HSDS2019

HSDS2019

Rabu, 21 Juli 2021

Xiao Shi Yi Lang

xiao shi yi lang


Xiao Shi Yi Lang adalah nama seorang tokoh, dan juga judul cerita dari karya Gu Long (khu lung). Xiao Shi Yilang dikenal sebagai bandit dan penjahat dunia persilatan. Dia terkenal sebagai pencuri nomor satu , membunuh tanpa berkedip, dan merupakan target nomor satu dari berbagai pihak, Baik bagi para tokoh lurus atau yang dikenal sebagai "gentlemen" semua mengejarnya dan berusaha membunuhnya, serta kalangan hitam pun berusaha menjebaknya.


Karena nama-nya yang sudah tercemar sangat "kotor" dan terkenal, dia juga sering dijadikan sasaran kambing hitam untuk segala hal yang tidak dia dilakukan, mulai dari pembunuhan, pencurian, pembakaran, dan lainnya. Orang-orang sering menggunakan namanya untuk segala tindak kejahatan, dan juga berusaha untuk menjebaknya dengan berbagai cara.

Xiao Shi Yi Lang mempunyai sifat bebas, dan "i dont care" atau tidak mau tahu apa yang dibicarakan atau dibilang orang ke dirinya, dia tidak peduli dengan semua itu apa yang diomongkan orang ke dirinya, sifatnya yang begini disebabkan karena sejak kecil sudah berkebiasaan hidup sendiri, tidak memiliki teman. Sampai dewasa pun satu-satunya teman  Xiao Shi Yi lang adalah Feng Siniang.

Saat di tempat ramai pun, seolah dia sendiri yang menjauh, jauh dari semua orang. Xiao Shi Yi Lang tidak memiliki saudara, karena semua keluarganya sudah meninggal. Sejak kecil dia terbiasa hidup mandiri, belajar untuk bertahan hidup semampu mungkin biarpun sendiri, dia banyak belajar dari para serigala, mulai dari bertahan hidup, menyembuhkan luka, bersembunyi dari mangsa, dll, sehingga tidak heran Xiao shi yi lang sangat mengenal sifat karakteristik serigala, dan saat membicarakan topik serigala, dia sangat semangat dan tahu banyak.

Sesuai namanya Xiao shi yilang yang berarti Putra kesebelas, dia adalah anak kesebelas dan mungkin yang paling bungsu. Semua saudara/i-nya atau abang-kakak dia telah meninggal dunia, sisa dia sendiri. Seperti tokoh Gu Long lainnya, tidak tahu dan tidak jelas bagaimana dan siapa yang mengajarinya ilmu silat, jadi kemunculan pertamanya uda langsung kuat, mungkin yang terkuat dalam cerita selain daripada Mr. Tian (count carefree alias xiao yaohou).

Xiao Shi Yilang bukan orang yang berpakaian rapi bersih, tetapi lusuh dengan sepatu berlubang. Dia bertubuh besar. Biarpun dari luar dia tampak seperti orang yang menyenangkan dan bebas bahagia tanpa rasa kuatir apapun, dengan muka raut wajah yang selalu tersenyum, tetapi didalamnya dia adalah orang yang terlihat kesepian dan kesedihan. Dia hobby bernyanyi saat menyendiri, dengan lagu yang bernuansa melankolis, dengan gaya nyanyi pengembala orang Mongolia. Orang yang mendengar nyanyiannya akan merasa pedih dan kasihan.

Biarpun dia adalah pencuri nomor satu, tetapi dia sangat miskin, hampir selalu tidak punya uang disakunya, karena dia mencuri dari yang kaya dan memberikan semuanya kepada yang miskin memerlukannya. Terkadang untuk biaya perjalanan pun tidak ada dan dia terpaksa menjual buah-buahan yang dipetik ke warga sekitar. Saking miskinnya, dia pun hanya mampu mentraktir teman atau kenalan ke kedai arak murahan dengan kualitas arak rendah, itupun sering kali dia berhutang ke pemilik kedai.

Figur

Raut wajah Xiao Shiyilang sering terlihat tersenyum, beralis tebal, berjanggut pendek tebal, dan bukan seseorang yang ganteng (agak berbeda dengan tokoh utama Gu Long lainnya yang selalu disebut tampan), Gu Long sangat fokus terhadap mata Xiao Shi Yi Lang, sangat sering mengungkapkan mata-nya dalam berbagai bentuk kata dan kalimat, bahkan sampai puluhan kata sifat sepanjang cerita ditujukan kepada mata xiao shiyilang, mulai dari terang, tajam, dalam, gelap, besar, bercahaya, dll.

siau cap it long

Biodata
Nama: Xiao Shi Yi Lang
Nama Hokkien: Siau Cap-it-long
makanan favorit: Tahu (berbagai jenis makanan yang bahan dasar tahu)
minuman favorit: Arak/alkohol

Umur:
27 tahun di novel pertama (ada clue lain yang menunjukkan 28-29)
29 tahun di novel kedua

Ayah: tidak diketahui namanya
Ibu: tidak diketahui namanya
Saudara: 10 abang dan kakak perempuan

Hubungan Asmara:
  • Shen Bijun
  • Feng Siniang (sepihak)
  • Tuan Kecil (sepihak)
  • Su Yan (sepihak)
  • Ge shu bing (bingbing) (sepihak)
Organisasi: tidak ada

Senjata:
  • Pisau Belati yang disimpan disepatu
  • Golok Pendek
  • Golok pusaka Pengukir Rusa
Guru: tidak diketahui

Ilmu Silat: tidak diketahui darimana dia belajar ataupun apa namanya.

Keahlian lain:
  • trik sulap yang menipu
  • toleransi alkohol yang tinggi, biarpun sering juga mabuk
  • kesabaran
  • insting binatang atau indera ke-6 yang sangat inggi
  • menyanyi

Ilmu Silat

xiao-shi-yi-lang

Tidak disebut apa nama ilmu silat dan bagaimana dia mempelajarinya ataupun siapa gurunya. Tetapi saat cerita dimulai, dikatakan dia selama ini tidak pernah kalah dalam bertarung. Dan sepanjang ceritapun dia kelihatan selalu lebih unggul daripada lawan, terkecuali saat berhadapan dengan Count Carefree ataupun saat mabuk dan luka belum sembuh dikeroyok oleh empat pendekar kelas wahid.Jika berdasarkan penuturan tetua baju hijau dan merah dan bagaimana sepak terjangnya dalam cerita, rasanya memang dia yang paling kuat selain Count Carefree didalam cerita ini. Tidak seperti tokoh utama Gu Long lainnya, Xiao Shi Yi Lang tidak segan membunuh ke orang yang membahayakan jiwanya.

Xiao Shi Yi Lang kemampuan utamanya terletak pada kecepatan, seperti ilmu ringan tubuh dan kecepatan serangan, termasuk serangan golok. Sedangkan Ilmu tinju, tenaga dalam, ataupun variasi gerakan atau keanehan/keunikan dalam ilmu boleh dibilang tidak super atau kelas wahid gimana (di karya Gu Long, kecepatan selalu yang paling penting jika tidak menilik faktor eksternal).  Xiao Shi Yi Lang ilmu senjata utamanya adalah Golok.

Yang paling menakutkan darinya adalah survivability atau kemampuan bertahan hidupnya, boleh dibilang dia adalah tokoh Gu Long yang memiliki survivability atau kemampuan bertahan hidup nomor satu dan terbaik dalam cerita Gu Long. Kemudian Disaat genting atau ditepi kematian pun dia dapat berpikir jernih dan tenang, ketahanan tubuhnya terhadap berbagai serangan pun sangat tinggi, bukan karena tubuhnya yang kuat seperti besi, tetapi ketahanan terhadap rasa sakitnya dan dapat terus bangkit.

Tidak heran kenapa TigerWong, seorang fanatik dan expert karya Gu Long, menempatkan XSYL diatas tokoh utama lainnya seperti Li Xunhuan dan Chu Liuxiang. Biarpun secara umum, para tokoh Gu Long susah dibandingkan kehebatan atau kekuatannya dalam bertarung atau ilmu silat, apalagi jika beda novel. 


---

Adaptasi TV the Shaw Eleven Lang

  • 2015 kevin yan
  • 2002 nicky wu
  • 2001 huang rihua / 2005 felix wong
  • 1978 tvb xie xan
  • 1971 movie - wei hong
  • 1978 movie - Dilion


Xiao Shi Yi Lang versi Nicky Wu | sumber: Dramapanda


3 komentar:

  1. eleventh son ceritanya baguskah? mau baca takut ceritanya suran kaya li xunhuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. suram maksudnya "sedih"? jika ya, maka cerita eleventh son lebih melankolis daripada li xunhuan, karena li xunhuan pada akhirnya masih dapat seorang wanita, sedangkan xiao shi yi lang itu ada dua novel, dan dua2nya ending agak gantung soal hubungannya dengan shen bijun, mungkin Gu Long rencana mau buat novel ketiga sehingga gantung gitu, tapi takdir bicara lain , dia tidak berkesempatan utk membuatnya.
      Kemudian wanita nya Li xunhuan percaya dan selalu mendukung nya,sedangkan XSYL biarpun dia telah menyelamatkan shen bijun beberapa kali, tapi Shen pernah tidak mempercayainya dan mengecewakannya berulang-ulang. Hubungan mereka pun agak rumit, karena Shen sudah menikah dan sedang hamil, dan suaminya pun tidak pernah memperlakukannya dengan kasar, selalu sopan dan hormat ke dia.
      Jika di Jin Yong ada Return of the Condor Heroes, rasanya XSYL ini merupakan cerita Gu Long yang paling romantis, cuma bedanya di ROCH itu endingnya bahagia, sedangkan XSYL ini gantung pada kedua novelnya.
      hidup XSYL terasa lebih sentimental daripada Li xunhuan, jika LXH masih punya beberapa teman, dan juga mendapat sahabat seperti Ah Fei, maka XSYL sejak kecil hanyalah seorang diri, satu2nya teman dia cuma Feng Siniang.
      untuk adapatasi seri drama, saya cuma pernah nonton yang tahun 2015, itu dibuat ceritanya endingnya lebih sedih, yaitu Sad Ending.

      Hapus