HSDS2019

HSDS2019

Senin, 23 Maret 2020

Jin Yong suka membuat ending tokoh utama menghilang dari jianghu?



Jin Yong (chin yung) sering membuat akhir cerita tokoh utamanya menghilang dari dunia persilatan (jianghu) , apakah benar?


boleh dibilang setengah benar gitu deh, dari statistik 15 karya nya, sekitar 6 yang tokoh utamanya menghilang dari dunia persilatan.

Sebenarnya pada wawancara terdahulu, ada seseorang fans yang mengajukan pertanyaan serupa kepada Jin Yong, tapi saya lupa apa yang dijawab om Jin Yong, nanti saya search ulang lagi wawancaranya.

mari kita oprek satu per satu:


Menghilang
  1. Return of the Condor Heroes / ROCH (kembalinya pendekar rajawali)
    Yang Guo, bersama istrinya Xiao Long Nu, menghilang dari dunia persilatan dan tidak pernah muncul bahkan saat penyerangan Mongol yang menaklukkan negeri Song. Guo Xiang saat diawal HSDS juga sempat ke kuburan kuno dan tidak menemukan Yang Guo, yang menunjukkan pasangan itu sering berpindah-pindah (sebelum akhirnya kembali menetap ke kuburan kuno pada masa-masa tua)
  2. Heavenly Sword and Dragon Saber / HSDS (pedang langit dan golok naga)
    Zhang Wuji, mundur dari jabatan ketua sekte Ming, dan bersama pasangannya Zhao Min, pergi ke Mongolia, dan menghilang dari dunia persilatan.
  3. Sword Stained With Royal Blood (Pendekar Ular Emas)
    Yuan Chengzhi, bersama dengan teman-teman kelompok besarnya, pergi ke suatu pulau di laut lepas arah selatan (laut china selatan) yang nan jauh. Mungkin dia masih aktif dengan ilmu beladirinya di luar sana, tetapi dia sudah menghilang dari daratan tengah, tidak ada terdengar lagi kabarnya, bahkan pada cerita pangeran menjangan saat Wei Xiaobao membahas soal orang terkuat ilmunya, biksuni Jiunan (putri changping) memikirkan Yuan Chengzhi yang orangnya sudah ntah kemana menghilang begitu lama). Hanya 1 murid Yuan Chengzhi yang kembali ke daratan tengah saat itu untuk menyelesaikan beberapa masalah. Jadi ya, saya lebih suka menganggap Yuan Chengzhi menghilang dari jianghu karena memang sudah tidak ada kabarnya lagi di daratan tengah (china).
  4. A Deadly Secret / ADS (si kangkung pendekar lugu)
    setelah letih dengan kekejaman dunia, Di Yun akhirnya memutuskan untuk kembali ke sebuah gua di pegunungan salju yang jauh dari keramaian, memutuskan untuk hidup sendiri bersama seorang anak kecil. Tidak disangka ternyata disana juga ada wanita yang menunggunya yaitu Shui Sheng. Ya daripada hidup sendiri, tidak buruk ditemani seorang wanita. Setidaknya ada yang bantu mengurusi anak kecil, kalau cinta kan bisa dipupuk saat nanti hidup bersama.
  5. Royal Tramp / the Deer and the Cauldron (pangeran menjangan)
    karena tidak tahan terus didesak oleh 2 kubu yang berseberangan, Wei Xiaobao memilih untuk kabur untuk menghindar dari Kaisar Kangxi dan kelompok triad (kelompok langit dan bumi), bersama dengan 7 istri, 3 anak, dan ibunya, mereka pergi bersembunyi di Dali.
  6. Sword of Yue Maiden (si pedang gadis yueh)
    A'Qing yang putus cinta dan kecewa kepada Fan Li, menghilang entah kemana, dan hanya menyisakan cerita legenda tentangnya sampai ribuan tahun. Mungkin ilmu pedang gadis Yue di cerita pendekar pemanah rajawali pun ada hubungannya dengan dia, karena dia sempat mengajarkan para tentara negeri Yue selama 2 hari.

Tidak Menghilang
  1. Legend of the Condor Heroes / LOCH (pendekar pemanah rajawali)
    Guo Jing masih mempertahankan kota Xiangyang bersama Huang Rong. Dia juga sempat tinggal sebentar di pulau persik pasca cerita LOCH (ada disebut dalam cerita ROCH). Guo Jing tetap berjuang melawan Mongol dan menjadi pendekar besar sampai akhir riwayatnya. Sikap dan sifat patriotnya meninggalkan nama besar untuk generasi-generasi selanjutnya.
  2. Smiling Proud Wanderer / SPW (pendekar hina kelana)
    Linghu Chong tidak menghilang dari dunia persilatan, dia memang mengundurkan diri dari jabatan ketua partai Heng Utara, dia juga menolak ajakan bergabung oleh kepala Shaolin (bahkan dia sudah dikasih nama biksu oleh abbott shaolin), dia juga menolak bergabung ke sekte Matahari Rembulan, dia pun sudah dikeluarkan dari partai Huashan. Tapi Linghu Chong biarpun tidak bergabung dengan partai apapun, dia tidak menghilang dari jianghu, dia cuma tidak mau terikat, karena gaya hidupnya yang bebas.
  3. The Book and the Sword (puteri harum dan kaisar / pedang dan kitab suci)
    Chen Jialuo masih tetap berkiprah didunia persilatan, biarpun telah ada gencatan senjata dengan kaisar kangxi. Pada novel si rase terbang pun dia ada muncul saat berziarah ke kuburan puteri harum. Dia tetap menjadi ketua organisasi kelompok Bunga Merah.
  4. Ode to Gallantry / OTG (medali wasiat)
    Shi Potian pada akhir cerita, balik dari pulau pendekar bersama rombongan besar, dan menjadi sangat kuat ilmu nya, meningkat drastis dalam waktu singkat. Nampaknya dia akan tetap hidup low-profile bersama dengan A'Xiu, tetap menjadi murid dari partai Burung Gagak Emas.  
  5. Demi Gods and Semi Devils / DGSD (pendekar negeri tayli)
    semua ketiga tokoh utama tidak ada yang menghilang dari Jianghu. Xiao Feng mati karena bunuh diri, jadi sampai akhir hayatnya dia tetap orang dunia persilatan. Duan Yu menjadi kaisar negeri Dali . Xuzhu menikahi putri Xia Barat, sehingga kemungkinan tinggal di Xia Barat dan sesekali ke daratan tengah mengecek anak buahnya.
  6. Young Fox / Other Tale of Fox (si rase terbang)
    Hu Fei muda setelah menyelesaikan semua masalahnya, tidak kelihatan akan menghilang, dia tetap giat berlatih dan terbukti sekitar 7-8 tahun kemudian dia menjadi salah satu yang paling disegani dan ditakuti orang dunia persilatan.
  7. Mandarin Duck Blades (sepasang golok mustika)
    Xiao Zhonghui, Yuan Guannan, dan lainnya pada akhir cerita melarikan diri dari kejaran pemerintah dan Zhuo Tianxiong. Diketahui bahwa Zhuo Tianxiong nanti ternyata jatuh ke tangan 4 pendekar Taiyue yang ilmunya biasa-biasa saja. Pasangan muda Xiao Zhonghui dan Yuan Guannan ini nampaknya akan membuat heboh dunia persilatan dengan duet ilmu pedang berpasangan mereka suatu hari kelak.

Tanda tanya
  1. Fox volant of the Snowy Mountain (si rase terbang dari pegunungan salju)
    Ending (akhir cerita) si rase terbang dari pegunungan salju ini sengaja dibuat oleh Jin Yong menggantung. Kita tidak tahu apa yang terjadi atau bagaimana hasil pertarungan antara Hu Fei dan Miao Renfeng itu gimana. Bahkan kalimat atau kata-kata dalam cerita, seolah mengatakan salah satu akan mati terkena tusukan pedang. Mungkin jika Hu Fei masih tetap hidup, dia akan memilih hidup di pegunungan salju Changbai bersama Miao Ruolan.
  2. White Horse Neighs in the Western Wind (kuda putih menghimbau angin barat)
    Li Wenxiu di akhir cerita meninggalkan daerah Kazakstan, karena semua orang didekatnya telah meninggal, kemudian dia pergi ke daratan tengah. tidak dibilang apakah dia akan hidup anomali menyendiri di tempat terasing dan terpencil saat tiba di daratan tengah, atau hidup seperti para pendekar di dunia persilatan. Kalau insting saya sih lebih memilih opsi yang nomor 2, melakukan petualangan baru dan membuat kisah lembaran baru dalam kehidupannya.

Kesimpulan:
ya, tidak banyak sebenarnya cerita tokoh utama Jin Yong yang menghilang dari dunia persilatan, tapi memang tidak bisa dipungkiri hal itu sangat identik dengan cerita Jin Yong. Biarpun cuma 6 dari total 15 karya Jin Yong, tapi karena beberapa diantaranya adalah karya terkenal dan besar seperti ROCH dan HSDS, sehingga membuat sebuah pemikiran tersebut muncul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar