The Patriotic Knight, Drama Wuxia yang Diadaptasi Dari Novel Liang Yusheng

 

Banner Patriotic Knights
The Patriotic Knights (2006) | Sumber gambar dari internet, jadi lupakan bahasa thainya.


The Patriotic Knights Poster

 The Patriotic Knights adalah serial drama China bergenre wuxia yang diadaptasi dari novel Liang Yusheng berjudul Xiágǔ dānxīn, di Indonesia lebih dikenal dengan judul Pendekar Jembel untuk cersilnya.

Adaptasi kali ini menggunakan era akhir dinasti Ming dan ada kemunculan kasim Wei Zhongxian, tidak mengikuti novel yang aslinya berada pada era dinasti Qing (dan tidak ada tokoh Wei Zhongxian muncul sebagai antagonis utama), tidak tahu alasan sang produser menggunakan era dinasti Ming, mungkin para aktor tidak mau pangkas botak?

Cerita The Patriotic Knights mengikuti kisah petualangan Jin Zhuliu, putra dari Jin Shiyi, yang pertama kali terjun ke dunia persilatan atas perintah ayahnya untuk menyelesaikan beberapa tugas, tetapi kemudian terlibat dalam konflik politik dan dunia persilatan yang lebih besar.

Jin Zhuliu ikut berselisih dengan pemerintah karena abang seperguruannya, Jiang Haitian, yang membela pihak kaum pemberontak. Kemudian juga harus berselisih dengan organisasi Liuhe (6 harmoni) dan terlibat dalam urusan sekte iblis Tianmo yang sedang ingin membangun bangkit kembali.

The Patriotic Knights dirilis pada tahun 2006, tetapi beberapa channel TV baru menayangkannya tahun 2010. Beberapa pemeran terkenal adalah Wallace Chung, Norman Chui, Eddy Ko, Ji Chunhua, He Mei Tian, Chen Long, dan Wang Deshun.


Nama hokkien Liang Yusheng (梁羽生) adalah Liang-ie-shen



Prologue

Pada akhir dinasti Ming, seorang kasim agung bernama Wei Zhongxian (ini adalah tokoh sejarah asli) memegang kekuasaan absolut yang sangat tinggi dalam pemerintahan. Dia berkeinginan untuk menguasai jianghu (dunia persilatan). 

Wei mengirim kepala aliran sesat, Meng Shentong, untuk menculik ketua sekte iblis Tianmo, Li Shengnan, dengan tujuan memaksanya menyerahkan kitab racun.

Seorang pendekar pedang ternama, Jin Shiyi (yang merupakan tokoh utama pada cerita lain novel Liang Yusheng), bergegas ke gunung Meng untuk menolong pendekar wanita Li Shengnan. 

Dalam upaya pelarian mereka, terjadi pertarungan Jin Shiyi dan Meng Shentong. Jin Shiyi tampak unggul dalam serangan luar, tetapi saat Meng menggunakan tenaga dalam maksimal, Jin Shiyi kalah dan terluka berat. Li Shengnan masuk ikut bertempur dan berhasil melukai Meng Shentong sampai akhirnya mereka sama-sama terjatuh dalam jurang, Jin Shiyi ikut terjun ke jurang untuk menolong Li Shengnan dan dengan bantuan pedang serta dahan pohon, berhasil selamat dan kembali ke atas, tetapi tidak disangka mereka sudah ditunggu oleh kasim Wei beserta pasukan panahnya. 

Kasim Wei menguasai ilmu perjaka, yang membuat tubuhnya tahan senjata pedang. Jin Shiyi berusaha habis-habisan untuk melarikan diri, dan akhirnya berhasil karena faktor keberuntungan, dia berusaha sekuat tenaga kabur dengan kondisi terluka parah menggendong Li Shengnan.

20 tahun kemudian...

Cerita dimulai dengan Kasim Wei yang mimpi buruk dan terbangun dari tidur. Dia mendengar bahwa para pendekar dunia persilatan akan berkumpul di kota Xichang untuk memberontak. Penyelenggara acara ini adalah murid tertua Jin Shiyi, Jiang Haitian, yang disebut sebagai petarung terbaik dunia persilatan.

Kasim Wei memanggil dan memerintahkan dua anak buahnya, Meng Xiong dan seseorang bertopeng yang berjuluk "sang serigala" untuk pergi ke perkumpulan para pendekar itu dulu untuk melihat kondisi, sebelum nanti pasukan utama menyusul. "Sang serigala" adalah teman baik Jiang Haitian, sehingga dia juga mendapat undangan. Identitas serigala yang menggunakan topeng ini masih dirahasiakan.

Cerita berpaling ke sebuah pulau sepi nan jauh dari keramaian dan dunia persilatan. Di situ hidup Jin Shiyi beserta istrinya, yang selama 20 tahun ini memilih hidup terpencil secara rahasia jauh dari Jianghu. Mereka memiliki seorang putra bernama Jin Zhuliu, yang merupakan tokoh utama dalam cerita The Patriotic Knights ini.

Jin Shiyi meminta anaknya untuk ke daratan tengah untuk melakukan dua hal; yang pertama mengucapkan selamat kepada Jiang Haitian karena anak perempuannya akan menikah, yang kedua Jin Shiyi dan Li Shengnan dulu pernah berjanji bahwa keturunan mereka akan bertemu di tebing iblis di wilayah Jingxi 20 tahun kemudian. Jin Shiyi juga memiliki misi rahasia ke putranya, yaitu pergi ke gunung Culai untuk mengadakan upacara peringatan kematian Li Shengnan, misi rahasia ini tidak diberitahu kepada ibu Jin Zhuliu tidak tahu kenapa.

Jin Shiyi kemudian memberikan sebuah pedang pusaka, pedang yang 40 tahun lalu diberikan oleh sang guru (si raja racun) kepada Jin Shiyi di tempat yang sama, kini diwariskan kepada Jin Zhuliu. Kemudian Jin Shiyi melepaskan keberangkatan putranya yang untuk pertama kali akan masuk ke dunia persilatan, setelah memberi beberapa nasihat termasuk hati-hati terhadap wanita.

Setelah pelayaran beberapa lama, Jin Shiyi dengan menggunakan perahu rakit pun tiba ke daratan tengah, memulai awal petualangannya di dunia persilatan. Gaya Jin Shiyi berpakaian mirip gelandangan.

Lokasi yang pertama dituju Jin Shiyi adalah wisma kediaman abang seperguruannya, Jiang Haitian. Biarpun mereka saudara seperguruan, tetapi tidak pernah bertemu, sehingga Jiang Haitian tidak mengenalnya. Setelah Jin Shiyi mengeluarkan ilmu warisan ayahnya seperti tianlo steps, boye palm, jinshen skill, dan senjata rahasia shooting stars, Jiang Haitian sudah mulai mencurigai identitas aslinya.

Siapa sangka perjalanan dia ke dunia persilatan ini yang harusnya hanya melaksanakan misi sederhana dari ayah, ternyata akan membuatnya berurusan dengan banyak hal yang membahayakan.

Jin Zhuliu di sini agak mirip dengan Yuan Chengzhi pada cerita Sword Stained with Royal Blood, memiliki sifat yang periang dan ilmu silat yang sangat tinggi, berlatih ilmu di bawah bimbingan seorang tokoh yang paling kuat dalam cerita, kemudian saat umur sekitaran 20 pertama kali terjun ke dunia persilatan dan langsung jadi kuat membuat heboh Jianghu. Cuma dia tidak sepintar atau bisa diandalkan seperti Yuan Chengzhi dalam menyelesaikan masalah.

Jin Zhuliu

Li Shengnan

Dalam urusan cinta, Jin Zhuliu terlibat dalam cinta segitiga ataupun segiempat dengan 2 orang wanita cantik.

Terakhir, cerita pada serial drama ini memiliki happy ending. Jadi biarpun cerita di adaptasi serial drama ini agak melenceng dibanding novel, tetapi masih bagus, saya rasa ini adalah adaptasi Liang Yusheng terbaik yang pernah dibuat.


Tokoh The Patriotic Knights

  • Jin Zhuliu adalah tokoh utama dalam cerita, anak dari Jin Shiyi. Di usia yang sangat muda sekitar 20, dia sudah menjadi petarung kelas atas. Dengan modal ilmu warisan ayahnya seperti  
  • Jin Shiyi adalah tokoh utama dalam novel lain Liang Yusheng, salah satu tokoh terkuat dalam dunia Liang Yusheng.
  • Xi Hongyin / Shi Hongying adalah pendekar wanita dan adik dari Xi Baidao, orang tuanya telah meninggal sejak dia masih kecil, karena yatim piatu sejak kecil, dia diasuh oleh abangnya. Berbeda dengan abangnya, Xi Hongyin memiliki sifat yang baik.
  • Li Nanxing adalah keponakan dari Li Shengnan dari keluarga Li, ahli ilmu pengobatan dan musik seruling, saudara angkat dengan Jin Zhuliu. Penguasa ilmu Yin Yang.
  • Zhong Yanyan adalah cucu perempuan dari ketua partai pengemis, menyukai Jin Zhuliu. Di novel, nama yang digunakan adalah Gongsun Yan (anak perempuan dari  Gongsun Hong). 
  • Li Shengnan adalah ketua dari sekte iblis Tianmo, pemilik kitab racun yang diperebutkan dunia persilatan.
  • Jiang Haitian adalah murid tertua dari Jin Shiyi, seorang terkenal dunia persilatan berilmu tinggi dan disegani, bekerjasama dengan pemberontak di Xichang untuk menggulingkan pemerintahan yang korup.
  • Meng Shentong adalah kepala dari sebuah aliran sesat yang memiliki ilmu silat sangat tinggi. Penguasa ilmu Xiuluo dan Yin Yang.
  • Wei Zhongxian adalah seorang kepala kasim yang memegang kekuasaan tinggi dalam pemerintahan, tokoh antagonis utama dalam cerita, juga tokoh sejarah asli. Berusaha untuk membasmi pemberontak dan partai-partai pendukung mereka seperti Shaolin, Emei, Jinzhu, Sinshan, Tianlong, Wudang,Huashan, Kongtong, dan lainnya. Menguasai ilmu perjaka (Virgin) dan Yin Yang.
  • Meng Xiong adalah anak angkat dari Wei Zhongxian. Menguasai ilmu tapak api besi.
  • Sang serigala adalah julukan dari suruhan kasim Wei yang selalu menggunakan topeng dan misterius.
  • Xi Baidao / Shi Baidu adalah pangchu (ketua) dari partai Liuhe, sebuah partai yang awalnya menolak dan melawan pemerintah, tetapi saat era Xi Baidao, menjadi "anjing" pemerintah. Menguasai ilmu mentransfer melalui objek, dan ilmu tinju membunuh dalam 7 langkah, tetapi merasa ga cukup dan ingin menguasai ilmu kitab racun dan ilmu Xiuluo.
  • Yuanhai adalah bawahan Xi Baidao dari partai Liuhe.
  • Dong Shisan Niang adalah bawahan Xi Baidao dari partai Liuhe.
  • Qing Fu adalah bawahan Xi Baidao dari partai Liuhe.
  • Jiao Lei / Jiao laosan adalah bawahan Xi Baidao dari partai Liuhe.
  • Wen Daozhuang / Min Daozhuang adalah pemilik rompi emas, yang awalnya mau hadiahkan ke kasim Wei untuk promosi, tetapi dicuri. Menguasai ilmu 3 Gajah. Musuh Jiang Haitian.
  • Yang Hao adalah salah satu tetua sekte iblis Tianmo.
  • bibi He (He daniang) adalah salah satu tetua sekte iblis Tianmo, rumornya menguasai ilmu dari kitab racun sehingga ilmu racunnya sangat kuat.
  • Zhong Lian adalah istri Jiang Haitian.
  • Xiao Fu adalah anak Jiang Haitian.
  • Weichi adalah pemberontak yang bermarkas di Xichang.
  • Xionge / Yu Minxiong adalah menantu Jiang Haitian.
  • Li Dun adalah akuntan pekerja Xi Baidao, tetapi mempunyai misi sendiri.
  • Lei Zhenzi adalah ketua dari partai Wudang.
  • Qin Yuanhao adalah murid dari partai Wudang.
  • Shushi / Shouxi adalah ketua dari partai huashan, seorang pendeta taoisme.
  • Chen songfeng adalah ketua dari partai sinshan.
  • Feng Zichiao / Feng Zichao adalah mantan prajurit pemerintahan, teman Min Daozhuang. Mereka berkomplot untuk menjatuhkan Jiang Haitian.
  • Chang / nona Feng / Feng Miaochang adalah anak perempuan dari Feng Zichao, menyukai Qin Yuanhao. Berbeda dengan ayahnya, dia adalah orang baik.
  • Zhu Huchen adalah teman Feng Zichao saat dulu di tentara.
  • Che Rui adalah teman Feng Zichao saat dulu di tentara.
  • Wen Shengzhong/ Min Zhongshen / dongping adalah anak dari Min Daozhuang.
  • Nyonya Jin / Gu Zhihua adalah ibu dari Jin Zhuliu.
  • Zhong pangchu / pangzu / Zhongtou / Zhong Changtong adalah ketua partai pengemis.
  • Nyonya Wei adalah istri dari Weichi, seorang pendekar wanita.
  • Ye Muhwa adalah murid dari Jiang Haitian.
  • Yun Faiyang adalah kepala dari wisma Yunsan.
  • Dabei adalah kepala biara Shaolin.
  • Ouyang Jian / Lei Shenjiang adalah pendekar pedang yang licik.
  • Sa Qianfeng adalah bajak laut perampok teman Min Daozhuang.
  • Chen Tianyu adalah seorang pandai besi pembuat pedang terkenal.
  • Guangjiao adalah anak dari Chen Tianyu.
  • Song Zheng adalah anggota pemberontak, anak buah dari Weichi.
  • Yang Buo adalah anggota pemberontak, anak buah dari Weichi.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url