Berbagai Acara 100 Tahun Jin Yong (Chin Yung)

Para Pendekar Jin Yong (Chin Yung) 

Cerita-silat.net - Hari ini tanggal 10 Maret 2024 adalah perayaan 100 tahun (1 abad) kelahiran almarhum master wuxia Jin Yong (金庸, Chin Yung, Louis Cha), seorang pengarang dan penulis novel genre wuxia (cersil) China asal Hong Kong paling sukses sepanjang masa. 

Secara total Jin Yong telah menghasilkan 15 karya yang berhubungan dengan cerita silat. Dia menjadi pengarang China dengan penjualan buku fisik terbanyak dalam sejarah yang mencapai ratusan juta buku (yang penjualan resmi original tidak termasuk bajakan seperti kebanyakan hadir di Indonesia). Dan telah diterjemahakan ke belasan bahasa di dunia.

Beberapa karyanya yang paling terkenal di antaranya adalah seri Trilogi Pendekar Rajawali (condor heroes trilogy), Pendekar Rase Terbang, dan Demi-Gods and Semi-Devils.

Karena saking terkenal karya-karyanya, kemudian telah diadaptasi ke lebih dari 100 kali dalam bentuk film dan serial drama TV. Dalam sebuah studi kasus survei warga Tiongkok, di dapat bahwa 80-90% warga sana setidaknya pernah membaca novel atau menonton adaptasinya setidaknya satu kali dalam hidupnya.

Sejak film the Legend of the Condor Heroes tahun 1958, setidaknya ada lebih dari 130 film dan serial drama TV yang berkaitan dengan adaptasi karya Jin Yong telah dirlis. 

Sangat banyak event (jadwal acara) yang diadakan terkait dengan Jin Yong, terutama di tempat kelahirannya yaitu di kota Haining, Jiaxing, provinsi Zhejiang, Tiongkok.  

Berikut secara acak saya memilih beberapa acara yang ada pada tanggal 10 Maret 2024 ini.

Pemerintah lokal Jiaxing bekerjasama dengan berbagai pihak seperti organisasi dan media budaya Nanhu, membuka museum yang didedikasikan untuk perayaan 100 tahun Jin Yong di salah satu kediaman yang pernah ditinggali oleh Jin Yong di Jiaxing.


Explore #JinYong's birthplace, now open for his centennial celebration! Welcome all "martial heroes" to the Jin Yong Former Residence. #JinYong100


On the occasion of the 100th anniversary of Mr. Jin Yong's birth, as the #hometown of Mr. Jin Yong,3 #Jiaxing will officially launch the "Jin Yong's Hometown, Intoxicated Jianghu" cultural brand-building activity!

 




Jiaxing, China

Kemudian di Hong Kong, penerjemah buku The Legend of the Condor Heroes dan The Return of the Condor Heroes ke dalam bahasa Inggris, yaitu Gigi Chang, juga mengadakan temu bicara (talkshow) dan bincang-bincang dengan para penggemar cerita Jin Yong seputar topik novelnya di acara "Hong Kong International Literary Festival".








Sumber: Gigi Chang


Berbagai penggemar Jin Yong menyalakan lilin di kota XiangYang, provinsi Hubei. Kota ini merupakan benteng pertahanan dari serangan Mongol yang hadir pada cerita The Legend of the Condor Heroes dan The Return of the Condor Heroes.



Semoga karya-karyanya masih tetap dikenang tanpa terkekang oleh waktu dan zaman pada generasi-generasi muda yang akan datang.

Update: beberapa tambahan foto.






Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url