Guo Xiang

Guo Xiang tahun 2006
yang diperankan oleh Yang Mi

Guo Xiang adalah salah satu tokoh wanita dalam karya novel The Return of The Condor Heroes (kembalinya pendekar rajawali/Sin Tiaw Hiap Lu/Shen Diao Xia Lu), dan namanya juga ada disebut dalam novel the Heavenly Sword & the Dragon Saber . Guo Xiang adalah anak ke-2 dari pendekar besar Guo Jing (kwee ceng) dan Huang Rong. Dia lahir disaat era kritis penyerangan Mongol terhadap kota Xiangyang, sehingga namanya diambil dari kota Xiangyang. Dia memiliki adik kembar bernama Guo Polu yang dimana nama itu diberikan oleh ayah mereka Guo Jing. Biarpun kembar, tetapi karena Guo Xiang duluan lahir, sehingga dia menjadi kakak daripada Guo Polu. Nama hokkien-nya adalah Kwee Siang.


Guo Xiang memiliki sifat pembawa ceria, lincah, mudah bergaul dengan siapa saja, mudah disukai, kemudian memiliki sifat pendirian yang kuat seperti ayahnya, tetapi juga mewarisi sifat pintar dan cerdik dari ibunya, juga memiliki tingkah aneh dan tidak menyukai dikekang oleh tradisi dan peraturan-peraturan, seperti kakek-nya Huang Yaoshi , sehingga dia mendapat julukan si Sesat Kecil. Sifatnya yang bertolak belakang dengan kakaknya Guo Fu, membuat mereka sering bertengkar karena perbedaan pendapat.

Dalam suatu kesempatan dia bertemu dengan pendekar rajawali Yang Guo, yang dimana dia telah mengangguminya melalui berbagai cerita rakyat yang beredar luas saat dia berada di kota pelabuhan Fengling. Perasaan kagum berubah meningkat menjadi ke perasaan lain setelah dia mengalami beberapa petualangan dengan Yang Guo, umur yang berbeda jauh tidak diperdulikan oleh Guo Xiang. Sayangnya Yang Guo tidak memiliki perasaan pasangan beda jenis kelamin terhadapnya dan hanya menganggapnya adik kecil.

Jin Lun Fa Wang (hakim roda mas/Golden Wheel Monk) sangat menginginkan Guo Xiang menjadi muridnya, tapi karena dia menolaknya, sehingga tidak bisa berbuat apa-apa, selain menawannya secara halus dan memperlakukannya dengan baik. si biksu Jinlun Fawang mengajarkannya banyak pengetahuan tentang kitab buddhisme.

Tiga tahun setelah pensiunnya pendekar rajawali dari dunia persilatan dan menghilang, Guo Xiang yang merindukannya, kemudian melakukan pertualangan untuk mencari nya. Mencari di kuburan kuno tetapi tidak menemukannya, yang ada hanyalah para maid (pembantu/dayang) yang menjaga kuburan kuno. Kemudian lanjut mencari keberbagai penjuru dunia persilatan , juga sempat ke Shaolin dan bertemu dengan kenalan lama. Yang nantinya mendapatkan teori tentang ilmu 9-Yang dari biksu Jueyan. Karena pencarian itu juga yang menyebabkan  Guo Xiang luput lolos dari kebinasaan saat penyerangan Mongol ke kota Xiangyang yang membunuh pasangan pendekar Guo Jing, Huang Rong , juga Guo Polu dan lainnya.

Saat umur 40 tahun, Setelah lelah mencari Yang Guo yang tidak berhasil ditemukannya, Guo Xiang mendapat pencerahan dan menjadi biksuni, kemudian mendirikan partai Emei di gunung Emei. Yang nantinya menjadi salah satu partai kuat di era selanjutnya. Keinginan Guo Xiang yang menjadi biksuni kemungkinan dilatar belakangi oleh keputus-asa-an-nya terhadap Yang Guo, sehingga berharap dapat menekan perasaan dengan menjadi biksuni, tentunya tidak lepas juga dari pengetahuan buddhisme yang didapatkan dari gurunya Jin Lun Fa Wang dan juga biksu Jueyuan, yang mempengaruhi keputusannya.

Guo Xiang

Biodata Guo Xiang

Nama Hokkien: Kwee Siang
Julukan: si Sesat Timur Kecil

Umur: 
  • 16 tahun (akhir roch)
  • 19 tahun (awal hsds)
  • Tanggal Lahir : 15 September 1243

Ayah: Guo Jing
Ibu: Huang Rong
Saudara/i: Guo Fu, Guo Polu

Hubungan asmara: Yang Guo (sepihak)

Guru: Jinlun Fawang/Guoshi  (setengah resmi)

Senjata:
  • Pedang
  • Pedang Langit(tidak pernah diceritakan dia menggunakan pedang langit biarpun pedang langit nantinya menjadi pusaka partai Emei)
Organisasi/partai: 
  • partai Emei
  • keluarga penjaga kota Xiangyang

Guo Xiang (kwee siang)

Ilmu Silat:

  • ilmu pedang bunga gugur, variasi dari ilmu tapak persik gugur 
  • ilmu tapak bunga persik gugur
  • jurus Kekuatan Bunga Menyebar (dr ilmu pulau persik)
  • jentikan anggrek 
  • ilmu quanzhen , bangsawan langit jungkir balik 
  • ilmu tongkat pemukul anjing – bikin baju wuse robek karena menggunakan pedang
  • ilmu pedang gadis giok 
  • jurus empat menembus delapan mencapai (ed 2: Extend in all Directions) – diajarin Yang Guo ke GX dan zhang junbao, aslinya jurus tapak 
  • ilmu belut dari Yinggu 
  • ilmu jari matahari dari Wu Xiuwen 
  • tinju kosong terang dari Zhou Botong
  • jurus kipas daun asiwung besi (dr ilmu tapak besi) , dari Wanyan Ping 
  • Ilmu tinju arahat, yg salah satu jurusnya adalah menoleh dari laut penderitaan 
  • berbagai ilmu Tibet yang diajarkan oleh Jin Lun Fa Wang / Guo Shi
  • Ilmu Emei 9-Yang yang diciptakannya setelah mendengar teori ilmu 9-Yang didapat dari Jueyuan
  • Ilmu pedang Emei ciptaan sendiri bernama Rubah 9 ekor di rawa hitam
  • teori ilmu 9-Yin dari ayahnya(khusus edisi 1)
  • Ling Bu Wei Bo (khusus edisi 1, dan juga berbeda dengan yang versi Duan Yu di DGSD, ini versi kuburan kuno yang diajarkan oleh Xiao Long Nu)
  • ilmu meringankan tubuh Burung Walet Terbang Melingkar
  • ilmu menotok dari Huang Rong
  • diajarin cara melesat diatas lumpur oleh Yang Guo
  • "berbagai ilmu pulau persik", ini tidak disebutkan, hanya perkiraan saya berdasarkan logika, jadi kita taruh tanda kutip
  • "Tenaga dalam Quanzhen", ini tidak disebutkan, hanya perkiraan saya
  • "berbagai ilmu partai Emei", di HSDS ada muncul beberapa jurus partai emei , karena guo xiang adalah pendirinya, sehingga harusnya sebagian besar jurus Emei adalah ciptaannya

Keahlian lain:
  1. - Catur Go
  2. - pengetahuan musik dari ibunya (bisa bermain kecapi)
  3. - pengetahuan sastra dan kaligrafi
  4. - pengetahuan Buddhisme
  5. - pengetahuan ilmu 5 unsur, perubahan yin-yang


Artikel Terkait:


Komentar

  1. Kalau ada kisah tersendiri petualangan Guo Xiang ni pasti keren....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada produser yang buat cerita sendiri untuk TV drama, bahkan sudah syuting dan merilis gambarnya (still picture), tapi uda bertahun2 ga ada kabarnya ntah kenapa, mungkin dibatalkan karena sesuatu.
      judulnya pun sudah ada "Legend of Emei atau Emei Feng Yun"

      Hapus
    2. Semoga ada filmnya tolong infonya legend of emei ini pasti meledak banyak orang yang nanya2 apakah ada kisah tentang gua xiang ini

      Hapus
  2. Mantap penjelasan nya terima kasih

    BalasHapus
  3. Mantap banget si Guo Xiang, jadi inget dianya sering menang debat sama Guo Fu. Dari lahir udah banyak tragedi. Aku suka baget waktu baca novel rajawali sakti dan pasangan pendekar jilid 4. Guo Xiang manja banget sama Huang Rong. Guo Polu datar banget anaknya. Manut pisan euy...

    Mungkin kehendak Jin Yong kaya gitu...Gou Xiang pinter banget kaya Huang Rong, aneh kaya Huang Yao Shi, baik kaya Guo Jing, tapi sayang banget cintanya cuma sepihak

    Jadi inget di novelnya, Guo Xiang mengandai andai, kalau dirinya lahir lebih cepat dari pada kakaknya, Guo Fu. Pasti Yang Guo gak bakal peduli sama Xiao Longnu. Dan cinta sama dia aja... hem kasihan... tapi tetep si Guo Xiang jadi karakter favoritku setelah Huang Rong yang bejibun siasat dan akal🤣❤️

    Thanks min, artikelnya bagus. Aku harap drama Wu Xia kembali ada di TV🙏

    BalasHapus
  4. Apakah ada seri setelah the return of condor heroes sebelum heavenly sword dragon slaying saber yg ceritain Gou Xiang ini..di a diceritakan jd sesepuh Emei tp ga ada penjelasan sebelumnya spt apa..
    Terus di seri thio bu Ki ada gadis yg 2x menolong zhang wu ji dan ngaku dr gunung ..apakah ini keturunan nya Yoko dan Bibi Lung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di Bab 1 dan Bab 2 novel HSDS itu timelinenya 3 tahun sesudah ROCH, menceritakan tentang Guo Xiang umur 19 tahun pergi mencari Yang Guo. sesudah itu, terus cuma dibilang pada umur 40 dia jadi biksuni . Sedangkan untuk sepak terjangnya dia mendirikan Emei tidak diceritakan sama sekali, pada timeline HSDS pun dia uda lama meninggal.
      yang menolong Wuji 2x dan berbaju kuning adalah keturunan Yang Guo/Yoko dan Xiao Long Nu(bibi lung), tapi tidak dibilang keturunan ke berapa. dia kasih hint bilang "di belakang gunung zhongnan, ada kuburan kuno , pendekar rajawali" .
      jika menggabungkan hint itu dan bahwa nona baju kuning ini di panggil "Nona Yang" , serta beberapa hint lain, maka kemungkinan besar dia adalah keturunan Yang Guo dan Xiao Long Nu.

      Hapus
  5. Harap ada sambungan dari kisah keturunan yang guo dan xiao long nu...

    BalasHapus

Posting Komentar