HSDS2019

HSDS2019

Rabu, 31 Juli 2019

[Review] Twin of Brothers 2011 (The Dragons of Tang Dynasty)



The Dragons of Tang Dynasty (大唐双龙传 / da tang shuan long juan) adalah novel cerita silat yang ditulis oleh pengarang bernama Huang Yi (黄易).



Novel Cersil ini sangatlah panjang , memiliki 63 volume buku, dan setiap volume memiliki 10-13 Chapter atau bab (total ada 699 bab). Telah diadaptasi dalam bentuk TV series tahun 2003 dan 2011 , juga diadaptasi dalam bentuk Manhua (komik) dan Game . Untuk Manhua nya terdapat versi bahasa Indonesia yang di gambar oleh Tony Wong , tetapi ceritanya tidak habis (seperti novel), judulnya sama "The Dragons of Tang Dynasty (tetap menggunakan bahasa inggris) sebanyak 19 jilid , dan dilanjuti dengan judul "The Dragons" sebanyak 38 jilid, yang versi bahasa malaysia lebih lengkap , menggunakan judul "Pahlawan Naga Kembar" dengan 255 jilid. Novel saduran indonesia cuma ada sampai jilid ke-6 dan ga dilanjutin. 

saya sendiri tidak pernah membaca komik ataupun novelnya, tapi karena barusan menonton adaptasi drama tahun 2011 nya, saya akan mencoba me-review nya . Adaptasi drama tahun 2011 menggunakan judul Twin of Brothers , sama judulnya seperti adaptasi tahun 2004. Sampai sekarang memang cuma pernah diadaptasi 2x ke layar TV, padahal ceritanya menarik.

Kisah bermula dari Dinasti Sui di Tiongkok, tepatnya akhir dinasti Sui yang saat itu kaisarnya adalah Yang Guang. Kaisar ini adalah kaisar lalim, bukan seorang kaisar yang bijaksana, suka berfoya-foya . Saat itu ada 4 kelompok yang memiliki pengaruh paling besar , yaitu klan Yi Wen(Yuwen), Dugu, Song, dan Li. 3 dari 4 klan itu memiliki orang yang bekerja pada pemerintahan, dengan klan Yi Wen dan Dugu yang paling dekat dengan kaisar dan paling tinggi jabatannya. Klan Dugu adalah orang yang setia terhadap kaisar biarpun kepala keluarga nya juga bukan orang yang bersih, tetapi koruptor, sedangkan klan Yi Wen melalui Yuwen Huaji adalah pemegang komando pasukan darat yang cukup besar. klan atau keluarga Yi Wen ini berambisius untuk kudeta dan menyingkirkan kaisar dan mendirikan dinasti sendiri. Kaisar sendiri pun segan terhadap Yuwen Huaji. Selain kaisar dan 4 kelompok besar , juga terdapat kelompok pemberontak yang sangat besar bernama Wa Gang dan tentunya juga ada berbagai kelompok, organisasi, partai yang lebih kecil lainnya.


Disini terdapat 2 tokoh utama , bernama Kou Zhong dan Xu Ziling, mereka bukanlah saudara kembar, tetapi sejak kecil sudah tinggal bersama dan saling ketergantungan. ada perbedaan cerita latar belakang sejarah mereka antara Novel dan TV series tahun 2011 yang saya nonton, pada novel , kedua orang tua mereka dibunuh oleh perampok pada saat melarikan diri karena peperangan yang melanda, sedangkan pada tv series dibuat menjadi; Yuwen Huaji mendapat sebuah lamaran jika ada 2 orang yang kaki nya memiliki 7 titik, akan menjatuhkan kehidupannya, sehingga kemudian Yuwen Huaji mencari 2 orang itu untuk dilenyapkan , setelah mencari segala penjuru desa, ketemu 2 anak kecil yang memiliki 7 titik di tapak kaki , demi menyelamatkan 2 anak itu, para penduduk desa nantinya mati di basmi dan 2 anak kecil itu berhasil melarikan diri.

Setelah mereka dewasa, mereka hidup sebagai berandalan, yang mencari nafkah kehidupan sehari-hari untuk makan dengan cara mencuri di jalanan. Sampai dewasa pun mereka tidak mempelajari ilmu silat , karena tidak ada kesempatan untuk itu. Suatu hari mereka mencari sebuah perguruan agar bisa belajar ilmu silat. Saat disitu, mereka ditolak masuk , bahkan diejek. Untung mereka ditolak, karena tidak lama setelah itu, perguruan ini dibasmi oleh sekumpulan tentara , semua anggota perguruan dibunuh, Pasukan tentara ini berada dibawah perintah Yuwen Huaji , yang sedang mencari kitab ilmu "Chang Sheng Jue" . Rumornya , kitab ini berada di tangan Shi Long, ketua dari perguruan itu. Shi Long bertarung dengan Yuwen Huaji, kalah dan akhirnya melarikan diri. Saat terluka berat, bersembunyi, kebetulan bertemu dengan Kou Zhong dan Xu Ziling. Kemudian menyerahkan kitab Chang Sheng Jue (ilmu rahasia kehidupan abadi) kepada mereka sebelum meninggal akibat luka berat itu.
Mereka akan bertemu dengan Fu Junchuo yang nanti mereka panggil sebagai "ibu". Fu Junchuo ini lah yang akan pertama kali mengajari mereka ilmu silat. Fu Junchuo ini akan mati di tangan Yuwen Huaji, sehingga kedua tokoh utama akan berusaha untuk membalas dendam kematian "ibu" mereka, yang merupakan inti cerita utama serial ini. Nantinya mereka akan bertemu banyak teman baru dan mempelajari berbagai ilmu dari berbagai orang, juga memecahkan rahasia dari kitab Chang Sheng Jue dan mempelajari ilmunya.


Cerita The Twin of Dragons 2011 ini terbagi menjadi 4 bagian utama;

Bagian yang pertama tentang usaha beberapa pihak untuk mencuri buku kas keuangan dari kelompok Dong Hai . Buku keuangan ini terdapat neraca perdagangan klan Yuwen membeli banyak senjata dari Dong Hai , yang dimana pembelian senjata itu akan digunakan oleh klan Yuwen untuk kudeta, Sehingga buku kas ini bisa digunakan sebagai bukti untuk ditunjukkan kepada kaisar yang kemudian membasmi klan Yuwen.  Selain kedua tokoh utama yang ingin mencuri buku kas dari kelompok Dong Hai, juga ada pihak keluarga Li yang juga mengincar buku ini , kemudian keluarga Yuwen yang mengetahuinya , juga berusaha mencegah. Buku itu nantinya berhasil jatuh ke tangan Kou Zhong dan Xuziling dan kemudian diberikan kepada kaisar. Sayangnya, usaha Kaisar, klan Dugu,  dan Kou Zhong dan Xu Ziling untuk membunuh Yuwen Huaji mengalami kegagalan , akhirnya menyebabkan kaisar dibunuh, klan Dugu musnah, dan kedua tokoh utama melarikan diri. Setelah itu, Yuwen Huaji menguasai pemerintahan, biarpun belum mengangkat diri menjadi kaisar.

Bagian ke-2, tentang usaha klan Yuwen untuk mendapatkan kitab ilmu Chang Sheng Jue dari tangan 2 tokoh utama Kou Zhong dan Xu Ziling .  ilmu Chang Sheng Jue memiliki manfaat agar bisa hidup panjang dan abadi, selain memperpanjang umur juga memiliki ilmu pengobatan dan penyembuhan diri , sehingga dunia persilatan berebut mencarinya, termasuk Yuwen Huaji. Selain itu, Yuwen Huaji memiliki sebuah ilmu bernama Bing Xuan Jing, gurunya berkata agar dia hanya mempelajari sampai lv.17, karena jika melebihi itu akan membuat mukanya menjadi rusak, dia telah mempelajari sampai tahap lv18. Sehingga dia memerlukan kitab ilmu ini untuk teknik penyembuhan diri. Juga dikatakan kitab Chang Sheng Jue memiliki sebuah rahasia besar yang hanya beberapa orang tahu (bisa digunakan untuk membuka sesuatu). Bagian ini juga menceritakan tentang masalah internal kelompok pemberontak Wa Gang. Setelah usaha melarikan diri Kou Zhong dan Xuziling di bagian pertama, mereka kemudian berencana bergabung dengan kelompok pemberontak Wa Gang, yang nantinya membuat mereka terlibat dalam konflik internal, dalam konflik internal itu, mereka berada di kubu yang kalah, akhirnya mereka pergi dari sana.

Bagian ke-3, tentang rencana untuk membasmi klan Yuwen, dengan membunuh pemimpinnya Yuwen Huaji, dan misi pelarian dari ibukota. Juga terdapat cerita konflik internal keluarga Song. Kedua tokoh utama , suatu waktu mengikuti Song Shidao untuk pergi ke kediaman atau markas keluarga Song . Song Shidao adalah penerus calon kepala keluarga Song, tetapi dia sendiri tidak tertarik sebagai penerus . Saat pulang ke markas, Song Shidao dituduh berusaha membunuh paman gurunya yang mengatur semua masalah klan Song, Song Lu. Nantinya diketahui bahwa anak Song Lu, Song Shiyuan, memiliki sifat ambisius yang tinggi. Setelah capek dengan permasalahan keluarga Li, keluarga Song, dan kelompok Wa Gang. Kedua tokoh utama akhirnya tidak ingin lagi mencari bantuan pihak lain dalam usaha mereka untuk membunuh Yuwen Huaji, mereka berencana membunuh dan membalas dendam dengan kekuatan sendiri tanpa bantuan pihak lain, membunuh langsung. kemudian mereka pergi ke ibukota. Nantinya usaha pembunuhan ke Yuwen Huaji ini kembali gagal beberapa kali, dan mereka terpaksa melarikan diri lagi dari ibukota. Pada bagian ini juga sempat ada cerita tentang Xu Ziling yang kehilangan ingatan (setelah kegagalan pertama dalam usaha pembunuhan di bagian ke-3 ini).

Bagian ke-4, tentang seorang wanita penyihir yang bisa ilmu hipnotis. ini bagian yang paling panjang ceritanya. Nanti pada akhirnya, saat mereka melakukan pelarian dari ibukota, mereka akan bertemu dengan seorang wanita cantik yang memiliki kemampuan hipnotis tingkat tinggi. Yang ternyata, wanita itu adalah utusan sekte iblis, yang berusaha untuk menguasai dunia dengan cara menguasai kekaisaran. Sekte Iblis ini berharap pada 2 orang untuk menjadi kaisar, yaitu Yuwen Huangji dan Kou Zhong, sehingga membantu mereka untuk menjadi kaisar , kemudian kelak mengontrol mereka. Karena sekte iblis yang telah ikut berpatisipasi terhadap urusan kekaisaran, kemudian sekte Shi Hang Jing Zai pun ikut bermain, yang merupakan musuh berat sekte iblis. Yuwen Huaji nantinya berhasil mempelajari ilmu Chang Sheng Jue, selain wajahnya kembali normal, ilmu nya pun meningkat, dia bahkan bisa menembus ilmu Bing Xuan Jing lv20 gara-gara itu. Karena fokus terhadap melatih ilmu ini, Yuwen Huaji jarang mengurus masalah politik dan peperangan, sehingga termakan siasat yang dilakukan oleh pihak lawan. Pada akhirnya , gabungan kekuatan keluarga Li, keluarga Song, keluarga Cai, kelompok Fei Ma Wu Chang, sekte Shi Hang Jing Zai, dan dua tokoh utama kita berhasil menembus masuk ibukota dan menggulingkan Yuwen Huaji dan membunuhnya.

Sampai akhir cerita adaptasi drama TV versi 2011, tidak diceritakan nasib kelompok pemberontak Wa Gang. Rencana awal mungkin mau membuat trilogy series, tetapi karena rating yang rendah, kemudian dibatalkan. Utusan sekte iblis pun sampai akhir dikisahkan belum meninggal, dan terlihat memiliki rencana untuk balas dendam. Cerita ini memiliki awal yang sangat bagus, sampai masuk ke bagian wanita penyihir , sudah mulai drop menurun ceritanya. Total awal sampai akhir cerita perkiraan sekitar 3 tahun lebih timeline nya. Kemungkinan akhir cerita seputar jatuhnya dinasti Sui dan berganti ke dinasti Tang, sehingga judulnya "Naga-naga dari dinasti Tang"


Berbagai pihak yang muncul dalam cerita:
  • Keluarga Chai (Cai) , yang bekerjasama dengan keluarga Li , melalui ikatan pertunangan Li Xiuning dan Chai Shao 
  • keluarga Yi Wen atau Yuwen
  • keluarga Dugu, klan yang sangat setia terhadap kaisar, mereka tidak bersih, terkadang bisa disogok  
  • keluarga Song
  • Kaisar dan pengikut setianya
  • kelompok pemberontak Wa Gang(dibagi menjadi 2 kubu, Zai Rang dan Li Mi Gong)
  • Shaolin (cuma muncul sebentar)
  • sekte iblis (yin gui pai)
  • sekte Shi (Ci) Hang Jing Zai (sekte baik), yang diketuai oleh Shi Feixuan
  • kelompok Ma (Fei Ma Wu Chang) , Flying Horse Ranch
  • kelompok Dong Hai (Dong Ming Pai)
  • partai asal Fu Jun Yu dan Fu Jun Chuo berasal (tidak tahu namanya)


Kou Zhong  dan Xu Ziling memiliki sumber ilmu yang hampir sama:
  • pada awalnya saat kecil diberikan tenaga dalam oleh 5 orang tetua di kampung asal mereka
  • belajar pertama kali ilmu silat Jiu Xuan Da Fa oleh Fu Jun Chuo
  • belajar ilmu ringan tubuh Miao Du Shu dari Li Xiuning. (kayaknya di novel ilmu ini diajarin Yun Yuzhen yang tidak muncul di adaptasi TV)
  • Xu Ziling mempelajari Ting Sheng Bian Wu (ilmu pendengaran) dan Kou Zhong mempelajari tangan cepat dari Chen Lao Mou
  • ilmu pedang 11 pedang perang darah (xue zhan shi yi zhao) dari Li Jing , ilmu ini memiliki 10 jurus karena jurus ke-11 adalah mati bersama dengan musuh
  • ilmu Shi Er Qie Na dari Qin Qiong, semacam ilmu totokan atau menarget titik akupuntur
  • mendapatkan petunjuk dari ketua klan Song, Song Que. dia adalah tokoh terkuat di cerita sebelum Yuwen Huaji mempelajari ilmunya sampai tahap lv20
  • belajar ilmu pedang dari Fu Jun Yu
  • kitab Chang Sheng Jue (Kou Zhong mendapat ilmu unsur api/yang, Xu Ziling mendapat ilmu unsur air/yin)
  • khusus Kou Zhong, dia sempat mempelajari ilmu Mo Zhong (ilmu iblis dari sekte iblis) 
  • mereka juga memiliki ketahan tubuh yang kuat karena sering dipukul saat kecil dan hidup berandalan
  • di novel, Xu Ziling berkesempatan mempelajari ilmu Jiu Zi Zhen Yan Shou Yin dari biksu Zhen Yan Dashi

Kou Zhong hubungan asmara: 
  • Song Yuzhi , anak perempuan dari keluarga Song , adik dari Song Shidao
  • Li Xiuning , dari keluarga Li
  • WanWan , dari sekte iblis
  • di novel, ChuChu (shu shu) menyukai Kou Zhong, di adaptasi tv 2011, Chu2 menyukai Li Jing

Xu Ziling hubungan asmara:
  • Shuang Xiuxun (Sui/siu/su Cuin) (di novel nampaknya tidak ada perasaan ke xu ziling)
  • Shang Wanjing (di novel nampaknya tidak ada perasaan ke xu ziling)



2 komentar:

  1. Menarik sepertinya.. sayang saya tidak menemukan cersil versi bahasa Indonesia lengkap....

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya di Indonesia ga ada yang berani menerjemahkan yang panjang gitu

      Hapus