Forum SPCNET Akan Ditutup Permanen!



cerita-silat.net - Mungkin bagi para penggemar cerita silat ataupun mantan peminat genre ini, pasti sebagian besar mengenal nama forum SPCNET. Ya, itu adalah forum besar yang didedikasikan fokus untuk topik genre Wuxia. SPCNET merupakan benteng terakhir forum wuxia.

Setelah 24 tahun berjalan sebagai wadah perkumpulan para pendekar dunia persilatan seluruh dunia, yaitu sejak tahun 2001 forum itu dibuat (atau 23 tahun jika hitungnya berdasarkan masa aktif), akhirnya sang admin memutuskan untuk menutup server forum ini secara permanen selamanya pada bulan Juli 2024.

Karena forum masih menggunakan coding lama dan begitu rumitnya untuk melakukan proses backup, sehingga semua informasi dan data penting yang bermutu akan ikut menghilang.

Alasan sang admin adalah menyangkut biaya pemeliharaan, dan tentu saja sudah menurunnya popularitas genre cerita silat atau Wuxia ini, sehingga sudah sepi, jadi bukan hanya di sini, tempat lain juga. Kalau mau jujur, sang admin pun uda sekitar 9-10 tahun terakhir sudah ga aktif.

Perihal ini sebenarnya sudah cukup lama diprediksi. SPCNET yang merupakan benteng terakhir forum wuxia menambah kepahitan bagaimana menurunnya topik cerita silat. 

Bahkan adaptasinya saja, yang dulu saat masih puncak di era 70-80an atau tepatnya era TVB, sekarang berubah menjadi hitungan jari serial drama yang bergenre wuxia murni setiap tahunnya, sekarang sudah didominasi oleh cerita Romance-Xianxia fantasi yang mungkin mengambil porsi 90an% untuk kategori kostum masa lalu.

Saya tidak tahu apa yang akan terjadi dengan genre Wuxia / Cerita Silat di generasi-generasi yang akan datang, mungkin tidak akan punah, tetapi mungkin akan menjadi sebuah genre "mikro yang spesifik", seperti melihat dalam kacamata sejarah. Cucu-cicit kita di masa depan mungkin akan melihat genre Wuxia itu seperti kita sekarang melihat Pementasan Opera China.

Tempat negeri asalnya sendiri yaitu Tiongkok, juga terasa anjlok minat akan wuxia, yang saya tahu hanya tersisa satu website (situs) yang masih ramai.

Dengan menghilangnya forum SPCNET, saya rasa forum lain mungkin ada https://wuxiasociety.freeforums.net/ , tapi situ agak sepi seperti kuburan. Bisa juga bergabung dengan facebook group seperti "SPCNET Wuxia and Asian Pop Culture Forum Legacy Group" yang dibuat oleh moderator-moderator forum spcnet sebagai wadah backup berkumpulnya member (anggota) forum SPCNET. Kemudian ada grup Bright Peak Pavilion, Generasi Wuxia, Wuxia Indonesia, dan bagi pecinta serial drama cerita silat ada grup KaGe yang sering update informasi baru soal drama.

Tapi saya sendiri tidak aktif di grup Facebook ya guys, karena pada dasarnya saya cenderung introvert/anti-sosial & kurang suka produk Meta (fb, ig, dll) yang fokus di sosmed ^^ . Dulu pernah aktif sosmed itupun karena hobi dengan wuxia dan cerita silat. Tetapi semenjak uda mulai turun minat, sehingga menjadi tidak aktif lagi di sosmed.

Terakhir, kita lihat dari sisi positif, admin SPCNET setidaknya bisa mempertahankan sebegitu lamanya biarpun uda sepi dan tidak berpenghasilan malahan rugi biaya pemeliharaan. Ini akan menjadi Sebuah kenangan yang berarti.

Ya ini hanya sekadar curhat basa-basi tentang berita penutupan forum spcnet dan merosotnya minat cerita silat. Apapun yang terjadi, "Life Must Go On!".


Next Post Previous Post
2 Comments
  • Ria Sakurai's blog
    Ria Sakurai's blog 13 Juni 2024 pukul 21.40

    halo bro, kalo boleh saran, aku lihat bro kadang ada post berita-berita tentang drama wuxia di Telegram channel, aku ada follow di sana, kenapa ga copy paste saja di facebook, create facebook page, tidak usah fb group, palingan butuh beberapa detik donk utk copy-paste ke fb.

    • Wuxia Indonesia
      Wuxia Indonesia 14 Juni 2024 pukul 09.51

      ya... uda ada sih fb page, cuma ga pernah post >_< , bisa dipertimbangkan usulnya sis.

Add Comment
comment url