HSDS2019

HSDS2019

Senin, 25 Mei 2020

Review kecil Buku Trilogy Condor Heroes / Pahlawan Rajawali


testfff
Gambar diambil dari Google

gambar dari google



seri Pendekar Rajawali (trilogy condor heroes) terdiri dari 3 judul cerita; Pendekar Pemanah Rajawali, Rajawali Sakti & Pasangan Pendekar, dan Golok Naga & Pedang Langit. Novel karya alharhum Jin Yong ini dicetak dan diterbitkan oleh Gramedia pada tahun 2014, dan ditranslasi ke bahasa Indonesia oleh saudara Robi Wijaya. Masing-masing judul itu ada 4 buku, jadi totalnya 12 buku , tentu saja jika kalian cuma tertarik dengan salah satu judul, kalian cukup membeli 4 buku. Satu Buku tebalnya sekitar 400-an halaman. 

Jumlah empat buku itu mengikuti format asli novel nya yang di Tiongkok. Jumlah bab juga ikut sesuai dengan asli nya, jadi 1 buku itu ada 10 bab / chapter, totalnya 40 Bab atau chapter. Setiap Bab itu ada satu gambar ilustrator yang berhubungan dengan isi cerita, gambar ini juga sama diambil dari novel original di negeri tiongkok yang berlisensi, yang digambar oleh Lee Chi Ching yang sudah terkenal kualitas gambarnya untuk tokoh-tokoh Jin Yong (kalau kalian pernah melihat komik Pendekar Hina Kelana, itu adalah gambar-gambar tangannya) . Cover sampul depan novel juga adalah hasil tangannya.

Jin Yong (Chin Yung) telah merevisi novelnya sebanyak 2x , jadi kita sebut edisi 1, edisi 2 , dan edisi 3.

edisi 1 sekitar tahun 1950-1960an
edisi 2 sekitar tahun 1970an
edisi 3 sekitar tahun 2000-2003

Jin Yong me-revisi dengan mengubah, menambah, menghapus, memperbaiki, menyunting, mengurangi beberapa bagian cerita ataupun tulisan yang ada didalam novelnya yang dia rasa perlu.
yang foto diatas adalah edisi 3 (ini adalah revisi terakhir karena om Jin Yong sudah meninggal dunia) terbitan Gramedia.

Cetakan Gramedia 2014 ini sudah menggunakan novel edisi revisi terakhir, nama-nama tokoh Pinyin-Mandarin, dan Ejaan Indonesia yang baru (EYD). Jika kalian memiliki buku terbitan lama atau e-book hasil download, itu menggunakan isi dari novel edisi lama (edisi 1) tahun 50-an , juga pakai nama-nama Hokkien dan ejaan bahasa Indonesia gaya lama. Selain yang gambar cover diatas, yang lain menggunakan isi novel edisi lama.

Hasil terjemahan dari saudara Robi Wijaya ini memiliki kualitas yang sangat bagus , mudah di mengerti. Kata-kata yang dia rasa tidak perlu diterjemahkan, dia tetap tinggalkan dalam bentuk Pinyin, sebagai contoh desa Niujia di cerita pendekar pemanah rajawali yang jika diterjemahkan akan menjadi "desa keluarga Sapi", yang rasanya ga enak didengar, sehingga tetap di tulis desa Niujia.  Kamu juga akan mendapat bonus satu kartu pembatas setiap buku-nya . Terakhir tidak lupa di bagian akhir buku ke-4 juga ada Akhir Kata atau Catatan Akhir langsung dari Jin Yong yang isinya sangat bermutu, kita bisa mengerti pemikiran om Jin Yong itu bagaimana terhadap ceritanya ini. Menurut saya, novel Jin Yong itu wajib dibaca, dan dengan membaca novel, maka kamu akan mendapat sangat banyak detail-detail dan tambahan cerita yang tidak ada atau tidak dijelaskan dalam adaptasi TV.

Menurut saya, jika Anda penggemar cerita Jin Yong , maka ini wajib di koleksi. Setelah anda menkoleksinya, bisa disimpan dan dibaca ulang terus sampai puluhan tahun kedepan, karena cerita Trilogy Pendekar Rajawali ini ga ada matinya, biarpun selalu diulang baca  (makanya ga aneh adaptasi TV setiap berapa tahun sekali di remake ga bosen-bosen tetap banyak penontonnya, padahal kita uda tahu dan hafal ceritanya). Daripada ntar habis stock dan pas lagi butuh uda habis , mending jangan terlalu telat belinya. Apalagi dari yang saya dengar, penjualannya dibawah target, sehingga tidak akan di cetak ulang lagi di kemudian hari. Jadi yang sekarang itu adalah sisa-sisa stock. Kalian bisa mencari nya di Toko Online ataupun e-commerce shop kayak Tokopedia gitu, terkadang seller menjual dengan harga miring, apalagi belinya jika 1 paket Trilogy. Harganya tidak akan saya bahas disini karena saya bukan penjual, cuma memberikan informasi.



Pendekar Pemanah Rajawali, Rajawali Sakti & Pasangan Pendekar, dan Golok Naga & Pedang Langit
Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Robi Wijaya
Tahun terbit 2014
ISBN 978-602-03-0715-2
GM 402 01 14 0067


Tidak ada komentar:

Posting Komentar