HSDS2019

HSDS2019

Minggu, 27 Juni 2021

Berbagai Kemiripan Cerita Renjana Pendekar dan Pendekar Negeri Tayli (DGSD)

adaptasi Renjana Pendekar

Setelah membaca salah satu artikel saya tentang The Sword and Exquisiteness karya Gu Long, Ada yang bertanya kepada saya tentang apakah persamaan antara cerita The Sword and the Exquisiteness (di Indonesia dibagi menjadi dua judul, yaitu renjana pendekar dan imbauan pendekar) dengan Demi Gods and Semi Devils (Pendekar Negeri Tayli) karya Jin Yong.

Oke mari kita bahas soal kemiripan dengan cerita Demi Gods and Semi Devils (pendekar negeri tayli). Ya biarpun tidak sama 100%, tapi ada kemiripan. Saya coba tes kumpulkan ya. Berikut adalah persamaan kedua novel yang berbeda pengarang itu.


Kemiripan Renjana Pendekar dengan Demi Gods and Semi Devils:

  • Obat perangsang aphrodisiac spesial , yang jika tidak "melakukannya" bisa mati.
    mirip dengan cerita Duan Yu dan Mu Wanqing saat mereka ditangkap Duan Yanqing dan dimasukin ke sebuah Gua Batu. Makanan mereka di kasih obat perangsang serupa.
  • ilmu penghisap tenaga dalam , menghisap Tenaga Dalam orang lain untuk digunakan sendiri, dan yang hisap nanti transfer Tenaga Dalam ke tokoh utama. 
    ini mirip dengan ilmu  Bei Ming Shen Gong (northern darkness)-nya Duan Yu 
  • ilmu tembakan Qi energy yang membentuk Qi pedang dan tak kasat mata, yang keluar melalui jari.
    Lagi-lagi mirip ilmu nya Duan Yu yaitu ilmu pedang enam nadi (six meridians divine sword energy atau liu mai shen jian)
  • Tokoh utama di suruh kowtow sampai puluhan kali didepan sebuah figur tetua yang dia ga tau siapa, yang ternyata setelah melakukannya, bisa mendapatkan sebuah kitab idaman orang-orang.
    lagi-lagi mirip cerita Duan Yu saat di Gua bawah kaki gunung Sekte Tanpa Batas dan menemukan patung kakak dewi. Biarpun kitab yang ada di cerita renjana pendekar bukan benar-benar kitab ilmu silat.
  • Heavenly Silkworm Sect (sekte ulat sutera langit) mirip dengan Xingxiu sect nya Ding Chunqiu; pertama, menyebarkan racun lewat darah, Ding Chunqiu lakukan ini ke partai pengemis, satu per satu kena menyebar ke teman sesama pengemis yang saling menyentuh. Kedua, ilmu racun yang disematkan ke mayat terus mayatnya dilempar ke musuh, Ding Chunqiu lakukan ini beberapa kali, salah satu contoh saat lawan Murong Fu di rumah makan, juga ke You Tanzhi di Shaolin. Ketiga, memiliki benda pusaka partai jaring benang silver yang tidak bisa putus , ini dicuri A'Zi utk mempermainkan salah satu pengawal Duan Zhengchun.
  • Nyonya Ji sangat membenci marga Yu dan membunuh semua yang bermarga Yu yang dia temui. Ternyata alasannya karena dia pernah punya kisah asmara dengan seseorang marga Yu , tapi si marga Yu itu meninggalkannya tiba-tiba, terus karena kesedihan itu dia menikahi seseorang pria lain yang rupanya sangat jelek, melahirkan anak perempuan, tapi ternyata belakangan ketahuan anak perempuan itu adalah hasil "hubungan" dengan marga Yu , bukan suaminya. si marga Yu ini biasa melalui terowongan khusus yang terhubung ke kamar nyonya Ji saat mau menemuinya. Itu sebabnya saat mendengar suara pintu terowongan terbuka, nyonya Ji berubah total 180 derajat, dari dendam jadi bahagia total melupakan benci. Mirip cerita Gan Baobao, suaminya Zhong Wanchou, dan Duan Zhengchun.
  • Partai-partai yang muncul di kedua novel; Shaolin, Kunlun, Partai Pengemis, dan Kongtong
  • Jalur cerita yang dimana tokoh-tokoh yang muncul makin kuat dan makin kuat di akhir cerita
  • Sang Tokoh Utama, Yu Peiyu, beristri tiga di akhir cerita, mirip Duan Yu
  • Banyak tokoh kuat disini dibanding cerita Gu Long lainnya, mungkin kira-kira mirip dengan Demi Gods and Semi Devils dibanding cerita Jin Yong lainnya.
Jika ada yang terlupakan oleh saya, dan tiba-tiba teringat dimasa depan, akan saya update lagi halaman ini. Sebenarnya ada kemiripan juga dengan beberapa novel cerita silat lainnya, tapi karena yang ditanya cuma soal persamaan atau kemiripan dengan Demi Gods and Semi Devils, jadi tidak dibahas disini, lagipula cuma sedikit point-pointnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar