Manfaat Pencak Silat Bagi Tubuh dan Tekniknya yang Wajib Dipelajari



PencakSilat
para pendekar latihan bela diri pencak silat


 Wuxia Indonesia, cerita-silat.net - Bagi sebagian orang merasa bahwa berolahraga adalah suatu hal yang cukup untuk memenuhi kebugaran serta kesehatan tubuh, padahal ada salah satu cabang olahraga dan seni bisa dijadikan alternatif untuk memberikan manfaat yang lebih kompleks yaitu pencak silat. Pencak silat umumnya dipilih untuk alasan perlindungan serta pertahanan diri dengan berbagai keahlian serta teknik dasar serta jurus-jurus khusus.

Pencak Silat adalah beladiri asli dari Indonesia, tetapi yang mempelajarinya bukan hanya orang Indonesia, tetapi sudah meluas ke beberapa negara, terutama negara-negara asia tenggara (ASEAN), tidak heran kemudian Pencak Silat dijadikan salah satu cabang olahraga yang diikutsertakan dalam SEA Games dan Asian Games.

Pencak Silat pertama kali diketahui kemunculannya diperkirakan sekitar tahun 1550-an yang berkembang dari etnis Melayu, kemudian menyebar luas dengan pesat di seluruh penjuru Indonesia bersamaan dengan ajaran agama Islam. Hal yang menyebabkan bela diri nusantara ini begitu populer kala itu adalah karena digunakan untuk mempertahankan tanah air dari bangsa asing yang ingin menjajah Nusantara.

Pencak silat seringkali disebut sebagai cabang beladiri maupun kesenian asli dari Indonesia dengan atau tanpa senjata sehingga memang ada berbagai teknik yang digunakan dan dipelajari oleh seorang pesilat. Namun, secara garis besar dari anak-anak hingga dewasa ingin mempelajari pencak silat karena memiliki pengaruh positif dari kesehatan secara fisik maupun mental ditambah lagi bisa digunakan sebagai teknik untuk melindungi diri.

Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini admin akan memberikan beberapa ulasan terkait dengan manfaat pencak silat bagi tubuh dan tekniknya yang wajib dimiliki. Kamu bisa menjadikan pencak silat sebagai pilihan di samping olahraga dan beladiri maupun kesenian. Jika kamu mendalami pencak silat maka akan ada tingkatan tertentu yang akan kamu dapatkan sesuai dengan kemampuan dan skill yang dikuasai.



Pencak Silat tendangan


Teknik Dasar dan Manfaat Pencak Silat Bagi Tubuh

Sebenarnya, kamu bisa mempelajari pencak silat pada berbagai perguruan yang tersebar di Indonesia sesuai dengan keinginan dan prinsip dasar yang dimiliki. Hal tersebut perlu dilakukan karena pencak silat setiap perguruan pasti mengajarkan berbagai gerakan serta teknik yang mungkin berbeda dan bervariasi. Meskipun begitu, ada teknik dasar pencak silat yang biasanya wajib dimiliki oleh seorang pesilat pemula hingga profesional yaitu sebagai berikut:

  • Teknik dasar pertama yang wajib dimiliki yaitu teknik kuda-kuda yang terdiri dari tengah, depan, samping, belakang, depan, belakang, dan silang
  • Selanjutnya yaitu teknik dasar pencak silat sikap pasang yang biasanya digunakan untuk menyerang atau bertahan yang lakukan bersama teknik kuda-kuda
  • Setelah itu yaitu pencak silat teknik pola langkah di mana seorang pesilat harus mampu untuk mengarahkan dan melangkahkan kaki sesuai dengan gerakan musuh
  • Selanjutnya yaitu teknik 8 penjuru atau juga disebut teknik arah yang biasanya digunakan seorang pesilat untuk memperkirakan arah lawan agar dapat menyerang dan melindungi diri dengan tepat
  • Kemudian kamu juga harus mengenal teknik dasar yang namanya pukulan yang terdiri dari arah depan, bandul, tegak, dan samping
  • Kemudian kamu juga harus memahami dan menguasai teknik tendangan dan tangkisan yang sangat berguna untuk menyerang maupun melindungi
  • Teknik kuncian teknik guntingan juga yang harus kamu kuasai untuk menjatuhkan lawan dengan berbagai gerakan
  • Selanjutnya yaitu teknik berbaring yang mana bisa digunakan oleh seorang pesilat ketika sedang dalam kondisi atau keadaan yang tersudut agar bisa membalikkan keadaan

Langkah-langkah teknik dasar yang harus dimiliki di atas sangat berguna bagi seorang pesilat untuk melakukan berbagai gerakan agar bisa bertahan maupun menyerang. Nantinya, teknik dasar ini akan dikembangkan dengan berbagai kombinasi yang kemudian akan membentuk jurus dan gerakan baru. Ketika kamu memanfaatkan gerakan dalam pencak silat maka akan ada berbagai manfaat yang didapatkan contohnya manfaat pencak silat bagi tubuh berikut:

1. Manfaat Pencak Silat Untuk Waspada dan Peka Terhadap Bahaya

Biasanya seorang pesilat memang dilatih untuk disiplin dan membiasakan diri agar tubuhnya merespon keadaan bahaya maupun mendesak. Manfaat pencak silat bagi tubuh yaitu lebih meningkatkan kewaspadaan serta peka terhadap bahaya yang ada di lingkungannya. Biasanya orang yang memiliki kemampuan pencak silat akan berhati-hati dan bersiap untuk segala macam kondisi yang akan terjadi.

2. Manfaat Pencak Silat Untuk Tubuh yang Sehat dan Bugar

Dengan mempelajari dan mendalami seni atau bela diri pencak silat maka seseorang akan melatih dirinya untuk terus bergerak sesuai dengan ritme dan pola gerakan yang stabil. Hal ini akan membuat tubuh mengeluarkan berbagai kalori serta keringat yang tentu saja akan menyehatkan tubuh serta memiliki manfaat yang sama dengan olahraga. Orang yang mendalami pencak silat juga akan terlihat bugar dan menjalani pola hidup yang sehat.

3. Manfaat Pencak Silat Untuk Kontrol Diri 

Pencak silat selain disebut sebagai salah satu olahraga dan bela diri, juga disebut sebagai kesenian karena pesilat juga akan diajarkan bagaimana bergerak dan mengkombinasikan berbagai jurus membentuk sebuah harmoni yang luwes. Hal ini tentu saja sangat berkaitan dengan bagaimana seorang pesilat mengontrol dirinya sendiri dan bersikap lebih sabar dengan kondisi yang terjadi sehingga dalam mengambil keputusan tidak sembarangan.

Penutup

Akhirnya, sampailah kita pada penutup artikel ini yang mana admin akan memberikan kesimpulan bahwa manfaat pencak silat bagi tubuh dan mental sangat banyak sekali. Selain untuk perlindungan, pertahanan, dan penyerangan maka kamu bisa menggunakan pencak silat sebagai olahraga dan kesenian asli dari Indonesia. Wajib rasanya menjaga kelestarian budaya asli Indonesia ini.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url