Legend of Zu

The Legend of Zu


The Story of Mt. Shu Swordsmen (Kisah Ahli Pedang dari Gunung Shu) adalah sebuah cerita silat yang di karang oleh Li Shoumin, yang memiliki nama pena Huanzhu Louzhu. Cersil ini lebih dikenal dengan nama the Legend of Zu . 

Karena serial drama banyakan menggunakan nama itu, orang-orang lebih akrab dengan nama tersebut. Novel Legend of Zhu ini tidaklah tamat , pengarangnya Li Shoumin pertama kali mengarangnya pada tahun 1930 , sampai pada tahun 1948. 

Pada tahun 1949, terjadi perubahan rezim , dan pengarangnya dipaksa untuk menghentikan cerita, sehingga novel ini tidak pernah tamat. Jumlah buku pada novel ini adalah 329 buku , dan memiliki lebih dari 5 juta kata, yang membuatnya menjadi salah satu novel wuxia terpanjang biarpun belum tamat. 

Li menciptakan tokoh jahat si Jubah Hijau dalam cerita Zu berdasarkan personalitas ayah mertuanya. Saat jaman penjajahan Jepang, Li pernah ditawan dan disiksa oleh tentara militer Jepang karena menolak untuk mendukung Jepang, untungnya dibebaskan berkat bantuan adik angkatnya, tetapi penyiksaan itu membuat matanya menjadi bermasalah secara permanen. 

Li Shoumin meninggal dunia pada tahun 1961. Salah satu cerita wuxia nya yang berjudul "Blades from the Willows" merupakan cerita wuxia pertama dalam sejarah yang pernah di sadurkan kedalam bahasa inggris.

Cerita "The Legend of Zhu" seputar perselisihan dan pertarungan antara kelompok lulus melawan kelompok iblis (demon/evil), Demon ingin menguasai, sedangkan kelompok orang baik memiliki misi untuk bertahan, melindungi, dan menyelamatkan manusia dari invasi kelompok iblis. 

Untuk adaptasi TV nya, terkadang terkesan tidak connect ceritanya antara yang satu dengan yang lain, tidak tahu kenapa bisa begitu, mungkin karena mereka mengambil timeline yang berbeda, berhubung cerita novelnya sangat panjang.  

Li Shoumin merupakan salah satu pelopor cerita Wuxia era modern, yang kemudian nanti bermunculan pengarang seperti Jin Yong, Gu Long, Liang Yusheng dan lainnya. The Legend of Zhu juga boleh dibilang salah satu cerita bergenre Xianxia (fantasy) paling awal. Novel ini pernah disadur ke bahasa Indonesia dengan judul Siok San Kiam Hiap oleh Hay Teng Djin dengan jumlah 13 jilid.



Adaptasi TV:
  • Zu Warriors from the Magic Mountain (tahun 1983, Hong Kong film)
  • The Gods and Demons of Zu Mountain (tahun 1990, Hong Kong TV seri)
  • The Zu Mountain Saga (tahun 1991, Hong Kong TV series)
  • The Legend of Zu (tahun 2001, Hong Kong film)
  • Legend of Zu Mountain (tahun 2015, Chinese TV seri)
  • Legend of Zu 2 (tahun 2018, TV seri)
  • The Legend of Zu (tahun 2018, film buatan Zhu Lingfeng dan iQiyi)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url