Painting Jianghu Bu Liang Ren, Drama Wuxia Aneh

poster Drawing Jianghu


Awalnya saya menunggu serial drama china Painting Jianghu yang tidak kunjung rilis. Kemudian mencari informasi lebih lanjut, dan mendapat sebuah serial drama yang sama di adaptasi dari donghua Bu Liang Ren berjudul Drawing Jianghu.

Ternyata Drawing Jianghu ini baru rilis juga sekitaran bulan desember 2022 untuk musim pertamanya, dan musim keduanya dirilis bulan januari 2023.  Drawing Jianghu ditayangkan oleh jaringan Mango TV.

Drawing Jianghu adalah sebuah drama China wuxia berjenis drama pendek (online short dramas alias short plays / 短剧), bagi yang belum tahu, drama pendek adalah sebuah jenis adaptasi yang lagi booming akhir-akhir ini di China, dimana memiliki ciri khas; satu episode hanya sekitar 10 menit, anggaran (budget) rendah sehingga aktor aktrisnya biasa tidak terkenal, dan cerita banyak unsur humor di dalamnya.

Berikut Sedikit sinopsis dan review alur cerita Drawing Jianghu versi cerita-silat.net:

Sinopsis 

Pada akhir masa Dinasti Tang, dunia berada dalam kekacauan dan pergolakan, pemberontak Huangchao berhasil merebut ibukota Chang'an dan mengganti dinasti, organisasi misterius pemerintah yang setia bernama Bu Liang Ren juga ikut menghilang. 

Hampir bersamaan dengan hilangnya organisasi itu, sebuah harta karun yang disebut Longquan yang diinginkan oleh para pemberontak, telah dicari di seluruh Chang'an tetapi tidak dapat ditemukan. Sejak itu, rumor menyebar di dunia bahwa ada rahasia besar yang tersembunyi di Longquan. 

Tapi tidak ada orang yang tahu apa itu Longquan dan bagaimana bentuknya, orang cuma tahu rumor yang beredar adalah siapa yang memiliki Longquan dan mengetahui rahasianya maka akan menguasai dunia.

Sampai suatu hari, seorang anak yatim piatu bernama Li Xingyun yang sedang diburu, diselamatkan oleh pertapa Paman Yang secara kebetulan, dan sejak saat itu berada di bawah asuhannya selama delapan tahun. 

Setelah 8 tahun kemudian, Li Xingyun dan saudari seperguruannya Lu Linxuan turun gunung untuk pertama kalinya menjelajahi dunia persilatan. 

Dalam perjalanan mereka di dunia persilatan, mereka bertemu dengan dua orang teman baru, Ji Ruxue dan Zhang Zifan. Hubungan asmara, percintaan, teman, dan lika-liku masalah dunia persilatan pun harus mereka lalui dan hadapi bersama.


Review Ulasan Alur Cerita

Cerita dimulai dari prologue seorang pelayan membawa lari anak kecil dari kejaran sepasang penjahat yang berpakaian mirip hantu hitam putih, yaitu kakak-adik marga Chang. Pasangan penjahat itu berasal dari sekte Xuan Ming, mereka menginginkan sebuah kotak yang di dalamnya disinyalir terdapat Longquan (terjemahan: naga musim semi), sebuah barang yang diperebutkan dunia persilatan.

Si pelayan berlari sampai bertemu dengan seorang pendekar marga Lu dan anak perempuannya, dan kemudian meminta bantuan. Pasangan hitam putih berhasil mengejar mereka, terjadi pertempuran antara pendekar Lu dan pasangan hitam putih.

Dalam pertempuran itu, si pelayan mati terkena lemparan senjata tajam, dan pendekar Lu terkena racun ganas sampai meninggal dunia. Kedua anak itu berhasil diselamatkan oleh seorang pertapa tua bermarga Yang, dan sejak saat itu kedua anak diasuh oleh pak tua Yang.

Delapan tahun kemudian, kedua anak itu pun beranjak remaja. Pak tua Yang Shuzhi mengajarkan ilmu silat kepada Lu Linxuan, sedangkan Li Xingyun hanya diajarkan ilmu pengobatan. Tidak tahu kenapa pak tua Yang tidak mengajarkannya ilmu silat.

Ketahuan bahwa Li Xingyun diam-diam melatih ilmu silat selama ini, diajarin oleh seorang misterius yang bertopeng tapi tidak tahu siapa. Ilmu silat Li Xingyun tidak disangka lebih tinggi dari adik seperguruannya. Pak tua Yang tidak marah, dan malah mengatakan bahwa sudah saatnya mereka terjun ke dunia persilatan, dan mencari keberadaan Longquan.

Saat berada di kota Yuzhou, lokasi Li Xingyun dan Lu Linxuan diketahui oleh sekte Xuan Ming. Bukan hanya sekte Xuan Ming, tetapi juga ada organisasi Perpustakaan Tongwen,  bengkel Suara Ajaib, dan Lembah Prajurit Tibet. 

Sekilas tentang empat organisasi yang terlibat dalam inti cerita;
  1. Sekte Xuan Ming, adalah sekte agama yang dikepalai oleh "kaisar hantu", di bawah kaisar hantu ada nenek Meng, duo Yang, lima Jiang , dan yang paling rendah jabatannya kakak-adik Chang yang muncul di awal cerita. Mereka memiliki kaitan dengan pemerintahan dinasti yang sekarang (yang dulu memberontak dan berhasil)
  2. Perpustakaan Tongwen atau Tong Wen Guan, berisi anggota yang memiliki wajah aneh-aneh. Zhang Zifan berasal dari organisasi ini. Zhang Zifan adalah anak angkat dari ketua, dan memiliki sepuluh paman.
  3. Bengkel Suara Ajaib atau magic voice square, yang markasnya terletak di sekitar gunung Huashan, adalah sebuah organiasi yang anggotanya semua wanita. Organisasi khusus wanita ini dikepalai oleh sepasang wanita cantik, yang mereka panggil kaisar wanita. Ji Ruxue berasal dari organisasi ini dan dia hanya seseorang berpangkat rendah.
  4. Lembah Prajurit Tibet, adalah nama pengalihan dari organisasi rahasia dan misterius dari pemerintahan dinasti sebelumnya bernama Bu Liang Ren. Organiasi Bu Liang Ren ini dikepalai oleh seseorang dengan sebutan "si Buruk Rupa". 
catatan: Subtitle yang menggunakan google translate menyebut Bu Liang Ren diterjemahkan menjadi orang jahat, tapi dari hasil penelusuran saya, Bu Liang Ren pada dinasti Tang adalah sebutan untuk "petugas yang mengejar dan menangkap pelanggar hukum"

Keempat organisasi ini berusaha melacak dan mencari Li Xingyuan karena dianggap berkaitan dengan pak tua Yang dan barang bernama Longquan, padahal Li Xingyuan sendiri sedang mencari Longquan dan berusaha mengungkap apa rahasia dibalik Longquan yang begitu dicari semua orang. Bukan hanya 4 organisasi itu, pemerintah (kaisar) juga berusaha untuk membunuh Li Xingyuan karena dianggap ancaman.

Apakah rahasia dari sebuah barang yang disebut Longquan? Kenapa pak tua Yang tidak pernah mengajarkan ilmu silat kepada Li Xingyuan selama delapan tahun tinggal bersamanya? Apa rahasia dibalik jati diri Li Xingyuan? hal-hal tersebut menjadi inti cerita dari Bu Liang Ren atau Drawing Jianghu.


Akhir kata

Pertama, saya merasa agak aneh pada pakaian kostum mereka, terkesan agak nyentrik. Mungkin lebih ke gaya kostum tokoh-tokoh game cerita silat gitu, tidak seperti kostum wuxia yang kita lihat selama ini.

Ceritanya agak sederhana, tidak bertele-tele, mudah diserap, dengan tambahan humor atau candaan, membuat cerita ini cocok untuk yang tidak terlalu mau pusing alias fun-fun saja.

Agak masalah di terjemahan, saya belum menemukan yang terjemahan subtitle bagus, baik bahasa Indonesia ataupun inggris, semua terkesan menggunakan bahasa mesin atau google translate. Jadi mayoritas saya mengira-gira sendiri kalimatnya.

Mungkin jika ada yang menonton versi Donghua (animasi china / kartun), akan lebih mengerti jalan alur ceritanya dengan lebih detail. 


Informasi data

  • Judul resmi: Drawing Jianghu: The Degenerate
  • Judul mandarin: 画江湖之不良人 第一季
  • Genre: Wuxia
  • Total episodes: 18 (musim 1), 18 (musim 2)
  • Jaringan: Mango TV
  • Tanggal rilis: Desember 2022
  • Direktur: Wang Feng
  • Diadaptasi dari donghua berjudul The Degenerate-Drawing Jianghu

Aktor Pemeran Tokoh

  • Li Yan sebagai Li Xingyun, 
  • Cao Saiya sebagai Ji Ruxue, 
  • He yiman sebagai Lu Linxuan, 
  • Yu Lei sebagai Hei Wuchang

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url