Wen Rui An

Wen Rui An


cerita-silat.net - Wen Rui An (nama asli: Woon Swee Oan, nama lahir: Woon Liang Giok) adalah seorang pengarang cerita silat / wuxia generasi baru yang lahir pada tanggal 1 januari 1954. Wen Rui An terkenal karena cerita silat yang berjudul 4 Opas (The Four Constables / Si Da Ming Bu).

Wen Rui'an (mandarin: 温瑞安 atau 温凉玉 / pinyin: Wen Liang Yu) dianggap sebagai salah satu dari Empat Master Wuxia Baru bersama dengan Jin Yong, Gu Long, dan Liang YuSheng. Terkadang mereka disebut "Jin, Gu, Liang, dan Wen Empat Ahli Wuxia".

Wen Rui An merupakan pengarang wuxia tradisional atau klasik terkenal yang masih hidup saat ini, karena lainnya telah meninggal dunia. Dia masih tetap berkarya diumurnya yang sudah menginjak usia 68 tahun saat ini.


Lihat pula: Heroes 2022, serial drama terbaru berdasarkan adaptasi novel Wen Rui An, serta Sinopsis Heroes (2022).


Tempat kelahirannya memiliki dua sumber informasi yang berbeda, ada yang mengatakan Wen Ruian lahir di Perak, Malaysia , ada juga sumber yang menulis dia lahir di Meixian, kota Meizhou, provinsi Guandong, China. Tapi pastinya dia pernah tinggal lama di Malaysia, sebelum pindah ke Taiwan tahun 1973, dan kemudian pindah lagi ke Hong Kong. Tampaknya kelahiran Malaysia lebih tepat, sedangkan keluarganya turunan asal Meixian.



Selama di Taiwan pada tahun 1973, dia mulai mengarang novel fenomenalnya The Four Constables (4 opas) dan juga mendirikan komunitas pecinta puisi. Kemudian dia juga melanjutkan studi nya di Universitas Nasional Taiwan.

Selain menulis untuk berbagai majalah dan surat kabar di Taiwan, dia juga aktif menulis untuk majalah khusus wuxia, Wuxia Chunqiu (武俠春秋), di Hong Kong.

Wen Rui An bersama kekasihnya yang satu hobi,  Fang E'zhen, mendirikan komunitas puisi Shenzhou di Taiwan pada tahun 1976. Komunitas puisi ini cukup sukses dengan anggota sampai berjumlah 300 orang. Sayangnya mereka dituduh mempromosikan komunisme oleh pemerintah Taiwan karena saat itu suasana masih tegang dan politik merupakan isu sensitif. Mereka ditahan selama tiga bulan dan komunitas mereka ditutup paksa. Wen Rui An dideportasi kembali ke negeri Malaysia, setelah kembali ke Malaysia tidak lama kemudian Wen Rui An pindah ke Hong Kong dengan alasan pemerintah Malaysia juga mencurigai dirinya terkait dengan komunisme. 

Pada tahun 1981 di Hong Kong, Wen Rui An menerbitkan novel barunya yang berjudul Pahlawan Shenzhou (Shenzhou Qixia) untuk surat kabar Ming Pao yang didirikan idolanya, Jin Yong.

Wen Rui An sejak kecil sangat menyukai puisi, dia telah menulis puisi sejak masih kanak-kanak. Saat kelas tiga, dia dan kawan-kawan sekelasnya mengumpulkan sejumlah uang membeli perangko untuk mengirim puisinya berjudul "Bulan" di sebuah majalah Sastra Anak Hong Kong.

Puisi ini diterima oleh pihak majalah dan diterbitkan, yang kemudian mengudang pujian dari banyak pihak, bahkan penyunting majalah mengatakan kepadanya "Puisi kamu seperti bulan yang terang, bulat dan bercahaya." Kalimat pujian itu kemudian menginspirasi Wen Rui An dalam kehidupannya.

Suatu waktu Wen Rui An membaca novel Jin Yong, dan disitu dia mulai tergila-gila dengan cerita silat, jadi boleh dibilang Jin Yong merupakan sosok idola inspirasinya dalam mengarang novel wuxia. Menurut Wen Rui An, sosok Jin Yong merupakan penulis wuxia terbaik yang pernah ada, dan tidak mungkin bisa ditiru oleh orang lain.

Tidak kalah dengan puisinya, Wen Rui An juga mulai menulis di usia yang masih sangat dini, pada umur 9 tahun dia menulis cerita silat pertamanya dan menggambar sendiri ilustrasi gambarnya. Cerita wuxia pertamanya berjudul "Kisah Naga dan Harimau". Novel ini dibuat oleh Wen Ruian berdasarkan ide dan saran teman-teman sekelasnya.

Karangan wuxia pertamanya mendapat tuaian pujian dan membuat gempar satu sekolah, para siswa menyukai cerita Wen Rui An, hal itu membuatnya semakin bersemangat untuk membuat karya selanjutnya.  Karya wuxia keduanya berjudul Gerobak Sungai Darah yang dibuat saat dia umur 10 tahun.

Saat Wen Rui An dipenjarakan pada tahun 1973 di Taiwan atas tuduhan komunisme, dia tidak pantang mundur dan masih menulis novel selama di penjara. Bahkan selama di penjara, para polisi dan penjaga penjara (sipir lapas) setelah membaca hasil cerita silatnya, kemudian menjadi pembaca dan penggemar setianya. Novel pertama dari seri Heroes (Legenda pahlawan / pendekar sejati), dan judul Strong and Extremely Soft to Alliance disiapkan Wen Rui An selama masa di penjara Taiwan.

Saat ini Wen Rui An yang sudah berumur 60an tahun masih aktif menulis, dan hasil karyanya terlalu banyak, sehingga agak sulit mengumpulkan semua judulnya sebagai daftar dalam database. Hobi menulisnya sangat kuat, seolah menjadi makananna sehari-hari, dia malahan mengatakan bahwa menulis merupakan cara dia untuk menghilangkan stress. Secara total dia sudah membuat beberapa ratus karya.


Karyanya yang paling terkenal adalah 4 Opas (the four), seri ini membuat namanya meroket. Terdapat berbagi sumber informasi yang berbeda tentang kapan dia mulai menulis 4 Opas, satu sumber mengatakan umur 23 tahun (min.news), ada juga yang bilang 19 tahun, terus ada juga yang bilang 16 tahun. 

Saat masa-masa awal tenarnya, terdapat banyak versi bajakan Wen Rui An beredar di pasaran, juga versi palsu yang mengatas-namakan dirinya. Tentu saja hal itu membuat dia jengkel, kemudian dia pergi ke pabrik pencetak buku palsu itu. 

Tetapi saat sampai kesana, dia berubah pikiran. Dia melihat banyak para pekerja yang bertelanjang dada tetap bekerja dengan tekun di musim dingin. Para pekerja itu berotot, dan bertato besar ditubuh. Wen Rui An merasakan aura dunia persilatan saat melihat mereka, kemudian meninggalkan mereka dan tidak lagi berusaha menuntut mereka. Malahan dia mengatakan kalimat seperti sedang di dunia persilatan. "Saya sangat senang bisa bertemu kalian di jalan yang sempit ini, jadi sampai jumpa."

Pada tahun 1983, stasiun TV asal Hong Kong, ATV, merekrut Wen Rui An untuk menulis naskah film silat untuk mereka. Pada tahun yang sama, karya-karyanya diterbitkan oleh Bok Yik (博益), sebuah sub-perusahaan di bawah TVB. Novel wuxia-nya kemudian dirilis ulang oleh penerbit Taiwan, Wansheng (萬盛). Seri novel 4 Opas (the four constables) dan Buyi Shenxiang (布衣神相) juga diadaptasi oleh ATV menjadi serial drama televisi.

Pada tahun 1988, perusahaan Taiwan CTV pertama kali memproduksi serial tv adaptasi dari serial 4 opas. Wen Rui An juga menulis serial wuxia di surat kabar Taiwan China Times dan United Daily News. Pada akhir tahun itu juga, dia mendirikan perusahaan majalahnya sendiri di Hong Kong untuk mempromosikan cerita Wuxia "era gaya baru. Dari tahun 1990 hingga 1998, Wen Rui An banyak menghabiskan sebagian besar waktunya di China.




Sumber informasi dari situs Baidu dan inf.news

- saya sengaja membuat kolom khusus dari sumber ini , karena diragukan keakuratannya. -

Wen Ruian mulai menerbitkan puisi di Hong Kong, pada usia 8 tahun, mendirikan komunitas puisi Xuewen pada usia 9 tahun, mengedit publikasi pada usia 13 tahun, dan menerbitkan novel seni bela diri dari seri "4 Opas". pada usia 16. Dia mendirikan komunitas puisi dan sastra di Taiwan, ketika dia masih mahasiswa.

Wen Rui An telah menerbitkan hampir 800 buku, lebih dari 700-nya adalah novel cerita silat atau wuxia. Termasuk buku palsu, total ada lebih dari 1.860 jenis buku, dan hampir 1.200 jenis buku asli resmi.

Pada 1970-an, dia menulis novel fantasi, horor, penalaran, psikologi, dan roman modern.

Pada tahun 2000, Wen Rui'an telah menulis hampir 20 juta karakter, dan menerbitkan karya dalam berbagai bahasa dan versi, dengan total hampir 2.000 jilid. Karya-karyanya yang telah diadaptasi ke serial televisi dan film adalah sebanyak 35 kali oleh berbagai perusahaan studio televisi.


Novel wuxia terkenalnya

  • Seri 4 Opas / The Four / Si Da Ming Bu series = 7 judul
  • Seri Pengemis-Dokter / Buyi Shenxiang series = 6 judul
  • Seri Pendekar Shenzhou / Shenzhou Qixia series = 14 judul
  • Seri Pendekar Sejati / Shuo Yingxiong, Shei Shi Yingxiong series = 10 judul
  • Xiandai series = 7 judul
  • Seri Tujuh Geng, Delapan Masyarakat, Sembilan Aliansi = 11 judul
  • dan ratusan judul lainnya
Wen Rui An juga sangat banyak menghasilkan novel jenis cerpen (cerita pendek) seperti judul Saudaraku, pinjamkan kepalamu! , dan lainnya. Jumlahnya yang terlampau banyak sehingga sulit untuk ditelusuri semuanya, tetapi jika ingin tahu sebagian diantaranya ada di halaman wikipedia inggris dan baidu.

Seri Pendekar Sejati saduran Indonesia

Judul MandarinPin YinJudul Indonesia
溫柔的刀Wenrou De DaoGolok Kelembutan
一怒拔劍Yinu BajianPedang Amarah
驚艷一槍Jingyan Yi QiangTombak Kecantikan
傷心小箭Shangxin XiaojianAnak Panah Peluka Hati
朝天一棍Chaotian YigunToya Penghancur Langit
群龍之首Qunlong Zhi ShouPentolan Kelompok Naga
天下有敵Tianxia YoudiAda Musuh Dikolong Langit
天下無敵Tianxia WudiTiada Tandingan Dikolong Langit
天下第一Tianxia DiyiNomor Satu Dikolong Langit
天敵TiandiTanpa Tandingan

Seri 4 Opas saduran Indonesia

  1. Pertemuan di Kota Raja
  2. Misteri Lukisan Tengkorak

Seri Kesatria Baju Putih saduran Indonesia

  1. Pendekar Sejagat 
  2. Pertarungan di kota Chang An
  3. Panji Akbar Matahari Terbenam
  4. Wisma Pedang
  5. Puteri Es

Lainnya

  1. Jangan Ganggu Aku
sumber: kangzusi. (jika kalian punya sumber yang lebih lengkap dan update, silahkan bilang di kolom komentar)


Diadaptasi ke drama atau film

  • The Four = 15x
    • The Undercover Agents (ATV, 1984)
    • The Return of the Undercover Agents (ATV, 1985)
    • 霹雳神捕 (Taiwan CTV, 1989)
    • Four Famous Fighting Generals (2001)
    • Treacherous Waters / Ni Shui Han (2004)
    • Musketeer and Princess / 名捕震关东 (2003 atau 2004)
    • The Four Detective Guards / 四大名捕会京师 (2003 atau 2004)
    • The Four (TVB, 2008)
    • Trilogi film The Four (2012-2014)
    • 四大萌捕 (2014)
    • The Four (2015) (Hunan TV, 2015)
    • 四大名捕之入梦妖灵 (2018)
    • 四大名捕之食人梦界 (2019)
  • Buyi Shenxiang - Face To Fate = 2x
  • Shuo Yingxiong, Shei Shi Yingxiong series = 2x
  • Xiandai series = 1x
    • The Assassin (1993, film)
  • Shenzhou Qixia series = 1x
    • Road for the Heroes (1992), berdasarkan 闖蕩江湖
  • Sebagai produser film dari Return of the Bastard Swordsman (1984)


Rumor Adaptasi TV yang akan Datang

  1. 白衣方振眉  (Baiyi Fang Zhen Mei series )
  2. 布衣神相 (Face to Fate series) 
  3. 逆水寒 (ni shui han, the Four series)

Adaptasi Komik / Manhua

  • 4 Pendekar / The Four Warriors / The Four constables
  • Pendekar Sejati (seri Heroes, versi Indonesia tidak tamat cuma ambil cerita dari buku pertama)
  • Legenda para Pendekar (ini semacam fanfic gabungan tokoh-tokoh berbagai novel Wen Rui An)
  • Chinese Miracle Man

catatan: biasa versi adaptasi komik digambar oleh Andy Seto atau Tony Wong.

Pendekar Sejati | sumber foto: bukalapak


Next Post Previous Post
1 Comments
  • Kresna
    Kresna 5 Juni 2022 23.39

    Sayang di Indonesia susah sekali menemukan karya beliau dengan lengkap, seri pendekar sejati saja hanya sampai No.8. saya tidak pernah menemukan No.9 dan 10 nya.

Add Comment
comment url