Review & Alur Cerita Tiger and Crane (2023), Kelompok Pemuda Tangguh Pembasmi Siluman

 

Review & Alur Cerita Tiger and Crane (2023), Kelompok Pemuda Pembasmi Siluman

 Cerita-silat.net - Tiger and Crane adalah drama seni bela diri bergenre xianxia yang tayang tanggal 2 Oktober 2023 di saluran iQiyi. Drama China ini diproduseri oleh Guo Hu dan menggunakan aktor pemeran seperti Jiang Long, Zhang Linghe, Wang Yuwen, Ye Qing dan He Landou. Serial Drama ini diadaptasi dari komik Tiongkok (manhua) berjudul "Tiger X Crane: Record of the Demon Master" yang merupakan karya Huang Xiaoda.

Untuk melihat sinopsis singkatnya bisa ke halaman Sinopsis Tiger and Crane.


Alur Cerita Tiger and Crane

Alur Cerita pada serial drama tiger and crane
Tokoh Utama pada cerita Tiger and Crane 

'Tiger and Crane' mengisahkan tentang cerita sekelompok pemuda remaja yang bekerjasama untuk membasmi siluman yang berusaha untuk menghancurkan dunia manusia. Dengan latar belakang yang berbeda, mereka harus bersatu untuk menghindari malapetaka kehancuran umat manusia.

Prologue

Alkisah, pada zaman dahulu kala, ras siluman di benua timur merajalela, rakyat menderita, 5 pemuda muncul memimpin kelompok pembasmi siluman, pergi ke markas siluman yang disebut "Lembah Puncak" dan membunuh kaisar siluman. 

Mereka mengorbankan diri. sedang darah kaisar siluman menjadi 'Lautan Ming', membakar langit dan bumi, membagi benua yang awalnya satu menjadi wilayah negara Fulong, Qianyu, Julun.

Pembasmi siluman dari 3 negara demi menahan Lautan Ming membuat perjanjian kerjasama dengan menggunakan 'mutiara merah' untuk menciptakan formasi ribuan mil demi menghalangi serangan lautan ming dan melindungi rakyat. Setelah itu negara dan dunia manusia menjadi stabil dan damai.

Prologue 2

Dimulai dari seorang pencerita yang mengisahkan bahwa 500 tahun lalu, siluman berekor 9 yang tak tertandingi , dipanah oleh leluhur pembasmi iblis Qi Wuji, dan siluman itu jatuh ke dalam lautan ming.

Episode 1-2

Di ibukota negeri Fulong. Seorang pembasmi siluman negara, yaitu panglima kamp putih Qi Xiaoxuan, yang merupakan salah satu tokoh utama cerita memburu siluman yang menganggu kehidupan masyarakat.

Setelah berhasil menyelesaikan tugas, Qi Xiaoxuan balik ke istana Tiangang karena mendengar kabar bahwa terjadi sesuatu pada teluk Fulong. Ibukota negeri Fulong pusatnya terdiri dari tiga istana besar, salah satunya adalah istana Tiangang (lainnya ada istana Disha).

Para pembesar istana melakukan rapat, karena ada laporan bahwa mutiara merah yang terletak di teluk Fulong terjadi keretakan, sesuatu yang belum pernah terjadi 500 tahun terakhir.

Mereka pun pergi untuk mengecek kondisi mutiara merah, ternyata benar mengalami keretakan , formasi kadang muncul, kadang samar. Formasi punya risiko jebol kapan saja. Guru besar istana Tiangang, Qi Zilu memprediksi bahwa mutiara merah hanya akan bisa bertahan 10 hari saja, sehingga perlu mencari mutiara merah baru.

Masalahnya adalah mutiara merah baru ini sangat langka, setiap 100 tahun hanya muncul satu biji. Jadi mereka langsung bergegas untuk mencari mutiara merah baru dan tidak mencari bantuan dari dua negara lain lagi karena tidak sempat (bolak balik antar negara butuh 1/2 bulan).

Komandan putih Qi Xiaoxun ditugasi untuk melaksanakan misi mengambil mutiara merah baru ini, karena lokasinya sudah diketahui, yaitu di gunung Qiuju.

Misi berjalan mulus tanpa hambatan, tetapi saat pulang ternyata Qi Xiaoxun dan pasukannya dirampok dengan tipu muslihat oleh seorang pemuda bernama Huzi. 

Huzi adalah pemuda dari desa Ruyun, setelah berhasil mencuri mutiara merah yang dia tidak tahu apa itu, dia kembali ke desa Ruyun tanpa mengetahui bahaya yang akan terjadi.

Siluman yang mendeteksi kehadiran mutiara merah pun membakar desa Ruyun, dan saat itu Qi Xiaoxun yang datang mencari Huzi dan mutiara merah, merasakan hawa siluman di desa. Mutiara merah jatuh ke tangan siluman karena kecerobohan Qi Xiaoxun yang masih kurang pengalaman.

Mutiara merah ini jika dikonsumsi oleh siluman, akan meningkatkan kemampuan dan kekuatan sebanding dengan kultivasi 100 tahun, tetapi selama mengkonsumsi butuh waktu.

Selama pencarian persembunyian siluman, keduanya pun bertemu dengan seorang pembasmi siluman berhadiah dari kotapraja Babao, Zhao Xintong. Mereka bertiga bekerjasama mencari siluman yang berkemampuan memanipulasi dan menyamar menjadi manusia di desa Ruyun.

Pada malam hari, siluman melancarkan aksi memanipulasi dan menghipnotis semua warga desa untuk menyerang ketiga pemuda. Serba salah karena tidak bisa membunuh warga desa, sehingga mereka hanya bisa bertahan dalam kegaduhan, sedangkan Huzi yang jaraknya agak jauh dari mereka, harus bertarung satu lawan satu dengan siluman itu, yang tentu saja dia bukan tandingan dari siluman itu, tetapi setidaknya berhasil melepaskan mutiara merah dari tubuh siluman.

Putus asa karena tidak bisa melawan karena perbedaan kekuatan, dia memakan mutiara merah. Tanpa disangka, kekuatan Huzi meningkat drastis dan membunuh siluman itu. Padahal harusnya jika manusia biasa memakan mutiara merah, tubuhnya akan meledak dan mati. Tidak tahu kenapa.

Huzi diusir dari desa Ruyun, karena dia dianggap pembawa malapetaka, yang menyebabkan tragedi banyak nyawa warga desa melayang. Mereka bertiga pun melakukan perjalanan untuk mencari cara menarik mutiara merah dari tubuh Huzi, karena itu satu-satunya mutiara merah yang ada, tidak ada alternatif. Tujuan mereka selanjutnya adalah kotapraja Babao, untuk mencari peri Yimei yang mungkin mengerti apa yang harus dilakukan. Masalahnya peri Yimei tidak mau membantu secara cuma-cuma.

Kisah para pemuda dalam membasmi para siluman penganggu yang ada di dunia manusia, serta menjaga keutuhan formasi untuk mencegah dari serangan lautan merah, menjadi topik utama cerita serial drama ini.

Review

Ini adalah drama yang sangat saya tunggu sejak tahun lalu. Karena merupakan drama yang tidak fokus cerita romance atau percintaan. Dari trailernya saja kamu bisa menebak bahwa mayoritas cerita aksi dan jalan cerita, dengan sedikit cerita romance.

Dan setelah menonton dua episode awal, ternyata di atas ekspetasi saya, lebih bagus dari perkiraan dan bikin ketagihan ingin menonton episode lebih lanjut.

Lagu OST openingnya sangat bagus, pertama kali dengar saja sudah suka, terasa begitu semangat dan melodi dan nadanya bervariatif. Kemudian sound effect dari beberapa aksi adegan dan transisi pun sangat keren dan dipikirin dengan detail oleh tim produksi bagian suara.

Mungkin yang agak kurang pada bagian suara tokoh yang saat berbicara terkadang tidak merata stereo kiri-kanannya. Kekurangan lain adalah tidak ada aktor kelas A, tetapi jika kalian tidak peduli, maka tidak masalah.

Pengembangan dan keanekaragaman watak, sifat, tingkah laku penggambaran para tokoh utamanya yang berbeda dan tolak belakang membuat serial drama ini cukup menarik, seperti Mysterious Lotus Casebook. 

Saya dengar tim produksi dari serial drama ini sama dengan Mysterious Lotus Casebook, seperti direktur Guo Hu, jadi ga heran ada aura kemiripan dalam hal produksi, cuma katanya sih budget untuk serial drama Tiger and Crane lebih kecil dibanding MLC. Dan tentunya genre yang berdeda karena MLC adalah wuxia pemecahan kasus, sedangkan Tiger & Crane adalah Xianxia / Xuanhuan.

Akhir kata, saya merekomendasikan serial drama ini, ceritanya mudah dicerna tidak bercabang-cabang.


Pengenalan Para Tokoh

Update 7 Oktober: karena tokoh dan pendekarnya banyak, jadi saya membuat halaman baru, klik link di bawah untuk ke halaman baru tentang informasi, data, dan keterangan para tokoh yang muncul dalam cerita.

Artikel utama: Tokoh Tiger and Crane



Trailer Tiger & Crane



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url