Cinema Kungfu Klasik Wuxia di New York Film Festival


 Festival Film Kung Fu Klasik yang ke-10 kembali hadir di New York pada bulan april 2023 ini. Acara festival ini merupakan acara tahunan yang selalu diadakan di kota New York, Amerika Serikat.

Acara ini berlangsung dari tanggal 23 April sampai dengan 30 April 2023. Penjualan tiket sudah dimulai sejak awal bulan Maret. Bagi yang ingin turut hadir, bisa membeli tiketnya melalui situs metrograph.

Komunitas penggemar film wuxia klasik di kota itu sangat banyak, sehingga acara ini tetap bergulir setiap tahunnya dan kini memasuki tahun kesepuluh.

Kali ini mengambil tema film wuxia buatan negeri Taiwan. Salah satunya yang paling terkenal adalah Dragon Inn yang dibuat oleh King Hu pada tahun 1967.

Selain Dragon Inn, terdapat 12 film wuxia  klasik yang akan diputar ke layar lebar dan tiga lainnya secara online, mereka menayangkannya di Teater Metrograph di Pusat Kota New York City.


A City Called Dragon

The Swordsman of All Swordsmen

Pembukaan pemutaran pertama dari festival nonton bersama ini adalah film dokumenter berjudul King of Wuxia, sebuah dokumenter tahun 2022 tentang penulis King Hu, mulai dari menceritakan awal karir, pembuatan film-film wuxia, serta kisah tentang tiga karya terbaiknya,A Touch of Zen, The Valiant Ones, dan the Fate of Lee Khan.

Kemudian juga ada trilogi film yang tergabung dalam Trilogi Tsai Ying-jie, mereka adalah The Swordsman of All Swordsman, The Bravest Revenge (online), dan the wild and wooly Ghost Hill.

Beberapa aktris yang tampil dalam film-film klasik wuxia contohnya adalah Hsu Feng, Polly Shang-kuan, Josephine Siao Fong-Fong, Yang Li-hua, Liu Ching, Chin Mei, Brigitte Lin.

Juga ada film The Assassin, yang mana film ini diremake pada tahun 2015 oleh sutradara dan direktur Hou Hsiao-hsien dengan menggunakan artis Shu Qi.

Jika Anda adalah penggemar film klasik wuxia dan sedang berada di New York, tentunya tidak boleh melewatkan kesempatan emas ini. Beberapa judul film terkenal akan diputar dua kali pada hari berbeda.

Chu Liuxiang dalam The Night Orchid


Jadwal Penayangan


Next Post Previous Post
2 Comments
  • Maz ANTO
    Maz ANTO 13 Juni 2023 pukul 12.59

    Admin, mau tanya: saya ada satu jilid cerita cerita silat peninggalan orang tua. Judulnya: sebuah cap kerajaan. Pertanyaan nya: siapa pengarangnya dan di mana bisa download cerita lengkapnya. Tokoh utamanya: Liok Soe Gay.

    Saya penasaran karena hanya ada satu jilid.

    Kalo tidak salah, ada buku cerita silat versi Indonesia, yang ceritanya persis dengan buku sebuah cap kerajaan. Tapi judulnya lupa. Terimakasih.

    • Wuxia Indonesia
      Wuxia Indonesia 13 Juni 2023 pukul 13.54

      Pengarangnya: Wu Lin Ciao Zi
      Judul Indonesia pake bahasa Indonesia ejaan lama: Sebuah Tjap Keradjaan
      Judul hokkien: Giok Sie Toan Kie
      Penyadur: OKT
      ada beberapa edisi cetakan ulang (edisi cetakan Anjaya books = 2 jilid, yg cetakan TMP = 3 jilid. yang cetakan mekar jaya = 11 jilid, yg cetakan Add Publishing (jual lewat anelinda) = 3 jilid)

      saya ga yakin ada orang yang membuatnya dalam bentuk e-book, jadi satu-satunya cara jika mau baca ya harus beli bukunya, di marketplace biasa ada, atau langsung sama toko anelinda.

Add Comment
comment url