[Dunia Games] The Return of The Condor Heroes

Game The Return of the Condor Heroes

 

Halo para sobat Wuxia di Indonesia, kali ini saya akan membahas sebuah mobile game yang baru dirilis dengan tema wuxia atau dunia persilatan. Game ini berjudul The Return of the Condor Heroes.

Game The Return of the Condor heroes ini menggunakan bahasa Indonesia isinya, diterjemahkan dan dimasukin oleh situs duniagames yang tentunya sudah sering didengar namanya. Yang menggunakan bahasa Indonesia bukan hanya tulisan teksnya, tetapi juga voice (suara) percakapan saat di dalam game, termasuk saat meneriaki nama jurus ataupun di halaman biografi.

Game ini hadir di Google Playstore dan Apple Appstore. Ukurannya sekitar 700an mb, dan setelah instalasi selesai, di dalam permainan kita akan ditanyai lagi apakah mau download tambahan sebesar 2gb-an agar kinerja grafik game semakin halus. Tanpa download tambahan sih bisa-bisa saja ya dimainkan, tapi bagi yang tidak masalah bandwith internet, kenapa tidak? 

Perilisan game the Return of the Condor Heroes adalah pada tanggal 28 Juli 2022, setelah melewati masa versi beta atau percobaan selama dua minggu.

Dalam situsnya, terdapat sistem top-up di luar appstore dan playstore, tetapi saat saya klik belum aktif, nampaknya akan hadir kedepannya, saya sempat menanyai ke customer service, tapi mereka juga tidak yakin kapan akan terealisiasinya ataupun menerima pembayaran dengan apa saja. 


Tokoh Guo Jing
Kwee Ceng alias Guo Jing


Bukan Hanya Tentang The Return of the Condor Heroes

Jika kalian melihat judulnya yaitu The Return of the Condor Heroes, dan icon atau logo gamenya menggunakan tokoh Yo Ko (Yang Guo) dan bibi lung (xiao long nu), maka kamu pasti berpikir ini game hanya tentang The Return of the Condor Heroes, padahal isinya tentang trilogi pendekar pemanah rajawali.

Ya, di dalamnya, terdapat alur cerita, elemen, dan tokoh-tokoh dari tiga judul karya Jin Yong (chin yung) yang biasa lebih dikenal dengan sebutan trilogy condor heroes. Entah kenapa duniagames hanya menggunakan nama ROCH, saya ada tanya ke customer servicenya, tetapi kurang dijawab dengan baik.

Bahkan tokoh utamanya bukan Yang Guo, jadi di sini ada penambahan 3 karakter spin-off; sang tokoh utama yang harus kita kasih nama, kekasih tokoh utama Fei Hongyi, dan Ye Xiaode (sekilas mirip nama tokoh Gu Long). Karena sang tokoh utama harus kita beri nama sendiri, maka saya akan menyebutnya sebagai MC untuk selanjutnya ya guys.

"Game ini menggunakan tokoh dan alur cerita dari trilogi Legenda Pemanah Rajawali (the legend of the condor heroes), the Return of the Condor Heroes, dan The Heavenly Sword and Dragon Slaying Sabre."


karakter game roch



Tokoh pendekar yang hadir

Di dalam game ini ada sebuah fitur bernama Silsilah tokoh, semacam peta silsilah dan hubungan kekerabatan antar tokoh dari trilogi pendekar rajawali. Di situ tertulis terdapat 111 karakter. Padahal di halaman daftar Pendekar yang bisa direkrut tidak sebanyak itu, jadi saya rasa sisanya baru akan dirilis kemudian hari, seperti contoh si bocah tua nakal Zhou Botong.

Tiga tokoh spin-off, tidak ikut bertarung, MC cuma di belakang doank setiap pertarungan, kalau tidak salah ingat, cuma pernah sekali bertarung saat awal cerita. Tidak tahu apakah nanti pertengahan cerita bisa kita gunakan dalam pertarungan. Partner MC, Ye Xiaode, juga tidak ikut bertarung sama sekali, jadi cuma sebagai tokoh yang ikut terlibat dalam cerita.




Ulasan singkat

Secara umum game ini bagus, coba bayangkan ada berapa banyak game wuxia yang menggunakan bahasa Indonesia? , dari sini kelihatan Duniagame cukup serius memasukkan ke pasar Indonesia dan menerjemahkannya.

Alur cerita

Ceritanya dimulai dari MC, sang tokoh utama, ditusuk pedang oleh adik seperguruannya sendiri. Tetapi ternyata MC tidak mati, cuma terkapar. Fei Hongyi ternyata anggota dari sekte iblis, dan merupakan seorang gadis suci sekte itu. 

Biarpun dia menusuk MC, kelihatan dia merasa sedih, karena mereka juga memiliki hubungan asmara, mereka adalah sepasang kekasih. Fei Hongyi bersama anak buah sekte iblis pergi meninggalkan si MC yang terkapar dan pingsan.

Saat bangun, MC ternyata diselamatkan oleh seorang gadis manis bernama Ye Xiaode. Singkat cerita, mereka pun memulai petulangan dunia persilatan bersama.

Tokoh pertama yang kita rekrut adalah... Huazheng!, ya cukup mengejutkan, Huazheng yang aslinya tidak bisa bertarung di dalam cerita asli, di sini menjadi seorang petarung. Bagi yang belum tahu, Huazheng adalah putri Mongol dari Genghis Khan di cerita the Legend of the Condor Heroes, yang menjadi tunangan dari Guo Jing (kwee ceng) pada awal cerita. Huazheng akan berlatih ilmu silat dan menjadi murid MC.

Alur cerita kemudian seputar trilogy condor heroes secara berurut, tentu saja ada bagian cerita yang dimodif sedemikian rupa. Tetapi yang pasti kamu akan akrab dengan alur ceritanya, yang sudah sering kita dengar, baca, atau nonton. Jika malas baca cerita, bisa skip sih, tetapi saya saranin jangan, lebih baik lambat tetapi sambil membaca.

MC sekilas kelihatan seperti Linghu Chong, tentu saja bukan dia, tetapi ada kemiripan, karena nanti kelihatan dia belum sembuh dari luka parah tusukan pedang dalam waktu cukup lama, sehingga setiap pertarungan, dia cuma berdiri di belakang, sama sekali tidak ikut bertarung. Dan MC juga seorang swordsman atau ahli pedang. Dengan deskripsi di atas plus kekasih gadis suci sekte iblis, membuatnya mirip dengan tokoh Linghu Chong.




Gameplay

Awal-awal, kita akan sangat pusing dengan banyaknya menu, fitur, setting yang disajikan. Jadi saat awal main jangan langsung merasa stress melihatnya, apalagi terjemahan kata-kata dalam bahasa Indonesianya ada yang kurang akurat ataupun tidak sesuai, menambah kerumitan proses adaptasi kita. Tapi nanti juga terbiasa lambat laun, jadi sabar saja.

Yang paling minus di sini adalah dalam penamaan tokoh, seperti gado-gado, ada nama tokoh yang menggunakan bahasa cantonese, hokkien, mandarin pinyin, dan julukan berbahasa Indonesia. 

Seperti contohnya; Kwok Ching (cantonese dari Guo Jing), Yo Ko (hokkien dari Yang Guo), Tiao Buki (entah apa ini, karena hokkien harusnya marga Thio/Tio), Penyihir Locusta (julukan berbahasa Indonesia dari Li Mochou). Tetapi mayoritas sih menggunakan cantonese ya.

Genre dari game The Return of the Condor Heroes ini boleh dibilang merupakan genre card auto-idle afk, di mana pertarungannya berjalan secara otomatis dengan sistem turn-based bergilir. Jadi ga benar-benar RPG, karena tidak bisa ngapa-ngapain dalam pertarungan. 

Gameplaynya sangat mudah, mungkin yang suka tantangan, agak down dimasalah ini. Yang pasti seperti kebanyakan game sejenis lainnya, maka orang yang menggunakan uang tentu lebih cepat berjaya dibanding pemain gratisan. Dan tentunya ada sistem keberuntungan pada perekrutan karakter seperti mayoritas game gacha lainnya.

Peringkat Tier pada kartu karakter adalah; Mitos, Legenda, Epik, Pendekar Hebat, Langka, dan Bagus Sekali.

Di sini kamu juga bisa bergabung dengan sebuah klan dan kemudian menyerang klan lain.

Sistem Pertarungan

Saat pertarungan, di sini tidak ada stats kecepatan, sehingga urutan penyerangan adalah berdasarkan posisi, yang melakukan skill penyerangan duluan adalah karakter yang berada di baris depan.

Juga terdapat kategori pada setiap karakter, total ada 5 kategori, seperti yang ada pada gambar di bawah ini. Mereka adalah Tapak, Qi, Pedang, Force, dan Tech. Masing-masing ada memberikan bonus damage ke kategori lainnya.

Kesimpulan

Game ini bagus dan saya rekomendasikan untuk Anda mainkan, apalagi jika pecinta Wuxia dan karya Jin Yong. Awal-awal memulai game ini, akan sangat menguras waktu dan sedikit memusingkan karena baru mempelajari antar muka game, tetapi nanti juga terbiasa.

Penamaan tokoh yang memusingkan, bahkan saya tidak mengenal beberapa tokohnya yang menggunakan nama cantonese, mungkin nanti akan saya jabarkan siapa-siapa saja nama pinyin mandarinnya (kalau perlu hokkien). Akan saya buat kolom tabelnya kelak dan update di halaman ini. 

Untuk segala keluhan dan lapor bug, bisa menghubungi cs di facebook fanpage game.

Apakah bisa sebagai F2P (pemain gratisan)?

Rasanya bisa-bisa saja, mayoritas justru bermain secara gratis tanpa top-up uang, dan mendapat tokoh-tokoh kuat seperti Yoko, bibi lung, dan lainnya yang berada di kelas tier Mitos. Yang penting rajin-rajin main dan sabar menunggu.


Redeem Code

Bagi yang baru main, bisa menggunakan kode redeem di bawah ini:
  • Roch666
  • Roch888
  • Roch1d
  • Roch2d
  • Roch3d
  • Svip666
  • Svip888
  • Ssr77
  • Ssr100
  • Lucky777
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url