HSDS2019

HSDS2019

Selasa, 15 September 2020

Klan Murong dan negeri Yan bagian 1

wang yuyan

klan Murong Fu


Pada cerita "Pendekar Negeri Tayli" (DGSD / Demi Gods and Semi Devils) , kita mengetahui bahwa tokoh Murong Bo dan Murong Fu berusaha untuk mengembalikan kejayaan negeri Yan jaman dulu yang sudah tumbang. Jadi sebenarnya negeri Yan itu apa? negeri Yan yang mana? 

pertama, harus diketahui dulu bahwa dalam sepanjang sejarah Tiongkok, yang disebut negeri Yan itu bukan hanya satu, tapi sangat banyak jumlahnya, berikut penjabarannya:


Yan (dinasti Zhou, sekitar abad ke-11 – 222 SM), pada dinasti Zhou terdapat 3 negeri Yan .

  • Yan (era Negara-Negara Berperang) , musnah ditangan negeri Zheng tahun 769 SM
  • Yan Selatan (era Negara-Negara Berperang) 
  • Yan (era Musim Semi dan Musim Gugur) , ditaklukkan negeri Qin tahun 222 SM
pada dinasti Han sampai akhir dinasti Han yaitu masa zaman Tiga Negara terdapat dua negeri Yan.
  • Yan (dinasti Han) , pertama kali muncul tahun 206 SM (salah satu jendral dinasti ini pernah menguasai sebagian wilayah Korea yg disebut Wiman Joseon)
  • Yan (era Tiga Negara/samkok) , secara resmi deklarasi berdiri tahun 237, tapi telah memerintah secara mandiri sejak tahun 190 
selanjutnya terdapat Former Yan, Later Yan , dll (nama tidak diterjemahkan ke Indonesia karena jadi aneh). yang berada di sekitaran dinasti Jin sampai era 16 Negara.
  • Former Yan (337-370)
  • Western Yan (384-394)
  • Later Yan (384-407)
  • Southern Yan (398–410)
  • Northern Yan (407–436), beberapa teks kadang menyebutnya Eastern Yan
kemudian ada lagi yang dibangun oleh para pemberontak;
  • Yan (An–Shi) (dinasti Tang, 756–763), didirikan oleh pemberontak An-Shi .
  • Yan (era 5 Dinasti dan 10 Negara, 911–913) , era berperang sesudah kejatuhan dinasti Tang. didirkan oleh Liu Shouguang
ada juga negeri Yan yang cuma seumur jagung
  • Yan (615-616), didirikan Wang Xubao and Wei Daoer pada akhir dinasti Sui, kemudian nanti ganti nama menjadi negeri Wei.
  • Yan (618-624), sebuah pemerintahan lokal mendirikan sendiri negeri, disekitaran akhir dinasti Sui sampai awal dinasti Tang.
dan semua itu masih belum termasuk "suku Yan" , seperti suku nomaden "Yan" yang muncul pada zaman akhir dinasti Shang. Tapi karena itu adalah suku, bukan "negeri" , sehingga kita hilangkan dalam pembahasan.

dari begitu banyak negeri Yan sepanjang sejarah Tiongkok, yang benar-benar didirikan oleh klan Murong adalah Former Yan (337-370), Western Yan (384-394), Later Yan (384-409), Southern Yan (398-410), Northern Yan (407-436), dan negeri Tuyuhun  (285-670) . Karena Tuyuhun(Azha) tidak menggunakan nama negeri Yan (biarpun didirikan klan Murong), maka kita abaikan dalam pembahasan ini karena bukan negeri Yan.

Saat Murong Bo dan Murong Fu bertemu dengan Xiao Yuanshan dan Xiao Feng di Shaolin, Murong Bo menyuruh anaknya Murong Fu untuk membeberkan sejarah silsilah keturunan keluarga kerajaan negeri Yan. Ada beberapa nama leluhur yang disebut (tidak saya terjemahkan kedalam bahasa indonesia);

Xiao YuanShan saw curvy text written with vermillion ink on the yellow fabric, he don’t understand, clearly it is foreign script. Chinese text is written on the left-hand side, at the top it is written: “Great Ancestor the Cultured Emperor Huihuang” the next part: “Noble Ancestor the Accomplished Emperor Huijun” the next part: “Lonely Emperor Huiwei”. Another line of text written separately: “Generation Ancestor the Successful Martial Emperor Huichui”, the next part: “Noble Forefather Compassionate and Suffering Emperor Huimin”, the next part: “Duke of Kaifeng Huixiang”, “Zhao Emperor Huilin”, the next line: “Middle Forefather the Accomplished Martial Emperor Huisheng”, “Accomplished Literary Emperor Huixi”, etc, posthumous names. As for the year 410, after the execution of Southern Yan Murong Chao, subsequent descendants are all commoner, they are no longer emperor or marquis. The era is long, their offspring gradually increase in numbers, Xiao YuanShan, Xiao Feng, Jiumozhi, three of them are not in the mood to examine it in detail. However they saw the name of the last person on the lineage record: “Murong Fu”, above him is “Murong Bo”.

 

Leluhur pertama yaitu Kaisar Huihuang itu adalah alias dari kaisar Wenming, Murong Huang.  Kemudian berlanjut ke beberapa nama kehormatan kaisar lain, sampai pada kaisar yang ahli sastra, Huixi, atau disebut juga kaisar Zhaowen, Murong Xi. Kemudian tahun 410, setelah eksekusi mati Murong Chao dari negeri Yan Selatan, otomatis semua keturunan keluarga Yan turun menjadi orang biasa (rakyat biasa). 

Murong Chao adalah dari Southern Yan, sedangkan Murong Xi itu adalah dari Later Yan. Kedua negeri Yan itu (Southern Yan dan Later Yan) berdiri sendiri-sendiri pada waktu yang bersamaan, dan sama-sama jatuh pada waktu yang hampir berdekatan. Jadi boleh diambil kesimpulan bahwa Murong Bo dan anaknya Murong Fu adalah keturunan dari Later Yan (384-407) atau Southern Yan (398–410).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar