Yang Guo (Yo Ko) Semua Versi Adaptasi

Christopher Lee as Yang Guo in Return of the Condor Heroes 1998
Yang Guo versi Christopher Lee tahun 1998 produksi Singapura

The Return of the Condor Heroes karya Jin Yong merupakan salah satu waralaba cerita silat yang paling sering diadaptasi ke berbagai media. Secara total telah diadaptasi tiga kali ke layar film dan sembilan kali dalam bentuk serial drama TV. 

Itu belum termasuk adaptasi dalam bentuk komik, anime (donghua), game, dan lainnya. 

Bahkan telah ada berita bahwa akan ada 4 adaptasi Return of the Condor Heroes yang akan datang (baik sudah selesai diproduksi tapi ga jelas kabar kapan tayang, atau dalam tahap syuting), mereka adalah:

  1. Versi Tong Meng Shi dan Mao Xiao Hui yang telah siap syuting sejak tahun 2019, tapi belum ada kabar sampai sekarang kapan akan tayang.
  2. Versi trilogy film garapan Tsui Hark. Awalnya produser Tsui Hark ingin memproduksi ini terlebih dahulu, tetapi kemudian memilih duluan Legend of the Condor Heroes dengan dibintangi aktor Xiao Zhan.
  3. Versi Zhao Huawei dalam bentuk film.
  4. Versi Tencent, yang kemaren mereka umumkan termasuk salah satu judul dari 6 judul seri Jin Yong Wuxia Universe yang akan di-remake ulang.

Dari kedua belas adaptasi 'the Return of the Condor Heroes', banyak aktor dan aktrisnya yang menggapai sukses, ketenaran mereka meroket setelah membintangi drama ini. 

Tokoh utama dalam cerita The Return of the Condor Heroes atau yang bahasa Indonesianya dikenal dengan judul Pendekar Rajawali & Pasangannya (bisa juga Kembalinya Pendekar Rajawali) adalah bernama Yang Guo, yang mana di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Yo Ko.


Artikel utama: Yang Guo (Yoko), sang pendekar rajawali


Nama Yang Guo di Bahasa Lain

  • Pinyin: Yang Guo
  • Hokkien: Yoko
  • Cantonese: Yeung Kuo / Yeung Gor
  • Vietnam: Duong Qua
  • Korea: Yang Gwa
  • Teochew (tio ciu): Nyo Ko
  • Jyutping: Joeng Gwo
  • Mandarin Trad: 楊過
  • Mandarin Simp: 杨过
  • Jepang: Youka
  • Inggris: Penance Yang
  • Thailand:  เอี้ยก้วย (ye kuai)

Siapa saja kedua belas aktor yang memerankan tokoh utama Yang Guo (bahasa hokkien: Yo Ko) tersebut? berikut penjabarannya:

Yang Guo

Berapa banyak versi Yang Guo yang kalian kenal aktornya dan tahun berapa saja? jika kalian bisa menebak 6 atau lebih maka kalian pantas disebut Yang Guo fans. Berikut jawabannya, urutannya mulai dari baris pertama kiri-ke-kanan ya:

TahunArtis
1960 film Patrick Tse
1976 CTV HKLaw Lok-lam
1982 filmAlexander Fu
1983 filmLeslie Cheung
1983 HK Andy Lau
1984 CTV TW Meng Fei
1995 HKLouis Koo
1998 mediacorpChristopher Lee
1998 TTVRichie Ren
2006 ciwenHuang Xiaoming
2014 yu zhengChen Xiao
2024 tencentTong Mengshi


Adaptasi the Return of the condor Heroes pertama kali diproduksi tahun 1960 berupa Quadlogy (empat buah film) dengan judul The Great Heroes, bagian satu dan kedua rilis tahun 1960, dilanjuti bagian ketiga dan keempat tahun 1961, dengan dibintangi oleh Patrick Tse yang merupakan ayah dari aktor Nicholas Tse. Jin Yong pun sempat datang menghadiri lokasi syuting dan foto bersama.

film return of the condor heroes yang pertama tayang
Jin Yong saat muda, kedua dari kiri 

Versi film selanjutnya diproduksi oleh perusahaan Shaw Brothers Studio pada tahun 1982, dengan menggunakan aktor aktris papan atas seperti Alexander Fu, Philip Kwok, Gigi Wong, Lung Tien-hsiang, Lam Sau-kwan.

Yoko Versi Anime

Return of the Condor Heroes versi anime ini diproduksi oleh negara Jepang melalui perusahaan Nippon Animation dan Jade Animation. Tayang perdana pada tahun 2001 dan berlangsung selama 7 tahun sampai dengan 2008. Total ada 78 episodes. 

Di sini Yang Guo menggunakan nama Jepang, Youka, dan bibi Lung dipanggil Shouryuujo.

anime roch

Versi Komik / Manhua

komik return of the condor heroes

Bonus gambar

Yang Guo dan pasangannya, bibi Lung.


Mana adaptasi ROCH yang paling kamu sukai dan favoritkan? Yang Guo (yoko) versi mana paling keren? jawab di komentar ya guys.

Sementara lagu Yuni Shara pun bergulir..

Siapa yang merubah hatiku 
Siapa yang membuat kita satu 
Selalu menyatu beban kecewa 
Namun tak ragukan berakhir 

Siapa yang membuatku pilu 
Kembali datang masa lalu


Lihat pula: Berbagai Adaptasi Bibi Lung

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url