HSDS2019

HSDS2019

Selasa, 26 Februari 2019

Daftar Partai/Sekte Silat aliran Buddhisme



Berikut adalah daftar partai/sekte orthodox yang beraliran buddhisme (daftar hanya mencakup karya Jin Yong dan hanya yang terkenal kuat pengaruhnya agar daftarnya tidak terlalu panjang)

partai Xianxia (cloud pavilion) / Kuil Yunqi
partai ini muncul di pendekar pemanah rajawali, dengan salah satu anggotanya adalah biksu Kumu, yang merupakan guru ilmu silat daripada Lu Guanying (dia tidak diajarkan oleh ayahnya ilmu pulau persik, sehingga berguru kepada biksu Kumu). Karena kesalahpahaman yang dikambing hitamkan oleh keponakannya, Duan Tiande, dia mengundang 7 orang aneh untuk bertarung dengan Qiu Chuji. Adik seperguruannya, biksu Jiaomu, mati dalam perselisihan itu.



Shaolin Wilayah Barat
Saat terjadi insiden Pekerja Dapur (fireworker incident) di Shaolin, kejadian menghebohkan itu membuat perpecahan di dalam internal Shaolin dan bahkan membuat Shaolin menutup diri selama beberapa dekade. Perbedaan pendapat didalam internal Shaolin itu membuat salah satu tetua Shaolin, biksu Kuhui (Kuwei di edisi 2) keluar dari Shaolin dan pergi ke wilayah barat mendirikan Shaolin Wilayah Barat. 3 Murid dari Shaolin Wilayah Barat ini ada muncul di awal era cerita Pedang langit dan Golok Naga (HSDS). Pada pertengahan HSDS, mereka sudah tidak mempelajari ilmu silat lagi dan hanya fokus pada meditasi dan buddhisme













Daxueshan Dalunsi di Tibet (great wheel temple of the great snowy mountain)
Merupakan tempat asal muasal dari Jiumozhi, tidak banyak yang diketahui dari kuil Daxueshan Dalunshi ini karena letaknya berada di Tibet, juga kurang mencampuri urusan Daratan Tengah (tiongkok). Sehingga, rankingnya ditempatkan tidak terlalu tinggi posisinya.

Perguruan Shaolin Vajra Barat
Sebuah partai yang didirikan oleh Huogong TouTuo setelah dia melarikan diri dari Shaolin pasca kejadian insiden Pekerja Dapur dengan membuat ribut dan membunuh salah satu tetua senior Shaolin, Kuzhi dari Aula Damo. Murid-murid Huogong TouTuo ini ada muncul di era Pedang Langit dan Golok Naga (HSDS) , dan bekerja pada pemerintahan Mongol.

Kuil Qingliang di gunung Wutai
Kuil ini terletak di atas gunung Wutai di Shanxi. Salah satu anggota senior nya, biksu Zhiguang, terlibat sebagai salah satu anggota yang ikut dalam insiden penyerangan keluarga Xiao Yuanshan (itu sebelum dia menjadi biksu).  Ketua kuil ini bernama Shenshan Shangren, sering dianggap derajatnya sama dengan abbot Shaolin. Biarpun ilmu silat dari kuil ini tidak setinggi Shaolin, tetapi Shenshan Shangren bersama dengan abbot Shaolin dijuluki 2 Lohan.

Hengshan (utara)
Partai Hengshan termasuk dalam anggota Serikat 5 Pedang yang muncul di era Pendekar Hina Kelana (SPW). Semua anggotanya adalah wanita (biksuni) , sampai nantinya dalam keadaan darurat, terpaksa mengangkat seorang ketua sementara yang adalah seorang pria (Linghu Chong) . partai Hengshan memiliki ilmu pedang yang tinggi dan lihai, biarpun untuk tenaga dalam, mereka tergolong rendah, disebabkan karena para muridnya adalah wanita.












Emei (Go Bie/Gobi)
Partai ini didirikan oleh Guo Xiang, anak dari pendekar besar Guo Jing dan Huang Rong. Partai ini mayoritas besar adalah wanita, dan sebagian diantaranya adalah biksuni. Biarpun ada pria, tetapi derajat pria lebih rendah, disaat berkumpul dan berdiri bersama biasa murid pria harus berdiri di belakang, untuk ilmu silat pun murid pria tidak diajarkan yang ilmu tingkat tinggi. Aturan lainnya adalah pengecekan keperawanan murid wanita setiap tahun oleh ketua melalui tanda perawan yang ada di tangan, jika sudah hilang, maka tidak akan diajarkan lagi ilmu silat tingkat tinggi. Pendiri Emei, Guo Xiang, mendapat arahan dari ilmu 9-Yang dari biksu Jueyuan, sehingga biarpun partai Emei mayoritas adalah wanita, tapi dasar ilmu mereka adalah berunsur Yang.

Shaolin Selatan di Fuzhou 
Shaolin Selatan yang berlokasi di Fujian, Fuzhou merupakan turunan daripada Shaolin di Henan. Didirikan agak belakang setelah Shaolin, saat era "Pedang dan Kitab Suci" di Dinasti Qing, Shaolin Selatan ini telah berdiri beberapa ratus tahun. Ilmu silat yang dipelajari mirip dengan Shaolin, sehingga boleh dibilang berasal dari Shaolin, biarpun ga sekuat atau setingkat Shaolin. Beberapa orang kuat dari Shaolin Selatan yang terkenal adalah biksu Tianhong dan Tianjing, yang dimana ilmu mereka diatas Chen Jialuo. Kuil Shaolin Selatan menjadi sasaran kebakaran oleh pasukan Qing karena dianggap ancaman. Shaolin Selatan merupakan salah satu sekutu daripada Kelompok Bunga Merah, sebuah kelompok pemberontak dengan anggota lebih dari 70 ribu yang menyebar diseluruh pelosok negeri.













Kuil Tianlong (Naga Langit)
Kuil yang terletak di Dali ini merupakan sebuah kuil keluarga kerajaan Dali, dimana menjadi langganan bagi para kaisar Dali ataupun anggota kerajaan untuk mendapat pencerahan dan menjadi biksu. Kuil Naga Langit terkenal akan ilmu-ilmu jari nya seperti ilmu jari matahari ataupun yang tingkatannya bahkan lebih ekstrem seperti ilmu pedang 6 meridian , sebuah ilmu tingkat wahid dan boleh dibilang menjadi salah satu ilmu terkuat di dunia Jin Yong. Biarpun disebut ilmu pedang, tetapi ilmu ini tidak menggunakan senjata pedang, tetapi menggunakan energi Qi membentuk sebuah pedang tak kasat mata . Dengan menggunakan 6 jalur meridian dan media jari, energi Qi itu disalurkan dan dikeluarkan untuk menyerang. Setiap jari memiliki kecepatan dan kekuatan berbeda.








Shaolin
pendirinya adalah Dharma (Damo), ratusan tahun sebelum era Pendekar dari Negeri Tayli (Demi Gods and Semi Devils), didirikan sekitar tahun 500an sesudah masehi. Bermarkas di Gunung Song, Henan. Merupakan gudang nya ilmu silat, sumber penting dari ilmu silat yang telah memiliki sejarah ribuan tahun. Terkenal akan 72 ilmu tingkat tinggi lanjutannya , dalam sejarah tidak ada satupun biksu pun yang mampu mempelajari semua 72 ilmu tersebut karena beberapa sebab dan alasan (tidak dijelaskan satu per satu disini karena akan panjang). Selain 72 ilmu tingkat tinggi, juga terdapat banyak ilmu-ilmu silat lainnya, beberapa diantaranya sangat kuat jika dipelajari dengan benar seperti kitab pengubah otot (Yijinjing). Setiap biksu memiliki nama biksu dan tersisip nama generasi biksu. Urutan Nama generasi biksu pada dunia fiksi Jin Yong berbeda dengan yang didunia nyata. Pada era Pendekar dari negeri Tayli, kita mengenal generasi "Xuan" sebagai yang tertinggi, dengan abbot nya adalah Xuanci. Secara umum, Shaolin biasa disebut sebagai partai atau sekte terkuat di dunia persilatan.


2 komentar:

  1. Yg dimaksud insiden pekerja dapur di shaolin itu apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. insiden pekerja dapur terjadi beberapa tahun sebelum turnamen huashan yang pertama, suatu waktu ada biksu pekerja yang bekerja dibagian dapur Shaolin, namanya Huogong TouTuo, dia diam-diam mempelajari ilmu shaolin di perpustakaan selama belasan tahun, suatu waktu dia menjadi kuat karena berbakat, dalam pamer kekuatannya dia membunuh Kuzhi yang merupakan kepala dari Aula Damo dan juga membunuh beberapa murid Shaolin lainnya yang dia benci dan dendam, kejadian itu menggoncang Shaolin, kemudian Huogong Toutuo melarikan diri ke wilayah barat, mendirikan sendiri sekte baru. Kejadian itu membuat kehebohan Shaolin yang akhirnya Shaolin tidak memperbolehkan siapapun belajar ilmu sendiri lagi, tapi wajib dari seorang tetua/guru.
      Hal ini juga yang menyebabkan Shaolin menutup diri sementara dan tidak ikut turnamen huashan yg pertama, juga di LOCH dan ROCH tidak bermain peran penting.
      Huogong TouTuo nantinya mempunyai 3 murid yang bekerja pada pemerintahan mongol, yaitu 2 murid yang ikut Zhao Min saat menyerang Wudang ; A'San dan A'Er , trus 1 murid lagi yang sempat berpura2 menjadi biksu Shaolin dan menyerang tapak ke Zhang Sanfeng dan terluka.

      Hapus