Blade Dance of Two Lovers (Mandarin Duck Blades), Adaptasi Film Jin Yong Zaman Lawas

Blade Dance of Two Lovers, yang lebih dikenal dengan judul Mandarin Duck Blades, adalah sebuah karya novel wuxia karangan dari Jin Yong (chin yung).

Di Indonesia, saduran cersil ini menggunakan judul sepasang golok mustika / mestika. Mandarin Duck Blades merupakan cerita Wuxia karangan Jin Yong yang paling tidak difavoritkan, jadi ga heran banyak yang tidak pernah membaca ceritanya. 

Dulu saya sempat membuat ringkasan cerita Mandarin Duck Blades yang berdasarkan novel edisi ketiga. Awalnya rencana 2 bagian. Setelah menulis ringkasan bagian satu, ternyata tidak laku, peminatnya sangat sedikit, sehingga akhirnya saya tidak melanjuti ke bagian dua.


Sinopsis cerita ini sekilas terkesan menarik ya, ada unsur-unsur mirip karya Jin Yong lainnya, kita sebut saja prologue awal cerita yang mengisahkan bahwa ada sepasang golok pusaka yang menjadi incaran pemerintah dan dunia persilatan, dikatakan pemilik sepasang golok itu akan menjadi penguasa tak tertandingi di seluruh dunia. Ini tentu saja sekilas mirip The Heavenly Sword and Dragon Slaying Sabre (to liong to).

Atau contoh lain tentang ilmu pedang / golok berpasangan, sekilas tentu saja mirip aliran kuburan kuno Yang Guo dan Xiao Long Nu dalam cerita The Return of the Condor Heroes (kembalinya pendekar rajawali), ada teori ilmu pedang/goloknya yang mirip juga. Contoh lain tentang kisah kedua tokoh utama yang saling jatuh cinta, dan setelah bertemu dengan orang tua si perempuan, diketahui fakta bahwa mereka adalah saudara tiri, yang tentu saja sekilas mirip Duan Yu dan adik-adiknya di Demi Gods and Semi Devils (pendekar negeri tayli).

Tetapi dibalik itu semua, ternyata isi cerita tidak semenarik yang dibayangkan. Mayoritas jalan ceritanya bersetting di jalanan. Boleh dibilang mandarin duck blades salah satu karya Jin Yong yang paling komedi ceritanya, banyak lelucon di dalam. Juga banyak kalimat kiasan / metafora.

Kualitas saduran bahasa Indonesia pun tidak bagus, juga ada bagian cerita yang dipotong. Terkesan asal-asalan.

Adaptasi Mandarin Duck Blades





Karena tidak populernya dan paling tidak difavoritkan, tidak heran bahwa tidak ada produser yang membuat adaptasi film dan serial drama wuxia untuk judul ini. Secara total cuma pernah ada 2x adaptasi:
  • Pada tahun 1961, Perusahaan Film Emei Hong Kong memproduksi dua bagian film berbahasa Kanton berdasarkan cerita tersebut. Film ini disutradarai oleh Lee Fa dan dibintangi oleh Lam Fung dan Chow Chung sebagai Xiao Zhonghui dan Yuan Guannan.
  • Pada tahun 1982, perusahaan Shaw Brothers asal Hong Kong memproduksi film dengan judul Lovers Blades. Disutradarai oleh Lu Jungu, penulis skenario oleh Ni Wei, artis Hui Yinghong sebagai Xiao Zhonghui, aktorMeng Yuanwen sebagai Yuan Guannan, Yuan De sebagai Lin Yulong, Wen Xue'er sebagai Ren Feiyan, dan Wang Longwei sebagai Zhuo Tianxiong.
Beberapa waktu lalu saya menemukan adaptasi film Lovers Blades tahun 1982 dengan subtitle Inggris. Jadi saya ada upload ke youtube untuk bisa ditonton bagi yang ingin tahu ceritanya seperti apa.

Secara kualitas memang kuakui agak kurang, jadi film jadul ini lebih diperuntukkan penggemar berat karya Jin Yong yang berusaha ingin mengetahui semua 15 cerita Jin Yong, dan belum pernah membaca novel untuk judul ini sehingga tidak tahu sama sekali ceritanya seperti apa.

Langsung saja silahkan klik video di bawah untuk episode satu, dan total ada sepuluh episode. Itu jika kalian ingin menontonnya ya, karena sudah kuperingatkan tidak begitu menarik untuk ditonton.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url