[Review Game:] Idle Master - Wuxia Manager RPG

source: MaryVer Gamer | Youtube


Game Idle Master - Wuxia Manager ini masih belum lama rilisnya, sekitaran bulan oktober 2021 dirilis. Game ini tentunya bergenre topik Wuxia atau cerita silat, hadir dalam platform Android, saya cek belum hadir di Apple Appstore.

Idle Master: Wuxia Manager RPG dibuat oleh pengembang game Loongcheer Game, kayaknya sebuah perusahaan kecil, ga tau dari negara apa, kemungkin sih Hong Kong. Versi yang dibahas sekarang ini adalah versi 0.0.4.




Sesuai namanya, game ini fokus pada genre Idle, sebuah genre dimana kita kerjaannya cuma diam-diam doank untuk farming uang, token, level, dan lainnya. Dari dulu saya agak anti sih dengan genre Idle gituan, masa main game tapi cuma diam-diam doank, semua serba otomatis (auto) berjalan sendiri.

Ukuran aplikasi nya sih kecil, dibawah 100 mb (sekitaran 90an mb), ukuran data juga kecil dibawah 100 mb, yang besar itu adalah ukuran cache setelah bermain beberapa minggu, bisa sampai 1 gb. Saya tidak tahu apakah aman jika melakukan 'clear cache'.


Idle Master: Wuxia Manager RPG ini saya lihat isinya berupa 100% tokoh-tokoh Jin Yong, cuma agak anehnya dibagian penamaan, ada yang namanya tidak langsung gitu, kayak pake nama samaran, padahal kalau dipikir-pikir, jika takut terkena masalah lisensi, kenapa cuma sebagian yang gitu?

Game ini ternyata bisa dimainkan secara offline, saya tutup internet, masih tetap bisa berjalan, jadi Idle Master ini adalah game offline.

Kesana saya terhadap game Idle Master ini agak negatif, tidak sebagus dengan game-game mobile masa lalu seperti Kungfu House, Gu Long Heroes, Gu Long: Martial Heroes, Wuxia Legends, KungFu Master 3D - House of Heroes, Kungfu Arena, Martial heroes, Kungfu Saga. 

Tapi karena tidak punya banyak pilihan game untuk yang topik Wuxia gituan, jadi saya tetap mencobanya, boleh dibilang kualitasnya cuma sekelas game 'Kungfu Heroes' (yang ini masih belum mati, masih ada di Playstore dan Apple Appstore)


Game ini sangat membosankan, boleh dibilang cepat bosan, karena selain genrenya yang idle gitu, juga fitur game tidak banyak, terus rasanya jarang ada update dari pihak pengembang game.

Minus lainnya terletak pada jumlah iklan yang sangat banyak, jadi apa-apa itu iklan, kita kayak dibombardir oleh iklan. Jika tidak menekan iklan, maka progress kita akan sangat lambat, tapi jika menekan tombol iklan untuk dapat bonus, maka kita harus menonton iklan yang cukup lama sampai 30 detik. 

Jika mau bebas iklan dan tetap mendapat bonus, bisa saja sih, kalian bisa membayar membership seharga $10 (atau 140.000 rupiah), jadi jika ga keberatan keluar biaya segitu sih game ini masih bisa dimainkan dengan fun (menyenangkan)  sekitaran seminggu atau dua minggu.


Sistem pertarungan pun serba otomatis, kita tidak bisa mengatur skill atau apapun itu. Jumlah pendekar dalam suatu pertarungan adalah 5v5 (5 lawan 5).

Jumlah pendekar yang bisa dikoleksi atau rekrut adalah sekitar 40an; mulai dari Yang Guo, Guo Jing, Dongfang Bubai, Duan Yu, Xiao Feng, dll, yang terbagi menjadi tiga kelas atau tingkatan kekuatan. Biarpun disini ada pembagian elemen dan jenis petarung, saya lihat rasanya tidak ada perbedaan apapun antar setiap tokohnya, jadi mau pakai siapapun sama saja, statsnya (atribut nilai tokoh) bahkan secara keseluruhan sama tidak ada perbedaan sama sekali. Jadi game ini sangat kurang di variasi atau keanekaragaman perbedaan individual.

Farming koin nya agak memusingkan, karena angka mata uangnya sangat membingungkan nilai jumlahnya. Kita tidak akan benar-benar tahu berapa jumlah koin kita karena angkanya yang memusingkan.

Karena game ini offline, dan juga perusahaannya seperti kurang profesional, saya rasa produk begituan sangat mudah main curang ataupun dihack, dan juga bakal memiliki bug yang banyak.


Bicara soal kelebihan, tidak seperti game lain, disini sangat mudah untuk koleksi para tokohnya, biarpun untuk mendapat tokoh kelas atas (kartu warna orange), itu juga sangat mudah, jadi untuk mengoleksi semua pendekar tidaklah sulit, cukup beberapa minggu uda bisa terkoleksi semua.

Di group Discord atau social medianya terdapat beberapa informasi bagus seputar dunia cerita silat (Wuxia), biarpun ini uda diluar perihal game, tetapi boleh dibilang nilai plus.

Saya main ini, sehari paling cuma buka sekali doank, karena tidak tahu mau ngapain. Setelah main beberapa minggu, terasa akan jenuh.



Kelebihan:

  • Bisa dimainkan offline
  • Mudah koleksi karakter pendekarnya

Kekurangan:

  • Banyak iklan
  • Fitur sangat sedikit
  • Mudah bosan
  • Angka mata uang tidak jelas
  • semua serba otomatis
  • kurang kreatif
  • beberapa nama tokoh aneh
  • tidak ada keunikan di setiap tokohnya
  • tidak ada di AppStore

Kesimpulan

Game Idle Master ini kurang layak dimainkan, tidak begitu bagus, main sebentar saja sudah sangat membosankan. Kecuali jika Anda ingin nostalgia tokoh Jin Yong dalam game dan mengoleksinya. Jadi ya bisa main sebentar doank. Saya akan membeli nilai:


Score




Playstore App Link: Idle Master - Wuxia Manager



Baca Juga Artikel Bagus lainnya:

Komentar