HSDS2019

HSDS2019

Selasa, 28 Mei 2019

AH JIU / PRINCESS CHANGPING




Princess Changping adalah seorang tokoh yang muncul dalam 2 cersil Jin Yong yaitu Pedang Ular Emas (sswrb) dan Pangeran Menjangan. Princess Changping ini berdasarkan tokoh asli dunia nyata dalam sejarah Tiongkok, yang merupakan anak dari Kaisar Chongzhen, kaisar terakhir dinasti Ming. Princess Changping juga muncul dalam cersil karya Liang Yusheng (liang i shen). Tentunya dia juga muncul diberbagai karya lain termasuk adaptasi cerita sendiri.




Princess Changping
nama asli: Zhu Meichuo
alias: Ah Jiu (sswrb)
alias: Jiunan (domd/pangeran menjangan)
alias: Jiu'er
nama hokkien: Akiu

Organisasi: keluarga kerajaan Dinasti Ming, dinasti Zhu

Umur: 14-16 (kemunculan pertama)

Guru:
- Cheng Qingzhu
- Priest Musang

Senjata:
- 2 (sepasang) bambu pendek
- pernah sekali menggunakan pedang ular emas

Orang tua:
Ayah: Kaisar Chongzhen
ibu: selir...??

Ilmu Silat:
- ilmu tongkat bambu hijau
- Bayangan Setan Yang Berubah 100x (suatu ilmu meringankan tubuh tingkat tinggi yang juga dipelajari oleh Yuan Chengzhi dan Wei Xiaobao)

Keahlian lain:
- Sastra (melukis)

Princess Changping merupakan salah satu tokoh wanita yang terlibat kisah asmara dengan tokoh utama dalam karya Jin Yong , memiliki usia yang masih muda yaitu tidak lebih dari umur 15-16 tahun (berarti antara 14-16 tahun) saat kemunculan pertama bertemu dengan tokoh utama, jadi ada kemungkinan dia adalah salah satu tokoh wanita termuda yang terlibat hubungan asmara dengan tokoh utama selain Azi, Xiao Zhao, Huang Rong)

Dalam pertemuan pertama itu juga membuat Princess Changping jatuh cinta pada sang tokoh utama Yuan Chengzhi (Sin Cie) karena beliau menolong dia dan gurunya saat ada perselisihan dengan pasukan bandit lainnya. Guru Ah Jiu adalah kelompok gang bambu hijau yang merampok, sehingga terkadang Ah Jiu ikut dalam team (yes, Ah Jiu bukan tokoh yang benar-benar bersih lurus), saat mereka mendengar ada satu kelompok yang membawa banyak peti barang yang kemungkinan barang berharga atau bernilai (diangkut oleh Yuan Chengzhi), kemudian mereka pergi hunting dan melewati wilayah kekuasaan bandit gang lain, sehingga akhirnya terjadi perselishan antara 2 gang bandit untuk memperebutkan harta benda yang diangkut oleh kelompok Yuan Chengzhi. Sebenarnya bukan hanya 2 gang bandit, tetapi 3 karena satu gang lagi hanya pura-pura tidak ingin , seperti ingin mengambil kesempatan dalam perselisihan 2 gang lainnya, dan lebih mendukung musuh dari gang bandit hijau.

Guru Ah Jiu bernama Cheng Qingzhu, dia adalah seorang mantan menteri pemerintahan Ming , dan karena alasan suatu hal dia meletakkan jabatan tinggi nya dan mendirikan kelompok gang sendiri. "Jiu" pada Ah Jiu berarti 9, yang berarti dia adalah anak ke-9 dari kaisar.

Princess Changping lebih suka untuk melakukan petualangan diluar biarpun seorang wanita, sehingga dia banyak menghabiskan waktu diluar istana dibanding hanya berdiam di dalam istana. Selain itu juga terdapat ramalan di istana bahwa Ah Jiu akan berumur pendek jika tetap menetap di dalam istana.

Hubungan Princess Changping terhadap tokoh utama memiliki perbedaan antara edisi lama dan edisi baru novel, pada edisi lama, cuma terjadi cinta sepihak, dimana Princess Changping yang mencintai Yuan Chengzhi. Pada edisi baru (edisi ke-3) , om Jin Yong telah merevisi kisah mereka semakin ruwet dan rumit , Jin Yong mengakui tokoh Yuan Chengzhi terlalu 2 dimensional, sehingga mengubah kisah cintanya lebih complicated, mirip wishy-washy (plin plan) nya Zhang Wuji, Ah Jiu bahkan pernah kiss dengan Yuan Chengzhi di cersil edisi baru, dan keputusan akhirnya memilih Xia QingQing pun lebih ke batas tanggung jawab dan janji, juga karena Xia QingQing lebih pandai dalam mengikat , yang dimana disinilah kekurangan dari Ah Jiu (princess changping), dimana Ah Jiu adalah seorang putri dan memiliki keseganan dan harga diri tinggi seorang wanita berkedudukan tinggi untuk mengikat seorang pria dari kalangan bukan kerajaan (beda dengan bangsa Mongol spt Zhao Min yang lebih suka berterus terang dan tebal muka).

biarpun terlahir sebagai seorang tuan putri kandung kaisar (bukan seperti Zhao Min yang ayahnya bukan kaisar), Ah Jiu memiliki nasib yang kurang baik, karena pada akhirnya kerajaan Ming harus hancur binasa ditangan pemberontak Li Zicheng, dan karena hal itu juga membuat sang ayah Kaisar Chongzheng bunuh diri dengan cara gantung diri dibawah pohon di belakang kota terlarang (forbidden city), yang parahnya sebelum melakukan hal itu, sang kaisar menjadi gila secara membabi buta membunuh semua keluarganya karena tidak tega keluarganya jatuh ke tangan musuh. Beberapa orang yang beruntung berhasil lolos dari pembunuhan , tapi mayoritas mati, dan Ah Jiu biarpun berhasil selamat tetapi harus membayar dengan putusnya satu tangan ditebas oleh sang kaisar saat Ah Jiu menangkis pedang kaisar. Tebasan itu membuat Ah Jiu pingsan karena kehabisan banyak darah. Dia berhasil dibawa kabur oleh Yuan Chengzhi dan melakukan persembunyian.

Ah Jiu digambarkan memiliki paras cantik dan elegan, berusia muda. Menurut Yuan Chengzhi , Ah Jiu adalah yang tercantik dari 5 orang wanita yang dekat dengannya. Ah Jiu ibarat digambarkan type wanita yang memendam perasaan. Ah Jiu menggunakan pakaian berwarna hijau saat melakukan pertualangan di luar.

Karena Ah Jiu tahu bahwa hubungannya dengan Yuan Chengzhi tidak memungkinkan dan juga nasib tragis yang menimpanya, akhirnya dia memutuskan untuk menjadi biksuni dan berganti nama menjadi Jiunan. Kemudian tidak lama setelah itu, Priest (pendeta) Musang yang merasa kasihan dan iba menerimanya menjadi murid . Biarpun sekte Pedang Besi adalah sekte yang beraliran Taoisme, tapi priest Musang tidak mempermasalahkan seorang biksuni ikut bergabung. Pendeta Musang sendiri sebelumnya pernah bersumpah tidak pernah mau menerima murid baru karena alasan keamanan muridnya dan juga pernah punya pengalaman buruk terhadap muridnya, itu juga yang menyebabkannya tidak mau menerima Yuan Chengzhi menjadi murid biarpun dia mengajarinya ilmu-ilmu sekte Pedang Besi, bahkan pernah suatu waktu dia pernah mengajari dengan melalui perantara Xia QingQing.

ilmu silat Ah Jiu di pedang ular emas(sswrb) tergolong lumayan kuat, biarpun bukan top tier, tapi dia mampu mengalahkan wakil ketua dari kelompok gang bandit yang terkenal, dan juga sempat pernah dikeroyok oleh beberapa orang sekaligus saat terjadi pemberontakan oleh Pangeran Hui. Yang mengeroyoknya pun bukan sembarang pesilat, seperti komandan An Jianqing . Ah Jiu sempat melukai kaki An Jianqing dengan pedang ular emas dan bertahan cukup lama saat dikeroyok, biarpun tidak menang, tetapi itu sudah suatu pencapaian luar biasa. Di akhir kisah, Atas didikan ilmu silat oleh seorang ahli seperti Pendeta Musang, ilmu silat Jiunan (Ah Jiu) meningkat drastis, dia menjadi tokoh terkuat di cersil Pangeran Menjangan (DomD), setidaknya top 2. Biksuni Jiunan nantinya memiliki 3 murid, yaitu Ake, A Qi, dan Wei Xiaobao.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar