HSDS2019

HSDS2019

Rabu, 23 September 2020

Tiga Belas Formasi Bertarung Terkuat dalam karya Jin Yong


ilustrasi Quanzhen versi adaptasi



Sepanjang cerita , dalam pertarungan terkadang ada partai yang menggunakan formasi untuk mengalahkan musuh yang lebih kuat. Berikut adalah Tiga Belas formasi yang terkuat dalam karya Jin Yong.


13. Formasi Pedang Hengshan
Pengguna: murid Hengshan Utara
cerita: SPW


Formasi pedang ini memerlukan tujuh murid Hengshan. Para biksuni Hengshan saat melakukan perjalanan pun selalu dibuat berkelompok dengan setiap kelompok terdiri dari tujuh orang , yang berarti siap siaga penuh membentuk formasi kapan saja diperlukan saat melakukan perjalanan. Saat formasi pedang Hengshan ini diaktifkan, mereka akan mengepung musuh, ketujuh pedang semua diarahkan ke arah tujuh titik vital tubuh musuh yaitu; kepala, tenggorokan, dada, perut, pinggang, punggung, dan iga. Setiap biksuni yang mengarahkan satu titik vital, maka dia akan selalu menargetkan titik vital itu, itu sebabnya ketujuh arah pedang itu kelihatan tidak selaras. Setelah mengepung rapat seperti itu, mereka akan diam tidak bergerak. Mereka tidak akan menyerang jika lawan menyerah saat itu. Pernah suatu waktu Saat melawan tiga murid Songshan yang lebih kuat, 21 murid Hengshan membagi diri menjadi 3 kelompok, mereka berhasil membuat ketiga murid Songshan itu tidak berkutik.




12. Formasi Barisan Panca Logam
pengguna: Keluarga Wen
cerita: SSWRB


Formasi barisan Panca Logam keluarga Wen ini berdasarkan teori ilmu 8 penjuru Patkwa (bagua/8 trigrams), menggunakan 5 unsur api, air, angin, tanah , logam yang saling berhubungan dengan banyak perubahaan yang saling silih berganti. Formasi Barisan Panca Logam ini menggunakan Lima orang, dan pernah digunakan untuk menggempur si pendekar ular emas Xia Xueyi. Dan nantinya mereka akan upgrade formasi barisan ini menjadi 2 lapis yang lebih kuat , versi upgrade ini lapis pertama 5 orang dan lapis kedua terdiri dari 16 orang. Keluarga Wen menghabiskan belasan tahun untuk menciptakan dan menyempurnakan formasi barisan Panca Logam versi upgrade ini, yang digunakan untuk melawan Yuan Chengzhi (sin cie) nantinya. Nasib tidak mulus terhadap keluarga Wen karena Yuan Chengzhi dapat mematahkan ilmu ini dengan mudah, dikarenakan pada kitab ilmu yang ditinggalkan oleh Pendekar ular emas terdapat cara untuk mematahkan formasi ini, hasil jerih payah Xia Xueyi saat berpikir untuk mengalahkan formasi ini. Jika tanpa petunjuk dari Xia Xueyi, mungkin belum tentu Yuan Chengzhi dapat mengalahkan formasi ini.





11. Formasi Pemukul Anjing dan Formasi Membunuh Anjing
Pengguna: partai Pengemis
cerita: LOCH, HSDS, DGSD


Formasi Pemukul Anjing adalah formasi andalan dari partai pengemis. Formasi ini menggunakan belasan anggota partai pengemis, dan setiap orang memegang tongkat sebagai senjata dan membentuk barisan berlapis-lapis, mengelilingi musuh. Formasi ini menggandalkan jumlah orang banyak untuk mengalahkan musuh yang lebih kuat. Mereka saling menolong dan mendukung satu sama lain. Formasi ini jika telah dilancarkan, maka tidak akan berhenti sampai musuh terluka berat atau meninggal. Nama lain adalah Formasi Penggebuk Anjing.

Variasi lain dari formasi ini adalah Formasi Raksasa Pemukul Anjing , formasi ini sama dengan formasi pemukul anjing tetapi dalam skala besar, menggunakan orang yang lebih banyak, lebih digunakan untuk pertempuran besar. Untuk peperangan pun ini lebih cocok. Formasi ini pernah digunakan Xiao Feng saat misi pelarian dari negeri Liao.

Variasi ketiga adalah Formasi Membunuh Anjing. Formasi ini digunakan oleh Chen Youliang ke Zhang Wuji saat dia mendatangi rapat partai pengemis untuk menyelamatkan Zhou Zhiruo. Menggunakan dua puluh satu orang , bersenjatakan Golok. Memiliki ciri khas melakukan hal-hal aneh seperti menyanyikan lagu teratai, beberapa mengerang seolah-olah kesakitan, beberapa memukul dada sendiri, beberapa berteriak memohon ampun dan sedih. Tujuan dari perilaku aneh itu adalah untuk memecah dan menganggu konsentrasi musuh.


10. Formasi Lima Unsur Panji sekte Ming
pengguna: Sekte Ming
cerita :
HSDS

Formasi ini dibuat untuk peperangan, menggunakan teknik lima unsur, sehingga memakai lima panji sekte Ming dalam pengoperasiannya. Masing-masing panji yang ikut dalam formasi ini ada lima ratus anggota, yang terseleksi secara ketat dari belasan ribu anggota. Semua panji sekte Ming dalam formasi  bergerak sesuai arahan dari seorang pemimpin atau komandan bendera. Komandan bendera ini memerintah melalui penunjukkan warna dan jenis bendera tertentu. Masing-masing panji memiliki gaya dan strategi berbeda sesuai dengan ciri khas dan kemampuan pribadi mereka. Selain Yang Xiao yang pernah memamerkan kemampuan formasi ini saat di Shaolin, yang membuat para pendekar dunia persilatan yang hadir pada kagum dan ketakutan, kemudian Xiao Zhao juga pernah mempraktekkannya saat para tetua sekte Ming sedang terkena racun. Kekurangan dari formasi ini adalah cara berlatihnya yang membutuhkan pasukan dalam jumlah banyak dan berlatih secara gigih dalam jangka kurun waktu yang lama, usaha terus-menerus yang membutuhkan kesabaran tinggi dan kordinasi handal.


9. Formasi Jaring Ikan lembah putus cinta
cerita: ROCH
pengguna: keluarga Gongsun

Formasi Jaring Ikan keluarga Gongsun ini menggunakan jaring ikan sebagai senjata utamanya. Setiap jaring ikan, terdapat mata pisau kecil. Formasi ini menggunakan empat orang untuk memegang sebuah jaring, dan mengepung empat arah, sehingga total adalah enam belas orang. Pada jaring juga terdapat magnet, sehingga orang yang melempar senjata rahasia, jika terbuat dari besi atau logam sejenisnya, akan nempel ke magnet, yang membuat senjata begitu jadi tidak efektif. Yang Guo kewalahan tidak bisa menembus formasi ini saat full-team, hanya bisa lepas setelah Gongsun Lu'e berpura-pura kaki terkilir dan kemudian digantikan oleh anggota muda yang kurang pengalaman. Korban lain adalah Zhou Botong, dia juga pernah gagal menembus formasi ini, beruntung salah satu murid kurang waspada setelah berhasil menangkapnya sehingga si bocah tua nakal mengambil kesempatan emas itu. 


8. Formasi Dinding partai pengemis (Bujian)
pengguna: partai pengemis
cerita: LOCH

Formasi dinding ini menggunakan sekitar enam belas atau tujuh belas orang untuk membentuk sebuah dinding yang kokoh, dengan dipimpin oleh satu orang pengemis kantong delapan setiap dindingnya. Mereka bergandengan tangan satu sama lain dan membentuk dua baris yang kokoh, kemudian maju menyerang lawan. Biarpun lawan berhasil menghancurkan atau menghindar dari lapis pertama, maka akan ada lapis kedua, lapis ketiga yang terus menerjang tanpa henti, seperti gelombang besar. Guo Jing gagal menembus pertahanan dari formasi Dinding partai pengemis ini.


7. Formasi Penakluk Iblis
cerita : HSDS
pengguna: Shaolin


Tiga biksu Shaolin generasi Du melakukan meditasi dan menjaga tahanan dengan duduk dibawah pohon besar, jika ada musuh yang melakukan penyerangan, mereka akan menggunakan formasi penakluk iblis, mereka tidak akan bergerak kesana kemari, tetapi tetap duduk berdiam diri dibawah pohon, mereka akan menggunakan tali kulit pohon yang sangat panjang sebagai senjata untuk menyerang dan terkadang menggunakan LDA (serangan jarak jauh Qi menggunakan tenaga dalam). Ketiga biksu generasi Du ini telah puluhan tahun bersama, pikiran mereka terjalin sinkronisasi secara otomatis, dapat melakukan serangan terpadu dan terorganisir tanpa perlu saling berbicara. Zhang Wuji gagal mengalahkan formasi ini dalam semua tiga kali percobaan.


6. Great Arhat Formation  atau Formasi Luohan 
pengguna: Shaolin
cerita: DGSD

Great Arhat Formation ini muncul di DGSD , waktu mengepung Xiao Feng dan para pendekar di Shaolin untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.
ataupun yang sebelum kemunculan Xiao Feng di Shaolin ,saat mengepung anggota partai Xingxiu. Menggunakan ratusan biksu. Dikatakan formasi ini selama ratusan tahun tidak pernah ditunjukkan ke orang luar. Ratusan biksu (sampai dengan 500 biksu maksimal), terbagi menjadi beberapa bagian berdasar warnah jubah dan senjata mereka. Jubah merah, kuning, abu-abu, hitam, kemudian senjata-nya ada; golok, pedang, tongkat, rake (semacam senjata mirip tu pat kay di monkey king). Formasi ini mengepung lawan dengan rapat, sehingga seekor lalat pun akan sulit lolos.


5. Formasi Pedang Enam Nadi
pengguna: enam biksu Kuil Naga Langit
cerita: DGSD


Saat Jiumozhi mendatangi kuil Naga Langit di negeri Dali, dia menantang para biksu Naga Langit untuk memamerkan kehebatan dari ilmu pedang 6 nadi. Sayangnya tidak ada satupun biksu yang mampu mempelajari semua 6 nadi, sehingga mereka mengakali dengan enam orang biksu masing-masing mempelajari satu nadi, membentuk sebuah formasi yang menggunakan enam orang untuk melawan Jiumozhi. Tanpa menggunakan cara licik, Jiumozhi tidak bisa mengalahkan formasi ini.




penjelasan Bintang Biduk dari buku LOCH
cetakan gramedia terjemahan Robi Wijaya


4. Formasi Bintang Biduk 
cerita: LOCH, ROCH
pengguna: Quanzhen

Formasi yang diciptakan oleh Wang Chongyang dari Quanzhen ini berdasarkan rasi bintang biduk. Formasi ini memiliki tiga versi , dan kalau mau lebih detail bisa dibilang 4 versi. Membutuhkan tujuh orang dalam mengoperasikan formasi ini, Empat orang berada di titik yang membentuk kepala, tiga orang membentuk pegangan. Posisi Tian Quan adalah yang paling penting karena menghubungkan "kepala" dan "pegangan", sehingga biasa diduduki oleh murid Quanzhen terkuat, yaitu Qiu Chuji. Saat ketujuh murid Quanzhen melawan Huang Yaoshi dengan formasi ini, Huang Yaoshi tidak dapat mengalahkan mereka dan berakhir imbang. Biarpun kekuatan formasi ini kuat dan dalam, tetapi kekurangannya adalah jika tidak lengkap tujuh orang, maka kekuatannya akan patah dan jauh berkurang. Itu adalah versi pertama. 

Versi kedua adalah Bintang Biduk Besar, yang menggunakan sembilan-puluh delapan orang dalam pengoperasiannya, sembilan-puluh delapan orang itu akan membentuk dua formasi Bintang Biduk Besar yang berbeda bentuknya; satu aneh, satu standar. 

Versi ketiga adalah yang baru diciptakan agak belakangan, saat kedua murid utama telah meninggal, sehingga mereka tidak lengkap tujuh orang, Quanzhen kemudian me-modif formasi ini agar bisa digunakan tanpa perlu tujuh orang, misalkan tiga, empat, atau lima orang.

Dalam satu kesempatan, Guo Jing pernah membantu memperkuat formasi Bintang Biduk dengan menduduki titik Bintang Kutub Utara, titik posisi ini diluar daripada formasi Bintang Biduk, dengan menahan kuat posisi ini, maka Formasi Bintang Biduk tidak bisa dihancurkan.   



3. Formasi Dua-Puluh Delapan Bintang 
cerita: ROCH
Pengguna: Pulau Persik


Setelah melawan tujuh murid Quanzhen, Huang Yaoshi merasa kagum dengan formasi Bintang Biduk Besar, kemudian menciptakan formasi sendiri untuk men-counter formasi milik Quanzhen itu, terciptalah formasi 28 Bintang. Formasi ini awalnya diterapkan untuk dunia persilatan, ternyata pada akhirnya digunakan Huang Yaoshi untuk peperangan. Formasi ini menggunakan ilmu 5 unsur, sehingga memerlukan lima petarung kuat untuk menduduki posisi barat, timur, selatan, utara, dan tengah. Setiap posisi unsur ini memiliki tujuh bintang yang diwakili oleh tujuh orang terpilih, terkecuali posisi tengah tidak ada bintang. Setiap bintang akan membawahi seribu orang prajurit, sehingga totalnya adalah 28 bintang dan 5 unsur. Kekurangan dari formasi ini adalah membutuhkan banyak orang.


2. Formasi Golok dan Pedang Yin-Yang
cerita: HSDS 
pengguna: Huashan, Kunlun

ilmu golok Yin-Yang partai Huashan dan ilmu pedang Yin-Yang partai Kunlun mengikuti aturan kutub yin-yang, perubahannya sangat banyak. Jika kedua ilmu itu digabung, akan membentuk dua kutub Yin-Yang , yang kemudian menjadi empat gejala, menjadi delapan-trigram, delapan-trigram menjadi 64 jurus, setiap jurus memiliki 64 variasi, totalnya adalah 4096 perubahan. Yin-Yang bersatu, air-api melengkapi. Kedua ilmu ini ada perbedaan positif-negatif, tapi sama-sama menggunakan ilmu 8-trigram Fuxi(bagua), jadi masih sejalan. Dikatakan empat orang Huashan+Kunlun yang bertarung dengan Zhang Wuji hanya menguasai 20-30 persen, jika tidak Zhang Wuji akan dikalahkan dengan mudah sejak awal. ini adalah formasi yang rumit dan memiliki perubahan banyak. Jika Zhou Zhiruo tidak membantu Wuji dengan menjelaskan teori 8-Trigram pada posisi langkah kaki empat orang itu, maka Wuji pun kemungkinan akan kalah.




1. Formasi Zhenwu (atau tujuh zhenwu)
cerita: HSDS
pengguna: Wudang


formasi ini diciptakan oleh Zhang Sanfeng saat dulu dia melihat patung Kura-kura dan ular yang berada di depan Zhen Wu, saat dia memikirkan kelincahan serangan ular dan kelambatan gerak kura-kura, dia memadukan unsur keduanya dan mengembangkan ilmu yang mewakili kedua sifat ini. Dari melihat Gunung ular yang bentuknya meliuk-liuk dan gunung kura-kura yang bentuknya mantap, ia menciptakan ilmu baru. Dia mengajarkan ketujuh muridnya ilmu baru berbeda untuk formasi ini. Ketujuh muridnya memiliki keunikan ilmu sendiri masing-masing, setiap orang memiliki keunggulan sendiri. Tetapi saat mereka bersatu padu, sesama saudara akan saling melengkapi dan menutupi kekurangan , saat menyerang kekuatannya akan bertambah berkali lipat. Saat Tujuh murid  bersama menyerang menggunakan formasi ini dikatakan seperti kekuatan 64 orang petarung kelas satu, padahal masa itu petarung kelas satu pun jumlahnya paling cuma tiga puluh orang. Sayangnya formasi ini tidak pernah dikeluarkan sekalipun .  (edisi 1,2 Yin Susu diminta sebagai pengganti orang ke tujuh saat hampir bertarung dengan 7 biksu shaolin, edisi 3 paragraf ini dihapus, dan jadi 6vs6)

----

catatan 1:
Selain ketiga-belas formasi yang terkenal diatas, tentu saja terdapat beberapa formasi lain yang ga kalah hebatnya seperti ; Formasi Pedang Arhat dari Shaolin, Formasi Pedang Kekacauan dari Kunlun, Formasi Pedang Plum Musim Dingin Kunlun di HSDS, Formasi Pedang Tiga Unsur Qinghai, Formasi Pedang Lima Unsur, dan lain-lain.


catatan 2:
  • yang seperti duet dua orang atau kombinasi dua orang tidak dimasukin dalam daftar, seperti Yang Guo dan Xiao Long nu, mereka disebut duet ilmu pedang, bukan formasi.
  • Enam orang aneh Jiangnan ada formasi palsu, tapi itu bukan Formasi dalam arti sesungguhnya, hanya untuk mencegah punggung mereka tidak diserang.
  • Formasi Batu dan Formasi Bagua Pulau Persik tidak termasuk karena bukan formasi manusia
  • formasi Ular dari partai Unta Putih Ouyang juga tidak termasuk karena bukan formasi manusia tapi binatang
  • formasi Catur Zhen Long partai xiaoyao juga tidak termasuk karena bukan formasi manusia tapi benda mati
  • Enam dewa persik di SPW yang memutus bagian tubuh lawan bukan formasi, tapi kombinasi jurus dalam sekali gerak
  • Tiga utusan ming persia juga bukan formasi, karena mereka hanya sering bertarung bersama tanpa menggunakan rumus formasi 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar