HSDS2019

HSDS2019

Jumat, 15 Desember 2017

Shi Potian

Shi potian adalah salah satu tokoh utama dari novel Ode to Gallantry, karya Jin Yong yang populer dengan trilogy condor heroes nya. Ode to Gallantry bercerita tentang setiap 10 tahun , ada 2 utusan yang datang ke dunia persilatan untuk mengundang para pemimpin partai yang terpilih untuk minum bubur di pulau Para Pahlawan, jika menolak akan dibunuh langsung termasuk semua anggota partai, tapi masalahnya jika menerima undangan, setiap pemimpin partai yang kesana tidak ada yang kembali lagi dan ga ada kabar , ini sudah terjadi selama 30 tahun terakhir.
Shi Potian dan kakaknya Shi Zhongyu (shi potian lebih mudah sekitar 11 bulan, biarpun ada satu clue lain yang menunjukkan beda 2 tahun), nantinya akan dijadikan pemimpin sebuah partai sebagai pemimpin boneka, sehingga pemimpin asli dapat kabur dari undangan utusan pulau para pahlawan. Shi Potian saat bayi diculik dan disangka telah meninggal dibunuh, sejak kecil diasuh oleh ibu angkat yang menculiknya dan tidak mengerti ilmu silat sama sekali, lingkungan hidupnya pun terpencil jauh dari masyarakat. Itu menyebabkan Shi Potian menjadi polos dan jujur .

Shi Potian melakukan petualangan pertamanya di dunia luar , setelah tiba-tiba ibu yang tinggal bersamanya mendadak hilang ntah kemana, kemudian tidak lama kemudian anjing kuning kesayangannya juga ikut menghilang. Dalam perjalanannya, dia secara kebetulan mendapat plakat batang besi hitam , yang dimana Xie Yanke pernah berjanji bahwa bagi yang mendapatkannya, apapun permintaan orang itu , akan dia laksanakan , karena Shi Potian tidak memiliki keinginan apapun, itu membuat Xie Yanke gusar dan tidak tenang karena belum melaksanakannya, akhirnya membawanya ke atas tebing kediamannya dan secara sengaja mengajarkannya 2 ilmu tenaga dalam yang saling bertolak belakang, satu berunsur Yin dan satu berunsur Yang, yang akhirnya akan membuat luka dalam dan penderitaan yang maha dahsyat dan akhirnya mati. Siapa sangka Shi Potian pada akhirnya lolos dari maut itu. Kemudian dia menjadi orang yang memiliki tenaga dalam berlimpah setelah mendapat beberapa kesempatan, tetapi ilmu luar nya hancur.

Shi Potian berperawakan alis tebal, mata besar, dan wajah bersudut. Shi Potian yang buta huruf, membuatnya berhasil mempelajari suatu ilmu silat tanpa tanding  pada akhir cerita yaitu Ode To Gallantry di pulau Pendekar (hero's island). Kedua tetua pulau meminta agar Shi Potian tidak mengatakan kepada siapapun, termasuk orang yang dipercaya, bahwa dia telah berhasil memecahkan rahasia ilmu di pulau itu, karena akan selalu memunculkan bahaya atau masalah di masa depan, biarpun mereka tidak bisa mencelakai Shi Potian, tetapi bisa mencelakai orang disampingnya. Kisah cinta atau asmara Shi Potian sangatlah sederhana, dia di-sepanjang cerita hanya memiliki cerita cinta dengan satu wanita yaitu A'xiu, hubungannya dengan Ding Dang hanya karena kesalahpahaman.



----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Biodata Shi Potian 
nama asli: Shi Zhongjian
nama lain : Gouzazhong , Dazongzi (big rice dumpling) , Shi Yidao, dll

umur: 
12-13 tahun (kemunculan pertama)
18-19 tahun

Partai : 
Changle (clan of eternal happiness) - ketua boneka
Golden Crow (gagak emas) - murid pertama
Xueshan sect (Snow Mountain sect) - ketua sementara

Keluarga:
Ayah: Shi Qing
ibu: Min Rou
saudara kandung: Shi Zhongyu
ibu angkat: Mei Fanggu

Guru: 
Shi Xiaocui (resmi)
Xie Yanke
keluarga Ding (Ding Bushi dan Ding Dang)

Hubungan Asmara:
A'xiu
Ding Dang (istri yg sah, salah pengenalan karena kemiripan muka)

Saudara Angkat:
Zhang San
Li Si


*yang ditebalin(bold) yang utama

Senjata: tidak ada, menggunakan tangan kosong, terkadang menggunakan golok/pedang
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Ilmu / Martial Arts: 
  • kombinasi energi Yin dan Yang. Diajarin Yin dan Yang energy sekaligus oleh Xia Yanke (kedua energy ini bertolak belakang, di novel utk membunuhnya, di tv series utk membuatnya menderita dan mohon ampun) . awalnya cuma diajarin Yin yang berasal dari 18 boneka tanah liat , kemudian melihat Shi Potian masih sehat-sehat, diajarin tenaga dalam berbasis Yang oleh Xie Yanke. Novel bahasa inggris dibagian akhir menyebut nama ilmu ini adalah "Fiery Art"
  • kedua energi yang bertolak belakang itu secara tidak sengaja menjadi harmoni karena "kecelakaan". Saat kedua energi Yin dan Yang didalam tubuh Shi Potian sedang beradu/bergejolak, Zhan Fei memukul Shi Potian dengan ilmu tapak pasir besi tepat di tengah, ternyata pukulan itu bukannya membunuh Shi Potian, tapi malah membantu 2 energi yang bertolak belakang itu menjadi harmoni.
  • Arhat Taming Demon ilmu tenaga dalam yang dipelajari dari 18 boneka kayu (jurus Shaolin yang bernama arhat taming demon art), didapat dari menyelamatkan seorang senior bernama Dabei. 
  • 72 Stance Swordplay dari Snow Mountain sect (Xueshan Pai) ,dalam 1 malam mampu belajar  60an stance hanya dari mengintip murid xueshan berlatih (ini versi novel), kemudian Shi Xiaocui mengajari sisanya yang tidak diingat oleh Shi Potian (sekitar 9). Selain Xiaocui, yang membantu dia memperbaiki stance ilmu pedang Snow Mountain adalah Shi Qing dan Min Rou (biarpun mereka tidak bisa ilmu pedang ini, tetapi tahu kesalahan umumnya)
  • 73 Stance Swordplay dari Golden Crow sect (JinWu phai) dibuat oleh shi xiaocui dgn fokus utama untuk counter xueshan swordplay, ditambahi 1 stance sehingga total jadi 73 
  • Ode to Gallantry (xia ke xing)  ini adalah multi-skill mirip 9 Yin, lengkap ada ilmu inner forces, external forces, ilmu meringankan tubuh, dll) , habis belajar ini uda ga terkalahkan . Total ada 24 chamber gua di pulau pahlawan/pulau pendekar, masing-masing chamber gua memiliki teori gerakan tertentu , perbedaannya dengan 9-Yin adalah masing-masing chamber gua itu bukanlah ilmu tersendiri, tetapi merupakan rantai yang diperlukan untuk chamber terakhir , jika tidak mempelajari satu chamber saja, maka tidak akan berhasil mempelajari ilmu Ode to Gallantry saat dalam keadaan mode Trance, jadi bisa dibilang masing-masing jurus pada 24 gua merupakan bagian dari ilmu keseluruhan Ode To Gallantry.
  • Minum arak api dan es untuk meningkatkan energy , arak api dari zhang san dan arak es dari li si. Zhang San dan Li Si bahkan memasukkan pil racun api dan es yang untuk 12 botol arak ke dalam 1 botol arak.
  • Arak api dan es dari Zhang San dan Li Si itu selain nambah kekuatan, juga membuat tangan Shi Potian mengandung racun karena tenaga dalam memaksa racun keluar melalui telapak tapak. Racun itu dapat mematikan musuh lemah dalam sekejap . tangan beracunnya efek tidak permanent. saat tenaga dalam memaksa mengeluarkan racun, secara tidak langsung juga melatih tenaga dalam secara terus menerus dan meningkatkan tenaga dalam.
  • diajarin cara mengeluarkan racun api dan es dengan tenaga dalam oleh Zhang San
  • 18 moves seizing technique keluarga Ding (diajari oleh Ding Dang) 
  • Shanqing martial arts. saat pertemuan pertama kali Min Rou dengan Shi potian. Min Rou ada memberi petunjuk memperbaiki stance ilmu pedang Snow Mountainnya shi potian, sedangkan ilmu Shanqing diajarin oleh Shi Qing dan Min Rou saat mereka bertemu shi potian diperjalanan dari Shan Qing temple ke  Snow Mountain sect, mereka akhirnya memilih untuk tinggal di sebuah gubuk jauh dari keramaian untuk memulihkan ingatan Shi potian dan juga mengajarkan ilmu mereka (Shanqing) dan memperbaiki ilmu pedang snow mountain nya Shi potian. ilmu pedang yang diajarkan Shi Qing dan istrinya ada disebut namanya pada akhir cerita yaitu "Clear and High Watchtower' sword technique".
  • di edisi 1 novel, Shi Potian mampu menggunakan 2 tangan dan masing-masing menggunakan jurus berbeda (satu tangan ilmu pedang snow mountain, satu tangan lagi ilmu pedang golden crow), mirip ilmu xiao long nu yang tangan kiri vs tangan kanan (Technique of Ambidexterity-nya Zhou Botong) terus menggunakan 2 ilmu pedang berbeda , tetapi ini tanpa dipelajari, alias ga sengaja muncul sendiri sesuai insting. ini dilakukan SPT saat latihan (menggunakan ranting pohon sbg pengganti pedang dan golok usang)
  • Ding Bushi's Palm and Fist technique 
  • jurus "To Make A Veiled Attack" ,  menggetok dari samping dan memukul dari sisi , gerakan sederhana yang di ajari oleh A'Xiu, jurus ini digunakan kalau lawan sudah pasti kalah, tujuannya untuk memberi muka pada lawan. Tujuan jurus ini adalah untuk tidak membunuh lawan dan tidak membuat luka berat. 
  • Ding Family Palm Technique by ding dang 
  • obat arak Es Gelap dan Api Biru dari Ding Dang meningkatkan sedikit tenaga dalam dan meningkatkan resistance terhadap racun
  • olah tenaga dalam dasar berbasis Yin dari Shaolin
  • belajar titik meridian dari 18 boneka, xie yanke, ding dang, shi xiaocui
  • diajarin ilmu meringankan tubuh berlari diatas pohon oleh Axiu saat berusaha kabur 
  • Bubur dari rumput langka di pulau pendekar yang panen setiap 10 tahun, meningkatkan kemampuan beladiri
  • saat di dalam kurungan di Snow Mountain sect, Bai Zizai sempat memberi petunjuk kecil
  • di edisi 1, ada dikatakan ibu asuh Shi Potian mengajari dasar olah tenaga dalam, yg bertujuan untuk menyakitinya dengan cara tertentu

hanya ada di TV series: 
  • Wu Dang martial arts di TV series, orang tua shi potian berasal dari Wu Dang, bukan Shanqing monastery. (yang ini saya ga jelas apa aja yang diajarin, karena cuma ada di pembicaraan saat Shi Qing dan Min Rou bawa shi po tian ke Wu Dang, disana shi qing nanya apakah shi po tian sudah mempelajari ilmu yang diajarinnya, kemungkinan ilmu meringankan tubuh yg ladder cloud? -> hanya tebakan2 saya) (versi OTG 2017) 
  • Tinju kacao-balao keluarga Ding (diajari oleh ting ting tang tang) , awalnya cuma di ajari 1-2 stance (versi OTG 2017)
  • Motion Shengong dari xie yanke (versi TVB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar