HSDS2019

HSDS2019

Minggu, 13 Oktober 2019

seri si pisau terbang Li (Xiao Li Fei Dao)



Xiao Li Fei Dao (si pisau terbang Li) adalah novel karya karangan Gu Long (khu lung). bercerita tentang tokoh utama bernama Li Xunhuan . kemudian berlanjut dengan tokoh utama lain tetapi masih terkait ceritanya.

Mana sajakah yang termasuk seri si pisau terbang Li?



di negara Tiongkok dan juga secara internasional, yang termasuk seri si pisau terbang Li ada 5, yaitu:
  1. Si Pisau Terbang Li / Duoqing Jianke Wuqing Jian (多情劍客無情劍多情剑客无情剑Duōqíng Jiànkè Wúqíng JiànDo1-cing4 Gim3-haak3 Mou4-cing4 Gim3; 'Sentimental Swordsman, Ruthless Sword') - tokoh utama Li Xunhuan
  2. Peristiwa Merah Salju / Biancheng Langzi (邊城浪子边城浪子Biānchéng LàngzǐBin1-sing4 Long4-zi2; 'Bordertown Prodigal/Wanderer')  - tokoh utama Ye Kai (murid Li Xunhuan) dan Fu Hongxue
  3. Rahasia Mokau Kaucu / Jiuyue Yingfei (九月鷹飛九月鹰飞Jǐuyuè YīngfēiGau2-jyut6 Jing1-fei1; 'Eagle Soaring in the Ninth Month') - tokoh utama Ye Kai
  4. Peristiwa Bulu Merak / Tianya Mingyue Dao (天涯‧明月‧刀Tiānyá Míngyuè DāoTin1-ngaai4 Ming4-jyut6 Dou1; 'Horizon, Bright Moon, Saber')  - tokoh utama Fu Hongxue
  5. Si Pisau Terbang Pulang / Feidao Youjian Feidao (飛刀,又見飛刀飞刀,又见飞刀Fēidāo, Yòujiàn FēidāoFei1-dou1, Jau6-gin3 Fei1-dou1; 'Flying Dagger, Flying Dagger Appears Again') - tokoh utama Li Huai (cucu Li Xunhuan)

sedangkan di negara Indonesia , yang dianggap termasuk seri si pisau terbang Li ada 7, yaitu :
  1. Pendekar Baja - (tokoh utama Shen Lang)
  2. Si Pisau Terbang Li 
  3. Rahasia Mokau Kaucu 
  4. Peristiwa Bulu Merak
  5. Peristiwa Merah Salju
  6. Kisah Balik Merah Salju
  7. Si Pisau Terbang Pulang
orang tiongkok (ataupun secara internasional) tidak memasukkan Pendekar Baja (wulin waishi) kedalam seri pisau terbang Li karena isi cerita-nya terlalu sedikit keterkaitannya dengan cerita si pisau terbang Li (kemungkinan A Fei adalah keturunan Shen Lang, biarpun tidak dibilang secara terang-terangan).
sedangkan Kisah Balik Merah Salju (邊城刀聲) itu bukanlah benar-benar karangan Gu Long, melainkan karangan Ding Qing dengan bantuan Gu Long dibuat khusus untuk drama adaptasi film, sebelum akhirnya di novelkan.  Meskipun plot ceritanya ada petunjuk dari Gu Long, kisah sebenarnya adalah kreasi independen Ding, alias Ding Qing adalah ghostwriter (penulis bayangan) nya Gu Long, dan tidak boleh dimasukkan dalam seri ini. kejadian cerita sekitar 10 tahun dari cerita border town prodigal, Ye kai dan Fu Hongxue kembali ke border town.

novel lain yang terkait dengan seri si pisau terbang ini adalah  Golok Bulan Sabit - Full Moon, Crescent Saber - 圓月彎刀 (ini juga terkait dan merupakan sekuel dari Pedang tuan muda ketiga sword of the third young master, sehingga sword of the third young master juga secara tidak langsung terkait dengan seri pisau terbang) . 2/3 isi cerita ditulis oleh Sima Ziyan . ini adalah karangan terakhir Gu Long. Xiǎo xiāng (lóng tiānxiāng) adalah keturunan dari Long Xiaoyun, yang adalah orang penting di kehidupan Li Xunhuan . kemudian juga novel Jade Tiger (白玉老虎) ada keturunan dari si pak tua Sun yang muncul di cerita si pisau terbang Li, kemudian juga novel Righteous Blood Cleansing the Silver Spear (碧血洗銀槍) juga terkait karena ada keturunan Shen Lang (hokkien: sim long).


------------------------

Adaptasi TV/film 

adaptasi yang berdasarkan seri si pisau terbang Li ,adalah (cuma disebut yang terakhir):

  • Legend of Dagger Li  - tahun 1999 - berdasarkan novel Si Pisau Terbang Li 
  • Border Town Prodigal 2016 , berdasarkan novel Peristiwa Merah Salju
    versi ini agak melenceng dari novel, dibuat ada cerita cinta antara Fu Hongxue dan Ma Fangling yang menjadi fokus cerita utama.
  • Eagle Soaring in the Ninth Month 1986 , berdasarkan novel Rahasia Mokau Kaucu
    cerita yang hampir ga pernah diadaptasi, terakhir kali tahun 1986.
  • The Magic Blade  2012 , berdasarkan novel Peristiwa Merah Salju + Bulu Merak
    versi campur-campur atau gado-gado, menggabungkan cerita Peristiwa Bulu Merak dan Peristiwa Merah Salju, terus ada penambahan cerita dan perubahan cerita.
  • the legend of flying dagger 2017 , berdasarkan novel Si Pisau Terbang Pulang 
    tentang cucu Li Xunhuan, yaitu Li Huai.







1 komentar:

  1. Ini novel keren banget ceritanya nggak monoton kaya film silat lainnya menurut saya

    BalasHapus