Pedang & Golok Pusaka

10 PEDANG & GOLOK SAKTI di karya Jin Yong 
senjata pedang golok cerita Jin Yong


Berbeda dengan karya Gu Long yang banyak bercerita tentang tokoh utamanya adalah seorang swordsman (pengguna dan ahli pedang) dan bercerita soal pedang sakti, di karya Jin Yong (chin yung) , tokoh utamanya mayoritas adalah bukan swordsman, bahkan hanya satu tokoh utama yang murni swordsman yaitu Linghu Chong (lainnya lagi kalo nga hybrid ya ga bisa sama sekali). Nah apa apa aja sih pedang/golok sakti yang muncul?

Pedang / Golok Pusaka Dalam Karya Jin Yong

10. Pedang Wanita dan Pria (Ladies and Gentlement)

pedang yang berasal dari warisan keluarga Gongshun di lembah putus cinta, kemudian digunakan oleh pasangan Yang Guo (yoko) dan Xiao Long Nue (bibi lung) untuk mengeksekusi jurus pedang hati suci dan menghajar lawan-lawannya. Kedua pedang ini adalah tumpul , sehingga tidak cocok untuk membunuh atau melancarkan ilmu yang mematikan, itulah sebabnya sangat cocok dengan ilmu pedang gadis giok / pedang hati suci , yang lebih banyak digunakan untuk mengalahkan lawan daripada membunuh lawan.

Kedua pedang ini nantinya akan dilebur menjadi Pedang Langit.

9. Taiji Sword / Wudang Sword

Taiji Sword / Wudang Sword bukanlah nama pedang , tetapi merujuk ke pedang yang merupakan simbol ketua partai Wudang, warisan turun temurun partai Wudang. Terdapat 2 pedang yang terkenal digunakan oleh partai Wudang, yaitu pedang Zhenwu dan pedang Zamrud Beku. 

Pedang ZhenWu dikatakan digunakan oleh Zhang Sanfeng pada masa muda nya saat mengembangkan ilmu silatnya, kemudian diwariskan secara turun temurun kepada ketua Wudang selanjutnya. Sarung pedang Zhengwu terbuat dari tembaga dan berwarna hijau loreng, bertuliskan karakter nama ZhenWu. Sedangkan pada masa dinasti Qing, pedang itu sudah tidak ketahuan keberadaannya, tetapi gantinya adalah pedang Zamrud Beku, pedang ini digunakan oleh Zhang Zhaozhong, yang merupakan murid Wudang, boleh dibilang dia merampasnya, karena dia adalah murid yang berkhianat dan bukan ketua Wudang. Nantinya pedang ini sempat berpindah tangan beberapa kali, sempat digunakan oleh Luo Bing, Zhou Qi dan lainnya.

8. Golok keluarga Hu

Golok keluarga Hu merupakan golok pusaka yang sangat tajam. Pernah digunakan oleh Hu Yidao saat melawan Miao Renfeng, saat itu miao renfeng menggunakan pedang yang dibawanya, tapi patah, kemudian anak buah Tian Guinnong meminjamkan pedang , nantinya pedang pinjaman itu juga patah, jadi total 2x patah, sebelum akhirnya Hu Yidao menggunakan pedang biasa agar pertarungan lebih fair. 

Setelah kematian Hu Yidao, kemungkinan Golok ini jatuh di tangan Tian Guinnong, alasannya saat Ping A'si jatuh dari tebing setelah tangannya terpotong, dia hanya membawa Hu Fei yang masih bayi dan kitab ilmu silat keluarga Hu (minus 2-3 lembar halaman yang terkoyak), sedangkan kotak yang terbalut kain kuning dan golok keluarga Hu tidak ikut terbawa. 

Pada novel other fox atau young fox, terlihata Tiang Guinnong suatu waktu menggunakan satu pedang + satu golok di masing-masing tangan, dikatakan golok itu adalah golok pusaka tetapi Tian Guinnong tidak mengerti ilmu golok, jadi golok itu hanya digunakan untuk menangkis agar pedang lawan patah . Karena Jin Yong menulis Fox Volant of Snowy mountain (si rase terbang dari pegunungan salju) sesudah Other Fox / Young Flying Fox (kisah si rase terbang), sehingga tidak dibilang sejarahnya di novel the Young Flying Fox.

7. Pedang Ular Emas

pedang fleksibel yang dimiliki sang legenda Xia Xueyi ini menggetarkan dunia persilatan . Pedang fleksibel ini ditemukan oleh tokoh utama Yuan Chengzi di cerita "Sword stained with royal blood", padahal xia xueyi sendiri tidak pernah bertemu dengan yuan chengzi. Pedang ini mempunyai lekukan seperti ular , tidak datar seperti pedang umumnya, dan ujungnya seperti ada lidah ular (lancip dua). Pedang ini aslinya merupakan benda pusaka dari sekte 5 racun sebelum diambil oleh Xia Xueyi. Penggabungan dari pedang ini dengan ilmu silat ular emas, membuat Yuang Chengzi menjadi salah satu tokoh terkuat di era itu. Di edisi 3 novel dibilang yuan chengzi berhasil menguasai versi pembaharuan dari ilmu ular emas.

6. Golok Darah

Golok ini konon setiap bulan purnama perlu memenggal kepala orang , jika tidak malah ketajaman golok akan berkurang. Golok sadis ini telah membunuh banyak orang, tidak terhitung jumlahnya.

Golok ini digunakan oleh ketua generasi ke-4 dari Sekte Qinghai Hitam (dark qinghai), yang merupakan salah satu cabang dari aliran jahat terbesar di eranya, Sekte Golok Darah. Golok yang haus darah ini nantinya akan jatuh ke tangan Di Yun, sang pendekar lugu. Golok ini cukup flexible, dan terdapat warna merah di tepinya, seperti warna darah. berbahan baja. Dibawah sinar bulan, golok ini kelihatan semakin nampak angker.

5. Pedang Besi Berat dan Pedang-pedang Dugu Qiubai lainnya

Dugu Qiubai memiliki 4 pedang yang digunakan selama hidup, yang no.1 digunakan selama masa remajanya berkelana didunia persilatan menantang para jagoan, pedang ini berwarna hijau. pedang no.2 disebut pedang mawar ungu, karena pernah melukai orang baik tanpa sengaja, jadi merasa berdosa dan membuangnya ke tebing sungai (pedang ini muncul di novel edisi 1, di hilangkan ceritanya di edisi 2 dan 3). pedang no. 3 adalah pedang besi yang berat dan tumpul, yang nantinya ditemukan oleh Yang Guo. pedang no. 4 adalah pedang kayu , karena dimasa ini senior Dugu sudah tidak membutuhkan pedang, apapun bisa dijadikan pedang.

Yang paling terkenal oleh pembaca tentunya adalah yang nomor 3 karena digunakan oleh Yang Guo. Pedang Besi Berat ini, Hampir di seluruh adaptasi TV menggunakan pedang yang berukuran besar, padahal harusnya tidak, pedang ini berukuran seperti pedang biasa doank, tetapi sangat berat . Mungkin karena berat , sehingga para producer TV berpikir itu besar. Yang paling sesuai adalah adaptasi tahun 2014 (biarpun adaptasi ini ceritanya cukup melenceng dibanding tahun sebelumnya, tetapi untuk imajinasi pedang Yang Guo malahan lebih sesuai).

Didalam novel , dikatakan Pedang Besi Berat itu berat , berwarna hitam, terbuat dari bahan meteor yang jatuh dari luar angkasa, tepinya tumpul, ujungnya seperti berbentuk setengah lingkaran, dan terlihat kusam. Alasan kenapa pedang ini tidaklah besar adalah pertama, jika besar dan tumpul maka sebutannya adalah Golok, bukan pedang. Kedua, tidak pernah sekalipun di dalam novel dibilang pedang ini berbentuk atau berukuran "besar". Ketiga, jika benar besar, maka dalam pembuatan Golok Naga, tidak perlu dicampurin bahan lain, tetapi nyatanya menggunakan tambahan logam khusus dari wilayah barat, yang kemudian hasil akhir Goloknya menjadi lebih berat (lebih dari 50 kg, pedang besi berat pas 40kg). keempat, yang guo pertama kali melihat pedang itu tidak ada yang istimewa dan mengangkatnya dan kemudian jatuh, karena ga nyangka seberat itu, jika ukuran besar, maka dia sudah antisipasi sejak awal. kelima, yang guo sempat mengikat ke ikat pinggangnya sebelum pindah ke punggung karena berat, jika ukuran besar seperti golok besar maka tidak mungkin tes ikat di pinggang. keenam, saat Yang Guo pertama kali melihatnya, disebut selain warnanya yang agak kehitaman, pedang ini tidak ada yang aneh kelihatannya dibanding pedang biasa.

4. Pedang Langit dan Golok Pembunuh Naga

nah kedua pedang/golok ini merupakan turunan dari nomor 5 dan nomor 10. Golok Naga berasal dari Pedang Besi Berat yang digunakan oleh Yang Guo, dan Pedang Langit dilebur dari Pedang Wanita dan Pedang Pria. Didalam nya memiliki peta menuju suatu pulau yang menyimpan rahasia kitab ilmu silat 9 Yin dan ilmu perang Yu Fei (serta berbagai ilmu Hong Qigong dan Huang Yaoshi yang tidak dijelaskan apa saja itu - di novel edisi 3). 

Pedang dan golok ini menjadi incaran dunia persilatan biarpun yang mengetahui rahasia kedua pedang ini hanyalah ketua partai E-mei (dan keturunan keluarga Yang Guo kelak). Pedang Langit yang memiliki panjang 100cm ini sangatlah tajam dan sering membuat lawan kewalahan karena pedang mereka patah saat beradu dengan pedang langit.

3. Golok Kembar

sepasang golok kembar yang muncul di cerita novel "Mandarin Duck Blades" . Satu pedang lebih pendek daripada yang lainnya. dikatakan orang yang memiliki sepasang golok kembar ini maka "Tidak akan ada tandingan di bawah langit!" . Tidak heran kaisar memerintahkan utusannya sejak lama untuk mencari nya. 

Golok tajam ini menampilkan keganasannya saat pasangan bernama Lin Yulong dan Ren Feiyan menggunakan pedang biasa berusaha menghantam Zhuo Tianxiong, si Zhuo ini menahan serangan dengan salah satu golok kembar, dan langsung kedua pedang itu retak berkeping-keping, bahkan pasangan Yulong dan Feiyang tangannya kesemutan berat dan badannya kaku susah bergerak.

2. Golok Bulan Dingin

Golok yang merupakan warisan keluarga Nan Lan ini sangatlah tajam, setiap pedang yang di adu dengannya akan patah biarpun itu pedang yang kualitas bagus. ayah Nan Lan sangat bangga dan sering memamerkan kehebatannya, dan itu juga yang membuatnya harus membayar dengan nyawa, orang-orang yang melihat kehebatan golok ini berusaha merampoknya. Golok ini nantinya sempat digunakan sebentar oleh Miao Renfeng , dan juga oleh Hu Fei di saat-saat terakhir. Golok ini dikubur oleh Miao Renfeng di kuburan Hu Yidao dan istrinya, dan nantinya Hu Fei berhasil selamat dari keroyokan kelompok Tian Guinnong, juga karena Golok pusaka ini.

1. Delapan Pedang legendaris buatan tukang besi legendaris Ouyezi

Ouyezi adalah blacksmith legendaris yang berada di era yang sama dengan Gan Jiang dan Mo Ye (pasangan blacksmith legendaris yang dimana Mo Ye melompat ke tungku api peleburan sebelum berhasil membuat sebuah pedang pusaka, yang sebelumnya gagal terus) . Ouyezi pernah membuat 5 pedang sakti untuk raja dari 3 negara (sebenarnya hanya membuat untuk 2 negara, yaitu Wu dan Yue, tetapi nantinya negara Chu dapat pedang yang jatuh dari jurang). Urutan Pedang terkuat sampai terlemah dari kelimanya adalah : Penakluk Kejahatan, Tepi Murni, Gemetar Buluh, Usus Ikan, Menara Megah.

Setelah membuat 5 pedang itu , kemudian juga ada membuat tambahan 3 pedang untuk negara Chu, bernama Kain Mengalir , pedang ini banyak berhiaskan rune mirip aliran air, kemudian pedang lain bernama Naga Musim Semi, dan Ching Ah.

Kisah pedang legendaris buatan Ouyezi ini muncul dalam cerita Pedang Gadis Yueh


Pedang dan Golok Pusaka lainnya

pedang dan golok kualitas bagus lainnya masih banyak, beberapa diantaranya:
  • Golok penunjuk harta karun di Fox Volant of Snowy mountain (ga ada nama resmi) , berhiasan 2 ekor naga dengan mutiara.
  • Pedang dan Golok milik Gongshun Zhi, yang satu berwarna hitam, satu berwarna emas.
  • Pedang kembar milik anak kembar di novel si rase terbang dari pegunungan salju
  • Pedang yang digantung di wisma atas pegunungan salju di Flying Fox
  • Golok kembar milik ibu Mu Wanqing
  • Pedang Pelangi Putih milik si "elang langit alis putih" Yin Tianzheng dan anaknya di Heavenly Sword and Dragon Saber
  • Golok kotak tipis milik si penjahat nomor 2 di Demi Gods and Semi Devils
  • Pedang kembar hitam dan putih milik pasangan suami-istri Shi Qing dan Min Rou, yang mereka anggap benda paling berharga bagi mereka
  • pedang kembar silver & emas milik ibu Li Wenxiu (ternyata pisau belati, bukan pedang)
  • Pedang kolam hijau Yue Lingshan
  • Golok yang digunakan Linghu Chong untuk membelah 108 Luohan Tembaga Shaolin


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url