HSDS2019

HSDS2019

Rabu, 16 Oktober 2019

Alat alat musik yang muncul di Wuxia



Dalam Wuxia , ada begitu banyak alat musik tradisional Tiongkok yang muncul , berikut beberapa alat musik yang kerap muncul di dunia persilatan:






Erhu / Hu Qin
Alat musik gesek ini agak unik bentuknya , mungkin bisa dibilang mirip violin tapi dalam gaya vertikal/tegak. Alat musik gesek ini biasa dimainkan secara sendirian. ketua Hengshan, Mo Da, pada cerita Pendekar Hina Kelana (SPW), menggunakan alat ini untuk memainkan musiknya yang bernada sedih, dimana tuan Mo Da menyelipkan pedang tipis pada tongkat batang Erhu. Sebenarnya Erhu dan Hu Qing adalah 2 alat musik berbeda, tapi karena sangat mirip, sehingga saya menyatukannya.


 

Gu Qin -
alat musik petik ini bentuknya mirip dengan alat musik Kecapi di Indonesia ataupun Zither di negara eropa . Memiliki jumlah senar sebanyak 7 buah.  ini yang digunakan oleh Linghu Chong dan Ren Yingying pada cerita Pendekar Hina Kelana (SPW). Hasil suaranya lebih dalam dan sunyi dibandingkan Guzheng.




Gu Zheng 
bentuknya mirip dengan GuQin , tetapi memiliki 18-25 senar (minimal 18, maksimal 25) . suara yang dihasilkan oleh alat musik ini lebih jernih dan nadanya lebih tinggi dibanding GuQin. Biasa alat musik dimainkan oleh perempuan . Alat musik ini yang dimainkan oleh Xue Mei pada cerita Deadful Melody / the 6 fingers devil karya Ni Kuang.




Xiao -
berbentuk mirip Suling/Seruling  di indonesia. Termasuk dalam kategori keluarga Flute (suling/seruling, xiao, dizi, dll semua adalah kategori flute). Menggunakan bahan material bambu. Ukuran Xiao lebih panjang dari kebanyakan alat musik Flute lainnya. Huang Yaoshi dalam cerita Pendekar pemanah rajawali (loch) dan kembalinya pendekar pemanah rajawali (roch) menggunakan alat ini, dia mampu  menggunakan/memadukan tenaga dalam dalam memainkannya.



Pipa - 
bentuknya sedikit mirip gitar tetapi tidak ada lubang di kotaknya. Lebih mirip apalagi jika dibandingkan dengan alat musik Lute yang sama-sama berbentuk buah pir , bedanya Lute memiliki lubang yang nampak , sedangkan Pipa tidak. Pipa menjadi terkenal pada jaman dinasti Tang. Suara yang dihasilkan dangkal, cepat, bright.




Dizi  -
Dizi adalah alat musik kategori Flute. sehingga ini masih satu keluarga dengan Xiao, Suling, Recorder. Dizi juga terbuat dari bahan bambu seperti Xiao. Perbedaannya dengan Xiao adalah dimainkan atau ditiup secara samping/menyamping, sedangkan Xiao ditiup secara lurus. Dizi merupakan salah satu alat musik yang paling lama ada , diperkirakan sudah ada sejak 9000 tahun yang lalu.

Drum (Gu dalam bahasa mandarin)
alat musik pukul yang sangat umum ini dikenal luas oleh semua orang didunia. jadi rasanya ga perlu penjelasan lebih lanjut . 

lain-lain:
  • Konghou - mirip harpa , ukurannya lebih kecil dari harpa (harp)
  • Bo dan Luo, keduanya alat musik pukul berbahan logam
  • Hulus/hulusi , alat musik tiup yang agak unik bentuknya
  • Suona, mirip terompet ukuran mini


Gallery

Linghu Chong dan Ren Yingying dalam adaptasi tahun 2013


Tidak ada komentar:

Posting Komentar