Chu Liuxiang dan para wanita

Chu Liuxiang (aka Coh Liu-hiang /  Chor Lau Heung) and his women
Chu Liuxiang and the Women 

Chu Liuxiang adalah seorang tokoh utama dari novel dengan nama yang sama, karangan wuxia atau cerita silat dari Gu Long (khu lung) dengan judul Indonesia Pendekar Harum, yang terkenal akan kharisma nya yang kuat di mata wanita. Terdapat banyak wanita yang disekeliling Chu Liuxiang (atau sekitarnya) , mulai dari yang sebatas pengagum, teman dekat, sampai memiliki hubungan asmara ataupun cinta sepihak. Tapi apapun itu , pada akhirnya yang berhasil mendapatkan Chu Liuxiang adalah seorang wanita bernama Zhang JieJie, seorang wanita yang cerdik dan lincah , setelah pernikahan, mereka dikarunia seorang anak.

Nama Hokkien Chu Liuxiang (楚留香) adalah Coh Liu-hiang, nama cantonese adalah Chor Lau Heung (sering kita jumpai pada versi adaptasi drama). Pendekar Harum kadang juga dipanggil dengan berbagai julukan seperti kepala pencuri/bandit, si ulat/serangga tua bau (oleh teman dekatnya), ataupun komandan harum Chu.

Chu Liuxiang merupakan sosok yang tampan, pintar, baik, setia terhadap teman, berkharisma, memiliki ilmu silat tinggi, menyukai arak/alkohol, dan suka melakukan aksi pencurian barang berharga terhadap orang kaya yang jahat dan memberikannya kepada orang miskin ala robin-hood atau ke orang yang membutuhkannya. Setiap selesai melakukan aksi curi itu, dia sering meninggalkan bau wangi seperti harum tulip ke lokasi.

Dalam pemecahan masalah dan misteri, Chu Liuxiang adalah sosok yang banyak akal, tenang, dan berani mengambil resiko. Dia merupakan salah satu pendekar yang paling terkenal dalam dunia persilatan. Ketenangannya dalam menghadapi masalah dan bahaya apapun, serta menyelesaikannya, membuatnya dapat diandalkan.

Pecinta arak ini mempunyai daya tahan terhadap alkohol yang tinggi, sehingga sulit mabuk. Dia sering menggunakan kecerdasannya untuk memecahkan kasus-kasus sulit ala detektif kelas atas. Rumor di Jianghu (dunia persilatan) menyebut dalam setiap pertarungan, Chu Liuxiang tidak pernah kalah, dia selalu mengalahkan orang yang lebih kuat darinya, biarpun tingkat keahlian ilmu silatnya sulit diraba setinggi apa, yang pasti dia tidak pernah membunuh, membunuh adalah pantangannya, ilmu meringankan tubuhnya boleh dibilang kelas 1 atau yang terbaik.

Biarpun memiliki kesempurnaan, dia memiliki masalah pada hidung, sehingga tidak bisa menghirup dengan baik dan harus belajar bernafas dengan pori-pori kulit dari seorang master, juga menyebabkan memiliki kebiasaan untuk membelai hidung. 

Chu Liuxiang diperkirakan berumur 30-an tahun (kepala 3), tidak tahu pastinya berapa, karena sebenarnya tidak pernah dibilang sama sekali dalam novel, perkiraan umur kepala 3 didapat dari sahabat Chu Liuxiang sejak kecil Hu Tiehua, yang dikatakan berumur 33 tahun, jika mereka adalah sahabat sejak kecil, maka harusnya Chu Liuxiang berumur tidak jauh dari itu. Saat cerita buku novel pertama, diperkirakan Chu Liuxiang sudah terkenal sekitar 7-10 tahun di dunia persilatan.

Gu Long (Khu Lung) menciptakan total 8 buku novel Chu Liuxiang, yang paling terkenal adalah yang pertama, tentang awal-awal pertualangan Chu Liuxiang dengan ketiga gadis muda yang dianggap seperti adik sendiri; Su Rongrong, Li Hongxiu, dan Song Tian'er, mereka tinggal di sebuah rumah perahu (atau perahu rumah?) yang diberi nama Pavilyun Xiang (xiang dari nama Chu Liuxiang).


Ke-8 judul novel Chu Liuxiang adalah:
  1. Xuehai Piaoxiang (血海飄香血海飘香Xuèhǎi PiāoxiāngHyut3-hoi2 Piu1-hoeng1; "Fragrance in the Sea of Blood") - Maling Romantis.
  2. Da Shamo (大沙漠Dà ShāmòDaai6 Saa1-mok6; "The Vast Desert") - Rahasia Ciok Kwan Im
  3. Huameiniao (畫眉鳥画眉鸟HuàméiniǎoWaak6-mei4-niu5; "The Thrush") - Peristiwa Burung Kenari
  4. Guilian Xiaqing (鬼戀俠情鬼恋侠情Guǐliàn XiáqíngGwai2-lyun5 Hap6-cing4; "Phantom Love and Heroic Romance"); atau Guilian Chuanqi (鬼戀傳奇鬼恋传奇Guǐliàn ChuánqíGwai2-lyun5 Cyun4-kei4; "Legend of Phantom Love") atau Jieshi Huanhun (借屍還魂借尸还魂Jièshī HuánhúnZe3-si1 Waan4-wan4; "Borrowing a Corpse to Return a Soul to Life") - Mayat Kesurupan Roh
  5. Bianfu Chuanqi (蝙蝠傳奇蝙蝠传奇Biānfú ChuánqíBin1-fuk1 Cyun4-kei4; "Legend of the Bat") - Legenda Kelelawar
  6. Taohua Chuanqi (桃花傳奇桃花传奇Táohuā ChuánqíTou4-faa1 Cyun4-kei4; "Legend of the Peach Blossom") - Legenda Bunga Persik
  7. Xinyue Chuanqi (新月傳奇新月传奇Xīnyuè ChuánqíSan1-jyut6 Cyun4-kei4; "Legend of the New Moon") - Legenda Bulan Sabit
  8. Wuye Lanhua (午夜蘭花午夜兰花Wǔyè LánhuāNg5-je6 Laan4-faa1; "The Midnight Orchid") - Anggrek Tengah Malam



Terdapat banyak wanita cantik di sekeliling Chu Liuxiang (atau sekitarnya), mulai dari yang sebatas pengagum, teman dekat, nafsu semata, sampai yang memiliki hubungan asmara ataupun cinta sepihak. Chu Liuxiang sendiri memiliki karakteristik seorang playboy, diadaptasinya dibuat agak alim, sedangkan di novel lebih bersifat playboy dengan aura yang sulit ditolak wanita, dan juga tidak alim. 

Berikut penjabaran daftar wanita-wanita yang kemungkinan memiliki perasaan terhadap Chu Liuxiang dengan berbagai tingkatan, yang muncul di dalam kehidupan Chu Liuxiang. Yang ditebalin, memiliki perasaan suka yang jelas tampak terhadap Chu LiuXiang alias pendekar harum. Yang tidak ditebalin, hanya tambah-tambahan atau prediksi, atau lebih ke pengagum saja, menganggap Chu Liuxiang seorang yang attractive (menarik) .

Buku pertama:
  • 3 pendamping setianya; 
  • + Su Rongrong , 
  • + Li Hongxiu, dan 
  • + Song Tian'er.
  • Heizhenzhu (黑珍珠; "Black Pearl"), suka menggunakan pakaian pria, anak dari raja gurun
  • Shen Shangu, murid dari celestial star gang, biasa dipanggil nona ketiga oleh sesama anggota seperguruan
Buku kedua
  • Princess Pipa (琵琶公主) , tuan putri dari negara Kucha di seberang
  • Nyonya Li/Linlang / Shi Guanyin (石觀音 / the Stone Avalokitesvara), di tv series 2007 , Chu Liuxiang jatuh cinta kepadanya, di novel agak kabur hubungannya (mungkin lebih ke satu arah Stone Guanyin ke Chu Liuxiang dan lebih ke hasrat). 
Buku ketiga
  • Gong Nanyan (宮南燕) , tidak memiliki perasaan ke chu liuxiang, tetapi ke gurunya Yin Ji, hanya sebatas kagum saat pertama kali ketemu clx di buku pertama dan merasa dia 
  • Yin Ji (陰姬) / Shuimu Yinji (水母陰姬), nyonya dari istana air suci, sempat muka memerah setelah dipaksa kiss oleh Chu Liuxiang dalam pertarungan hidup mati. Karena kagum dengan sifat chu liuxiang, dia membiarkan Chu Liuxiang tetap hidup (mencegah Gong Nanyan membunuhnya)
  • Nan Ping, murid istana air suci yang kena "hipnotis" aura Chu Liuxiang
Buku keempat
  • Shi Xiuyun (石繡雲)
Buku kelima
  • Hua Zhenzhen (華真真),
  • Dong Sanniang (東三娘)
Buku keenam
  • Zhang JieJie (張潔潔)
  • Ai Qing (艾青)
  • Ai Hong (艾虹)
  • Bu Ajuan / Bo Aijuan / Bo Ajuan(卜阿鵑)
Buku ketujuh
  •  Putri Yu Jian (玉剑公主) / Xinyue (新月)
Buku kedelapan
  • Lin Huan Yu (rumor)
sedangkan diadaptasi TV seri nya, terdapat tokoh wanita yang ga ada di novelnya dan dibuat punya perasaan terhadap Chu Liuxiang:
  • Shangguan Wuji (1995)
  • Sikong Xing'er (2001)
  • Sang Xiaojing (princess Yongjing/ Song Siu-ching) (1984)
  • 2 wanita keluarga Xue (2013)
  • kemungkinan juga yg tahun 1985 ada, karena dari 4 part, 2 part terakhir adalah kelanjutan dari novel ke-8 Chu Liuxiang (cerita buatan sutradara/producer, bukan Gu Long)
  • Mu Qian Yu , seorang Yin Ji baru dari Shenshui, penguasa baru racun Tianyi Shenhui (Chu liuxiang versi movie 2021)

Chu Liuxiang



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url