HSDS2019

HSDS2019

Kamis, 14 Desember 2017

Linghu Chong



Linghu Chong adalah nama tokoh utama dari novel The Smiling Proud Wanderer (Xiao Ao Jiang Hu), yang merupakan salah satu karya dari novelis Jin Yong (yang terkenal akan trilogy Condor Heroes). The Smiling Proud Wanderer atau biasa disingkat SPW menceritakan tentang hubungan antara 5 partai pedang dan permusuhan mereka dengan aliran Matahari-Bulan (biarpun beberapa partai sekte lain ada disebut seperti QingCheng, Shaolin, Wudang, dll). Perbedaan pendapat dan tujuan memaksa kelima partai pedang saling mencurigai dan tidak percaya.

Linghu Chong (LHC) adalah murid tertua dan paling senior di aliran / partai Huashan , salah satu partai dari 5 partai pedang. Mempunyai karakteristik easy-going (mudah bergaul), suka kebebasan, humoris, santai, setia, memegang teguh prinsip yang dianggapnya benar, kekanak-kanakan/suka bermain, pintar, cerdik. Berbeda dengan tokoh utama dari trilogy condor, LHC bukanlah tipikal karakter yang benar-benar pahlawan sempurna, karena dia juga menyukai judi dan minuman keras. Dia bahkan berteman dengan beberapa orang yang dikategorikan jahat dan rendahan oleh masyarakat umum. Seiring berjalannya waktu , pengalaman mengajarkannya bahwa banyak partai-partai lurus yang ternyata tingkah lakunya jahat dan tidak benar, sehingga dia mendapat pelajaran bahwa seseorang dianggap lurus adalah dari tingkah laku dan tindakannya, bukan darimana dia berasal.

Selama petualangannya di Jianghu , mayoritas dia habiskan waktu dalam kondisi terluka berat, sehingga tidak bisa menggunakan tenaga dalam secara maksimal dan sakit-sakitan. Dia menolak mempelajar ilmu tenaga dalam Violet Mist (ilmu awan lembayung dari huashan) secara diam-diam padahal mempunyai kesempatan untuk itu (ilmu ini adalah ilmu andalan gurunya), padahal ilmu itu diperkirakan bisa mengobati luka dalamnya. Dia juga menjadi kambing hitam oleh gurunya karena dituduh telah mencuri ilmu pedang Bi Xie yang berasal dari keluarga Lin. Banyak tuduhan lain yang dituduhkan kepadanya sehingga Linghu Chong mengalami masa-masa suram dan jatuh paling dalam, sehingga tidak ingin hidup lagi. Berbeda dengan tokoh utama lain, Linghu Chong lebih mirip seperti orang biasa, dalam kehidupan yang dijalankannya pun dia lebih memilih seperti orang biasa, tidak melakukan hal-hal besar kepahlawanan ataupun menjadi pendekar terkuat.

Sejak kecil dia telah minum dan menyukai arak. Linghu Chong merupakan murid yang pertama kali bergabung dengan Huashan, sehingga menjadi kakak pertama , jadi biarpun murid ke-2 huashan Lao Denuo umurnya jauh lebih tua, tetap memanggil Linghu Chong sebagai kakak senior. Linghu Chong paling dekat dengan murid ke-6 Huashan yaitu Lu Dayou. Linghu Chong memiliki hubungan asmara dengan anak perempuan dari ketua perguruan Huashan, karena mereka tumbuh bersama dan bermain bersama sejak kecil, mereka bahkan membuat ilmu pedang berpasangan sendiri. Suatu waktu, Linghu Chong dikeluarkan dari perguruan Huashan oleh gurunya karena dianggap telah melanggar peraturan. Sepeninggal dari Huashan, Linghu Chong banyak diminati dan dibujuk oleh partai lain untuk bergabung, mulai dari sekte Matahari Rembulan, Aliran Shaolin (bahkan kepala biksu telah memberinya nama generasi biksu), dan partai Hengshan Utara.

Pada akhir cerita, Linghu Chong memilih untuk hidup mandiri-bebas, tidak terikat ataupun bergabung dengan partai manapun , dan menikahi seorang gadis bernama Ren Yingying.



Biodata

Umur: 25 tahun (start novel) atau 24 tahun (edisi 3)
Partai :
  • Huashan; murid pertama 
  • Hengshan Utara ; setelah dikeluarkan dari partai huashan dan kematian 3 tetua partai Hengshan utara, ditunjuk sebagai Ketua darurat sementara partai Hengshan utara 
Guru:
  • Yue Buqun 
  • Ning Zhongze
  • Feng Qingyang (kakek paman guru)
  • Ren Woxing (indirect/secara tidak langsung, bukan guru asli)
  • FangZheng (bukan guru asli, cuma diajarkan ilmu tenaga dalam)
  • Ren Yingying (mengajar musik)
Hubungan Asmara:
  • Ren Yingying
  • Yue Lingshan
  • Yilin
  • Dongfang Bubai (*khusus adaptasi seri TV thn 2013)
Senjata utama: Pedang

catatan: yang ditebalin adalah yang utama.


Ilmu Silat (sebagian ditulis dalam bahasa inggris karena sulit menerjemahkanya ke indo):


Swordplay (ilmu pedang):
  • 9 Dugu Swordplay atau 9 Swords of Dugu 
ilmu pedang yang diajari oleh senior Feng Qingyang, senior Huashan sword faction yang diperkirakan sudah menghilang lama puluhan tahun. LHC banyak mengandalkan ilmu ini dan menjadikannya dari seorang tokoh dengan ilmu silat biasa, menjadi salah satu tokoh yang disegani di Jianghu. LHC termasuk berbakat mempelajari nya , karena belajar jauh lebih cepat dari senior Feng Qingyang sendiri di masa mudanya. Selama di novel, LHC mempelajari 8 dari 9 stance, dan stance ke-9 hanya diajarkan teorinya dan disuruh belajar memahami sendiri. 9-Dugu ini mempunyai karakteristik serangan random/acak yang sudah ditebak pergerakannya , jadi stance nya mirip ga ada stance karena ga beraturan, bertolak belakang dengan ilmu lainnya. Setiap stance dari 9 ini , mempunyai kelebihan untuk melawan tipikal musuh yang berbeda, contohnya stance ke-8 cocok untuk melawan musuh dengan senjata projectile atau senjata rahasia. stance ke-2 cocok untuk melawan musuh yang menggunakan pedang. Selain sama sekali belum bisa stance ke-9 yang biasa digunakan untuk melawan musuh dengan ilmu silat dominan Qi (itu sebabnya LHC kalah saat melawan Ren Woxing di penajara), Dikatakan LHC juga kurang mahir untuk stance ke-7 (hal ini ada di ungkapkan di novel saat pertarungan Ren Woxing dan biksu Fanzheng di Shaolin). Senior Feng mengatakan dia butuh setidaknya 20 tahun untuk memahami dan menyempurnakan 9-dugu ini, nampaknya ada benarnya juga.
  • Huashan Swordplay (ilmu pedang Huashan)*
ilmu yang dipelajari paling lama semenjak kecil. Merupakan dasar ilmu LHC.
  • 5 long-lost high-level swordplay arts of 5 sword sects (Huashan, Songshan, Hengshan utara, Hengshan selatan, dan Taishan)
ditemukan didalam gua di tebing penebusan Huashan. Setelah penyerangan partai Matahari-bulan yang dipimpin oleh 10 tetua ke gunung huashan di masa lalu, mayoritas senior dan ketua 5 partai pedang telah mati dibunuh, sehingga banyak ilmu pedang tingkat atas yang hilang. Saat penyerangan ke-2 partai Matahari-bulan, 10 tetua terperangkap oleh jebakan di gunung huashan, disana 10 tetua mengukir ilmu pedang lima partai pedang yang ternyata mereka kuasai , dan bahkan mengukir jurus untuk counter semuanya, mereka melakukannya untuk menertawakan serikat 5 partai pedang.
  • The counter moves to the swordplays of all the 5 sword sects (aka blackstar)
ilmu yang diukir didinding goa ini adalah yang berasal dari 10 tetua sekte iblis (sun-moon sect), mereka menciptakan ilmu ini untuk melawan ilmu-ilmu dari persekutuan 5 partai pedang. ilmu ini menggunakan berbagai macam senjata berbeda mulai dari Toya, Gada Petir, dll . Dikatakan 10 tetua sekte iblis itu sendiri gaya ilmu silat nya beda-beda, mungkin terbagi menjadi  6-7 aliran fraksi berbeda gaya nya. 
  • Ning's Swordplay (ilmu pedang tanpa tanding pendekar Ning)
diajarkan oleh ibu guru Ning Zhongze untuk menghadapi Tian Boguang.
  • Chong Ling Swordplay
ilmu silat ini diciptakan oleh pasangan LHC dan Yue Lingshan saat mereka masih bersama. dilatih diatas puncak gunung wanita cantik di gunung huashan, di bawah air terjun, dengan menanggap air terjun adalah tenaga dalam lawan yang mendorong dan mereka berusaha membalas. Salah satu jurusnya memiliki keindahan dimana saat dimainkan bersama, ujung pedang yang satu akan bertemu dengan ujung pedang yang lain secara tepat dan akurat (tentu saja berbahaya).
  • Grand Mountain Three Green Peaks Swordplay (太岳三青峰劍法)*
  • Ilmu pedang Cemara Angin dari partai QingCheng 
  • saat Yue Lingshan dan ibu guru Ning melatih ilmu pedang gadis suci, dikatakan butuh lawan latihan yang menguasai berbagai jurus pedang partai lain, di Huashan hanya Yue Buqun dan LHC yang menguasai berbagai jurus pedang partai lain. Cuma tidak dikatakan apa saja yang telah dipelajar oleh LHC (selain yang dari partai QingCheng) 
  • ilmu pedang Hengshan Utara
LHC sebelumnya hanya memahami ilmu pedang Hengshan utara tingkat atas yang sudah lama menghilang dari dinding Gua huashan di tebing penebusan, tapi tidak mengerti teknik dasar pedang Hengshan utara lainnya, setelah menjadi ketua Hengshan utara, dia menyuruh murid-murid Hengshan untuk memperagakan teori, prinsip, dan teknik pedang Hengshan dari dasar sampai tingkat tinggi agar dia mengerti.
  • ilmu pedang Songshan (dari Gua tebing penebusan)*
  • ilmu pedang Hengshan Selatan (dari Gua tebing penebusan dan mungkin sebelum itu)*
  • ilmu pedang Taishan (dari Gua tebing penebusan dan mungkin sebelum itu)*

Qinggong (ilmu meringankan tubuh):
  • Huashan Qinggong (Shiduanjin (十段錦)*
  • Jurus Ikan Emas Melompat
Neigong (Tenaga Dalam):
  •  Yi Jin Jing (tendon altering sutra)
ilmu Shaolin ini diajari oleh Fangzheng agar dapat mengobati luka dalam LHC yang saat itu dalam kondisi kritis. Fangzheng yang seorang ketua biksu bahkan berbohong bahwa jurus ini dititipin oleh senior Feng Qingyang , karena tau LHC tidak akan mau mempelajari nya jika tahu itu adalah ilmu Shaolin.
  •  Star-Sucking skill (XXDF)
ilmu andalan Ren Woxing ini dipelajari saat berada dipenjara. Ren Woxing mengukir jurus ini didalam penjara dan ditemukan oleh LHC. Beberapa orang yang dihisap tenaga dalamnya adalah Yue Buqun, Hei baizi, 2 adik seperguruan Zuo Lengchan, 4 dewa persik, chongxu, nenek bisu hengshan, pendeta yuling, xiang wentian, yan sanxing. Dan khusus di komik, ada tambahan 2 pembunuh bayaran yang dihire oleh Songshan
  • Huashan inner energy (Tenaga dalam partai Huashan)  
tenaga dalam yang menjadi dasar dari LHC, tapi pada pertengahan cerita, LHC terluka berat dalam waktu lama, kemudian semua tenaga dalam nya menjadi hilang, ga tersisa sama sekali.
  • berbagai tenaga dalam yang ditanam oleh berbagai orang, yang bertujuan untuk mengobati lukanya, tetapi ternyata memperparah kondisinya (total ada 8 energy yang ditanam, 6 energy oleh 6 orang aneh Peach Valley, 2 energy dari biksu Bujie). setelah terluka karena 6-7 energy saling bertabrakan, tenaga dalam huashan nya menjadi hilang, setelah mempelajari XXDF,  semua 7-8 energy hawa aneh berbeda dapat diserap menjadi energy sendiri, termasuk energy biksu Fangsheng saat dia mengobati LHC di shaolin.
  • Arak Obat 5 Racun yang meningkatkan tenaga dalam, dan lebih resistance terhadap racun.

Ilmu tangan kosong (bare-handed martial arts):
  • Leopard's tail kick (jurus tendangan harimau menyabet ekor/tendangan ekor macan tutul)
partai Huashan umumnya menggunakan ilmu pedang, tetapi ada sebagian kecil adalah ilmu tangan kosong, salah satu nya adalah ini. Pernah digunakan oleh LHC saat pertama kali menghajar murid-murid partai QingCheng . Murid ke-6 huashan (six monkey) yang sedang bersama LHC saat itu mengatakan kalau dia belum bisa menguasai jurus ini.
  • Teori 13 stances dari Wind Storm Fast Knife Chop nya TBG
ketika LHC mengetahui bahwa dia tidak bisa menang bertarung melawan TBG, saat itu muncul ide untuk menuduh TBG mencuri ilmu huashan Jade Maiden yang jumlahnya stance nya juga 13 dan nama2 stancenya ada yang mirip, LHC berpura2 menertawakan TBG bahwa itu jurus dari huashan dan TBG marah dan  memperagakan semuanya untuk membuktikan bahwa dia tidak mencurinya. LHC menghafal semua 13 stances nya. LHC memperagakan 13 stance Fast Knife ini kepada guru, ibu guru, dan murid-murid huashan. Biarpun LHC tidak bisa menguasainya secara nyata, tetapi dia menghafal secara teori. 

Fake Martial Arts :
  • Toilet Swordplay (jurus pedang bau atau ilmu pedang kakus atau ilmu pedang menusuk lalat sambil duduk)
ilmu palsu yang dikarang sendiri oleh LHC saat melawan TBG di penginapan/rumah makan , agar dapat bertarung melawan TBG dalam kondisi duduk di kursi. Kata LHC dia membuat jurus ini saat BAB sering memukul lalat dengan pedang.
  • a Fake 13 Stances of Jade Maiden's Golden Needle , based on fast chop knife of TBG
ketika LHC mengetahui bahwa dia tidak bisa menang bertarung melawan TBG, saat itu muncul ide untuk menuduh TBG mencuri ilmu huashan Jade Maiden yang jumlahnya stance nya juga 13 dan nama2 stancenya ada yang mirip, LHC berpura2 menertawakan TBG bahwa itu jurus dari huashan dan TBG marah dan  memperagakan semuanya untuk membuktikan bahwa dia tidak mencurinya. LHC menghafal semua 13 stances nya dan kemudian modif secara langsung dengan tambahan gerakan feminim agar tidak dicurigai. 13 Stances palsu ini yang di modif dengan gerakan feminim kemudian diperagakan ulang lagi oleh LHC saat sparring dengan ibu guru. 
  • Goose Landing in Sand (Belibis Mendarat Tampak Pantat/Pantat Menghadap Kebelakang, Angsa Mendarat di Pasir)
ilmu palsu ini untuk mencandai murid-murid dari perguruan Qingcheng , dengan meniru beberapa gaya khas ilmu qingcheng, kemudian mengatakan itu adalah ilmu dari Qingcheng, dengan tujuan untuk membuat malu. Ilmu ini berusaha untuk menendang bokong lawan , digunakan saat LHC melawan murid Qingcheng.

Skill lain:
  • ilmu musik kecapi dari Ren Yingying dan pernah memiliki kitab Xiao Ao Jiang Hu warisan tetua Qu Yang dan Liu Zhengfeng
  • mengenal ilmu arak dari Luzhuweng

Martial Arts and skills in TV series adaption (ilmu silat yg hanya ada di adaptasi TV):
  • Bi Xie Swordplay (external stance only) - 2013 tv series
jika di novel Lao Denuo yang mengintip murid partai QingCheng berlatih, maka di 2013 tv series, LHC yang mengintip, dan menghafal beberapa stance dari Bi Xie swordplay, kemudian memperagakannya di depan guru Yue Buqun, tentu saja ilmu ini tidak berguna karena rahasia nya terletak pada "itu"
  • Jurus pedang tanpa nama yang diciptakan sendiri setelah bertarung dengan murid QingCheng - 2013 tv series
melihat murid qingcheng menggunakan ilmu pedang yang aneh dan dirasa ilmu pedang huashan yang dipelajarinya kurang efektif dalam menghadapinya , saat itu juga secara langsung LHC membuat jurus pedang baru. Yue Lingshan yang melihatnya langsung meminta untuk diajari.
  • Tenaga dalam Es yang bisa membekukan pedang - 2018 tv series
setelah dia meminum darah ular, yang dimana ular tersebut pernah memakan ice silkworm yang beracun, dia memiliki tenaga dalam es mirip you tanzhi di DGSD.

ilmu silat yang hampir dipelajarinya:
  • ilmu awan lembayung (violet mist) dari huashan, Yue Lingshan mencuri kitab ini dari ayahnya agar LHC mempelajarinya dan bisa sembuh dari luka berat, Yue Lingshan memberikannya kepada adik ke-6 untuk membacakannya karena saat itu LHC tidak bisa bergerak karena terluka. LHC menolak belajar, setelah adik ke-6 membaca beberapa kalimat dari ilmu itu, LHC menggunakan siasat agar adik ke-6 mendekat, disitu LHC menggunakan sisa tenaga nya memaksakan diri untuk menotok adik ke-6 . Kejadian selanjutnya yang tidak terduga adalah kematian adik ke-6 dan hilangnya kitab ilmu nomor 1 dari 9 ilmu utama partai Huashan itu. LHC sempat mendengar beberapa teori pada ilmu ini yang dibacakan oleh adik ke-6.
Jurus-jurus yang tidak diketahui dari ilmu pedang apa (mayoritas adalah ilmu huashan):
  • Jurus Burung Hong Datang menyembah
  • Jurus Cemara Hijau menyambut tamu, merupakan salah satu jurus andalan dari Linghu Chong saat masih di Huashan
  • jurus Angsa Emas terbang di langit
  • jurus Menangkis Pedang
  • jurus Genderang waktu Berdentam
  • jurus Ruangan Penuh Emas Kumala, jurus yang disebut tetua Feng tidak harus selalu menggunakan pedang
Tambahan corat-coret:
  • dikatakan ilmu teknik pernafasan LHC sangat bagus, tidak ada murid huashan lain yang bisa seperti dia kemampuannya, diajarkan oleh Yue Buqun.
  • Fangzheng juga ada memberikan petunjuk ilmu pernafasan dan ilmu memindahkan tenaga, serta tata cara semedi yang baik
  • Saat mengajari ilmu pedang Hengshan yang terukir di dinding kepada murid-murid Hengshan, Linghu Chong menciptakan beberapa gerakan baru  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar