokoh yang muncul , sedangkan satu lagi tidak muncul sama sekali dalam cerita, cuma disebut doank, jadi bagaimana membandingkannya coba? belum lagi mereka berada pada era waktu dan zaman yang berbeda, kemudian tidak banyak diketahui tentang detail Dugu Qiubai, minimnya informasi tentang dia membuat kita kesulitan memprediksi sejauh mana kemampuannya. Kita hanya mengetahui sedikit informasi mengenai Dugu Qiubai melalui Yang Guo (Yoko) saat berada di  kuburan pedangnya, dan juga dari Feng Qingyang. 

Kebanyakan orang jika ditanya mana lebih kuat, mereka menjawab Sweeper Monk, saya tidak heran  jika banyak yang menjawab gitu, karena Sweeper Monk itu muncul dalam cerita, sudah membuktikan kesaktiannya, orang lebih percaya dengan yang sudah muncul dalam cerita dibandingkan dengan Dugu Qiubai yang tidak pernah ada cerita aksi-nya. Terkadang saya merasa lucu jika ada orang yang membandingkan keduanya. Mungkin saja Sweeper Monk bisa mengalahkan Dugu Qiubai hanya dengan 3 jurus, atau mungkin Dugu Qiubai yang bisa mengalahkan Sweeper Monk dalam 3 jurus, tidak ada yang tahu soal itu. 

Jadi jawaban yang paling cocok adalah "tidak ada jawabannya" , kita hanya bisa menyimpulkan Sweeper Monk adalah tokoh terkuat yang ada kemunculannya dalam cerita Jin Yong (karena Dugu Qiubai tidak muncul, jadi bisa dieliminasi namanya). 

selain Dugu Qiubai,sebenarnya masih ada belasan orang tangguh lain yang mungkin bisa disebut terkuat dalam dunia Jin Yong, cuma sama seperti Dugu Qiubai, karena mereka tidak muncul, hanya sebagai legenda, sehingga kita tidak tahu seberapa hebat mereka.

Sebagai tambahan info, Dalam wawancara (interview) saat Jin Yong masih hidup, Jin Yong pernah ditanya soal siapa yang paling kuat dalam semua ceritanya , Jin Yong menjawab ada tiga orang , tapi jika dipaksa harus menyebut satu nama, maka itu adalah Dugu Qiubai. Dalam pertanyaan lain yang diajukan, tentang siapa tokoh terkuat di cerita Demi Gods and Semi Devils, dia menjawab  Sweeper Monk, yang tentunya itu jawaban umum yang semua orang sudah tahu.

tambahan info lain; Sweeper Monk alias Janitor Monk alias Biksu Penyapu tidak pernah disebut namanya, pada edisi 1 dia menggunakan baju biksu berwarna abu-abu, ntah kenapa di edisi 2 dan 3 diganti menjadi baju biksu berwarna hijau.
Next Post Previous Post
2 Comments
  • Mozu
    Mozu 16 Juni 2021 15.52

    Serial Condor Heroes di buat lebih dulu dari DGSD dari release novelnya, Tokoh Dougu Qiubay dibuat sebagai sosok terkuat dalam jnyong universe, dia ingin membuat tokoh yang tekuat yang bisa jadi panutan tokoh pemeran utama di beberapa series. makanya pemeran utama kadang mau jago harus belajar ilmunya dia dulu walo sedikit.

    • naga.net
      naga.net 19 Juli 2021 01.02

      ada gak nover cerita ttg tokoh dugu ini? apa judulnya apakah pendekar hina kelana?

Add Comment
comment url