Cetakan Baru Novel Jin Yong akan Dirilis


 Dalam rangka peringatan 100 tahun dari kelahiran Jin Yong (lahir tahun 1924), perusahaan percetakan Yuanliu asal taiwan yang memegang lisensi hak cetak resmi novel Jin Yong sejak tahun 1986, akan melakukan cetakan ulang semua 15 novel karya Jin Yong.

Menurut direktur Yuanliu untuk proyek ini, Liao Honglin, rencananya akan mencetak kelima belas judul itu menjadi total 36 jilid buku dalam jangka waktu tiga tahun. Tetapi uniknya Yuanliu kali ini tidak menggunakan edisi revisi terakhir (edisi 3) dari Jin Yong yang selesai tahun 2005, melainkan menggunakan edisi 2 (revisi pertama) yang siap tahun 1986. Menurut Yuanliu alasannya karena edisi dua lebih difavoritkan oleh orang Taiwan.

Jin Yong alias Chin Yung memiliki nama asli Louis Cha, seorang pengarang wuxia atau cerita silat yang merupakan legenda dunia persilatan.

Novel Jin Yong pertama kali diperkenalkan ke Taiwan pada tahun 1980 setelah mengalami berbagai penolakan dan larangan dari pemerintahan Taiwan. Tidak heran orang Taiwan tidak sempat mencicipi versi original paling awal, tetapi langsung ke edisi revisi. Percetakan buku Jin Yong pertama kali di Taiwan dilakukan oleh Vision Publishing House pada tahun 1981, lima tahun kemudian lisensi diambil alih oleh Yuanliu.

Saat ini kamu sudah bisa memesan trilogy condor heroes (trilogi pemanah rajawali) karena sudah dicetak, sedangkan yang judul lain akan menyusul dalam tiga tahun. Untuk membacanya tentu harus mengerti mandarin, dan karena ini dicetak oleh perusahaan Taiwan, sehingga menggunakan mandarin tradisional, bukan simplified.

cover trilogy condor heroes

Bagi yang belum tahu, versi Taiwan terkadang memiliki perbedaan isi dengan versi China dan Hong Kong. Jadi ceritanya, Yuanliu mendapat lisensi cetak buku langsung dari Jin Yong, tetapi Jin Yong saat melakukan cetak di versi China, melakukan sedikit perubahan dan tidak memberitahu ke Yuanliu, sehingga isinya ada yang sedikit berbeda biarpun sama-sama bahasa mandarin.

Yuanliu menganggap bahwa versi cetakan mereka yang lebih original dan lebih unik, sehingga tetap mempertahankannya sampai sekarang.

Jadi bukan hanya soal tiga edisi revisi novel, tetapi juga ada versi negara China, Taiwan, Hong Kong (dan mungkin versi Asia Tenggara dan bahasa Inggris baik yang resmi ataupun tidak resmi), kemudian juga berbagai edisi cetakan, penggunaan bahasa mandarin tradisional atau simplified, dan juga berbagai terjemahan yang patut diperhatikan yang bisa menyebabkan perbedaan isi.

Awalnya Yuanliu mengadakan sistem penggalangan dana karena ragu, tetapi ternyata langsung terkumpul dana 5 juta dollar hanya dalam tiga hari, mencapai perolehan 1212% dari target pada hari ke-13, ternyata kekuatan Jin Yong belum memudar, benar-benar lejen wuxia.

Tentu saja cetakan edisi baru ini memiliki beberapa perbedaan. Sampul (cover) depan dari buku akan menggunakan desain yang baru, lebih keren, refresh dan bergaya 3 dimensi. Seperti contoh pada Legend of the Condor Heroes menggunakan gaya bunga persik cinta, pada Return of the condor heroes menggunakan bulu kakak rajawali, dan pada Heavenly Sword and Dragon slaying sabre alias to liong to menggunakan gada api suci. Total ada 12 desain sampul (ada beberapa judul yang digabung menjadi satu buku).


Cover the heaven sword and dragon saber


Halaman indeks juga menampilkan judul gaya kaligrafi Jin Yong dengan gaya kuno. Layout halaman ilustrasi sekarang menggunakan dua halaman, karena digabung dengan judul bab.

Terdapat banyak hadiah jika memesan paket 36 novel edisi 100 tahun Jin Yong, seperti booklet rol film printing original Liancheng Jue (a deadly secret / medali wasiat), bronze bookmark ukuran 76x30mm dengan desain Lingkaran Vajra Penakluk Iblis (yang fans jin yong garis keras pasti tahu apa itu), kantong kanvas ukuran 34cmx33cmx0.8cm dengan gambar White Horse Neighs in the Western Wind, kotak hitam silver ukuran 6x7.5cm yang isinya terdapat pernak-pernik, dan yang terakhir kalender Jin Yong yang setiap harinya berisi informasi seputar cerita novel Jin Yong.

Yang paling keren tentunya rol film printing Liancheng Jue, karena pada zaman dahulu itu percetakan membutuhkan itu untuk mencetak, dan jumlahnya ada 400 halaman, sehingga setiap orang (400 orang yang melakukan pre-order paling pertama) akan menjadi penjaga VIP warisan Jin Yong, mendapat barang original yang memiliki nilai sejarah tinggi. Bayangkan berpuluh-puluh tahun kemudian, apakah semua empat ratus biji-nya masih utuh dan lengkap?

Selain versi buku cetak fisik, Yuanliu juga membuat dalam bentuk e-book versi app. Harganya lebih murah tentunya dan hanya bisa dibaca lewat aplikasi Yuanliu.

Proyek cetakan baru ini pertama kali diusulkan oleh Zheng Xianglin tidak lama setelah meninggalnya Jin Yong. Wang Rongwen, pemilik Yuanliu, diwarisin beberapa barang Jin Yong seperti kuas dan perabotan, yang rencananya dia akan membangun museum Jin Yong di Taiwan.

Terakhir soal harga, karena melalui sistem penggalangan dana (crowdfunding), terdapat 4 paket harga yang bisa dipilih; dengan harga termurah 3280 dollar taiwan, dan yang termahal NT$ 9490.


Bonus Hadiah Set Jin Yong

Roll film liancheng jue
Roll Film asli Percetakan novel A Deadly Secret (medali wasiat)

Kotak hitam silver dengan isi pernak-pernik

calendar jin yong
Kalender Jin Yong

Kalender Jin Yong

Canvas Bag (tas canvas) dengan gambar pendekar wanita Li Wenxiu





Cover Selain Trilogy Condor Heroes





Update 2:

Set gelombang kedua setelah trilogy condor heroes akan dirilis pada tanggal 27 Oktober 2023, judul-judulnya adalah Demi Gods and Semi Devils, Young Flying Fox,Fox Volant of the Snowy Mountain dan Smiling Proud Wanderer.




 

Detail Buku

Ini contoh spesifikasi buku dari salah satu judul yang telah dirilis:

  • ISBN: 9789573297956
  • Seri Buku: Jin Yong's Works Collection (Paperback New Edition)
  • Spesifikasi: paperback / 1736 halaman / normal grade / full color printing / 5 editions
  • Ukuran:  14.8 x 21 x 8.45 cm 
  • Tempat publikasi: Taiwan
  • Publisher: Yuanliu
  • Pengarang: Jin Yong


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url