HSDS2019

HSDS2019

Jumat, 08 Januari 2021

Apakah Benar Sekte Matahari Rembulan adalah reinkarnasi dari Sekte Ming di HSDS?

 


Apakah Benar Sekte Matahari Rembulan (Sun Moon Cult) di SPW adalah reinkarnasi dari Sekte Ming (Ming Cult) di HSDS?


pertama yang harus dibahas adalah fakta apakah hal ini ada di bahas atau disebut dalam novel HSDS atau SPW. Jawabannya adalah Tidak, baik di novel HSDS ataupun SPW tidak pernah dibilang sama sekali bahwa sekte Matahari Rembulan adalah reinkarnasi dari sekte Ming di HSDS.

Jadi lanjut ke bagian kedua, yaitu menggunakan pendekatan atau pembuatan Teori/hipotesa/spekulasi/asumsi/dugaan atau apapun itu bahasanya. 

Teori ini pertama kali muncul dari komunitas Tiongkok (tidak tahu siapa nama orang yang duluan), yang dimana mereka melihat nama mandarin sekte Ming (明) jika dipecah menjadi dua kata maka menjadi sekte Matahari Rembulan (日 月).

komunitas Tiongkok yang menciptakan teori ini juga sebenarnya menciptakan teori bahwa ilmu Penghisap Bintang adalah ciptaan Fan Yao, biasa dijadikan satu artikel gitu. Saya sendiri tidak pernah cari tahu apa alasan mereka berasumsi begitu, karena saya tidak tertarik dengan teori terakhir ini.

Jadi selanjutnya kita bahas kumpulan poin plus-nya (atau teori pendukung atau kemiripan antara dua sekte itu), apa saja:

  • Nama sekte Ming (明) jika dipisah menjadi sekte Matahari Rembulan (日 月)
  • setelah posisi tertinggi yaitu Ketua Agama, ada posisi Utusan Terang Kiri dan Utusan Terang Kanan
  • sama-sama sekte sesat/iblis 

kemudian selanjutnya adalah poin minus-nya (atau point penolakan atau ketidaksamaan antara dua sekte):

  • Baju/seragam/pakaian resmi sekte Ming adalah warna putih, sedangkan sekte Matahari Rembulan adalah warna hitam (pada kemunculan kembali Ren Woxing, uda pakai warna-warni)
  • struktur organisasi selain utusan terang kiri dan kanan, beda total. Di sekte Ming ada Empat Raja, Lima Penggembala, Lima Panji. Sedangkan di sekte Matahari Rembulan ada-nya Sepuluh Tetua, Empat Aula, Dua Belas Pengawas Dupa.
  • Markas sekte Ming berada di pegunungan Kunlun atau jauh di Barat, sedangkan Sekte Matahari Rembulan berada di puncak Kayu Hitam yang agak ke timur
  • Fungsi Sekte Ming selain mengusir Mongol adalah membantu rakyat jelata dari tindasan penguasa, menolak jabatan pemerintah. Sedangkan sekte Matahari Rembulan mempunyai misi yang lebih ambisius dalam hal penguasaan dan penaklukkan.
  • Sekte Ming memiliki aturan tidak makan daging alias Vegetarian (cuma makan sayur), sedangkan sekte Matahari Rembulan tidak ada aturan itu dan boleh makan daging
  • Sekte Ming ada aturan setelah mati, saat dikubur itu semua pakaian dilucuti, sekte Matahari Rembulan tidak ada
  • Sekte Ming ada hubungan dengan Sekte Ming Persia, sekte Matahari Rembulan tidak ada
  • sekte Ming ada hubungan dengan sekte Mani(Manichaeism) dan Zoroastrianism, sekte Matahari Rembulan tidak ada
  • sekte Ming ada menyembah api , sekte matahari rembulan tidak ada 
  • ilmu mereka beda dan tidak ada yang sama, seperti ilmu utama Sekte Ming adalah ilmu Membalikkan Langit dan Bumi, sedangkan ilmu utama sekte Matahari Rembulan adalah ilmu Menghisap Bintang (kemudian belakangan juga ada ilmu Bunga Matahari yang didapat dari hasil rampasan/curian)
sekte Matahari Rembulan ada posisi wakil ketua, tapi tidak tahu apakah itu hanya ada di era Dongfang Bubai atau gimana, tapi Ren Woxing sempat pernah nawarin posisi wakil ketua kepada Linghu Chong juga.

pada novel HSDS edisi 1/2, disebut Zhu Yuanzhang menghabisi sekte Ming secara total, yang kemudian orang menduga bahwa sisa-sisa orang sekte Ming kemudian membuat ulang sekte baru dengan nama lain agar tidak ketahuan. Menurut saya, Zhu Yuanzhang bukan orang yang begitu bodoh dan tidak kompeten sampai dia tidak tahu sekte yang dia targetin itu bangun kembali dan dia tidak bertindak apa-apa ataupun tidak tahu sama sekali.
Dan kemudian, sayangnya di HSDS edisi 3 ada terjadi revisi, dimana Zhu Yuanzhang sudah tidak sekejam itu, jadi kehancuran sekte Ming bukan karena langsung oleh Zhu Yuanzhang semata, dikatakan karena sekte Ming sering menolong rakyat jelata yang ditindas pemerintah, sehingga pemerintah memusuhinya, dan karena tidak ada pemimpin/ketua selanjutnya yang kompeten, sehingga sekte Ming pelan-pelan menurun, dan  kemunduran sekte Ming itu waktunya lama (tidak langsung). Jadi jika tidak dibasmi oleh Zhu Yuanzhang, tidak perlu lagi untuk mendirikan sekte baru dan mengubah nama.

Kemudian ini yang paling penting, di halaman Baidu (wikipedia-nya Tiongkok) juga memberikan keterangan bahwa tidak ada hubungan atau kaitan antara kedua sekte ini secara tegas, dengan mengutip perkataan Jin Yong dalam suatu kesempatan.
Jadi sempat ada seorang wanita pemandu yang membahas karya saat Jin Yong mengunjunginya, dan ada pembahasan menyangkut ini, yang kemudian Jin Yong memotong kalimat si wanita dan memberi penjelasan tentang ketidak-keterkaitan antara kedua sekte. Ini adalah teks original sumbernya :

" 日 月 神 教 " 不 是 " 明 教 "
昨 日 , 晋 江 草 庵 。 导 游 肖 小 姐 向 金 庫 先 生 介 绍 摩 崖 石 刻 时 , 提 到 " 您 笔 下 的 明
教 教 徒 任 我 行 、 张 无 忌 ......." 这 时 , 一 直 沉 默 聆 听 的 金 先 生 立 刻 打 断 了 小 肖 的
话 , 说 :" 任 我 行 是 日 月 神 教 的 , 张 无 忌 才 是 明 教 的 。" 接 着 , 金 先 生 还 向 众 人
解 释 了 " 日 月 神 教 " 不 是 " 明 教 " 的 原 因 。 他 说 , 所 谓 的 " 日 "、" 月 " 并 不 像 人 们 想 像
中 的 由 " 明 " 字 拆 开 来 的 。
人 们 心 目 中 的 摩 尼 教 印 象 很 多 来 自 于 金 先 生 的 武 侠 小 说 。 张 无 忌 、 小 昭 等
个 个 棚 相 如 生 的 形 象 都 让 人 难 忘 。 不 少 读 者 误 以 为 金 小 说 中 的 日 月 神 教 即 是
明 教 , 以 为 是 明 教 在 被 朱 元 夺 取 政 权 之 后 , 教 众 流 落 民 间 , 而 取 " 明 " 之 意 为 " 日
月 神 教 "。 晋 江 博 物 馆 的 吴 馆 长 告 诉 记 者 , 以 前 来 参 观 的 游 人 很 多 都 到 , 日 月 神
教 是 否 明 教 的 " 明 " 字 拆 开 而 来 的 , 金 先 生 在 此 明 确 了 只 有 张 无 忌 才 是 摩 尼 教
徒 , 这 就 能 让 人 们 对 明 教 有 更 多 的 了 解 。 口 本 报 记 者 张

Quanzhou Evening News [reference date 2013-07-11]

----------

kesimpulan:
Rasanya mengaitkan antara kedua sekte dengan hanya berdasarkan "Nama Sekte" dan posisi Utusan Terang Kiri/Kanan , rasanya agak terlalu polos.
berdasarkan beberapa point diatas, maka jika saya ditanya apakah ada keterkaitan antara kedua sekte atau apakah Sekte Matahari Rembulan merupakan reinkarnasi dari sekte Ming, maka jawaban saya adalah Unlikely (kurang mendukung), tidak ada bukti-bukti yang cukup untuk hal itu. 


2 komentar:

  1. Spw itu serial apa min? Kalo hsds kan heavenly sword and dragon sabre

    BalasHapus
    Balasan
    1. SPW = smiling proud wanderer
      yang nomor 3 dari ini
      https://www.cerita-silat.net/2021/06/cerita-drama-wuxia-film-silat-mandarin.html

      Hapus