Apa Situs Cersil Dunia Kangouw dihapus?

dunia-kangouw

Dunia Kangouw - Mungkin rata-rata orang tahu situs ini, belakangan beberapa kali saya mengakses situs cerita silat Dunia Kangouw, tetapi tidak bisa, awalnya saya pikir hanya down, tetapi setelah beberapa minggu, nampaknya situs penyedia cerita silat ini benar sudah dihapus oleh pemiliknya.

update 31 maret 2022: 
di kolom komentar ada yang menjelaskan bahwa situs download cersil Dunia-kangouw bukan dihapus pemiliknya pak Edwin, tetapi karena melanggar kebijakan google (blogspot milik google), mungkin masalah lisensi dan hak cipta, sehingga di hapus google. Seperti diketahui selain cersil, juga ada komik barat dan lainnya, mungkin itu yang kena masalah lisensi.

Hal ini akan membuat semakin sedikitnya cara akses ke cerita silat di masa depan, karena dunia-kangouw merupakan tempat download cersil paling besar di Indonesia. Mau baca kho ping hoo atau chin yung? terpaksa harus lewat jalur alternatif.

Dunia kangouw merupakan bahasa hokkien dari Jianghu (江湖), yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi 'sungai dan telaga', atau 'sungai dan danau', yang secara harafiah berarti dunia persilatan.

Seperti yang diketahui bahwa topik cerita silat semakin menurun setiap tahunnya, era jaya keemasan dari tahun 1950-1990an sudah tidak bisa bangkit kembali. Padahal dulu saking banyak peminatnya, ada majalah khusus topik cersil seperti rimba hijau. Sudah jarang ada yang menulis cersil seperti Kho Ping Hoo, ataupun yang menerjemahkan / menyadur cersil mandarin, mungkin almarhum Tjan ID adalah penyadur aktif terakhir. Pihak percetakan pun ogah menerbitkan buku baru karena yang beli sedikit.

Sebelumnya ada Kangzusi yang dikelola oleh Dewi KZ, biarpun situs ini masih tetap bisa diakses, tetapi bagian download novel cerita silat sudah tidak bisa sama sekali, saya pernah dengar situs tersebut pernah terkena ddos attack yang menyebabkan akun tempat simpan file di suspen. Jadi sekarang Kangzusi hanya sebagai museum informasi database judul cerita silat.

Dengan demikian, website Kang Zusi dan blogspot Dunia Kangouw sudah tidak bisa, maka sudah tidak ada lagi situs yang menyediakan download cersil, jadi cuma bisa membaca secara online seperti di Wattpad, Indozone, dan lainnya ataupun download di facebook grup Forum Berbagi E-book.

Dulu sempat ada milis yahoo group bernama Mstjersil tempat saling berdiskusi dan berbagi informasi membahas seputar cersil, tapi kemudian yahoo memutuskan untuk menutup layanan Yahoo Group setelah 19 tahun eksis. Pengertian milis yang berarti mailing list pun punah.

Indozone sendiri saya lihat sudah tidak terurus, bahkan search engine (mesin pencari)-nya sudah error tidak diperbaiki selama beberapa tahun.


cersil kho ping hoo di dunia-kangouw
sumber gambar: minews.id


Bagaimana dengan komunitas internasional?

Nasibnya sama saja, dulu saya ingat ada banyak forum aktif yang ramai pengunjung dan anggota saling membahas dan diskusi; sebut saja Wuxiamania Phorumz, Wuxiasociety.org yang dibuat oleh temujin, juga Wuxiapedia yang menggunakan gaya wikipedia dalam menyajikan informasi yang isinya sangat detail tidak bisa ditemui disitus manapun. Sebelum itu, saya juga pernah dengar ada old JinYong forum (sebelum zaman spcnet), tapi saya tidak tahu seperti apa forum itu.

Sekarang ini cuma ada Spcnet yang rasanya tinggal menunggu waktu sebelum ditutup, karena admin atau pemiliknya sudah menghilang lama tidak nampak batang hidungnya selama beberapa tahun.

Yang paling menyedihkan jika forum sebagus spcnet ditutup adalah informasi yang berharga didalamnya, dan karena banyak post bermutu, terlalu banyak sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan backup semuanya. 

Mirip kejadian saat penutupan Wuxiapedia ataupun forum-forum yang disebut diatas, bukan hanya artikel bagus, tapi juga novel hasil terjemahan bebas berbagai pihak pun hilang tidak bisa diakses lagi karena tidak ada yang sempat back-up, benar-benar hilang dari peredaran di dunia maya. Paling yang masih tampak adalah judul-judul cerita silat terkenal seperti dari Jin Yong atau Gu Long.

Semua informasi penting dan juga novel terjemahan akan menjadi abu yang tertiup angin.

Selain spcnet, mungkin sebagai cadangan, para pencinta wuxia hanya bisa berkumpul di "forum.wuxiasociety.com" , forum "wuxiasociety.freeforums.net" . dan facebook group. Tapi ya disitu sepi, tidak akan bisa seramai zaman dulu lagi.

Bagaimana dengan komunitas Tiongkok? karena disitu adalah kampung halamannya, saya lihat forum utama seperti kedai teh Jin Yong masih ada.


Penyebab Cerita Silat Menurun Popularitasnya

Menurut opiniku, penyebabnya adalah kegemaran masyarakat untuk membaca buku sudah menurun, orang lebih gemar bermain gadget, social media di ponsel, game ataupun aktivitas lainnya. Dulu tidak ada itu, sehingga orang lebih banyak menghabiskan waktu dengan membaca.

Anak muda zaman sekarang pun lebih memilih untuk menonton serial drama wuxia ataupun film, dibanding membaca buku. Menurut mereka lebih menyenangkan menonton dari layar dibanding membaca dan membolak-balik isi novel.

Belum lagi sekarang adalah zaman digital, semua serba download, selain tidak perlu capai dan repot ke toko buku, bisa dapat gratis lagi, jadi orang enggan membeli. Karena sedikitnya pendapatan, para penyadur pun malas, penerbit buku pun tidak mau rugi mencetak novel cersil yang jarang pembeli. 

Lihat saja Robi Wijaya yang tahun 2014 menerjemahkan 'Trilogi Pendekar Rajawali' yang menggunakan edisi revisi terakhir (edisi 3) dan kemudian diterbitkan oleh Gramedia, karena kurang laku sehingga hanya menerjemahkan tiga judul itu, padahal dia sudah memiliki lisensi untuk judul novel Jin Yong lainnya.

Topik genre Cerita Silat di China masih cukup banyak penulisnya, tetapi mayoritas sudah memilih genre XianXia ataupun Xuanhuan yang lebih fantasi, sedangkan genre Wuxia tradisional atau klasik sangat sedikit jumlahnya, jika ada yang menulisnya pun judul tersebut tidak bisa menjadi terkenal seperti genre xianxia atau xuanhuan.

Jadi intinya adalah perubahan zaman.


Akhir Kata

Apa yang harus dilakukan ke depannya agar cersil tidak semakin menurun, atau bahkan punah? Tidak ada, ikuti saja air sungai mengalir atau arah berhembusnya angin, seperti prinsip Tao.

Salam,
Anthony Tumiwa
(admin Wuxia Indonesia)


Next Post Previous Post
8 Comments
  • gh
    gh 25 Maret 2022 11.49

    Situs "dunia-kangkouw.blogspot.com" bukan di-delete oleh pemiliknya (Pak Edwin) tapi dihapus oleh goole (pemilik "blogspot.com"). Seperti kita ketahui situs dunia-kangouw itu belakangan tidak hanya berisi cersil saja tapi sudah ber-macam2. Jadi kemungkinan dilaporkan oleh Disney (pemilik Marvel, yg komiknya di-upload di situs itu), atau mungkin juga oleh pemegang hak cipta komik lokal (saya tdk sebutkan siapa, tapi tahu sendirilah yg mana).

    • Wuxia Indonesia
      Wuxia Indonesia 25 Maret 2022 13.13

      oh terimakasih informasinya.
      Ada cara menghubungi pak Edwin? Mungkin jika hanya memuat halaman download cersil itu akan aman-aman saja ya, jadi bisa taruh disini

    • gh
      gh 25 Maret 2022 21.28

      Saya pernah komen beberapa kali di situs itu tapi tdk tahu email beliau.

      Jika hanya memuat halaman download cersil maka situs itu akan aman2 saja. Masalahnya yg di-upload adalah Cergam lokal yg meskipun jadul tapi hak ciptanya sdh dibeli oleh pemilik baru beberapa th yg lalu. Dan pemilik baru itu sangat giat menghapus situs2 yg memuat Cergam2 tsb. Contohnya adalah komik Si Buta dari Gua Hantu karya Ganes TH. Meskipun komik itu sdh tdk beredar lagi tapi jangan salah, hak ciptanya sdh berganti pemilik yg baru, jadi meskipun pengarangnya sdh meninggal dan penerbitnya sdh almarhum, tapi jangan sekali-kali meng-upload komik itu, begitu pula komik Superhero2 lokal lainnya spt Godam, Gundala, dll.

      Jika mau aman: 1. jangan memakai situs2 gratisan spt Blockspot.com, atau lainnya, hosting saja pakai site provider luar Indonesia, 2. backup datanya, dan 3. Jangan meng-upload Cergam2 yg hak ciptanya belum kadaluarsa.

  • Herman
    Herman 5 April 2022 22.39

    sayang sekali blog cerita silat dunia-kangouw.blogspot.com sudah tidak bisa diakses lagi padahal Beta sangat suka sekali membaca cerita cerita silat djadoel karya Khoo Ping Hoo , Karya Djin Yong , etc

    Lantas apakah ada alternatif lain di situs web mana yang menyediakan cerita cerita silat dalam bahasa Indonesia ? Terimakasih Ale ( Admin )

  • Unknown
    Unknown 9 April 2022 06.36

    Ada yg bisa bantu di adain lgi ga ya...

  • Kecarat
    Kecarat 5 Mei 2022 11.07

    Saya sangat kecewa dg dihapusnya situs cersil dunia kangow.. dulu blm sempat donlot banyak :) hari ini hasil donlotan sy sdh habis sy baca, mau donlot lagi eehh tenyata situsnya sdh ga ada... Dari kecil sy suka sekali baca cersil terutama yg ada kaitannya dg sejarah kerajaan2 di tanah air.

  • Indra Takaful
    Indra Takaful 5 Mei 2022 22.16

    Klo bilang udah bukan zamannya, dulu saya mulai kenal kho ping hoo thn 90-an juga sudah bukan jamannya. Waktu itu yg booming komik silat spt tiger wong dll. Tp krn dulu masih ada tempat sewa buku, jadi karya2 jadul msh mudah kita temui. Mudah2an dengan adanya situs seperti milik admin ini, dunia kangouw,dll.bisa membantu melestarikan karya2 masterpiece dari cersil. Bukan mustahil dari situ akan ada yg terinspirasi muncul lagi karya yg bagus, mampu menyesuaikan dengan zaman skrg. Karena saya yakin cersil ini masih ada marketnya.

  • David J
    David J 24 Mei 2022 18.25

    Pemilik web dunia kangouw itu Om Edwin Sampurno.Terus terang saya sudah memprediksikan bahwa web itu akan hilang kayak kangzusi makanya tahun 2020 saya ngebut,saya download sebanyak-banyaknya,puji Tuhan semua Cersil sudah aku download minusnya beberapa komik karna aku kurang suka komik.Saya tahu nama Om Edwin Sampurno karna pernah saya lihat dia komen minta persetujuan admin di grup itu agar ia bisa share ebook Cersil di webnya.Salam penggemar Cersil dari Tondano Sulut🙏.

Add Comment
comment url