Duan Yu (toan ki)

Duan Yu
Duan Yu adalah salah satu dari tiga tokoh utama di novel cerita silat Demi Gods and Semi Devils karya Jin Yong. Duan Yu adalah pangeran dari negeri Dali (Tayli). Nama hokkiennya adalah Toan Ki.

Biarpun novel itu memiliki tiga tokoh utama, tetapi Duan Yu yang paling mirip ciri-ciri seorang tokoh utama, karena cerita berawal dari dia, dan juga berakhir dengan dia, kemudian Duan Yu lah yang menjadi penghubung antara kedua tokoh utama lainnya. 

Dia adalah seorang pangeran dari negeri Dali (hokkien : Tayli), kemudian menjadi seorang putera mahkota dari negara Dali setelah kematian ayahnya Duan Zhengchun, karena sang Kaisar saat itu, Duan Zhengming, tidak memiliki putra penerus. 

Sejak kecil Duan Yu tidak menyukai ilmu silat, sehingga dia tidak mempelajarinya, dan lebih menyukai ilmu sastra, seni, catur, puisi. Biarpun dia dipaksa untuk melatih ilmu silat, dia menolaknya dan memilih untuk kabur dari istana, ini yang menjadi latar belakang asal mula awal perjalanannya di cerita Demi Gods and Semi Devils, tapi siapa sangka dalam perjalanannya malahan dia mempelajari tiga ilmu tingkat tinggi secara kebetulan. 

Tiga ilmu andalannya itu adalah ilmu pedang 6 nadi yang menembakkan tenaga dalam melalui jari, ilmu bintang utara yang menghisap tenaga dalam orang lain, dan ilmu meringankan tubuh yang pernah Duan Yu gunakan saat beradu kemampuan dengan ketua sekte pengemis, Qiao Feng.

Pada akhir cerita, dia menjadi Kaisar dari negara Dali (tayli) menggantikan ayahnya (sang kaisar saat itu, Duan Zhengming, pensiun dan menjadi biksu di kuil Naga Langit, hal ini menjadi langganan kebiasaan kaisar dan keluarga kerajaan Dali sejak dahulu kala untuk menjadi biksu, sedangkan Duan Zhengchun yang harusnya menjadi kaisar penerus/pengganti, meninggal dunia).

Duan Yu memiliki ibu yang adalah orang dari suku Bai , sehingga Duan Yu memiliki setengah darah keturunan suku Bai. Duan Yu sepanjang cerita banyak menghabiskan waktu membuntuti dan mengekor seorang wanita bernama Wang Yuyan, yang merupakan wanita idamannya, wanita ini memiliki wajah yang mirip dengan patung giok dewi yang ditemuinya di sekitar kaki gunung Wuliang, Dali. 

Duan Yu boleh dibilang tebal muka, padahal statusnya adalah seorang pangeran dan putera mahkota, boleh dibilang tindakannya berbeda dengan sikap Duan Zhengchun yang lebih elegan. Duan Yu pada akhir cerita menikahi tiga orang wanita, dimana terdapat perbedaan pada edisi lama dan edisi baru, pada edisi lama ketiga wanita tersebut adalah Wang Yuyan, Mu Wanqing, dan Zhong Ling, sedangkan pada novel edisi baru, sudah tidak ada lagi Wang Yuyan (wang yuyan memilih kembali ke sepupunya Murong Fu yang sudah tidak waras), dan diganti dengan Xiao Lei.


Duan Yu (toan ki)
Duan Yu (toan ki)


Duan Yu biarpun merupakan anggota keluarga kerajaan Duan, tetapi tidak menguasai dua ilmu keluarga Duan yang terkenal yaitu YiYang finger (ilmu jari matahari) dan ilmu pedang keluarga Duan, bahkan sampai akhir cerita pun tidak menguasainya. 

Duan Yu menguasai ilmu pedang 6 nadi (six meridians divines swords) saat dia berada di Kuil Naga Langit untuk menyembuhkan diri, ilmu ini adalah salah satu ilmu terkuat dalam novel Jin Yong, sayangnya Duan Yu tidak begitu sempurna menguasainya, sehingga saat mau menggunakannya terkadang macet, tidak bisa leluasa dan bebas kapan mau menggunakannya. Duan Yu juga menguasai ilmu-ilmu dari Sekte Hidup Bebas (Carefree sect), sehingga ilmu nya boleh dibilang satu aliran atau satu perguruan dengan Xuzhu.

Duan Yu boleh dibilang memiliki sifat atau sikap yang kurang bisa membaca kondisi keadaan dan situasi, terkadang terkesan bertindak tidak sopan, dan dia tidak menyadarinya, mungkin itu juga dipengaruhi oleh kehidupannya yang serba di layani sejak kecil karena statusnya yang adalah pangeran kerajaan Dali. 

Sifat lainnya adalah pada keras kepala nya dan sangat fokus terhadap sesuatu yang disukainya. Saat dia menekuni sesuatu yang disukanya, dia bisa fokus sampai seharian terus menerus (ibunya pernah bilang ke Duan Zhengchun, mungkin jika suatu hari dia punya minat akan ilmu silat, maka dia akan lebih serius dan rajin dari ayahnya, sehingga ibunya tidak pernah memaksa Duan Yu mempelajari ilmu silat seperti ayahnya). Pada akhir cerita pendekar negeri tayli, Duan Yu menjadi kaisar Dali.

Biodata Duan Yu

Duan Yu 2003
Duan Yu di Demi Gods and Semi Devils 2003

Umur: 

  • 19 tahun (awal kemunculan)
  • 20 tahun (saat bertemu Mu Wanqing)
  • 21 tahun (saat di Lingjiu)
  • 22 tahun (perkiraan akhir novel)
Orang Tua:
  • Ayah: Duan Zhengchun
  • Ibu: Dao Baifeng
  • Ayah Kandung: Duan Yuanqing
  • Paman: Duan Zhengming
Saudara angkat:
  1. Xu Zhu (atau Xuzhu)
  2. Xiao Feng (Qiao Feng)
Hubungan Asmara:
  1. Mu Wanqing 
  2. Zhong Ling
  3. Wang Yuyan (edisi 1 dan 2)
  4. Xiao Lei (edisi 3)
  5. diatur oleh keluarga kerajaan untuk tunangan ke anak salah satu menteri (edisi 1)
  6. (adaptasi TV) ditunangkan ke putri Uyghur (adaptasi tv tahun 2013)
Organisasi/partai/aliran: negara Dali

Guru: Meng ShuSheng 
Murid: Yue Laosan (bukan murid sesungguhnya, hanya karena Yue Laosan kalah taruhan)


Duan Yu pendekar negeri tayli
Duan Yu (toan ki) saat belajar ilmu Ling Bo Wei Bo

Ilmu Silat Duan Yu:

  • 6 Meridian Divine Swords (ilmu pedang 6 nadi / liu mai shen jian / LSMJ), salah satu ilmu terkuat dalam dunia Jin Yong, seperti tembakan dengan jari , jauh lebih kuat daripada Yiyang Finger, ini lebih mirip seperti serangan tusukan pedang dan invisible (sehingga susah dihindari). setiap jari dan meridian memiliki karakteristik berbeda diantara kecepatan dan kekuatan. 
  • ilmu hisap Northern Darkness (bei ming shen gong / BMSG), ilmu menghisap tenaga dalam lawan, tidak semua bagian meridian milik Duan Yu mampu melakukannya, nampaknya dia tidak belajar agar semua meridian dirinya bisa hisap
  • Tenaga dalam Northern Darkness, hasil dari hisap ilmu diatas kemudian di convert menjadi tenaga dalam secara permanent
  • ilmu Langkah Bidadari (Graceful Steps upon the Waves / ling bo wei bo), ilmu meringankan tubuh tingkat tinggi dari Carefree Sect (sekte hidup bebas), lebih cocok digunakan untuk pertempuran/pertarungan, saat Duan Yu menggunakan ilmu ini lawan sulit menyentuhnya, kelebihan lain dari ilmu ini adalah di skillnya yang semacam auto-pilot (contoh: Duan Yu mata tertutup saat melawan Murong Fu)
  • Anti Racun (anti Poison) , didapat setelah dia digigit seekor Lightning Marten milik Zhong Ling yang beracun, terus Lipan yang masuk kemulutnya dan diikuti Kodok Merah Tua beracun langka yang masuk ke mulutnya. si Kodok Merah Tua yang disebut dengan nama  kodok Zhuha adalah raja racun membuatnya Duan Yu kebal terhadap segala jenis racun.
  • Tenaga dalam keluarga Duan, diajarin oleh Duan Zhengming

Keahlian lain

  1. Ahli Sastra, Seni, Kaligrafi, Puisi, Buddhisme
  2. Ahli bermain Catur Go
  3. Pengetahuan tentang 8 trigrams (bagua)
  4. Dasar pengetahuan titik akupuntur dari orang tua


Artikel Terkait:


Kamus hokkien

  • Duan Yu = Toan ki
  • Ling Bo Wei Bo = Leng Po Wi Poh
  • 6 Meridians divine sword = Lak Meh Sin Kiam 
  • Bei Ming Shen Gong = Cu Hap Sin Kang
Next Post Previous Post
3 Comments
  • Unknown
    Unknown 28 November 2020 23.01

    Kok pas aku nntn di youtube ga diliatin kalo duan yu dijodohin sma putri uyghur

    • Wuxia Indonesia
      Wuxia Indonesia 30 November 2020 15.05

      https://www.youtube.com/watch?v=RdHiIKeo-sg&list=PLSIJismKOisFF1Hz06kfkw4E-4M2OIWfV

      DGSD khusus tahun 2013 , episode 1, start di menit 12:38.
      ini yang menjadi alasan Duan Yu adaptasi tahun 2013 kabur dari istana Dali (berbeda dengan cerita asli di novel)

  • Unknown
    Unknown 2 April 2021 04.44

    Itu sampai dia mati dia belum bisa menguasai 6 meridian Divine Sword secara sempurna

Add Comment
comment url