The Hidden Fox

The Hidden Fox
Poster the hidden fox


 The Hidden Fox (2022) adalah sebuah film wuxia yang dirilis oleh iQiyi pada tanggal 16 Juli 2022, diadaptasi berdasarkan cerita The Flying Fox of the Snowy Mountain dengan judul Indonesia si rase terbang dari pegunungan salju karya Jin Yong.

The Hidden Fox mengisahkan tentang upaya balas dendam oleh seorang pemuda remaja bernama Hu Fei terhadap sekelompok orang jahat yang telah membunuh ayahnya, Hu Yidao, demi mencari lokasi harta karun yang terkubur di pegunungan salju.

Karena ilmu silatnya yang rendah, dia terpaksa membunuh satu per satu komplotan penjahat itu dengan taktik yang disusun sempurna sejak awal.

Sebelum saya menceritakan sinopsis The Hidden Fox, saya ingin menjelaskan bahwa cerita ini benar-benar berbeda dengan isi cerita pada novel, jadi bukan hanya melenceng, tetapi berbeda total seperti sesuatu yang benar-benar baru ceritanya, cuma meminjam nama tokoh dan beberapa elemen.

Jika Anda berharap ceritanya mirip original, maka siap-siap kecewa, karena tidak sesuai harapan Anda. Berikut Sinopsis versi detail dan lengkap saya dari nonton film The Hidden Fox 2022:

sinopsis the hidden fox (2022)


Sinopsis The Hidden Fox

Alkisah, rahasia dari harta karun tersimpan di sebuah peti besi, peti ini dijaga oleh pendekar Hu Yidao yang sangat kuat ilmu silatnya, hanya Miao Renfeng yang dapat menandinginya.

Tian Guinnong, seorang raja sebuah wilayah, mengincar peti besi ini untuk menemukan lokasi harta karun, tetapi dia takut terhadap Hu Yidao yang ilmu silatnya tinggi. Kemudian menyusun strategi mengadu domba Hu Yidao dan Miao Renfeng.

Para bawahan Tian Guinnong membunuh istri Miao Renfeng, melempar kesalahan kepada Hu Yidao, dengan kemudian menulis surat tantangan yang palsu atas nama Hu Yidao, dan mengirimkan surat itu beserta kepala sang istri kepada Miao Renfeng.

Miao Renfeng pun mencari Hu Yidao untuk membalas dendam, terjadi pertarungan sengit, keduanya seimbang dan sama-sama terluka oleh senjata masing-masing, ternyata senjata mereka (pedang dan golok) telah dibubuhi racun. Keduanya baru sadar mereka telah tertipu, sayang telat racun telah bereaksi dan kemudian muncul lima orang menghabisi mereka. Keduanya tewas.

(disini Golok pusaka Hu Yidao terkesan mirip Golok pembunuh naga pada Heavenly sword and dragon sabre 2019)

Mereka juga menghabisi semua orang yang berada di kampung Hujia tanpa sisa dan mencari peti besi itu tapi tidak menemukannya. Ternyata telah dibawa kabur oleh seorang anak kecil. Usaha mereka pun sia-sia.

Sepuluh tahun lebih berlalu, tiba-tiba rumor keberadaan peti besi ini kembali muncul. Kali ini jatuh ketangan sebuah biro ekspedisi. Alhasil, biro ekspedisi ini diserang oleh anak buah kelompok Tian Guinnong.

Dari pihak Tian Guinnong sendiri terdapat 2 kubu yang saling bersaing untuk mendapatkan peti besi itu. Kubu pertama adalah Tao Baisui (lao tao), dan satu lagi adalah Baoshu. Tao baisui mengirim dua orang, Yinji dan Guiyu. Sedangkan dari pihak Baoshu mengirim pendekar wanita Qingwen.

Guiyu adalah tokoh utama dari cerita The Hidden Fox ini, dia adalah bawahan Tao Baisui, sekaligus muridnya. Yinji adalah kakak seperguruannya. Senjata Guiyu berupa golok pendek kembar.

Qingwen adalah anak angkat dari Baoshu, dia telah bekerja dengan Baoshu selama beberapa tahun dan menjadi kepercayaannya, tidak heran dijadikan anak angkat. Qingwen adalah pendekar wanita yang cantik.

Kedua kubu yang saling berebut peti besi, nantinya dimenangkan oleh kubu Tao Baisui karena Gui Yu yang berhasil mendapatkannya. Di dalam peti besi terdapat sebuah gulungan peta.

Kembali ke markas, Tian Guinnong merasa senang karena telah berhasil mendapatkan peta harta karun. Tiang Guinnong pun kembali mengirim dua kubu bawahannya untuk mengambil harta karun yang ada pada peta itu. Dan mengatakan barang siapa yang berhasil mendapatkan harta karun itu duluan dan membawakannya ke dia, maka akan mendapat promosi jabatan marquis.

Kedua kubu pun berangkat, jumlah totalnya 8 orang, mereka di dunia persilatan dikenal sebagai 8 Penjahat.


8 Penjahat

 
Kubu Tao Baisui ada lima orang; 
  1. Yinji
  2. Guiyu  
  3. Zheng Sanniang 
  4. Zhou Yunyang 
  5. Tao Baisui

Kemudian kubu Baoshu ada tiga orang:
  1. Baoshu
  2. Qingwen
  3. kepala pelayan si tua Sai (lao sai)
Mereka berangkat ke lokasi yang dituju yaitu pegunungan salju si rase terbang. Mereka tiba ke sebuah penginapan dan makan malam di sana.

Pemilik dan pelayan penginapan menjamu makan malam mereka dan keceplosan menceritakan bahwa untuk mencari harta karun, peta saja tidak cukup tapi perlu kunci. Dan juga mengatakan bahwa di pegunungan salju si rase terbang, ada si rase terbang dari pegunungan salju, tidak ada orang jahat yang akan bisa keluar hidup-hidup dari sana.

Mereka memaksa si pemilik penginapan untuk memberikan kunci rahasia yang diperlukan untuk harta karun. Si pemilik menolak memberitahu dan kemudian dibunuh. Mereka mengeledah seluruh penginapan, saling berlomba menemukannya dulu. Yinji berhasil menemukannya terlebih dahulu.

Tapi siapa sangka Gui Yu membunuhnya secara mendadak. Yinji mati tanpa perlawanan karena serangan mendadak itu.

Di sini kembali flashback cerita tentang kejadian beberapa tahun yang lalu, saat itu Gui Yu hanyalah seorang penambang emas yang tidak bisa ilmu silat dan orang rendahan. Karena kelaparan dan merasa cepat lambat akan mati kelaparan, dia pun mencuri emas yang berhasil dia temukan. Usaha dia ketahuan oleh sang bos, dia dihukum dan disiksa, tapi akhirnya berhasil melarikan diri.

Selama proses pelarian diri, dia diselamatkan oleh seorang pendekar wanita, Qingwen. Wanita cantik ini ternyata telah lama memantau Gui Yu, dan mengajaknya bergabung dengan ayah angkatnya Baoshu.

Gui Yu yang bergabung dengan Baoshu, dijadikan anak angkat juga oleh Baoshu, dan berlatih ilmu silat selama beberapa tahun. Perkembangannya sangat cepat melebihi ekspetasi. Kemudian Baoshu mengirim dia ke saingannya, Tao Baisui, menjadi mata-mata.


Gui Yu, tokoh utama
Gui Yu, tokoh utama


Ceritapun kembali ke masa kini. Tidak ketahuan siapa yang membunuh Yinji, Gui Yu mengatakan bahwa saat dia menemukannya, sang kakak seperguruan telah mati dibunuh. 

Baoshu mengatakan bahwa dia telah menemukan kunci rahasia (yang diberikan oleh Gui Yu setelah membunuh Yinji, dan melalui Qingwen kepada Baoshu).

Berkurangnya satu anggota, dan kunci berada di tangan Baoshu, membuat kedudukan kedua kubu menjadi seimbang. Mereka pun berlanjut ke pegunungan salju. Saat di sana, mereka terjebak kabut salju yang sangat tebal dan semuanya jadi terpisah.

Atas suruhan Tao Baisui, Gui Yu pun hunting salah satu lainnya, yaitu Zhou Yunyang. Terjadi pertarungan satu lawan satu, ternyata ilmu silat Zhou Yunyang lebih tinggi daripada Gui Yu, dan memiliki senjata rahasia dapat mengubah air arak menjadi es untuk menyerang lawan. Terkesan mirip jurus pada cerita Demi Gods dan Semi Devils bukan?

Pada cerita The Hidden Fox ini, setiap orang dari 8 penjahat itu memiliki 'ilmu rahasia' (atau jurus rahasia / keahlian rahasia / kemampuan rahasia), ibarat kartu As atau triumph card yang masing-masing tidak tahu satu sama lain. Kecuali Gui Yu dikatakan tidak memilikinya menurut penuturan Tao Baisui. Agak-agak mirip gaya cerita donghua xianxia yang kultivasi soal ini.

Bukan hanya Gui Yu kalah ilmu silatnya dibanding Zhou Yunyang, tetapi gurunya yaitu Tao Baisui dan Sanniang pun berhasil datang dan mengetahui rencana Gui Yu. Usaha Gui Yu pun gagal total, saat hampir dibunuh oleh Sanniang, sang guru kemudian menyetopnya, dan membuat suatu rencana licik, memberikan racun agar Gui Yu menurut, menyuruhnya untuk memberi peta palsu kepada Baoshu untuk menjebaknya.

Gui Yu balik ke Baoshu, karena Baoshu tidak pernah melihat isi peta itu, sehingga percaya dan menuju ke lokasi yang ada pada peta itu, siapa sangka mereka sampai ke sebuah gua yang ternyata merupakan markas sarang hyena yang jumlahnya sangat banyak. Baoshu mati digigit hyena. Yang lain berhasil kabur.

Nantinya masing terjadi saling berebut dan saling membunuh satu sama lain antara kedua kubu, masing-masing mengeluarkan 'jurus rahasia' atau kemampuan rahasia seperti yang disebut di atas. Tao Baisui membunuh Lao Sai, Qingwen membunuh Zhou Yunyang dengan keahlian rahasianya berupa kunang-kunang beracun. 

Kemudian nantinya Qingwen bertarung Sanniang, Sanniang lebih kuat dari Qingwen dan memiliki jurus rahasia jaring benang tak kasat mata. Saat itu Gui Yu datang menolong Qingwen, awalnya Gui Yu kalah bertarung, tetapi kemudian mengeluarkan jurus rahasia yaitu dapat menggerakkan golok pendek gandanya secara telekinesis. Sanniang pun tewas.

Saat dipikir semua telah meninggal, muncul sosok yang tidak asing lagi, yaitu Baoshu yang awalnya diperkirakan sudah tewas digigit oleh sekelompok Hyena. Ternyata keahlian rahasia Baoshu adalah saat dia mati, ada lipan beracun yang selalu dibawanya di dalam kantong, dan jika lipan itu mengigitnya, maka dia akan bangkit lagi tidak jadi mati.

Pertarungan Gui Yu vs Baoshu pun terjadi, yang tentu saja Gui Yu bukan tandingannya. Akhirnya identitas asli Gui Yu pun ketahuan, Gui Yu adalah anak dari Hu Yidao, nama aslinya adalah Hu Fei, dia selama ini berupaya untuk membalas dendam kematian orang tuanya.  Gui Yu adalah si rase terbang dari pegunungan salju.

Qingwen merasa dia telah dibohongi selama ini, kemudian menusuk Gui Yu / Hu Fei dan Gui Yu terjatuh kedalam jurang. Baoshu dan putri angkatnya Qingwen pun menuju ke lokasi final harta karun.

Ternyata tidak benar-benar ada harta karun, karena semua harta karun itu berada di bawah es yang tebal dan dalam, dan jika ingin mengambilnya sama saja dengan bunuh diri. Saat Baoshu panik menerima kenyataan ini, Qingwen tiba-tiba menyerangnya. Baoshu kebingungan akan tindakan putri angkatnya, tetapi berhasil menangkis serangan itu dan menjatuhkan Qingwen. Pertarungan berlanjut, tentu saja Qingwen tidak berkutik menghadapinya, tetapi berhasil membuat goresan luka kecil dengan belatinya, dan belati itu ternyata sudah disisipin racun, racun yang sama yang membunuh Hu Yidao dan Miao Renfeng.

Baoshu yang kecewa terhadap putri angkatnya, kemudian bersiap untuk melancarkan serangan terakhir untuk membunuh Qingwen. Tiba-tiba muncul Hu Fei yang ternyata tidak mati, rupanya mereka berdua cuma bersandiwara tadinya. Hu Fei mengeluarkan jurus pamungkas ilmu golok keluarga Hu seperti yang pernah digunakan ayahnya, Hu Yidao. Baoshu pun KO terkena satu serangan dadakan maha dahsyat itu.

Ternyata baru diketahui bahwa Qingwen adalah anak dari Miao Renfeng, nama aslinya adalah Miao Ruolan, dia sejak awal bergabung dengan Baoshu adalah untuk rencana balas dendam, dengan membuat sebuah rencana megah. Setelah menemukan Hu Fei, kemudian mengajaknya untuk bekerjasama demi membalas dendam orang tua mereka. Semua cerita kemunculan peta harta karun dan kunci merupakan rencaha megah mereka sedari awal.

Gui Yu balik ke kediaman Tian Guinnong, mengatakan bahwa dia berhasil menemukan harta karun, membawa sebuah kotak harta karun. Sebagai orang yang berhasil kembali dengan membawa harta karun, maka dia diperbolehkan membawa pedang ke dalam ruangan Tian Guinnong, ini sekilas mirip cerita Heroes nya Jet Li, boleh bawa senjata dekat ke target setelah berjasa. Kotak dibuka Tian Guinnong, isinya ternyata adalah kunang-kunang beracun yang merupakan senjata rahasia Qingwen. Cerita pun berakhir, karena kamu sudah bisa menebak apa yang terjadi. Tamat.


Kesimpulan

The Hidden Fox benar-benar seperti sebuah film tersendiri yang tidak ada sangkut pautnya dengan cerita The Flying Fox of the snowy mountain, ibarat hanya meminjam nama tokoh. Saya tidak mempermasalahkan perubahan ceritanya, tetapi secara keseluruhan kurang mengigit ceritanya.

Untuk efek grafik, saya kurang suka saljunya yang terkesan palsu banget, harusnya mereka buat yang lebih nyata dan kurangi close-up. Koreografi bertarung pun dibawah standar. 

Awal cerita saat Hu Yidao dan Miao Renfeng, terkesan terlalu cepat dan banyak potongan, sehingga mungkin membingungkan beberapa penonton, harusnya dibuat lebih detail dan panjang. Kemudian pengenalan tokoh pun agak kurang, jadi kita hanya tahu nama tokoh pas agak belakangan.

Tetapi saya mau kasih jempol untuk perusahaan iQiyi yang menayangkannya, karena selama ini iQiyi hanya mengandalkan cerita romance atau percintaan, biasanya dalam 10 serial drama iQiyi, kesepuluhnya semua tentang genre romance. Jadi good job untuk pihak iQiyi untuk berani di luar jalur.

Biarpun saya rasa tidak perlu dibahas, tetapi beberapa perubahan dibanding cerita asli novel yang menarik adalah seperti; Miao Renfeng tertipu kematian istrinya nyonya Miao dibunuh Hu Yidao, padahal di novel istrinya baik-baik saja dan berselingkuh dengan Tian Guinnong. Miao Renfeng dan Hu Yidao keduanya meninggal dunia. Miao Ruolan bisa ilmu silat disini padahal aslinya tidak bisa. Baoshu merupakan tokoh yang benar ada di novel tetapi aslinya seorang biksu pada di cerita the fox. Hu Fei di sini sangat lemah banget berbeda dengan novel yang mengerikan ilmu silatnya, saking lemahnya sehingga merencanakan balas dendam dengan taktik jangka panjang. Tian Guinnong cuma muncul sebentar dan seorang pria yang uda agak tua. Hu Yidao tinggal di desa Hujia dan kampung itu dihabisi, di novel tidak ada. Hu Fei menjadi murid Tao Baisui dan anak angkat Baoshu, mempelajari ilmu silat dari tiga sumber yaitu Tao Baisui, Baoshu, dan ilmu golok keluarga Hu, tetapi paling lihai di ilmu yang dipelajari dari Baoshu.

Terakhir, semoga teman-teman dapat menikmati film the hidden fox ini apa adanya tanpa menaruh ekspetasi yang besar. Terimakasih telah membaca ulasan The Hidden Fox. Salam dunia persilatan.


Informasi Drama:

Jaringan: iQiyi
Tanggal Rilis: 15 Juli 2022
Judul asli: 雪山飛狐之塞北寶藏 / 雪山飞狐之塞北宝藏

Pemeran Tokoh (casting)

  • Zhao Hua Wei sebagai Gui Yu
  • Chen Yu Si sebagai Qing Wen
  • Ray Lui sebagai Tao Baisui
  • Chunyu Shan Shan sebagai Bao Shu
  • Chen Zi Han sebagai Zheng San Niang

Trailer




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url