Drama Xianxia Dominator of Martial God, Cerita Tokoh Utama yang OP


Dominator of Martial God banner
Poster Pendekar & Tokoh Drama Xianxia Dominator of Martial God | sumber: Youku 

Dominator of Martial God (pinyin: Wu Shen Zhu Zai) adalah sebuah serial drama china bergenre xianxia yang tayang tanggal 14 Juni sampai 4 Juli 2023 di saluran Youku. Untuk menonton bisa langsung ke situsnya atau channel youtube. Total ada 30 episodes, dan setiap episode sekitaran 30 menit.


Sinopsis Dominator of Martial God berkisah tentang seorang pemuda bernama Qin Chen, yang merupakan dewa seni bela diri di "Domain Bela Diri"(alam para makhluk tingkat dewa). Tidak lama setelah berperang dengan klan iblis, dia dikhianati oleh kekasihnya Shangguan Xi'er dan sahabatnya Feng Shaoyu, dan mati terbunuh.

Sesaat sebelum menuju kekematian, dia melepaskan teknik rahasia yang membuatnya dapat bereinkarnasi 300 tahun kemudian.

Setelah 300 tahun kemudian, dia lahir sebagai anak haram dari keluarga bangsawan marquis Qin di kerajaan Xuan. Kerajaan Xuan adalah salah satu dari 5 kerajaan di barat daya, yang terpisah dengan dunia luar oleh pegunungan nan luas.

Ibu Qin Chen, bernama Qin Yuechi, adalah wanita tercantik di kerajaan Xuan, pernah sempat mau dijadikan selir oleh kaisar kerajaan Xuan. Tetapi kemudian Qin Yuechi melarikan diri dan menghilang tanpa jejak. Sekitar 20 tahun kemudian, dia pulang balik ke kediaman keluarga Qin dengan menggendong bayi, para anggota keluarga memakinya karena memiliki anak sebelum menikah, berusaha mengusirnya. Sang ayah yang merasa ga tega tetap menerimanya. 

Ayah Qin Yuechi adalah panglima perang yang menghabiskan banyak waktu di perbatasan menjaga negara dari perang kecil daerah perbatasan melawan kerajaan Zhao yang merupakan musuh bebuyutan. 

Selama absennya sang ayah, Sebagian besar anggota keluarga merendahkan Qin Yuechi dan membully dirinya selama tinggal di sana, hanya sebagian kecil yang menerimanya seperti salah satu adiknya. Anak Qin Yuechi yaitu Qin Chen, disebut sebagai anak haram karena tidak jelas siapa ayahnya dan merupakan hasil hubungan tidak menikah resmi.

Qin Chen tumbuh besar sebagai pemuda lemah dan diremehkan, suatu hari kalah bertarung melawan pemuda bernama Wei Zhen dan terluka parah jiwa roh-nya, kemudian jatuh pingsan. Selama masa pingsan itu dia mendapatkan kembali sedikit gambaran ingatan tentang masa kehidupan sebelumnya biarpun masih sangat kabur, tetapi semua pengetahuannya tentang kultivasi tetap ada dalam ingatan, hanya kemampuan bela dirinya tetap reset ulang dari nol tidak bisa seperti masa kehidupan sebelumnya. Setelah bangun dari pingsan, dia menjadi pribadi yang berubah, sifat dan karakteristiknya pun terasa berubah.

Bermodal dan berbekal pengetahuan kultivasi dari masa kehidupan sebelumnya, dia dengan mudah dan secara sangat efektif meningkat drastis kecepatan latihannya. Jadi boleh dibilang curang. Pengetahuan dari 'domain bela diri' yang tidak diketahui oleh manusia di domain bawah dia terapkan di sini.

Qin Chen berusaha merangkak dari bawah untuk menjadi kuat ke tingkat dewa dan kembali domain bela diri untuk membalas dendam ke mantan kekasihnya dan sahabatnya yang berkhianat. 



Kesimpulan

Ini cerita tentang tokoh utama yang OP (overpowered / terlalu kuat) berlebihan. Dengan modal pengetahuan masa kehidupan lalu, kecepatan dan peningkatan kekuatannya berpuluh-puluh kali lipat lebih cepat dari orang lain. 

Bukan hanya itu, pengetahuan lain seperti refine weapon (memurnikan dan membuat senjata), alchemist (membuat pil, obat, racun, dll), formasi, membuka kekuatan garis keturunan melebihi pengetahuan para master grade atas kerajaan Xuan di masing-masing bidang itu.

Jadi kebanyakan adegannya tentang mempercundangi mereka semua. Karena kehidupan lalunya adalah dewa seni bela diri, sehingga sifat sombong dan angkuh ada pada dirinya yang sekarang.

Drama Dominator of Martial God ini sangat berbudget rendah, mereka tidak memakai tempat lokasi asli, semua lokasi pakai efek CGI, mana kualitasnya rendah seperti sinetron Indonesia.

Pertarungannya aneh bin lucu, mirip adu Hadou-ken atau kamehameha, jadi tidak ada pertarungan jarak dekat atau sentuhan, cuma adu lempar-lempar hadou-ken dan kamehameha ke pihak lawan.

Tapi jika tidak masalah dengan efek CGI yang murahan atau pertarungan yang bikin geleng kepala, secara cerita merupakan tipikal kesukaan orang Indonesia. Karena seputar cerita orang yang lemah kemudian tiba-tiba mendominasi total para musuhnya dari awal cerita sampai akhir.

Dominator of Martial God ini telah hadir di banyak adaptasi. Awalnya adalah novel karangan, kemudian diadaptasi ke dalam bentuk manhua (komik), donghua (anime), game, dan yang terakhir serial drama. Tapi novelnya sendiri belum tamat.

Saya dengar novelnya Dominator of Martial God, tokoh utamanya harem, alias punya banyak istri, tidak tahu berapa banyak karena belum tamat novelnya, tetapi kayaknya lebih dari lima, belum termasuk puluhan wanita yang menyukainya. Tapi yang pasti hal itu tidak akan terjadi di versi adaptasi serial dramanya, karena jika begitu tidak akan lulus sensor oleh lembaga penyensoran Tiongkok (SARFT). 


Penjelasan Dunia Dominator of Martial God

Dunia Wu Shen Zhu Zai terbagi menjadi beberapa continent, salah satunya adalah TianWu continent yang dihuni oleh manusia. Klan iblis mungkin tinggal di continent lain. TianWu continent terdiri dari highest peak/land yang disebut domain bela diri (martial domain) yang dalamnya terdapat 9 heavens, dan setelah martial domain terdapat 4 lower realms / domains; yaitu northern heaven domain, western huang domain, southern hua domain, eastern land domain. 

Tempat Qin Chen reinkarnasi adalah Northern Heaven Domain. Di Dalam domain ini terdapat banyak dinasti, salah satunya adalah The Land of Hundred Dynasties.

The Land of Hundred Dynasties dibagi menjadi beberapa wilayah, salah satunya adalah The land of the five northwestern countries yang merupakan 5 kerajaan yang terletak jauh terpencil dengan negara dan kerajaan lain, seperti terpisah dengan dunia luar saking jauhnya.

Lima kerajaan itu di serial drama ini cuma fokus di kerajaan Xuan dan Zhao yang bersaing dan berperang satu sama lain. Kemudian juga ada disebut kerajaan You adalah yang paling kuat. Kerajaan Wu dan Huang yang paling lemah. Selain lima kerajaan itu juga terdapat berbagai kerajaan dan negara kecil serta sekte dan klan yang berada di luar wilayah kekuasaan lima kerajaan itu seperti contoh sky-reaching sect dan ghost immortal sect.

Kerajaan Xuan di dalamnya terdapat berbagai akademi, benteng, lokasi, keluarga bangsawan, raja, dan klan, yang semuanya berada di bawah naungan kaisar Xuan. Qin Chen berasal dari keluarga bangsawan marquis Qin. Raja Qi dan Raja Qin pernah sempat bertikai.

Pada masa kini, dikatakan Shangguan Xi'er dan Feng Shaoyu sudah menjadi yang terkuat di domain bela diri, serta telah mendirikan kekaisaran TianWu. Shangguan menjadi empress (ratu / permaisuri) dan Feng Shaoyu menjadi kaisar.

Terakhir but not least, lagu OST openingnya saya sangat suka, tidak sangka budget rendah gitu menghasilkan musik dan lagu yang menarik, seperti jadi semangat gitu habis mendengarnya.

Tokoh & Pemeran


Shangguan Xi'er

tokoh utama Qin Chen


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url