Mao Ni, Penulis Cerita Joy of Life


Joy of Life 2 (musim kedua), adaptasi dari novel web judul sama karya Mao Ni 

Biasanya saya hanya menulis artikel pengarang Wuxia, tetapi kebetulan saat melihat pengarang novel ini, yaitu Mao Ni, ternyata semua karyanya yang diadaptasi ke serial drama pernah saya nonton dan saya suka, sehingga khusus kali ini , seorang pengarang xianxia saya tulis biografinya.

Mao Ni

Mao Ni (猫腻; pinyin: Māo Nì; lahir 18 November 1977) adalah seorang penulis novel xianxia Tiongkok. Karyanya yang paling terkenal adalah novel web berjudul "Ze Tian Ji" (Way of Choices) yang telah diadaptasi menjadi serial drama berjudul "Fighter of the Destiny". Pada tahun 2017, serial drama itu menempati posisi peringkat pertama di jajak pendapat serial drama TV yang paling dinanti-nantikan di situs media sosial China Weibo tahun 2017. Novel web lainnya yang berjudul Jiang Ye (Nightfall), diadaptasi menjadi serial drama TV berjudul Ever Night. Semua novelnya diterbitkan pada platform Webnovel, termasuk situs web berbahasa Inggris lainnya dan platform seluler yang diluncurkan oleh China Literature, perusahaan penerbitan online terbesar di China.


Mao Ni lahir di distrik Yiling, kota Yichang, Provinsi Hubei, China. Dia lulus dari Universitas Sichuan  dengan gelar di bidang ekonomi. Dia mulai menulis novel pada tahun 2003, dan karyanya pertama kali diterbitkan online pada tahun 2005. Novelnya yang paling terkenal, "Ze Tian Ji", mulai diterbitkan online pada tahun 2011 dan selesai pada tahun 2014. Novel ini telah menjadi salah satu novel web paling populer di China, dan telah diadaptasi menjadi drama TV.

Mao Ni telah memenangkan beberapa penghargaan untuk karyanya, termasuk peringkat pertama penghargaan Sina 4th Original Contest Fantasy Martial Arts Awards Final Evaluation List pada tahun 2015 dan peringkat pertama penghargaan 20 Years of Chinese Network Literature 20 Years pada tahun 2018. Dia adalah salah satu penulis xianxia paling populer di China, dan karyanya telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa.

Mao Ni adalah penulis yang produktif, dan dia telah menulis lebih dari 20 novel. Karyanya dikenal karena plotnya yang kompleks, karakternya yang menarik, dan gaya penulisannya yang unik. Dia adalah salah satu penulis paling berpengaruh di genre xianxia, dan karyanya telah menginspirasi banyak penulis muda.

Berikut adalah beberapa karya Mao Ni yang paling terkenal:

  1. Ze Tian Ji (Way of Choices), ditulis tahun 2014, dan diadaptasi ke serial dengan judul Figher of Destiny. Selain itu juga ada dalam bentuk animasi.
  2. Jiang Ye (Nightfall), ditulis tahun 2011, dan diadaptasi ke serial drama dengan judul Ever Night. Selain itu juga ada dalam bentuk komik.
  3. The Outcast (Jian Ke), ditulis tahun 2009, belum ada adaptasi, tapi rumornya versi drama akan dibuat.
  4. Joy of Life (Qing yu nian), dirilis tahun 2007, dan kemudian diadaptasi ke serial drama berjudul sama
  5. Zhūquè jì (Suzaku), dirilis tahun 2005, karya tersebut sempat diadaptasi oleh Fei Xiong menjadi komik dan diterbitkan oleh Hunan People's Publishing House.
  6. Yìngxiù Shí Nián Shì (Ten Years in Yingxiu), tahun 2003.
  7. The Path Toward Heaven 大道朝天 (Da Dao Chao Tian), tahun 2017.

Novel pertama yang ditulisnya adalah Ten Years in Yingxiu (10 tahun di Yingxiu), tetapi sayangnya tidak diselesaikan, jadi tidak tamat.

Rata-rata novelnya memiliki jumlah tiga juta lebih huruf setiap judulnya, jadi agak tebal isi ceritanya. Ga heran adaptasi serial dramanya pun terpaksa berlanjut di musim kedua (season 2).

Mao Ni adalah penulis yang berbakat dan produktif, dan karyanya telah dinikmati oleh jutaan orang di seluruh dunia. Dia adalah salah satu penulis paling berpengaruh di genre xianxia fantasi, dan karyanya akan terus menginspirasi penulis dan pembaca selama bertahun-tahun yang akan datang.

Adaptasi Serial Drama

Joy of Life

Ever Night

Adaptasinya yang pertama adalah The Fighter of Destiny tahun 2017, ditayangkan oleh enam saluran jaringan televisi online digital;  Hunan Satellite TV, Mango TV , Tencent Video, iQiyi, Youku, LeTV Video, dan Sohu Video. Lainnya:

  1. Way of Choices (anime)
  2. Fighter of the Destiny (2017)
  3. Ever Night (2018), musim 1 dan 2
  4. Joy of Life (2019), musim satu

Sedangkan yang akan hadir rumornya:

  • Shi Jin 
  • The Transcendent
  • The Outcast
  • The Path Toward Heaven (da dao chao tian)
  • remake dari Fighter of Destiny
  • Joy of Life season 2 (sudah pasti)
  • The Transcendent

Sumber Referensi:

  • MyDramaList
  • DramaWiki
  • Baidu
  • Douban
  • Wikipedia
  • Noveludpates
  • Fandom



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url