HSDS2019

HSDS2019

Jumat, 12 Juli 2019

8 Makhluk Mitologi Sebagai latar belakang cerita DGSD



gambar oleh Daxiong

Pendekar Negeri Tayli atau Demi Gods and Semi Devils (DGSD) memiliki judul asli Tian Long Ba Bu (天龍八部) , agak susah diterjemahkan , jika dipaksakan pun artinya jadi terkesan kurang mengena banget, menjadi “8 Tingkat Naga Langit” ?? ( 部 bisa berarti tingkat/unit/bagian). Pastinya arti judul itu berhubungan dengan 8 makhluk supernatural bukan manusia yang disebut dalam kitab suci agama Buddha (berhubungan dengan “Vyantara”). Vyantara adalah salah satu kelas atau tingkatan dari dewa yang terbagi menjadi 8 kategori atau kelompok yaitu: 
1. Deva 2. Naga 3. Yaksha 4. Gandharva 5. Asura 6. Garuda 7. Kimnara 8. Mahoraga

Nampaknya cerita DGSD ini dibuat oleh Jin Yong pada awalnya untuk mendeskripsikan atau mencerminkan 8 tokoh dalam ceritanya ini sesuai dengan 8 kelompok makhluk itu (ada dijelaskan dalam akhir kata novel), tetapi seiring berjalan dengan waktu, perkembangan cerita tidak memungkinkan hal itu terjadi. konsep awal dalam membentuk 8 tokoh sesuai karakteristik mahkluk dalam ajaran buddhisme akhirnya ditinggalkan karena jika dipaksa akan menganggu alur cerita. 

DGSD dipengaruhi oleh unsur buddhisme jika dibandingkan trilogy condor heroes yang lebih taoisme. Bahkan kalo dipikir-pikir, Trio tokoh utama DGSD (Xiao Feng, Duan Yu, Xu Zhu) sekilas mirip 3 tokoh dalam cerita Journey To The West (kera sakti), Duan Yu biarpun tidak genit seperti si Cu Pat Kay, tetapi memiliki cerita dengan beberapa wanita cantik, Xiao Feng yang ganas, tidak mengenal rasa takut, dan ditakuti dalam pertarungan mirip dengan Sun Go Kong (sun wukong), sedangkan Xu Zhu yang polos dan naif mirip dengan karakter WuJing/SanJang.

Jadi bagaimana kalau kita main-main tebakan, kira-kira tokoh mana sajakah yang sesuai dengan 8 makhluk mitologi setengah dewa itu?

ada situs atau blog lain yang membahasnya, mereka menyesuaikan/mencocokkan tokoh DGSD dengan sifat dan watak dari 8 kategori makhluk supernatural bukan manusia tersebut. Mereka adalah:

1. Deva : Xiao Feng/Qiao Feng
2. Naga : Duan Yu
3. Yaksha : 4 Penjahat
4. Ashura : Wang Yuyan
5. Garuda : Murong Fu
6. Kinnara : A Zi
7. Gandharva : A Zhu
8. Mahoraga : Xu Zhu

nah, jadi saya iseng tiba-tiba berpikir untuk membuat versi sendiri (karena Jin Yong sendiri tidak pernah bilang tokoh mana adalah yang mana , karena alasan yang sudah dijelaskan diatas). Karena saya kurang memahami ajaran buddhisme apalagi kitab sucinya, maka Saya memilih lebih berdasarkan jalan cerita tokoh yang "berdiri sendiri" dan kuat ceritanya , dan juga latar belakang (background) regional tokoh itu. Mereka adalah:
  1. Xiao Feng (mewakili negara Liao)
  2. Duan Yu (mewakili negara Dali)
  3. Xuzhu (mewakili negara Xi Xia)
  4. You tanzhi (mewakili negara Song)
  5. Jiumozhi (mewakili negara Tibet)
  6. Ding Chunqiu (mewakili wilayah XiYu / wilayah barat)
  7. Murong Fu (mewakili dinasti Yan yg sudah musnah)
untuk nomor 8 saya masih bimbang, ada 7 tokoh yang bisa sebagai tokoh ke-8, mereka adalah:
  1. Wang Yuyan
    ceritanya kurang berdiri sendiri, tetapi hanya sebagai tokoh yang mengikuti tokoh lain seperti Duan Yu dan Murong Fu
  2. A Zhu
    ceritanya terlalu sedikit , singkat, dan kurang kemunculan, karena cuma sampai pertengahan
  3. A Zi
    awal kemunculan memiliki cerita yang berdiri sendiri (berusaha kabur dari cengkraman partai XingXiu dan gurunya Ding Chunqiu) dan beberapa cerita lainnya. Lebih berpotensi dibanding kedua wanita diatas.
  4. Kaisar Song
    memiliki cerita sendiri sebanyak 1/2 chapter.
  5. Duan Zhengchun
    pertualangannya terhadap para wanita-wanita nya membuat dia mendapat berhak masuk nominasi. 
  6. Wanyan Aguda
    memiliki background dari suku Jurchen (aka Tungusic,aka Nuzhen), yang nanti menjadi cikal bakal lahirnya dinasti Jin yang kuat.
  7. Duan Yanqing
    pemimpin 4 penjahat yang mempunyai misi untuk merebut kembali kerajaan Dali, sehingga ceritanya cukup kuat.
dari ke 7 orang itu, yang lebih cocok adalah A Zi, Wanyan Aguda, dan Duan Yanqing. Dan dari 3 orang itu , jika dipaksa harus memilih satu, kita pilih yang paling terkenal, yaitu A Zi, dimana dia juga memiliki koneksi yang kuat dengan 2 tokoh lainnya (Xiao Feng dan You Tanzhi).
Jadi 8 tokoh DGSD pilihan saya sesuai cerita mitologi adalah Xiao Feng, Duan Yu, Xuzhu, You Tanzhi, Jiumozhi, Ding Chunqiu, Murong Fu, dan A'Zi.
A'Zi ntah kenapa saya merasa cocok dengan karakteristik deskripsi dari Naga yang merupakan penguasa lautan/air (biarpun orang lain ada yang menganggap Naga adalah si Duan Yu, ada juga yang menganggap Naga adalah Xiao Feng karena galak dan bersemangat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar