HSDS2019

HSDS2019

Selasa, 03 Maret 2020

[Film] Sword Dynasty: Fantasy Masterwork




Kemarin saya sempat review untuk TV drama Sword Dynasty di sini, nah kali ini saya akan review sedikit tentang versi movie nya . 
Yang versi movie ini adalah spin-off dari yang versi TV series , dimana menceritakan tentang kisah Ye Celeng sesudah insiden peristiwa kematian gurunya, tetapi sebelum bertemu Ding Ning dan Zhangsun Qian Xue.


Ye Celeng ditugaskan oleh kaisar dan permaisuri untuk pergi menyelidiki ke kota Yunlai, yang terletak diperbatasan antara negara Heng dan negara Hui, karena adanya rumor tentang kemunculan dari pedang Gushan. Dulunya kota Yunlai ini adalah milik negara Hui, tetapi setelah perang, menjadi milik negara Heng. sedikit flashback , jumlah negara di Sword Dynasty ada 8; Xian, Mo, Li, Qian, Heng, Lie, Hui, dan FengWu.

Banyak para pendekar yang juga pergi kesana karena rumor kemunculan pedang Gushan itu, sehingga kota Yunlai menjadi tempat berkumpulnya para pendekar. Tetapi kota itu juga mendadak menjadi tempat munculnya cerita mistis , tentang kemunculan siluman darah yang telah membunuh banyak orang, juga penduduk setempat banyak yang berubah menjadi zombie atau mayat hidup yang seolah tidak merasakan sakit dan tidak punya pikiran sehat.

ya cerita fantasy masterwork ini jadi terasa berubah total atau aneh, karena berupa cerita horror atau mistis, tentang kisah mayat hidup, siluman darah, vampir/zombie, hantu dan makhluk supernatural sejenisnya. Awal mula cerita kita dikasih beberapa flashback tentang TV seri Sword Dynasty, biarpun sebenarnya tidak penting.



Setibanya di kota Yunlai, Ye Celeng bertemu dengan kakak seperguruannya dan adik seperguruannya yang juga berasal dari Arena Pedang Bashan. Kakak seperguruannya yang merupakan penduduk lokal akan membantu Ye Celeng untuk memecahkan masalah kota Yunlai yang diranda kasus setan. Ye Celeng juga bertemu dengan 2 pendeta Taoisme (guru-murid) yang diundang penduduk lokal untuk mengusir setan dan mengatasi masalah mayat hidup kota itu. Murid pendeta itu bernama Ji Chen, yang merupakan tokoh utama pria di film/movie ini, yang nantinya memiliki minat atau menyukai Ye Celeng pada pandangan pertama. Tokoh lain yang membantu Ye Celeng adalah Chen Xuan yang juga muncul di seri TV drama Sword Dynasty. 


 

Setelah kematian adik seperguruannya yang pria, kemudian Ye Celeng membentuk suatu kelompok yang berisi anggota; Ji Cheng, guru Ji Cheng, kakak seperguruannya yang wanita, 2 penduduk lokal kota Yunlai, Chen Xuan, dan 2 pengawal kerajaan Heng lainnya, untuk menangkap siluman darah merah disebuah lokasi.

movie ini cukup banyak unsur komedinya, beda dengan tv seri nya yang serius, jadi selain cerita nya yang bertolak belakang, juga gaya leluconnya banyak disini terutama dari tokoh utama pria yang terkesan konyol.  Ji Chen tidak mengerti ilmu silat sama sekali.

Pada akhirnya, Ye Celeng berhasil memecahkan kasus misteri kota Yunlai.
Terdapat post-credit scene yang mirip gaya khas film Marvel, dan juga ada nuansa style gaya barat endingnya. Nampaknya sang producer terpengaruh film gaya barat.

disini ada hint yang menunjukkan Ye Celeng memiliki perasaan cinta terhadap gurunya, yaitu saat ditanya kakak seperguruannya tentang pria yang disukai Ye Celeng, dia memandang seruling yang merupakan pemberian gurunya JingMeng. Juga hal menarik lainnya adalah tentang endingnya, dimana Ye Celeng pertama kali menggunakan pakaian wanita saat perjalanan kembali ke ibukota.


spoilernya...
Terakhir diketahui bahwa Ji Chen dan gurunya sebenarnya hanya pendeta taoisme palsu yang menipu dengan pura-pura mengerti cara mengusir setan.  Kota itu menjadi kota hantu karena seseorang telah melatih suatu ilmu sesat yang dapat menghirup energi seseorang sehingga korbannya menjadi mirip boneka hidup. Tujuan orang itu menciptakan rumor bahwa pedang Gushan muncul di kota Yunlai adalah agar bisa menghisap energi 81 pendekar yang dapat membuatnya memiliki kekuatan tahap 9 (tahap 9 adalah level tertinggi dunia persilatan, kaisar Heng di tv seri Sword Dynasty berada pada tahap 8). 

kesimpulan akhir, SDFM ini bukanlah cerita yang serius, tidak terlalu penting diikuti juga, apalagi jalan ceritanya jadi tentang horor , rasanya aneh gitu. Kalau bukan penggemar berat drama TV seri Sword Dynasty, rasanya tidak nonton pun tidak apa, kecuali kalau Anda memang penggemar Sword Dynasty, maka bolehlah nonton cerita lain dari sisi Ye Celeng ini.


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar