[flashback] Syuting Bu Yi SHen Xiang, Wen Rui An Turun Tangan Langsung

Chinese Drama Bu Yi SHen Xiang by Wen Rui An


Adaptasi Drama China Wuxia - Berita ini sebenarnya sudah lama, jadi saat saya mencari informasi tertentu soal Wen Rui An, ketemu berita ini, sekitaran bulan desember 2018 atau awal 2019. Menurut saya bagus untuk diliput, mengingat biasanya Wen Rui An tidak pernah hadir dalam produksi film dan drama yang diadaptasi dari novelnya, baik itu serial The Four Constables atau lainnya.

Serial drama yang diadaptasi dari novel Bu Yi Shen Xiang ini memiliki judul 布衣神相:杀人的心跳 atau jika diterjemahkan menjadi Fortune Teller God Bu Yi: Killer Heartbeat. 


 Lihat juga: Sinopsis Heroes 2022 


Seri novel wuxia Bu Yi Shen Xiang karangan Wen Rui An ini memiliki total enam judul novel, dan pernah diadaptasi ke serial drama sebanyak dua kali, yang pertama tahun 1984 dengan judul  The Invincible Fortune-Teller (aktor Liu Weimin, jumlah 22 episodes), dan yang kedua kali adalah tahun 2006 dengan judul Face To Fate yang pernah saya review sebelumnya. Novel Bu Yi Shen Xiang tidak pernah diterjemahkan atau disadur ke bahasa Indonesia (atau mungkin ada tapi saya tidak tahu).

Cerita Bu Yi Shen Xiang mengisahkan tentang seorang tokoh utama bernama Li Po-Yee (mandarin: Li Buyi) yang merupakan seorang peramal terkenal, dan dia akan bertemu dengan sahabatnya yang memiliki sifat bertolak belakang, Lai Yeuk-Yee (Lai Yao'er), seorang dokter/tabib sakti, mereka akan menghadapi kisruh dunia persilatan bersama. Nama hokkien mereka saya tidak tahu karena ga pernah disadur ke bahasa Indonesia.




Serial drama Fortune Teller God Bu Yi: Killer Heartbeat ini akan diproduksi atas hasil kerjasama perusahaan Huofeng Liaoyuan Films, Duole Film and Television, dan Wen Ruian Culture Media. Novelnya ada satu yang judul sama, yaitu novel pertama dari seri Bu Yi Shen Xiang, sehingga saya menyimpulkan adaptasi ini akan mengambil cerita dari novel pertama tersebut.

Wen Rui An saat konferensi pers berkata "Karya saya yang telah diadaptasi sebanyak 28 buah, kali ini saya benar-benar tersentuh oleh tim produksi, jadi saya mengejar yang ini!"


Wen Rui An


"Sebelumnya, 28 karya saya telah difilmkan, dan telah ada beberapa adaptasi terkait dengan Bu Yi Shen Xiang.  Tapi saya tidak hadir dan tidak berpartisipasi dalam pengontrolan produksi. Tapi kali ini, saya benar-benar tersentuh oleh mereka!" Ini mengungkapkan kepercayaan Wen Ruian pada tim produksi.

Dari pernyataan Wen Rui An itu, dia menklaim bahwa karyanya uda pernah 28x diadaptasi, dan karena pernyataannya dibuat bulan desember 2018, sehingga bisa kita simpulkan sampai waktu tersebut ada total 28 adaptasi tidak termasuk yang judul topik ini dan kedepannya. Saya cek tidak sebanyak itu, jadi saya tidak tahu kenapa dia bisa menyebut begitu banyak, mungkin tidak semua judul lengkap bisa didapat informasinya di internet.

Dalam pandangan Wen Ruian, drama fantasi populer (xianxia, xuanhuan), drama pertarungan istana (wuxia kerajaan), dan film laris bela diri Hollywood semuanya berasal dari Wuxia, jadi sebenarnya wuxia tidak menurun. 

Jiang Yi, seorang produser yang merupakan penggemar buku wuxia karangan Wen Ruian, mengungkapkan bahwa setelah peluncuran "Bu Yi Shen Xiang", ini akan menjadi tolok ukur untuk menciptakan "alam semesta Wen Rui An" yang benar-benar baru, sehingga semua orang dapat melihat kemunculan kembali film-film Wuxia.



Meskipun karyanya telah diadaptasi berkali-kali, ini adalah pertama kalinya Wen Ruian dapat datang ke lokasi konferensi pers secara langsung. Dapat dimengerti bahwa Wen Rui an akan berperan sebagai produser utama dan konsultan umum drama "Bu Yi Shen Xiang" kali ini, yang menunjukkan pentingnya serial drama tersebut.

Wen Ruian telah berulang kali menekankan bahwa yang paling ditakuti dari pihak produser adalah tidak membaca buku-buku Wen Rui An dalam mengadaptasi karyanya. Saat melakukan proses syuting, mudah untuk membuat stress dan kewalahan. Dan kali ini, Wen Rui An tak segan-segan untuk memuji tim produksi.

Wen Rui An bersama aktor tokoh Li Buyi


Dalam hal pemilihan aktor, Wen Ruian berulang kali memuji: 

"Saya telah melihat semua aktor utama, dan saya terpesona oleh mereka!" Dia mengatakan bahwa tokoh Li Buyi harus memiliki keraguan tentang dunia, serta memiliki sentuhan temperamen melankolis. Sang aktor yaitu Li Siyang, memiliki semuanya. 

Dan aktor untuk tokoh Lai Yaoer, Xia Ningjun, selain cukup tampan, juga bisa membuat orang merasa tragis sampai tulang rusuk. "Para aktor aktris semuanya sangat tampan dan cantik, saya harus menontonnya, wajib ikuti yang satu ini!" Selain pujian yang tinggi, Wen Ruian juga tidak lupa bercanda: "Bagi saya , satu-satunya kelemahan mereka adalah mereka terlalu tinggi. Sekarang ini saya merasa tegang berdiri bersama mereka!"



Bagi para aktor muda, untuk memerankan karya master Wen Rui An boleh dibilang telah memenuhi impian akting wuxia mereka sejak kecil hingga dewasa. Li Siyang berkata bahwa dia memulai pekerjaan untuk drama ini setengah bulan sebelumnya. Karena identitas Li Buyi adalah seorang ahli, ia berusaha untuk lebih profesional saat tampil. Xia Ningjun berkata bahwa dia telah menonton versi TVB dari "Face To Fate", ketika itu dia masih sangat muda, dan Lai Yao'er selalu menjadi karakter favoritnya. Untuk syuting adegan perkelahian, ia bergabung dengan grup lebih awal untuk memulai pelatihan.

Peluncuran "Bu Yi Shen Xiang" juga memberikan makna baru bagi semangat drama Wuxia di era baru. Dalam perencanaan secara keseluruhan dari produser utama Jiang Yi, adaptasi dari serial "Bu Yi Shen Xiang" hanyalah permulaan. Karena hampir semua novel Wen Ruian mengambil tempat dalam era zaman Dinasti Song dan Ming, mirip seperti dunia Marvel yang berdekatan timelinenya, sangat cocok untuk pengembangan serial untuk membentuk hubungan keterkaitan antara banyak karya Wen Rui An.

"Ada banyak pahlawan di dunia persilatan Wen Rui An. Mereka adalah sejumlah besar pria ksatria yang aktif di suatu era. Mereka memiliki peran yang saling terkait satu sama lain dan menghubungkan masa lalu dan masa depan.Wen Ruian berkata: "Saya harap semua orang dapat melihat kemunculan kembali film dan drama wuxia melalui "Bu Yi Shen Xiang!".

Sayangnya sampai sekarang, sudah 3 tahun lebih, serial drama ini belum juga tayang, bahkan menghilang kabarnya.




Sumber:

  • http://www.zhiyume.com/detail/2019010212453904883
  • https://www.sohu.com/a/285377265_114941
  • http://www.sh.chinanews.com.cn/yule/2018-12-29/50531.shtml


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url