HSDS2019

HSDS2019

Senin, 06 April 2020

Li Xunhuan, si pisau terbang



Li Xunhuan adalah seorang tokoh utama dari cerita Si Pisau Terbang Li karya Gu Long. Dia terkenal akan teknik lemparan pisaunya yang disebut pisau terbang Li kecil. Dikatakan setiap kali dia melempar pisau, maka tidak akan luput, dengan korban total sudah lebih dari 60 orang, biarpun tidak semuanya dibunuh. Li Xunhuan merupakan seorang yang suka minum arak-alkohol, judi, wanita. Li Xunhuan saat awal novel dikatakan merupakan pria separuh baya yang kelihatan sakit-sakitan, kadang-kadang juga disebut tua, sehingga dia bukanlah seseorang yang sudah muda lagi, nanti diketahui dia berumur sekitar 40 tahun. Karena kebiasaan minum araknya yang berlebihan, dia jadi adiktif berat dan memiliki toleransi arak yang kuat, biarpun terkadang mabuk juga. Kebiasaan minum arak itu juga yang membuatnya memiliki penyakit batuk-batuk yang ga kunjung sembuh selama 10 tahun terakhir. Tidak diketahui bagaimana Li Xunhuan mempelajari ilmu silatnya yang tinggi , bahkan tidak dibilang apakah ayahnya juga bisa ilmu pisau terbang.



Keluarga Li adalah keluargan terpelajar, total telah ada 3 generasi yang mendapat gelar Tan Hua dalam ujian negara (3 generasi, 7 orang yang lulus). Li Xunhuan memiliki seorang abang kandung, mereka berdua juga mendapat gelar Tan Hua. Ayahnya meninggal karena depresi berat setelah kedua anaknya gagal mendapat ranking tertinggi dalam kerajaan. Li Xunhuan sendiri sempat bekerja pada pemerintahan, tetapi kemudian melepaskan jabatannya tidak lama setelah kematian abangnya karena sakit berat (14 tahun sebelum cerita), dan menjadi maling (biarpun sepanjang cerita tidak pernah kelihatan dia melalukan aksi maling). Selama karirnya di dunia persilatan, dia sempat dikalahkan oleh keroyokan puluhan orang, memang dia sempat membunuh beberapa diantaranya (bunuh 19 orang), tetapi gagal membunuh semuanya karena jumlah musuh kebanyakan, saat itu dia diselamatkan oleh seorang bernama Long Xiaoyun. Mereka kemudian menjadi sahabat. Saat Li Xunhuan membawanya berkunjung ke kediamannya, disitu bertemu dengan Lin Shi Yin , yang boleh dibilang memiliki hubungan kerabat dengan Li Xunhuan dan sejak kecil tinggal bersamanya (orang tua Lin Shi Yin telah meninggal sejak dia masih kecil, sehingga tinggal di kediaman keluarga Li). Long Xiaoyun jatuh cinta kepada Lin Shi Yin tanpa mengetahui bahwa Li Xunhuan dan Lin Shi Yin memiliki hubungan asmara, sejak kecil telah dijodohkan oleh orang tua mereka (ayah Lin Shi Yin adalah saudara laki-laki dari istri muda ayah Li Xunhuan). Karena berhutang budi, Li Xunhuan membiarkan dan membantu Long Xiaoyun mendapatkan Lin Shi Yin, dengan cara membuat Lin Shi Yin membenci dirinya, membawa pulang ke rumah beberapa pelacur selama 2 tahun.

Li Xunhuan paling sebal dengan orang yang bawel, kedua adalah orang yang tidak minum arak tetapi duduk bersamanya di meja makan. Li Xunhuan selain menyukai minum arak dan mabuk-mabukan, dia juga suka memahat boneka patung dari kayu, cuma ada kebiasaan aneh darinya yaitu dia tidak pernah memahat selesai. Kebiasaan aneh itu karena Li Xunhuan tidak ingin orang mengetahui apa yang dipahatnya. Terkadang hasil pahatnya, dia kuburkan kedalam tanah di sepanjang jalan. Sewaktu kecil dia suka membuat boneka salju dan bunga plum merupakan favoritnya. Selain Long Xiaoyun, dia bersahabat dengan Ah Fei dan Guo Songyang. Li Xunhuan memiliki kelemahan terlalu memaafkan kesalahan orang, sehingga Long Xiaoyun yang mengkhianatinya pun dia menganggap hal itu wajar. 

Li Xunhuan selain memiliki kemampuan melempar pisau yang tiada tandingan dan tidak pernah luput, juga memiliki ilmu ringan tubuh yang tinggi, boleh dikatakan salah satu yang terbaik dalam cerita. Untuk tingkatan ilmunya, ada sekitar 5-6 orang dalam cerita yang memiliki kemampuan hampir setingkat dengannya, ga beda jauh, tetapi boleh dibilang di akhir cerita dia yang menjadi nomor satu, mengingat dia mengalahkan Shangguan Jinhong, sedangkan Shangguan Jinhong mengalahkan si pak tua Sun. Karena tingkatan ilmu 6 orang itu dikatakan ga beda jauh, maka biasa yang menentukan adalah faktor x (faktor lain-lain seperti emosi, kesiapan, mental, dll). Nama Li Xunhuan sudah terkenal selama 20 tahun, dan selama 20 tahun itu juga pisaunya tidak pernah luput, dengan korban sampai akhir cerita berkisar 70 orang. Sebenarnya pernah sekali dia "gagal" saat menggunakan pisaunya, tapi itu karena disengaja, kejadian itu membuat ujung pisau Li rusak. Dikatakan lemparan pisau nya yang ke-2x , tidak akan sedahsyat yang pertama. Pisau Li cuma dibuat oleh tukang pandai besi biasa dalam waktu 6 jam. Selama hidupnya dia sudah pernah bertarung lebih dari 300x.

Figur
Li Xunhuan bermata agak kehijauan, pria setengah baya, seperti orang berpenyakitan, mata besar, tatapan lelah, seperti penuh ragu-ragu dan kasih sayang, badannya tidak gemuk tidak kurus, tidak jangkung tidak pendek, sudut mata kerut-kerut, pakaiannya tidak rapi, seperti lusuh, kumal. Wajahnya cukup ganteng, tapi tidak terlalu gimana.



Biodata
Nama: Li Xunhuan 
Nama Hokkien: Li Sun-hoan
julukan pisau: Si pisau terbang Li kecil
gelar kerajaan: Li Tan Hua
warna favorit: merah dan putih

Umur:
38 tahun (awal cerita)
40 tahun (akhir cerita)

Ayah: tidak diketahui namanya
Ibu: tidak diketahui namanya
Saudara: 1 abang kandung
Anak: Li Manqing

Hubungan Asmara: 
  • Lin Shiyin
  • Sun Xiaohong
  • Lin LingLing (sepihak)
  • yang pernah merayu LXH: Lin Xian'er, Zhi Zunbao, & Nyonya Buddha gembira (tidak disebut namanya)
Organisasi: tidak ada

Senjata: Pisau Belati (biasa disebut pisau terbang Li kecil)

Guru: tidak diketahui

Ilmu Silat: tidak diketahui, darimana dia belajar dan bahkan nama ilmu pisau terbangnya tidak diketahui.

keahlian lain:
  • memahat boneka patung dari kayu
  • mempunyai indera penciuman, pendengaran, dan penglhatan yang sangat baik, bahkan penciumannya pun bisa membedakan arak beracun ataupun tidak (biarpun pernah sekali gagal)
  • ahli memilih kuda bagus



Tidak ada komentar:

Posting Komentar