Penerbit Taiwan Kembali Merilis Cetakan Ulang Novel Jin Yong

novel demi gods and semi devils new edition

novel smiling proud wanderer new edition



cerita-silat.net - Sebelumnya telah diberitakan bahwa perusahaan penerbit asal Taiwan, Yuanliu Publisher, merencanakan akan merilis kembali semua novel Jin Yong dengan versi cetakan mereka yang lebih baru. Rencananya akan selesai dalam beberapa tahun untuk semua 15 karya cersil Jin Yong (chin yung).

Sebelumnya Yuanliu pada gelombang pertama sudah menerbitkan tiga judul yang masuk dalam seri trilogi pendekar rajawali, kali ini pada tahap gelombang kedua, mereka akan menerbitkan judul Demi Gods and Semi Devils, Smiling Proud Wanderer, Fox Volant of the Snowy Mountain, the Young Flying Fox.

Karena cerita Fox Volant of the Snowy Mountain agak pendek dan tipis, sehingga mereka menggabungkan dengan dua cerita lain (seperti biasa), yaitu Mandarin Duck Blades (alias blade dance of two lovers) dan White horse neighs in the western wind.

Yuanliu tetap tidak akan menggunakan edisi terakhir (edisi tiga), dan akan tetap menggunakan novel edisi kedua. Dari bahasa iklan dan promosi mereka, masih tetap menggunakan kalimat promosi bahwa mereka punya yang paling original, karena belum sempat diubah isinya oleh Jin Yong (karena lupa) sewaktu rilis versi China.

Selain itu, salah satu unsur yang dipromosikan juga pada sampul buku novel, yang mengedepankan unsur kesan grafik 3 dimensi, dan yang mereka sebut gambar "imagery code" yang harus dipecahkan oleh setiap pembaca fanatik. Setiap sampul menggunakan tema yang sesuai dengan cerita.

Banyaknya edisi, versi novel Jin Yong memang terkadang membuat kerumitan tersendiri, karena isinya bisa tidak 100% sama. 

Semua 15 karya cersil Jin Yong telah direvisi penuh dua kali, ada edisi lama (satu), edisi revisi (dua) , dan edisi revisi baru (tiga). Selain tiga edisi, juga ada lagi yang bahasa Mandarin terbagi menjadi perbedaan wilayah di Hong Kong, Taiwan, Tiongkok daratan, dan Asia Tenggara. Ada juga banyak terjemahan dalam bahasa lain seperti dalam bahasa Inggris, Jepang, Korea, Prancis, Italia, Thailand, Vietnam, Melayu, dan Indonesia. Belum hitung yang versi resmi dan bajakan.

Gelombang kedua dari percetakan Yuanliu ini akan hadir pada tanggal 27 Oktober 2023. Sebagai gambaran harga, judul Demi Gods and Semi Devils yang terdiri dari 5 jilid harganya 1710 yuan (sekitar 3 jutaan rupiah)

  



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url