10 Pendekar Terkuat di dunia Jin Yong

Pendekar terkuat Jin Yong


Jin Yong (hokkien: Chin Yung) telah menghasilkan lima belas karya , semua-nya diprediksi berada pada universe timeline (dunia) yang sama . Total tokoh yang muncul ataupun yang disebut namanya dari lima belas novel Jin Yong itu ada lebih dari lima ribu tokoh. Ada yang merupakan Pendekar, ada juga yang bukan. 

10 Pendekar Terhebat / Terkuat Dunia Jin Yong

Pendekar Terhebat Chin Yung (Jin Yong)
para pendekar dalam karya Chin Yung


Dari daftar pendekar, ada yang hebat, ada yang lemah. Di antara para petarung ahli silat itu, berikut adalah 10 Orang atau Pendekar Terkuat Jin Yong :
  1. Dugu Qiubai 
    seorang ahli pedang tanpa tanding yang hidup disekitaran dinasti Song. Yang Guo , Linghu chong, dan Feng Qingyang adalah contoh pendekar yang belajar sedikit ilmunya) dan Dugu Qiubai pernah disebut oleh Jin Yong dalam wawancara sebagai yang terkuat. Sahabat-nya adalah sang rajawali yang nanti hidup ratusan tahun dan juga menemani dan melatih Yang Guo. Dari cara sang kakak rajawali memberikan arahan kepada Yang Guo yang melatih dibawah air terjun, melawan ombak besar, dan memakan empedu ular, rasanya Dugu Qiubai juga memiliki tenaga dalam yang sangat besar. Nama Dugu Qiubai mempunyai arti "Penyediri yang mencari kekalahan" atau memiliki makna seseorang pendekar yang terlalu kuat sehingga tidak ada lawan sepadan, yang akhirnya kesepian
  2. Dharma / Damo 
    pendiri Shaolin , tidak tahu berapa banyak ilmu dari 72 ilmu Shaolin yang dipelajarinya, dikatakan tidak memungkinkan untuk mempelajari semua 72 ilmu itu karena beberapa hal dan alasan, salah satunya adalah beberapa ilmu saling bertolak belakang, tapi gimanapun Damo kemungkinan yang menguasai terbanyak (selain XuanCheng).  Mayoritas 72 ilmu tingkat mahir Shaolin adalah ciptaan Damo, tapi tidak semua. Damo juga pencipta ilmu pengubah urat (yijinjing) yang terkenal hebat. Pada Edisi lama, dia juga pencipta ilmu kitab 9-Yin dan 9-Yang, tapi kemudian di revisi oleh Jin Yong.
  3. Sweeper Monk 
    satu-satunya di daftar ini yang bukan merupakan tokoh Leluhur atau pencipta ilmu silat, namanya tidak disebutkan, hanya dikatakan sudah berdiam di Shaolin selama lebih dari 40 tahun sebagai pekerja di perpustakaan Shaolin, karena saat adegan di cerita Demi Gods and Semi Devils dia sedang menyapu, sehingga para pembaca menyebutnya biksu penyapu (Sweeper Monk). Biksu penyapu ini di edisi satu berbaju abu-abu, kemudian di edisi revisi berbaju kehijauan. Sweeper Monk menunjukkan keahliannya pada salah satu event Shaolin, diantaranya invisible shield (perisai tak kasat mata), kekuatan dorongan tenaga dalam, tenaga dalam tinggi, dan ringan tubuh mengangumkan)  
  4. A'qing 
    menjadi kebiasaan Jin Yong dimana orang yang era baru selalu lebih lemah dibanding era yang lebih lama generasinya secara overall (keseluruhan), A'qing yang bisa mengalahkan beribu-ribu prajurit elite negara Yue dengan mudah tanpa terluka dan seorang diri dan hanya mengandalkan bambu ini, dan juga tanpa berusaha membunuh prajurit (hanya menjatuhkan senjata mereka), berada di era Musim Semi dan Gugur, 1400 tahun lebih sebelum jaman cerita novel Demi Gods and Semi Devils. Sayang ilmunya tidak benar-benar dimengerti secara keseluruhan oleh para prajurit Yue, sehingga tidak bisa diwarisi dengan baik oleh generasi selanjutnya.
  5. Xiaoyaozi 
    guru dari Wuyazi, Li Qiu Shui, dan Tianshan Tonglao, sang guru mengajarkan ketiga murid nya ilmu silat yang berbeda-beda , konon menerapkan peraturan sekte agar muridnya tidak diperbolehkan mempelajari semua jurus dan ilmu silat aliran partai Xiao Yao. Xiaoyaozi diperkirakan menguasai semua ilmu silat dari ketiga orang pendekar kelas wahid tersebut, tidak heran dia masuk daftar pendekar terhebat.
  6. Kasim Pencipta Kitab Bunga Matahari 
    Kitab ilmu Bunga Matahari atau bahasa inggrisnya Sunflower Manual (kuihua baodian) terkenal dahsyat dan menjadi perebutan di cerita pendekar hina kelana atau smiling proud wanderer; apa yang dipelajari oleh Lin Yuantu dan Dongfang Bubai hanyalah versi tidak komplit dari ilmu Sunflower yang asli, tapi sudah mengguncang dunia persilatan. Sayang mempelajari ilmu ini harus dibayar mahal dengan pengorbanan bagian tubuh tertentu.
  7. Duan Siping
    leluhur kerajaan Dali dan kaisar pertama Dali, kemungkinan pencipta ilmu 6-Meridian Sword , yang boleh dibilang merupakan salah satu ilmu terkuat di dunia wuxia Jin Yong , tembakan auranya kasat mata (tidak kelihatan) , cepat, sangat kuat, bertenaga dalam tinggi , dan memiliki jangkauan yang lumayan tergantung nadi jari mana yang digunakan. Untuk memaksimalkan ilmu ini perlu dipelajari semua enam nadinya, tetapi itu sangat terlampau sulit. Saat era Demi Gods and Semi Devils, Kurong mengatakan bahwa sudah ntah beberapa generasi tidak ada yang mampu menguasai enam nadi sekaligus.
  8. Murong Longcheng 
    leluhur keluarga Murong dan penemu ilmu Pergeseran Bintang (North Star-Shifting) yang legendaris, sempurnanya ilmu ini membuat-nya tidak bisa disentuh oleh ilmu apapun, selalu dibalikkan kembali ke lawan, sayang ilmu ini mengalami degradasi dan kurang dikuasai oleh keturunan selanjutnya seperti Murong Bo dan Murong Fu. Murong Bo saat mempratekkan suatu ilmu jari lain kepada anaknya, dan membuat takjub Murong Fu dan pendekar dunia persilatan yang ada saat itu, mengatakan bahwa apa yang dilakukannya tidak sebanding dengan para leluhur Murong.
  9. XuanCheng  
    biksu shaolin ini dikatakan adalah yang terkuat di shaolin selama 200 tahun terakhir (dari jaman Demi Gods and Semi Devils mundur ke 200 tahun belakang). Dia adalah biksu Shaolin yang mempelajari paling banyak ilmu dari daftar 72 ilmu tingkat mahir Shaolin. Tidak jelas berapa ilmu dari 72 ilmu tingkat mahir Shaolin yang dipelajarinya karena terdapat berbagai sumber informasi dan revisi berbeda, ada yang bilang tiga belas, ada yg bilang dua puluh tiga, juga edisi lama pun ada dibilang tiga puluh enam. Yang pasti kita cuma bisa tahu dia yang paling banyak menguasai yang terekam menurut penuturan beberapa orang termasuk sweeper monk. Sayang karena kerakusannya itu, membuatnya menjadi lumpuh.
  10. Huang Shang 
    pencipta ilmu 9-Yin ini memiliki keahlian ilmu dari berbagai perguruan atau partai , dia diperbolehkan memasuki perpustakaan kerajaan untuk mempelajari ilmu silat dari berbagai belahan dunia yang berhasil dikoleksi oleh kerajaan. Selama 40 thun mendedikasikan diri untuk melakukan riset berbagai ilmu silat mengalahkan semua petarung dari sekte sesat Ming seorang diri. Mengumpulkan ribuan kitab Tao yang sebagian diantaranya adalah ilmu silat, kemudian mempelajarinya dan mengembangkannya menjadi ilmu baru dan dikompilasi ke kitab 9-yin jilid satu, sedangkan jilid dua berdasarkan pembelajaran dan pemahaman terhadap semua ilmu-ilmu musuh Huang Shang.

Tokoh Terhebat Jin Yong

Beberapa orang yang mendekati Top 10 (tanpa berurutan) adalah:

Xiao Feng, Guo Jing, Yang Guo, Xu Zhu, Shi Potian, Tianshan Tonglao, Wuyazi, Li Qiushui, Murong Bo, Xiao Yuanshan, Zhang Wuji, Zhang Sanfeng, Lin Yuantu, Duan Yu, Dongfang Bubai, dan Guo Xiang saat sudah menjadi biksuni.

Itulah daftar 10 Pendekar Terkuat atau Tokoh terhebat dalam cerita Jin Yong/Chin Yung, yang mayoritas adalah tokoh legendaris dalam cerita.

Dugu Qiubai pendekar terkuat

Shi Potian
Shi Potian, salah satu pendekar terkuat yang muncul dalam cerita



Next Post Previous Post
2 Comments
  • NataL 32™
    NataL 32™ 23 September 2018 pukul 14.04

    Kalau khusus karakter utama/karakter bkan "lejen"..
    1.Xu Zhu
    Shi Potian
    2.Duan Yu
    3.Tianshan Tonglao
    4.Wuyazi
    5.Li Qiushui
    6.Dongfang Bubai (arguably)
    7.Qiao Feng
    8.Murong Bo
    Xiao Yuanshan
    Yang Guo
    Guo Jing
    Jiumozhi
    9.Zhang Sanfeng
    Zhou Botong
    Jinlun Fawang
    10.Huang Yaoshi
    Yideng
    Hong Qigong
    Ouyang Feng
    Zhang Wuji
    11.Wang Chongyang
    Feng Qingyang
    Fangzheng
    12.Lin Chaoying
    Guo Xiang
    Qiu Qianren
    Lord Long/Mu
    13.Kurong
    Xiao Longnu
    14.Lady Yang
    Yang Potian
    You Tanzhi
    15.Chongxu
    Xuanci
    Duan Yanqing
    Duan Zhengmin
    Zhang San
    Li Si

  • Mozu
    Mozu 12 Oktober 2021 pukul 09.43

    xiaoyaozi itu selevel ama sweeper monk.. Ilmunya ga cuman kungfu tapi sihir juga manusia setengah dewa

Add Comment
comment url