HSDS2019

HSDS2019

Rabu, 17 Juni 2020

Sepuluh Besar Ilmu Jari

Tentu saja sebuah ilmu itu lebih tergantung bagaimana orang yang melatih atau menggunakannya, juga tergantung seberapa dalam atau tinggi tahapan tingkatan pemahaman dan penguasaannya.  Berikut adalah 10 ilmu jari dan sejenisnya yang memiliki kekuatan besar.










1. ilmu pedang 6 nadi
sebenarnya ilmu pedang 6 nadi ini lebih cocok disebut ilmu pedang biarpun tanpa menggunakan pedang, karena Qi dikumpulin untuk membentuk hawa pedang. Tapi karena tidak banyak ilmu jari yang disebut dalam karya Jin Yong, yang dimana Jin Yong lebih sering munculin ilmu Tapak, maka saya masukin juga kedalam daftar ilmu jari. ilmu ini merupakan ilmu dari keluarga kerajaan Dali yang disimpan di Kuil Naga Langit, jadi hanya para biksu Kuil Naga Langit yang mempelajarinya. Duan Yu dalam cerita DGSD sempat kesana dalam rangka untuk mencari pengobatan, tetapi akhirnya mempelajari teori ilmu ini. ilmu ini disegani dunia persilatan, dan bahkan dianggap Murong Bo yang berpengetahuan luas terhadap berbagai ilmu dunia sebagai nomor satu.


2. Jari Cayhe/Canhe 
ilmu jari ini adalah salah satu ilmu andalan keluarga Murong selain ilmu pergeseran bintang. Ilmu ini pernah digunakan 2x secara dahsyat oleh Murong Bo, yang pertama saat Murong Bo masih anak muda, sekitar remaja umur 15 tahun, dia gunakan untuk melukai biksu alis kuning, syukur posisi jantung biksu alis kuning ga normal seperti orang biasa, sehingga nyawanya bisa selamat. Kemudian Murong Bo gunakan lagi pas di Shaolin untuk menyerang 3x dalam satu serangan , kena Duan Zhengchun dan Ba Tianshi dan kemudian tubuh mereka mati rasa, lemas yang akhirnya jatuh . Hal itu engejutkan semua orang yang hadir di Shaolin. Yang lebih mencengangkan adalah Murong Bo mengatakan apa yang dia berhasil latih masih tahap dangkal.

3. Jari Matahari (yiyang finger)
ilmu jari yang merupakan andalan keluarga kerajaan Dali ini sering dianggap ilmu jari yang nomor 1. Biksu Yideng (kaisar selatan) pada cerita LOCH dan ROCH juga menggunakan ilmu jari ini sebagai andalannya dan mampu membuatnya menjadi salah satu dari 5 "The Greats" pada turnamen Huashan yang pertama. ilmu jari ini bukan hanya kuat di serangan, tetapi juga bisa digunakan untuk penyembuhan luka dan ahli totokan. Karena kelebihan di fungsi alternatif itu membuat saya menempatkan Jari Matahari diatas Jari Peluru. di edisi 1 (lama), jari matahari agak lain, bisa memberikan efek kebahagiaan, sudah dihapus pada edisi revisi.

4. Jari Peluru / ilmu menjentik jari (Divine FLicking finger)
ini mirip dengan status nomor 1 , dimana sebenarnya nga murni ilmu jari , dalam arti yang dilakukan adalah menjentik, tetapi karena juga menggunakan kekuatan jari, jadi ikut dimasukin ke dalam daftar. Ilmu ini adalah andalan Huang Yaoshi dari pulau persik. ilmu menjentik ini bisa dalam wujud 3 hal, yang pertama dan sering dilakukan Huang Yaoshi adalah menggunakan semacam benda kecil seperti kerikil, kelereng dan lainnya, cara kedua adalah dengan LDA (serangan tenaga dalam melalui angin tanpa sentuhan dari fisik diri ke fisik lawan) , cara ketiga adalah dengan sentuhan fisik jarak dekat ke tubuh lawan (ataupun menjentik senjata dari samping). Xie Yanke pada cerita OTG juga menggunakan nama ilmu yang sama, tapi tidak tahu apakah itu adalah ilmu yang sama atau cuma nama sama doank. Yang Xiao di HSDS juga pernah menggunakan ilmu yang hampir mirip. 

5. Jari DuoLuo (DuoLuo Leaf Finger) di DGSD 
ilmu jari ini mengumpulkan tenaga dalam ke sepuluh jari. Jiumozhi pernah menggunakan ilmu jari ini dengan cara menyerang sebuah kotak kayu dengan 10 jarinya. Kotak kayu nya hancur adalah hal biasa, tetapi yang dilakukan oleh Jiumozhi itu juga menghancurkan bagian-bagian logamnya seperti plat tembaga, gembok kunci, lempengan, dan logam lainnya, menjadi hancur berkeping-keping

6. ilmu jari Memetik Bunga 
ini adalah ilmu andalan XuanDu dari Shaolin. gerakan ilmu ini sangat halus, seperti sedang memetik bunga dengan jari jempol dan jari telunjuk. Berunsur Yin atau lembut. Jiumozhi menggunakan ilmu jari ini dua kali, yang pertama saat di kuil naga langit, dia melakukan gerakan halus seperti sedang memetik, tapi tanpa disadari orang lain membuat banyak lubang di jubah sendiri. Jiumozhi kembali menggunakannya saat di Shaolin, dia melukai biksu XuanDu dengan 3 serangan ilmu ini. Xuzhu juga pernah meniru ilmu ini (dgn tenaga dalam partai xiaoyao) dan bisa membunyikan lonceng besi dari jarah jauh,seolah seperti dipukul benda keras.

7. ilmu Jari Tanpa Bentuk 
salah satu dari 72 ilmu tingkat atas Shaolin. Pernah digunakan Jiumozhi dua kali dalam cerita DGSD. Yang pertama saat di kuil naga langit, yang kedua saat untuk menyerang biksu penyapu di Shaolin. Kelebihan ilmu ini adalah penyerangan diam-diam yang tidak nampak, sehingga lawan tidak siap atau tidak menyadari bahwa akan diserang. Biasa tangan atau jari berada didalam jubah atau lengan baju sehingga menutupi gerakan jari, jadi penyerangan dilakukan dibalik lengan baju, saat lawan sadar maka sudah terlambat.

8. Jari Baja Emas (sering diterjemahkan beda-beda namanya)
ilmu ini awalnya dari Shaolin, dipelajari oleh Huogong Toutuo, kemudian setelah Huoging Toutuo melarikan diri pasca insiden "Pekerja Dapur", dia mendirikan Aliran Vajra di wilayah barat. Salah satu muridnya, Ah San, mempelajari ilmu jari ini dan kemudian membuat lumpuh dua murid Wudang , Yu Daiyan dan Yin Liting. Seluruhnya total ada Dua puluhan tulang patah yang membuat kedua murid Wudang tidak bisa bergerak dan lumpuh. Ah San juga pernah membuat jejak jari pada uang emas, yang menunjukkan kekuatan yang besar.
ilmu jari-nya biksu Alis Kuning memiliki kemiripan nama , tidak tahu apakah keduanya adalah ilmu yang sama atau ada keterkaitan, dia menggunakannya untuk membuat garis-garis pada batu.

9. ilmu Jari Yin (Xuan Yin Finger)
ilmu Jari Yin nya ini merupakan andalan dari Chengkun, bahkan muridnya Xie Xun tidak bisa ilmu ini. Chengkun pernah menggunakan ilmu jari ini untuk melukai Yang Xiao, Wei Xiao dan 5 orang sekte Ming lainnya, mereka menjadi terluka berat, sekujur tubuh merasakan racun es yang sangat dingin, tulang terasa membeku. Akhirnya mereka perlu beberapa hari untuk menyembuhkan luka. Zhang Wuji sempat memusnahkan tenaga dalam Yin dari ilmu ini pada Chengkun , sehingga Chengkun tidak bisa menggunakannya lagi, yang juga menjadi salah satu alasan dia kalah dari Xie Xun.

10. ilmu jari Langit Sakti 
ini merupakan ilmu nya salah satu dari empat teman di SPW, Heibaizi. Saat itu Xiang Wentian memerlukan es, sehingga berpura-pura membahas tentang ilmu yang berunsur Yin murni seperti Tapak Es Dingin, Cakar Angin Dingin, Jari Angin Hitam, atau kungfu yin murni lainnya.  Ternyata salah satu dari empat teman menguasai ilmu jari Langit Sakti, yang menurutnya lebih kuat dari ilmu jari Angin Hitam. Saat dia memasukkan jari nya kedalam baskom porselen, air didalamnya muncul uap putih, kemudian mulai muncul kepingan-kepingan es, lama-lama seluruh air didalam baskom berubah menjadi es.


selain sepuluh diatas, tentu saja masih ada beberapa ilmu jari yang bagus seperti ilmu jari Zen atau ilmu jari Pengorbanan, ilmu jari Buddha Tangutan, jari Vajra, dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar